Sudah Musim Hujan, Tips Memilih Jas Hujan Terbaik Bagi Pengendara Motor

tips memilih jas hujan terbaik

Halo hepizen! Memasuki musim hujan, keadaan cuaca makin tidak terprediksi. Namun, cuaca hujan bukan merupakan penghambat bagi hepizen melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti berangkat ke tempat kerja, kuliah ataupun ke sekolah. Bagi pengendara motor, pengemudi ojek atau pun penumpang ojek. Jas hujan atau mantel hujan menjadi salah satu bawaan wajib bagi para pengguna kendaaran bermotor. 

Jas hujan sangat penting agar pengendara motor tidak berbasah-basahan ketika berkendara. Selain itu, jas hujan membuat barang bawaan seperti tas, handphone laptop dan lainnya terhindar dari basah sehingga menyebabkan kerusakan. Namun, tidak semua jas hujan dapat melindungi pengendara dan barang bawaannya dari air hujan. Berikut kami akan memberikan tips dalam cara memilih jas hujan terbaik yang memiliki kualitas bagus bagi kamu para pengendara sepeda motor. 

Memilih Jas Hujan Berkualitas Tinggi

Hindari Produk Jas Hujan Plastik

Kadang hujan datang tak disangka, kamu juga belum mempersiapkan jas hujan di dalam tas atau bagasi motor. Alhasil hanya terdapat dua pilihan, yaitu menerobos hujan atau membeli jas hujan yang berbahan plastik. Sebaiknya kamu menghindari menggunakan jas hujan plastik jika tidak dalam kondisi terdesak ataupun terburu-buru dan harus berhati-hati dalam berkendara

Meskipun murah dan mudah didapatkan, jas hujan plastik tidak memberikan proteksi maksimal terhadap tubuh dan barang bawaan kamu. Selain itu, bahaya juga dapat timbul dengan penggunaan mantel plastik. Karena bahannya yang tipis, jika digunakan pada kecepatan tinggi rentan untuk rusak dan membahayakan yang menggunakan maupun pengendara lain. Serta berisiko terjadi kecelakaan jika mantel sobek dan mengganggu pandangan pengendara lain.

Hati-Hati Jika Menggunakan Mantel Hujan Ponco

Bahaya Jas Hujan Ponco

Salah satu jenis jas hujan yang umum digunakan adalah model jas hujan ponco. Mantel hujan jenis ini merupakan mantel yang berupa terusan dari atas ke bawah. Pada banyak kejadian ketika hujan deras, mantel ponco kerap mengganggu kenyamanan pengendaranya. Karena bahan ponco yang menjuntai ke bawah sehingga menyebabkan ponco sering tersangkut pada sela-sela roda ataupun stang motor. Ini sangat berbahaya mengingat jalanan yang licin akibat hujan sehingga dapat membahayakan nyawa pengendara lainnya. Sebaiknya jika menggunakan mantel jenis ini untuk berhati-hati dan selalu waspada. Pastikan tidak ada mantel yang menjuntai sehingga membahayakan diri. Alangkah baiknya jika menggunakan mantel.

Pilih Bahan Jas Hujan Yang Nyaman

Kenyamanan menjadi faktor kunci dalam memilih jas hujan yang baik. Ada beberapa pilihan bahan jas hujan yang dapat dipertimbangkan : 

polyvinyl chloride (PVC)

Ini merupakan bahan yang digunakan di banyak jas hujan. Kelebihan bahan jenis ini adalah harganya yang tergolong murah. Kelebihan lainnya adalah jas hujan sangat ringan, mudah dilipat serta dibawa berpergian dan cukup nyaman digunakan saat hujan. Namun, jas hujan jenis ini memiliki beberapa kekurangan. Yaitu tidak tahan untuk digunakan waktu cukup lama. Sering terjadi air merembes ke bagian dalam jas hujan dan membuat pakaian yang digunakan akhirnya ikut basah. Mudah sobek pada bagian seperti celana dan lengan adalah kerusakan yang kerap terjadi. 

Karet/Semi Karet

Jika dibandingkan dengan bahan PVC, bahan karet atau semi karet lebih tahan terhadap air. Dijamin air tidak akan merembes ke dalam pakaian yang sedang digunakan. Ini karena bahan karet lebih memiliki tekstur yang solid dibandingkan dengan dengan PVC. Namun, jas hujan karet ini memiliki sedikit kekurangan yaitu sangat pengap dan cukup berat. Sehingga kurang nyaman jika digunakan untuk waktu yang lama. Selain itu, bahannya yang tebal juga membuatnya cukup sulit disimpan di dalam kendaraan ataupun dalam tas. 

Parasut

Yang terakhir adalah bahan parasut. Bahan ini merupakan bahan yang paling nyaman digunakan ketika hujan. Kelebihan lainnya adalah karena parasut bahannya sangat halus sehingga ringan juga tidak memberatkan ketika disimpan. Ditambah lagi jas hujan berbahan parasut juga tidak pengap dan mudah untuk dikeringkan ketika basah. Selain untuk berkendara motor, jas hujan jenis ini juga sangat cocok untuk digunakan untuk naik gunung dan diproduksi oleh produsen perlengkapan peralatan gunung karena tekstur yang halus dan ringan. Karena kualitasnya yang bagus, harga jas hujan parasut tak jarang di banderol cukup tinggi sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Pilih Warna Yang Terang

Pilih jas hujan berwarna terang

Tips lain yang dapat dilakukan adalah memilih warna jas hujan yang memiliki warna terang seperti hijau, kuning dan orange. Ini bertujuan untuk membuat pengguna jas hujan khususnya pengendara motor agar terlihat oleh pengendara lainnya. Karena pada kondisi hujan lebat atau malam hari, kemungkinan lebat pandangan akan sangat terbatas. Oleh sebab itu memilih mantel hujan dengan warna terang membuat kamu terhindar dari risiko kecelakaan.

Pilih Ukuran Yang Pas

Yang terakhir adalah memilih jas hujan dengan ukuran yang pas. Sama halnya dengan pakaian, jas hujan haruslah memiliki ukuran yang pas dengan tubuh si pengguna. Ini perlu karena dengan ukuran yang pas akan membuat nyaman si pengguna. Jika terlalu besar atau sempit akan mengganggu kenyamanan si pengguna dalam berkendara. Terlebih banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat jas hujan yang mengganggu ataupun terselip.

Rekomendasi Merk Jas Hujan

1. Axio

Axio
Sumber: Kmall

Merk Axio bisa kamu pilih karena harganya yang cukup terjangkau, cocok banget buat kamu yang ingin membeli banyak untuk keluarga tercinta. Harga yang ditawarkan sekitar 150 ribu hingga 200 ribu rupiah, murah banget kan? Buruan langsung borong yang banyak!

2. Respiro

Respiro
Sumber: Respiro

Hampir sama seperti Axio, merk Respiro juga memiliki model yang mirip. Harga yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan Axio. Respiro memiliki harga sekitar 250 ribu hingga 300 ribu rupiah, namun kualitas yang ditawarkan juga cukup baik

3. Naturehike

Naturehike
Sumber: Pindon Outdoor

Merk Naturehike lebih menawarkan jas hujan dengan model ponco, harganya juga nggak terlalu mahal yaitu sekitar 200 ribuan rupiah. Namun jas hujan ponco dari Naturehike punya kelebihan, yang mana jas hujannya multifungsi yang bisa dijadikan tenda untuk berteduh. Namun ingat, jas hujan ponco nggak direkomendasikan untuk naik kendaraan bermotor ya, cukup kamu gunakan ketika sedang berjalan saja.

4. Eiger

Eiger
Sumber: Tokopedia

Siapa yang nggak tau merk Eiger? Kalau kamu ingin mencari kualitas dan merknya yang sudah terkenal, Eiger bisa menjadi pilihan kamu. Namun memang harga yang ditawarkan lumayan tinggi, untuk model ponco memiliki harga 250 ribu rupiah dan untuk model 2 bagian (atas bawah) memiliki harga 450 ribu rupiah.

5. Ame Raincoat

Ame Raincoat
Sumber: Ipulborneo

Ingin jas hujan dengan model keren dan trendy? Kamu pasti sangat suka jas hujan dari merk Ame Raincoat. Karena Ame Raincoat menawarkan jas hujan model parka dengan warna-warna yang keren dan sangat stylish, cocok banget buat kamu yang ingin ke traveling ke luar kota bahkan luar negeri. Harga yang ditawarkan mulai 500 ribu hingga 650 ribu rupiah, kamu bisa cek di official store-nya!

Setelah mengetahui cara memilih jas hujan terbaik dan nyaman digunakan para pengendara kendaraan bermotor. kamu tinggal memilih jas hujan mulai dari harga termurah hingga yang paling mahal secara offline maupun online. Agar tidak repot, kamu juga dapat membeli secara online melalui e-commerce langganan kamu. Langsung aja checkout jas hujan yang ingin kamu beli dan pilih pengiriman menggunakan layanan Next Day dari Anteraja. Soalnya hujan datang nggak kenal waktu, jadi pilih pengiriman paling cepat supaya kamu bisa siap siaga ketika hujan datang.

Nggak perlu mahal untuk gunakan layanan Next Day, siapkan aja uang 13 ribu rupiah untuk bayar ongkirnya, dijamin paket kamu datang dalam waktu sehari saja. Untuk detailnya kamu bisa Cek Ongkir langsung untuk tentukan ongkir ke tujuan kamu dan Cek Resi untuk manfaatkan fitur tracking paket yang disediakan Anteraja! Jangan sampai kamu kehujanan karena lupa beli has hujan, ya.