tips memilih jas hujan terbaik
Update Aja

Sudah Musim Hujan, Tips Memilih Jas Hujan Terbaik Bagi Pengendara Motor

Halo hepizen! Memasuki musim hujan, keadaan cuaca makin tidak terprediksi. Namun, cuaca hujan bukan merupakan penghambat bagi hepizen melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti berangkat ke tempat kerja, kuliah ataupun ke sekolah. Bagi pengendara motor, pengemudi ojek atau pun penumpang ojek. Jas hujan atau mantel hujan menjadi salah satu bawaan wajib bagi para pengguna kendaaran bermotor. 

Jas hujan sangat penting agar pengendara motor tidak berbasah-basahan ketika berkendara. Selain itu, jas hujan membuat barang bawaan seperti tas, handphone laptop dan lainnya terhindar dari basah sehingga menyebabkan kerusakan. Namun, tidak semua jas hujan dapat melindungi pengendara dan barang bawaannya dari air hujan. Berikut kami akan memberikan tips dalam cara memilih jas hujan terbaik yang memiliki kualitas bagus bagi kamu para pengendara sepeda motor. 

Memilih Jas Hujan Berkualitas Tinggi

Hindari Produk Jas Hujan Plastik

Kadang hujan datang tak disangka, kamu juga belum mempersiapkan jas hujan di dalam tas atau bagasi motor. Alhasil hanya terdapat dua pilihan, yaitu menerobos hujan atau membeli jas hujan yang berbahan plastik. Sebaiknya kamu menghindari menggunakan jas hujan plastik jika tidak dalam kondisi terdesak ataupun terburu-buru dan harus berhati-hati dalam berkendara

Meskipun murah dan mudah didapatkan, jas hujan plastik tidak memberikan proteksi maksimal terhadap tubuh dan barang bawaan kamu. Selain itu, bahaya juga dapat timbul dengan penggunaan mantel plastik. Karena bahannya yang tipis, jika digunakan pada kecepatan tinggi rentan untuk rusak dan membahayakan yang menggunakan maupun pengendara lain. Serta berisiko terjadi kecelakaan jika mantel sobek dan mengganggu pandangan pengendara lain.

Hati-Hati Jika Menggunakan Mantel Hujan Ponco

Bahaya Jas Hujan Ponco

Salah satu jenis jas hujan yang umum digunakan adalah model jas hujan ponco. Mantel hujan jenis ini merupakan mantel yang berupa terusan dari atas ke bawah. Pada banyak kejadian ketika hujan deras, mantel ponco kerap mengganggu kenyamanan pengendaranya. Karena bahan ponco yang menjuntai ke bawah sehingga menyebabkan ponco sering tersangkut pada sela-sela roda ataupun stang motor. Ini sangat berbahaya mengingat jalanan yang licin akibat hujan sehingga dapat membahayakan nyawa pengendara lainnya. Sebaiknya jika menggunakan mantel jenis ini untuk berhati-hati dan selalu waspada. Pastikan tidak ada mantel yang menjuntai sehingga membahayakan diri. Alangkah baiknya jika menggunakan mantel.

Pilih Bahan Jas Hujan Yang Nyaman

Kenyamanan menjadi faktor kunci dalam memilih jas hujan yang baik. Ada beberapa pilihan bahan jas hujan yang dapat dipertimbangkan : 

polyvinyl chloride (PVC)

Ini merupakan bahan yang digunakan di banyak jas hujan. Kelebihan bahan jenis ini adalah harganya yang tergolong murah. Kelebihan lainnya adalah jas hujan sangat ringan, mudah dilipat serta dibawa berpergian dan cukup nyaman digunakan saat hujan. Namun, jas hujan jenis ini memiliki beberapa kekurangan. Yaitu tidak tahan untuk digunakan waktu cukup lama. Sering terjadi air merembes ke bagian dalam jas hujan dan membuat pakaian yang digunakan akhirnya ikut basah. Mudah sobek pada bagian seperti celana dan lengan adalah kerusakan yang kerap terjadi. 

Karet/Semi Karet

Jika dibandingkan dengan bahan PVC, bahan karet atau semi karet lebih tahan terhadap air. Dijamin air tidak akan merembes ke dalam pakaian yang sedang digunakan. Ini karena bahan karet lebih memiliki tekstur yang solid dibandingkan dengan dengan PVC. Namun, jas hujan karet ini memiliki sedikit kekurangan yaitu sangat pengap dan cukup berat. Sehingga kurang nyaman jika digunakan untuk waktu yang lama. Selain itu, bahannya yang tebal juga membuatnya cukup sulit disimpan di dalam kendaraan ataupun dalam tas. 

Parasut

Yang terakhir adalah bahan parasut. Bahan ini merupakan bahan yang paling nyaman digunakan ketika hujan. Kelebihan lainnya adalah karena parasut bahannya sangat halus sehingga ringan juga tidak memberatkan ketika disimpan. Ditambah lagi jas hujan berbahan parasut juga tidak pengap dan mudah untuk dikeringkan ketika basah. Selain untuk berkendara motor, jas hujan jenis ini juga sangat cocok untuk digunakan untuk naik gunung dan diproduksi oleh produsen perlengkapan peralatan gunung karena tekstur yang halus dan ringan. Karena kualitasnya yang bagus, harga jas hujan parasut tak jarang di banderol cukup tinggi sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Pilih Warna Yang Terang

Pilih jas hujan berwarna terang

Tips lain yang dapat dilakukan adalah memilih warna jas hujan yang memiliki warna terang seperti hijau, kuning dan orange. Ini bertujuan untuk membuat pengguna jas hujan khususnya pengendara motor agar terlihat oleh pengendara lainnya. Karena pada kondisi hujan lebat atau malam hari, kemungkinan lebat pandangan akan sangat terbatas. Oleh sebab itu memilih mantel hujan dengan warna terang membuat kamu terhindar dari risiko kecelakaan.

Pilih Ukuran Yang Pas

Yang terakhir adalah memilih jas hujan dengan ukuran yang pas. Sama halnya dengan pakaian, jas hujan haruslah memiliki ukuran yang pas dengan tubuh si pengguna. Ini perlu karena dengan ukuran yang pas akan membuat nyaman si pengguna. Jika terlalu besar atau sempit akan mengganggu kenyamanan si pengguna dalam berkendara. Terlebih banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat jas hujan yang mengganggu ataupun terselip.

Setelah mengetahui cara memilih jas hujan terbaik dan nyaman digunakan para pengendara kendaraan bermotor. kamu tinggal memilih jas hujan mulai dari harga termurah hingga yang paling mahal secara offline maupun online. Agar tidak repot, kamu juga dapat membeli secara online melalui e-commerce langganan kamu. Untuk jasa pengiriman percayakan kepada Anteraja untuk mengirimkan paket kamu sampai kerumah. Pakai Anteraja, #pastibawahepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *