Update Aja

13 Merk Beras yang Bagus, Berkualitas dan Terbaik di Tahun Ini

Masyarakat Indonesia tak luput dari mengonsumsi nasi setiap harinya, karena sudah menjadi kebutuhan pokok mereka. Meski sudah banyak penggantinya seperti umbi-umbian, mie atau roti, tetapi mereka tetap memilih nasi.

Tidak makan kalau belum makan nasi, begitu katanya! Maka dari itu meski harga beras kerap melambung tinggi, tetapi masyarakat Indonesia tetap akan membelinya.

Namun, karena maraknya kasus beras oplosan dan plastik dari pedangan nakal, tak sedikit orang yang sulit membedakan mana beras yang bagus dan tidak. Apalagi mereka kerap terkecoh dengan harga yang murah.

Untuk itu, berikut Anteraja berikan tips memilih beras, dan rekomendasi merek beras yang bagus buat kamu ya sahabat. Simak di bawah ini yups!

Tips Memilih Beras Berkualitas

Pilih Bentuk Beras yang Utuh

Sebelum kamu membeli beras, coba perhatikan dengan baik apakah beras yang kamu pilih memiliki biji yang utuh, tidak berpasir, dan tak memiliki lapisan tepung putih. Sebab, ciri-ciri beras yang tidak layak dikonsumsi, biasanya memiliki biji yang hampir semuanya pecah, baunya apek, berpasir dan seperti ada lapisan tepung di biji beras tersebut.

Perhatikan Tekstur Beras

Beras yang bagus biasanya memiliki tekstur yang tidak mudah patah dan hancur saat ditekan. Lebih baik, sebelum kamu membelinya cobalah untuk meremas beras, saat beras itu tidak menempel di tangan, itu artinya beras tersebut memiliki kandungan pelicin dan sangat berbahaya.

Pilih Harga yang Sesuai

Ada harga ada kualitas, tetapi belum tentu beras mahal yang kamu pilih punya kualitas bagus. Begitupula yang murah, tidak selalu jelek. Sesuaikan dengan budget kamu ya sahabat.

Kenali Ciri-ciri Beras

Jika kamu tertarik membeli beras premium sebaiknya kamu memilih beras yang warnanya cerah, dan biji berasnya tidak tercampur dengan kotoran, batu atau gabah. Tetapi jika kamu membeli beras dengan harga murah, biasanya beras ini akan memiliki warna yang lebih kusam, dan rasa dari nasi pun akan sedikit pera.

Perlu diperhatikan juga, beras yang berkualitas bagus tidak akan memiliki bau, maupun harum yang kuat. Bahkan, jika beras tercium bau, artinya beras itu sudah disimpan terlalu lama.

Rekomendasi Merek Beras yang Bagus

1. Fortune Beras Premium

Sumber: Blibli

Beras yang satu ini bertekstur pulen ketika sudah dimasak, dan berwarna putih alami tanpa bahan pewarna. Meski premium, Fortune Beras ini punya harga yang cukup terjangkau, loh! Hanya dengan Rp76.500 kamu bisa dapat 5kg beras, cocok banget buat sajian keluarga di rumah kamu sahabat.

2. Lumbung Padi Indonesia Beras

Sumber: HappyFresh

Diolah dengan teknologi Jepang, beras putih ini punya kualitas peremium sahabat. Tanpa pemutih dan pewangi, beras ini langsung dipanen dari para petani di Mojokerto. Produk lokal ini dijamin bermutu dan sehat sahabat. Harga Rp72.000 untuk 5kg.

3. Beras Basmati Premium Daawat Everyday

Sumber: Shopee

Kamu gemar bikin nasi kebuli? Atau terbiasa makan masakan Arab? Cocok banget pilih beras yang satu ini. Karema diimport langsung dari India, beras tersebut memiliki super quality dan bentuknya lebih panjang. Aroma khas Basmati bakal kecium saat kamu membuka kemasan beras ini. Terlebih, Beras Basmati Premium Daawat Everyday ini juga organik dan natural. Harga 1kg Rp32.000.

4. Beras Rojolele Super Quality

Sumber: Lazada

Beras yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga orang Indonesia, karena memiliki tekstur yang super pulen. Beras ini juga memiliki kualitas terbaik tanpa pemutih, tambahan pengawet juga pewangi. Harga Rp75.000 per 5kg.

5. Beras Ngawiti Mas

Sumber: Tokopedia

Termasuk ke dalam jenis beras super pulen, beras ini diklaim tidak mengandung pemutih, pengawet dan memiliki wangi yang natural saat dimasak. Jadi aman untuk kamu konsumsi sahabat. Jangan ragu untuk memilih beras yang satu ini untuk jadi dihidangkan di rumah kamu ya. Harga untuk 5kg Rp57.500.

6. Pandan Wangi Lobster Beras

Sumber: Blibli

Suka beras yang beraroma pandan? Pandan Wangi Lobster Beras ini bisa menjadi pilihan kamu. Tidak hanya bertekstur pulen, beras tersebut juga diklaim tanpa pengawet, pewangi, pemutih dan tentunya berkualitas tinggi. Untuk harganya per 5kg, Rp76.000.

7. Beras Idola

Sumber: Tokopedia

Salah satu beras yang cukup diminati masyarakat Indonesia ini punya harga yang sangat terjangkau, meski mereknya sendiri tidak terlalu populer. Jenis beras Super Slyp ini memiliki rasa dan aroma yang khas, karena merupakan sebuah varietas lokal Cianjur. Harga Rp72.000.

8. Beras Sania

Sumber: Blibli

Selain terkenal dengan minyak gorengnya, Sania juga punya produk beras yang diolah dengan teknologi Jepang dan metode paddy to rice. Pabrik baru akan mengolah beras ketika pesanan masuk, jadi beras yang diterima kamu masih dalam keadaan yang baik dan segar. Eits, beras ini juga termasuk pulen, loh! Harga Rp56.500 untuk per 5kg.

9. Beras Pandan Wangi Si Pulen

Sumber: Tokopedia

Saat kamu memasak nasi ini, kamu akan mencium aroma wangi khas pandan yang bisa menambah selera makan kamu, sahabat! Beras Pandan Wangi Si Pulen ini ditanam dalam tempat yang sejuk, mengasilkan beras pulen tanpa tambahan bahan pengawet maupun pemutih. Untuk 5kg beras ini dibanderol Rp90.000.

10. Beras BMW Super Pandan Wangi

Sumber: Tokopedia

Varian beras pandang wangi yang satu ini memiliki tingkat kepulenan nasi yang sangat tinggi. Beras BMW Super Pandan Wangi bertekstur sedikit bulat, dan tidak memiliki warna yang cerah, tetapi bukan tidak bagus ya sahabat! Harga 5kg, Rp80.000.

11. Beras Cap Bunga

Sumber: Tokopedia

Jenis beras sentra ramos berikut ini cocok dikonsumsi segala usia karena tidak memiliki kandungan pemutih, pengawet dan pewangi. Beras Cap Bunga diproses menggunakan teknologi modern, sehingga menghasilkan beras dengan warna alami dan punya rasa yang gurih, dijamin menambah nafsu makan kamu. Harga Rp35.000.

12. Beras Maknyus

Sumber: Shopee

Beras tanpa 3P (Pengawet, Pemutih dan Pewangi) ini memberikan rasa beras yang pulen ketika dinanak. Hal ini karena gabahnya diproses dengan menggunakan teknologi modern, serta dikeringkan secara optimal. Harga Rp62.000.

13. Beras Sumo Merah

Sumber: Tokopedia

Beras yang mencuri perhatian ini merupakan beras gabungan dari beras jenis pandan wangi dan setra ramos. Sering dikira beras impor, ternyata beras ini merupakan produk lokal sahabat. Gak cuma itu, sebelum dikemas, beras ini sudah dicuci lebih dahulu, jadi saat kamu terima, beras ini sudah bersih. Harga untuk 5kg Rp65.000 saja.

Sahabat Anteraja, itu dia rekomendasi merek beras terbaik yang bisa kamu pilih ya, jangan lupa diperhatikan tips di atas saat kamu memilih beras, karena beras yang aman dan terbebas dari 3P juga menjadi faktor utama untuk menjaga kesehatan kamu.

Kalau kamu beli beras secara online, bisa yuk bisa banget pilih Anteraja sebagai layanan pengantar paket kamu, dijamin beras kamu aman sampai di rumah.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *