rak tv yang cocok
InTips Aja

Tips Tentang Cara Memilih Rak TV Yang Tepat

Halo hepizen! Pasti kalian sering kan nonton TV dirumah? Televisi di era sekarang bukanlah sebuah barang mewah, hampir di setiap memiliki pesawat televisi. Bentuk tv pun banyak berubah dari masa ke masa. Jika dulu semua tv berbentuk tabung, makin kesini tv making ramping dan tipis. Untuk tempat peletakannya, biasanya menggunakan rak  yang bermacam-macam. Di era sekarang rak bukan hanya sekedar sebuah tempat untuk menaruh tv tapi juga sebagai pemanis ruangan dan memberikan kesan estetik bagi pemiliknya. Ada banyak rak tv minimalis yang dijual atau bahkan dapat dibuat sendiri sesuai kreasi pemiliknya. 

Umumnya diletakkan pada ruang tamu agar dapat memberikan suasana yang simple dan minimalis. Bahan-bahan yang digunakan seperti kayu jati, jati belanda dan eboni. Biasanya kayu dari bahan tersebut memiliki ukuran yang cukup besar dan cukup kuat untuk menahan beban tv. Selain itu, dikenal cukup awet masa pemakaiannya hingga bertahun-tahun. 

Umumnya harga sebuah rak yang bagus cukup mahal jika menggunakan material yang cukup premium. Ada banyak online shop ataupun toko furniture yang menyediakan rak tv minimalis. Namun yang menjadi kendala adalah harga yang mahal. Jika budget kamu terbatas, sebaiknya mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membeli sebuah rak untuk dirumah Kamu. Beberapa faktor yang dimaksud diantaranya adalah :

Sesuaikan Rak TV Dengan Ukuran Ruangan

posisi rak tv

Ini adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum berbelanja. Sesuaikan ukuran tv atau ruang tamu dengan rak yang akan dibeli. Jika rak terlalu besar tentu akan memakan ukuran ruangan dan menyulitkan untuk lalu lalang di dalam ruang tamu. 

Pilih Warna Yang Sesuai

Selain ukuran, sebaiknya juga perhatikan warna rak yang dipilih. Agar lebih enak dipandang, sesuaikan dengan warna cat dinding untuk menambah kesan estetik bagi orang yang melihatnya.

Pilih Bahan Material Yang Digunakan 

Langkah selanjutnya adalah menentukan material yang digunakan sebagai bahan dasar membuat rak. Untuk dapat mengakomodasi kebutuhan rak untuk meletakan tv. Ada beberapa pilihan material yang dapat digunakan, diantaranya adalah :

Rak Kayu

rak tv kayu

Kayu adalah bahan yang paling sering digunakan untuk keperluan furniture. Ada beberapa jenis kayu yang dapat digunakan. Mulai dari bahan dasar pohon jati atau eboni. Ada juga beberapa olahan kayu lain seperti palet ataupun tripleks yang dapat digunakan.

Rak Kaca

Selain kayu kamu dapat menggunakan material lain yaitu kaca. Salah satu keunggulan dengan kaca yaitu jika kotor cukup mudah untuk membersihkannya. Selain itu, harga meja tv dengan kaca juga lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kayu. Namun ada beberapa kelemahan jika menggunakan bahan dasar kaca untuk membuat rak. Mudah pecah dan cukup berbahaya jika banyak anak kecil di dalam rumah.

Rak Plastik

Yang terakhir adalah rak menggunakan bahan dasar plastik. Bahan ini adalah yang paling murah jika dibandingkan dengan dua bahan lainnya. Namun, dari segi kekuatan rak plastik adalah yang paling lemah.

Perhatikan Fungsi Tambahan

Meskipun berfungsi sebagai tempat meletakkan tv. Rak juga memiliki fungsi lain, karena letaknya di ruang tamu maupun di ruang keluarga. Rak kadang menjadi tempat untuk menyimpan barang lainnya. Sebagai tempat menyimpan buku, CD atau kaset dan majalah. Ataupun tempat untuk meletakkan vas bunga yang berfungsi sebagai pemanis ruangan.

Sekarang banyak rak yang memiliki multifungsi dan bentuk yang cantik yang dapat dipilih untuk menjadi opsi pilihan rak untuk tv di dirumah kamu. Fungsi tambahan lainnya adalah rak tv yang digunakan dapat menjadi partisi antar ruangan. Hal ini dapat dilakukan jika di ruang tamu tersedia ruang yang cukup besar dan tidak ada sekat antar ruangan.

Keamanan Untuk Anak-Anak

Ini mungkin adalah hal terakhir yang harus diperhatikan sebelum membeli rak tv yang cocok di dalam rumah. Jika rumah kamu dihuni oleh anak-anak balita maka sebaiknya pertimbangkan untuk memilih rak yang cukup tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak fisik dengan anak-anak. Mengingat anak usia usia balita sedang sangat aktif dan lincah-lincahnya. 

Setelah memahami faktor-faktor apa saja yang dibutuhkan dalam memilih rak tv yang tepat untuk di pasang dirumah. Maka hal diatas dapat menjadi acuan bagi para hepizen untuk menemukan rak yang tidak hanya estetik namun juga memiliki fungsi yang beragam.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *