Update Aja

Pentingnya Deskripsi Produk Pada Toko Online di E-Commerce

Perkembangan era digital membuat maraknya transaksi jual beli secara online. Kini pembeli dan penjual tidak harus bertatap muka untuk dapat melakukan suatu transaksi. Ada banyak toko online yang berhasil dalam menjual dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu faktor penting yang kerap luput dari perhatian adalah deskripsi produk pada toko online. Karena kepercayaan menjadi hal yang sangat penting pada bisnis ini.

Meskipun sangat sepele, namun deskripsi produk secara jelas ikut menentukan seorang pembeli apakah akan membeli di toko online atau e-commerce tertentu. Karena deskripsi produk juga akan sangat menentukan reputasi toko online tersebut. Bagi kamu yang sekarang sedang membangun serta merintis usaha secara online, berikut kami akan memberikan sedikit tips tentang cara membuat deskripsi produk yang baik dan tepat bagi calon konsumen kamu. 

Deskripsikan Toko Secara Jelas

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencantumkan deskripsi toko dengan jelas. Ini membuat calon konsumen mengetahui apa saja kategori produk yang dijual di dalam etalase toko online. Kategorikan barang dagangan berdasarkan kategori yang sesuai. Selain itu beri informasi seperti lokasi tempat kamu berjualan secara online. Cantumkan nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi dengan cepat. Pasang foto profil toko kamu secara jelas untuk lebih meyakinkan konsumen yang datang. 

deskripsi toko

Selanjutnya informasi pelayanan seperti jam buka, waktu pengiriman, bukti transfer dan promo yang berlaku. Bila perlu tautkan link yang memuat informasi seputar toko kamu di platform lain seperti twitter, instagram maupun youtube. Ini akan semakin membuat toko kamu menjadi lebih dipercaya oleh calon konsumen yang datang. Alternatif lain yang dapat dilakukan strategi marketing yang unik, yaitu untuk membedakan toko kamu dengan yang lainnya adalah dengan menggunakan logo dan tagline unik dan menarik. Meskipun tidak bersinggungan langsung dengan produk, hal ini akan tetap membuat toko online kamu berbeda dengan yang lainnya. 

Deskripsi Produk

Setelah mencantumkan deskripsi toko, hal yang tak kalah pentingnya adalah memberikan deskripsi produk secara jelas. Sebagai contoh jika kamu menjual peralatan elektronik bisa menulis segala fitur yang yang menjadi keunggulan produk tersebut. Itu akan sangat membantu user untuk dapat membandingkan antara satu produk dengan yang lainnya. 

Detail deskripsi produk

Informasi tambahan seperti berat produk, minimum pembelian dan berbagai syarat dan ketentuan dalam berbelanja di toko kamu juga merupakan informasi yang sangat berharga. Pastikan kamu menggunakan bahasa yang cukup baku dan mudah dipahami oleh pembeli. Hindari bahasa-bahasa yang kurang baku dan sulit dipahami. Usahakan untuk membahas manfaat dari produk yang kamu jual, karena ini merupakan strategi yang sangat mendasar dalam bisnis online. Kalimat marketing yang persuasif sangat ampuh untuk membentuk opini konsumen agar membeli produk Anda. 

Gunakan Foto Produk Yang Orisinil

Foto juga menjadi faktor penting dalam menjelaskan deskripsi produk yang baik. Karena spesifikasi produk bisa saja berbeda-beda. Dengan gambar yang jelas tentu akan membuat konsumen semakin yakin terhadap produk yang akan dibeli. Usahakan untuk menggunakan foto produk asli dibandingkan mengambil dari google atau pun sumber resmi produk tersebut. Karena secara tidak langsung ini akan menentukan kepercayaan konsumen terhadap barang yang kamu jual. Perhatikan kualitas foto yang ditampilkan, semakin bagus kualitas foto maka semakin baik. Bila perlu, gunakan latar-latar yang menarik untuk semakin mempercantik dan menarik perhatian konsumen. 

Respon Konsumen Secara Cepat

Selain mencantumkan deskripsi toko dan deskripsi produk langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan interaksi dengan konsumen dan calon konsumen secara cepat dan responsif. Perlu diketahui bahwa konsumen akan cenderung lebih tertarik terhadap respon penjual yang fast respon dibandingkan dengan penjual yang lama merespon calon pembelinya terlepas dari harga maupun fitur produk yang ditawarkan. Service atau layanan penjual tetap menjadi prioritas utama. 

Buat Halaman FAQ

Halaman FAQ (Frequenltly Asked Question) merupakan rangkuman dari segala pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen. Baik mengenai produk maupun toko secara keseluruhan. Ini sangat penting untuk membuat deskripsi toko atau produk dijabarkan dengan jelas. Halaman FAQ juga biasanya mengandung kata kunci seputar produk yang di-highlight dan memudahkan konsumen untuk memahami produk lebih jauh lagi. 

Sediakan Jasa Pengiriman Barang

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya adalah sediakan jasa pengiriman barang yang terpercaya. Pada beberapa e-commerce menyediakan jasa pengiriman yang beragam. Kamu dapat mencantumkan beberapa jasa pengiriman barang yang tersedia di kota kamu. Namun, pastikan untuk memilih layanan pengiriman terpercaya dan bisa diandalkan. Jangan sampai orderan pelanggan kamu akhirnya terlantar dan mencoreng nama baik toko kamu. Tentu akan sangat merugikan bukan? 

jasa pengiriman Anteraja

Untuk jasa pengiriman yang terpercaya kamu dapat menggunakan jasa pengiriman barang Anteraja. Layanan Anteraja tersedia di berbagai kota dan ada banyak kemudahan yang dapat kamu nikmati jika mengirim produk bersama Anteraja.

Setelah mengetahui cara membuat deskripsi produk agar toko online kamu dapat sukses bersaing di E-commerce. Kamu tinggal menjalankan tips-tips diatas, semoga bisnis online kamu dapat berjalan dengan lancar ya hepizen. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *