Pentingnya Deskripsi Produk Pada Toko Online di E-Commerce

Perkembangan era digital membuat maraknya transaksi jual beli secara online. Kini pembeli dan penjual tidak harus bertatap muka untuk dapat melakukan suatu transaksi. Ada banyak toko online yang berhasil dalam menjual dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu faktor penting yang kerap luput dari perhatian adalah deskripsi produk pada toko online. Karena kepercayaan menjadi hal yang sangat penting pada bisnis ini.

Meskipun sangat sepele, namun deskripsi produk secara jelas ikut menentukan seorang pembeli apakah akan membeli di toko online atau e-commerce tertentu. Karena deskripsi produk juga akan sangat menentukan reputasi toko online tersebut. Bagi kamu yang sekarang sedang membangun serta merintis usaha secara online, berikut kami akan memberikan sedikit tips tentang cara membuat deskripsi produk yang baik dan tepat bagi calon konsumen kamu. 

Deskripsikan Toko Secara Jelas

Sebelum masuk ke deskripsi produk, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencantumkan deskripsi toko dengan jelas. Deskripsi toko membantu calon konsumen mengetahui produk yang dijual dalam etalase toko online. Kategorikan produk berdasarkan kategori yang sesuai. Selain itu beri informasi seperti lokasi tempat kamu berjualan online. Nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi dengan cepat. Pasang foto profil toko secara jelas untuk lebih meyakinkan calon konsumen.

deskripsi toko

Selanjutnya berikan informasi pelayanan seperti jam buka toko, batas waktu pemesanan, waktu pengiriman dan voucher/promo yang berlaku. Bila perlu tautkan link yang memuat konten seputar produk toko kamu di platform lain seperti Twitter, Instagram maupun Youtube. Ini akan membuat toko kamu semakin dipercaya oleh calon konsumen. Alternatif lain, dapat dilakukan strategi marketing yang unik, yaitu dengan membedakan toko kamu dengan yang lainnya dengan menggunakan logo dan tagline unik dan menarik. Atau juga memberikan gimmick freebies/souvenir bagi setiap orang yang berbelanja di tokomu. Ini sangat membantu tokomu terlihat lebih berbeda dengan yang lainnya dan mendatangkan lebih banyak konsumen.

Deskripsi Produk

Setelah mencantumkan deskripsi toko, hal yang tak kalah pentingnya adalah memberikan deskripsi produk secara jelas. Sebagai contoh jika kamu menjual peralatan elektronik bisa menulis spesifikasi dan segala fitur yang menjadi keunggulan produk tersebut. Deskripsi produk akan sangat membantu konsumen untuk membandingkan antara satu produk dengan yang lainnya,

Detail deskripsi produk

Informasi tambahan seperti berat produk, minimum pembelian, garansi dan berbagai syarat dan ketentuan dalam berbelanja di toko kamu juga merupakan informasi yang sangat berharga. Dalam menulis deskripsi produk, pastikan kamu menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami oleh konsumen. Hindari bahasa-bahasa yang terlalu baku dan teknis yang sulit dipahami orang awam. Usahakan untuk membahas manfaat dari produk yang kamu jual, karena ini merupakan strategi yang sangat mendasar dalam bisnis online. Kalimat marketing yang persuasif sangat ampuh untuk membentuk opini konsumen agar membeli produk kamu. 

Gunakan Foto Produk Yang Orisinil

Foto juga menjadi faktor penting dalam menjelaskan deskripsi produk yang baik. Karena spesifikasi produk bisa saja berbeda-beda. Dengan gambar yang jelas tentu akan membuat konsumen semakin yakin terhadap produk yang akan dibeli. Usahakan untuk menggunakan foto produk asli dibandingkan mengambil dari Google atau situs resmi produk tersebut. Karena secara tidak langsung ini akan menentukan kepercayaan konsumen terhadap barang yang kamu jual dan membuat produkmu lebih unik dan standout dibandingkan pesaing lainnya. Perhatikan kualitas foto yang ditampilkan, semakin bagus kualitas foto maka semakin baik. Bila perlu, gunakan latar-latar yang menarik untuk semakin mempercantik dan menarik perhatian konsumen.

Tambahkan Video Pada Halaman Produk

Setelah menambahkan foto produk yang baik, kamu juga bisa melakukan alternatif tambahan video untuk mendeskripsikan produk jualanmu. Format video bisa dalam bentuk review sambil menjelaskan bentuk, kelengkapan paket penjualan dan jelaskan keunggulan produk. Sajikan video dengan kualitas yang baik dan audio yang jelas untuk meningkatkan keyakinan calon konsumen. Upload video di channel Youtube agar mudah mengintegrasikan dengan tokomu di e-commerce sekaligus menjangkau banyak orang. Tak menutup kemungkinan juga kamu bisa menjadi seorang reviewer ternama di Youtube dari video-video review produk jualanmu dan mendapatkan awareness yang besar terhadap toko online milikmu. 

Respon Konsumen Secara Cepat

Selain mencantumkan deskripsi toko dan deskripsi produk langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan interaksi dengan konsumen dan calon konsumen secara cepat dan responsif. Perlu diketahui bahwa, konsumen akan cenderung lebih tertarik terhadap respon penjual yang fast respon dibandingkan dengan penjual yang lama merespon calon pembelinya terlepas dari harga maupun fitur produk yang ditawarkan. Service atau layanan penjual tetap menjadi prioritas utama. Hal ini juga bertujuan untuk mendorong pemberian review atau rating yang baik dari konsumen, yang mempengaruhi performance produk kamu pada hasil pencarian e-commerce dan menjadi referensi calon konsumen yang ingin berbelanja di tokomu. Karena, konsumen cenderung memilih produk dengan tingkat review yang baik.

Buat Halaman FAQ

Halaman FAQ (Frequenltly Asked Question) merupakan rangkuman dari segala pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen. Baik mengenai produk maupun toko secara keseluruhan. Ini sangat penting untuk membuat deskripsi toko atau produk dijabarkan dengan jelas. Halaman FAQ juga biasanya mengandung kata kunci seputar produk yang di-highlight dan memudahkan konsumen untuk memahami produk lebih jauh lagi. 

Sediakan Jasa Pengiriman Barang

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya adalah sediakan jasa pengiriman barang yang terpercaya. Pada beberapa e-commerce menyediakan jasa pengiriman yang beragam. Kamu dapat mencantumkan beberapa jasa pengiriman barang yang tersedia di kota kamu. Namun, pastikan untuk memilih layanan pengiriman terpercaya dan bisa diandalkan. Jangan sampai orderan pelanggan kamu akhirnya terlantar dan mencoreng nama baik toko kamu. Tentu akan sangat merugikan bukan? 

jasa pengiriman Anteraja

Untuk jasa pengiriman yang terpercaya kamu dapat menggunakan jasa pengiriman barang Anteraja. Layanan Anteraja tersedia di berbagai kota dan ada banyak kemudahan yang dapat kamu nikmati jika mengirim produk bersama Anteraja seperti fitur pelacakan paket alias cek resi. Anteraja juga menjadi pilihan utama konsumen e-commerce karena memiliki layanan cepat dengan tarif yang ramah di kantong. Kamu bisa cek ongkir dan bandingkan tarifnya. 

Setelah mengetahui cara membuat deskripsi produk agar toko online kamu dapat sukses bersaing di E-commerce. Kamu tinggal menjalankan tips-tips diatas, semoga bisnis online kamu dapat berjalan dengan lancar ya hepizen. Selamat mencoba!