12 Mesin Jahit Portable yang Bagus, Mudah dan Terbaik

Mesin jahit portable

Membuat kerajinan tangan dari bahan kain kini lebih mudah dengan kehadiran mesin jahit portable. Pasalnya, saat ini mesin jahit sudah punya ukuran yang lebih ringkas. Selain tidak terlalu memakan tempat, mesin jahit portable bisa dipindahkan ke berbagai tempat. Kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat.

Saat ini sudah banyak merk mesin jahit portable yang bagus seperti Singer, Butterfly, Dragonfly, Messina, Brother, dan lain-lain. Dengan kehadiran mesin jahit portable di rumah, kamu jadi tidak perlu pergi ke tukang jahit untuk sekadar menjahit baju yang robek, atau membuat beberapa aksesori untuk pakaian dan tas.

Tips Memilih Mesin Jahit Portable

Ada banyak merk mesin jahit portable yang mengklaim sebagai yang terbaik, agar tak bingung memilih mana yang terbaik untuk kamu, Anteraja sudah punya tips memilih agar kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhanmu. Jadi jangan sampai pilih, ya! Simak penjelasannya berikut ini:

1. Petunjuk yang Jelas

Untuk kamu yang masih pemula, memilih mesin jahit dengan petunjuk penggunaan akan sangat membantu. Misalnya saja untuk pemasangan benang yang tertera pada bodi mesin jahit. Pemasangan benang yang tidak sesuai tentu akan berisiko merusak mesin karena biasanya mudah tergulung dan masuk ke dalamnya.

2. Fitur yang Mempermudah

Pertimbangan lainnya saat memilih mesin jahit adalah fiturnya. Sebab ada beberapa fitur pada mesin jahit portable yang akan mempermudah kamu dalam menjahit. Misalnya saja fitur drop-in bobbin dan automatic needle threader yang mempermudah memasang benang bagian bawah. Lalu ada pula fitur automatic thread tension control untuk menyamakan tegangan benang atas dan benang bawah mesin jahit.

3. Komponen Pendukung Lainnya

Saat membeli mesin jahit portable, pastikan kamu juga mendapat komponen pendukung lainnya seperti pedal pengontrol atau meja tambahan. Pasalnya, kedua komponen tersebut biasanya dijual terpisah. Agar memudahkan kamu dalam membeli, sebaiknya pilihlah mesin jahit portable yang sudah sepaket dengan kedua komponen tersebut.

Mesin Jahit Portable yang Bagus

Agar tak bingung mencari referensi mesin jahit portable yang bagus, Anteraja juga sudah merangkumnya khusus buat kamu. Mesin jahit di bawah ini merupakan merk rekomendasi yang sudah terkenal akan kualitasnya. Apa saja? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Mesin Jahit Portable Koshi Koshi

Sumber: Blibli

Mesin jahit portable ini mudah digunakan dan ukurannya terbilang ringkas. Kamu bisa membuat 12 pola jahitan yang berbeda dengan penggunaan yang mudah. Selain itu kamu juga bisa menjahit secara mundur dan terdapat 3 mode khusus untuk menjahit lubang kancing. Selain itu mesin jahit portable ini pun hanya membutuhkan 4 pcs baterai AA. Harga mulai Rp 870.000

2. Mesin Jahit Mini Portable SM-202A

Sumber: Blibli

Punya ukuran yang mini, mesin jahit portable ini pun tidak memerlukan ruang yang terlalu besar. Seri SM-202A sudah mengalami peningkatkan fitur di mana kamu bisa menjahit menggunakan 2 benang. Selain itu ada juga lampu LED yang membantu penerangan ketika menjahit. Untuk menggunakannya cukup 4 buah baterai AA atau adaptor 6V yang sudah tertera dalam paket pembelian. Harga mulai Rp 89.500.

3. Mesin Jahit Portable Janome 1008

Sumber: Shopee

Mesin jahit portable buatan Jepang ini dilengkapi dengan pilihan 9 jahitan dan fungsi lobang kancing. Kamu juga bisa memilih pola jahitan pada kain. Ada juga fitur free arm yang memungkinkan kamu menjahit bahan-bahan berbidang sempit serta drop feed untuk pengerjaan bordir manual. Harga mulai dari Rp 1.799.000.

4. Mesin Jahit Portable Butterfly JH 8530A

Sumber: Shopee

Butterfly sudah lama dikenal sebagai merk dari mesin jahit. Salah satunya adalah seri JH 8530A. Mesin jahit portable ini memiliki fitur needle threader agar memudahkan kamu memasukkan benang ke jarum. Kamu juga bisa membuat 23 pola jahitan berbeda dengan 4 langkah lubang kancing. Harga mulai dari Rp 1.550.000.

5. Mesin Jahit Portable Butterfly JH 5832A

Sumber: Blibli

Kelebihan dari mesin jahit portable ini adalah memiliki 32 pola jahitan. Selain itu kamu juga bisa menjahit lubang kancing hanya dengan 1 langkah jahitan. Masih kurang? Ada juga fitur lainnya seperti menjahit maju mundur, dan ketegangan dan kerapatan jahitannya bisa diatur. Untuk memiliki mesin jahit portable ini sediakan dana mulai dari Rp 1.499.300.

6. Mesin Jahit Portable FHSM 202

Sumber: Bukalapak

Ini adalah salah satu mesin jahit portable yang paling laris diburu. Seri FHSM 202 pada umumnya memiliki fungsi standar seperti menjahit bahan dasar kain. Namun terdapat fitur unggulan pula seperti menggunakan 2 benang jahit agar tidak mudah putus, kecepatan mesin bisa diatur. Kamu juga bisa menggunakannya secara manual dengan pedal kaki atau menggunakan 4 baterai AA untuk menggerakkan mesinnya. Harga mulai dari Rp 85.000.

7. Mesin Jahit Portable Messina SH 393

Sumber: Bukalapak

Mesin jahit merk Messina seri SH 393 diklaim dapat menghasilkan jahitan yang stabil. Sedangkan fiturnya adalah punya 24 jenis pola jahitan, 4 langkah pelubang kancing, Serta terdapat tombol pengatur pola jahitan. Ada juga alat pemotong benang, tombol pengatur panjang dan lebar jahitan, tombol pengatur tekanan benang atas, tombol jahitan mundur, dan dinamo eksternal. Mesin jahit ini juga sudah disematkan lampu LED. Harga mulai dari Rp 2.125.000. 

8. Mesin Jahit Portable Juki HZL K-85

Sumber: Shopee

Kalau kamu mencari mesin jahit portable yang punya banyak variasi jahitan, pilihannya jatuh kepada Juki HZL K-85. Mesin jahit ini punya 150 pola jahitan loh! Kamu juga bisa mendapatkan fitur satu font border dan 7 lubang kancing otomatis. Produsen mesin jahit ini pun telah melengkapinya dengan fitur pengontrol kecepatan dan lampu LED. Harga mulai dari Rp 3.079.030.

9. Mesin Jahit Portable Singer 9100 Stylist

Sumber: Blibli

Kalau 150 pola jahitan masih dirasa kurang, mesin jahit portable Singer 9100 Stylist punya 404 pola jahitan. Ada juga fitur 194 angka dan alphabet, dan 9 tipe lubang kancing otomatis. Untuk mempermudah kamu dalam menjahit, Singer juga sudah melengkapinya dengan fitur tombol start dan stop otomatis agar mesin bisa dioperasikan tanpa pedal. Harga mulai dari Rp 5.750.000.

10. Mesin Jahit Portable Singer 3232

Sumber: Blibli

Dengan fitur free arm portable yang dimilikinya, kamu bisa menjahit pakaian di bagian sudut, seperti lengan dan kerah dengan mudah. Mesin jahit portable ini juga memiliki 32 pola jahitan build-in, pemasang benang otomatis, dan pelubang kancing 1 langkah. Harga mulai dari Rp 2.550.000.

11. Mesin Jahit Portable Brother GS2700

Sumber: Shopee

Untuk mempermudah proses memasukan benang ke dalam lubang jarum, mesin jahit portable Brother GS2700 sudah dilengkapi fitur Auto Needle Threader. Kamu juga tak perlu kesulitan menjangkau bagian kecil pada jahitan karena sudah fitur free arm sewing-nya.  Fitur lainnya adalah lampu LED agar kamu semakin jeli melihat jahitan. Harga mulai Rp 2.250.000. 

12. Mesin Jahit Portable Dragonfly DF 1824

Sumber: Shopee

Dragonfly sudah malang melintang di dunia mesin jahit. Kini mereka memiliki mesin jahit portable seri DF 1824 yang punya keunggulan 24 pola jahitan built-in dan 4 langkah pelubang kancing. Kamu juga tak perlu repot memasukkan benang secara manual, sebab di mesin jahit ini sudah bisa dilakukan secara otomatis. Harga mulai Rp 2.560.000.

Nah, itu dia daftar mesin jahit portable yang bagus dan terbaik saat ini. Kamu bisa menentukan pilihan dengan mempertimbangkan berbagai fitur yang dimiliki masing-masing mesin jahit. Semua merk mesin jahit portable tersebut bisa kamu temukan di e-commerce kesayangan.

Soal pengiriman, jangan lupa pilih Anteraja yang menjangkau pengiriman ke seluruh Indonesia. Kiriman paket menggunakan Anteraja aman dan cepat serta banyak pilihannya, mulai dari Same Day, Next Day, dan Reguler.