sepatu running
Update Aja

Tips Memilih Sepatu Running Untuk Hepizen Yang Hobi Lari

Halo hepizen! Olahraga jogging atau lari merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Selain menyehatkan, olahraga ini juga sangat murah dan mudah dilakukan. Tidak membutuhkan peralatan yang menyulitkan. Hal yang paling penting adalah sepatu running. Sepatu menjadi gear yang paling menentukan untuk dapat memulai jogging. Untuk itu diperlukan sepatu lari yang memberikan kenyamanan pada kaki.

Ada banyak merek sepatu yang tersedia di toko olahraga. Meskipun banyak brand yang berharga mahal, namun jangan silau oleh harga maupun logo merek yang tertera. Selalu utamakan kenyamanan ketika digunakan.

Kriteria Sepatu Running Yang Cocok

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sepatu running yang nyaman digunakan untuk olahraga lari : 

1. Perhatikan Kebutuhan Lari

Kebutuhan Lari

Sebelum memilih sepatu sebaiknya ketahui dulu jenis lari yang akan tekuni. Apakah lari jarang jauh, marathon apakah sprint pendek. Karena tiap jenis lari tersebut membutuhkan spesifikasi sepatu yang berbeda-beda. 

Bagi pemula, sebaiknya membiasakan berlari secara rutin dan teratur. Ini untuk membentuk pola lari yang cocok bagi kamu. Setelah mengetahui jenis lari dan seberapa jauh jarak lari yang ditempuh. Kamu bisa menentukan pilihan sepatu yang tepat. Jika lari yang ditempuh jarak jauh maka sebaiknya utamakan kenyamanan dan jika lari jarak pendek pilihlah sepatu yang sesuai bentuk kaki.

Umumnya jika pelari pemula membutuhkan alas kaki yang empuk dan nyaman digunakan tidak terlalu sempit. Sedangkan untuk pelari profesional lebih membutuhkan sepatu yang ringan dan pas serta ergonomis sehingga membantu pelari dapat memaksimalkan performa larinya. 

2. Perhatikan Bentuk Kaki

Setiap orang memiliki banyak bentuk kaki yang berbeda-beda. Agar dapat digunakan dengan nyaman pilihlah sepatu dengan ukuran yang tidak terlalu pas. Ini untuk meminimalisir terjadinya luka atau lecet pada kulit kaki. Karena ketika jogging kaki bergesekan dengan kulit sepatu. Zaman sekarang banyak jenis sepatu running yang dibuat sedemikian rupa mengikuti bentuk kaki pemakainya. Bahannya pun elastis dan nyaman digunakan.

3. Alas Kaki Yang Lembut 

Dari sekian banyak masalah pada kaki, bagian alas kaki menjadi salah satu yang paling penting. Karena alas kaki yang keras dapat membuat kaki tidak nyaman serta dapat berbahaya bagi tubuh. Karena pada telapak kaki banyak terdapat jaringan saraf yang terhubung pada anggota tubuh lain. Jadi sebisa mungkin pilihlah sepatu yang telapak kakinya lembut dan tidak hanya satu lapis.

4. Perbedaan Sepatu Running Pria dan Wanita

Pada dasarnya tidak ada perbedaan mencolok antara sepatu running untuk pria dan wanita. Fungsi dan kenyamanan tetap menjadi prioritas dalam memilih sepatu lari. Namun yang membedakan hanya model dan bentuk sepatunya. Umumnya model sepatu lari untuk wanita dirancang agar lebih unik dan dengan menggunakan warna-warna yang terang dan menarik seperti merah muda, ungu dan biru. Sedangkan pria biasanya lebih menyukai model yang lebih gagah dan dengan warna yang lebih gelap seperti hitam, abu-abu tua ataupun biru dongker.

5. Terlebih Dahulu Coba Sepatu Yang Akan Dibeli

Untuk mendapatkan sepatu running yang cocok. Sebaiknya kamu langsung mencobanya ke toko-toko resmi yang menjual sepatu resmi, tapi ingat ya jangan beli bajakan. Untuk mengetahui secara langsung sepatu manakah yang cocok untuk kamu. 

Atau jika kamu sudah mengetahuinya, kamu dapat mencari di online shop yang banyak menjual sepatu running di internet. Tapi kamu harus ekstra hati-hati, pastikan sepatu yang kamu beli merupakan sepatu aslinya ya. Untuk pengiriman yang lebih baik, dapat menggunakan jasa pengiriman Anteraja. Pakai Anteraja, #pastibawahepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *