11 Microphone Kamera Yang Bagus dan Terbaik Dengan Suara Jernih

Mic Kamera Yang Bagus

Merekam video merupakan kegiatan yang tidak asing lagi bagi kalangan vlogger. Bahkan saat ini sudah banyak orang yang merekam video hanya untuk sekadar dokumentasi. Dalam proses merekam video, bukan lagi soal resolusi gambarnya saja yang diperhatikan. Audio juga berperan penting dalam kualitas rekaman. 

Untuk mendapatkan kualitas audio yang baik, tentunya membutuhkan microphone kamera dengan spek terbaik supaya suaranya jernih dan jelas. Sebelum itu, kamu harus tahu apa jenis microphone kamera yang dibutuhkan. Yuk langsung simak cara memilih microphone kamera yang bagus dan terbaik dengan suara jernih berikut ini. 

Cara Memilih Microphone Kamera dengan Kualitas Terbaik

1. Ketahui Jenis Microphone Kamera

Secara umum, terdapat dua jenis mic yaitu shotgun dan lavalier. Jenis shotgun memiliki bentuk silinder seperti senapan. Microphone jenis ini memiliki kelebihan dapat disambungkan langsung dengan perangkat sehingga file tidak terpisah. Sedangkan untuk microphone jenis lavalier berukuran kecil dan dapat dijepitkan ke pakaian. Mic ini sering digunakan saat liputan atau membawakan berita. Saat ini jenis lavalier sudah didukung dengan fitur wireless sehingga lebih efisien.

2. Perhatikan Tingkat Sensitivitas dan Rentang Frekuensi

Selain mengetahui jenis yang kamu butuhkan, kamu juga perlu memperhatikan sensitivitas dan rentang frekuensi yang baik untuk mic kamera. Untuk sensitivitas sendiri dibutuhkan agar noise berada di tingkat yang rendah. Jika angka sensitivitas mendekati nol, maka mic tersebut cocok untuk mengambil suara lembut. Untuk frekuensi, kamu harus menyesuaikan dengan sumber suara. Frekuensi rendah cocok untuk pidato atau wawancara, sedangkan frekuensi tinggi untuk kebutuhan high quality sound system.

3. Sesuaikan Dengan Budget

Selain memperhatikan fitur, jenis dan tingkat sensitivitas microphone, kamu juga perlu menyesuaikan budget dengan microphone yang akan kamu beli. Tenang saja, saat ini sudah banyak tipe microphone kamera dengan fitur lengkap dengan harga yang terjangkau. Kamu hanya perlu memperhatikan lebih jeli saat memilih microphone yang sesuai dengan kebutuhan namun tak membuat kantong bolong. 

Setelah mengetahui bagaimana tips memilih microphone kamera yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kamu, mari kita simak sederet rekomendasi merk microphone kamera yang bagus dan terbaik ala Anteraja!

Mic Kamera Yang Bagus dan Terbaik

1. Sony Gun Zoom Microphone

Mic Kamera Yang Bagus

Rekomendasi pertama dinobatkan kepada mic milik Sony. Ternyata selain memiliki kamera, Sony juga mengeluarkan mic untuk kamera yang bagus dan berkualitas. Kemampuan jangkauan audio yang dapat diperbesar dan diperkecil menjadikan keunggulan tersendiri untuk mic kamera ini. Selain itu terdapat dua mode yang dapat digunakan, yaitu mode gun mic dan zoom mic.

Mode gun mic dapat digunakan untuk fokus ke satu arah. Sedangkan mode zoom mic untuk merekam suara sesuai dengan pengaturan zoom kamera yang dapat diaktifkan saat menggunakan lensa zoom.

2. RØDE Microphones Mic Pro

Mic Kamera Yang Bagus

Produk RØDE yang satu ini sudah jelas menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang menginginkan rekaman suara dengan minim noise. Sensitivitas yang dapat diatur, membuat suara sekecil apapun dapat direkam dengan baik. Pengaturan mic juga menyatu dengan badan mic sehingga lebih efisien.

3. Audio-Technica Stereo/Mono Camera-Mount Microphone

Mic Kamera Yang Bagus

Audio-Technica dikenal sebagai microphone kamera yang memiliki fitur lengkap dengan desain yang modern. Microphone ini menyediakan dua pilihan mode yang bisa kamu pilih untuk merekam video. Kamu bisa memilih mode mono untuk hasil suara tunggal. Untuk kamu yang ingin menghadirkan dimensi suara yang berbeda, kamu bisa memilih mode stereo.

4. SOUNDTECH Smart Lavalier Microphone ST-LAV02

Mic Kamera Yang Bagus

Jika kamu mencari microphone kamera dengan kualitas audio terbaik, SOUNDTECH Smart Lavalier Microphone ST-LAV02 menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Dilengkapi dengan fitur khusus yang membuat kamu dapat menggunakan microphone ini untuk pemakaian dalam jangka waktu lama. Microphone ini juga dapat disambungkan ke berbagai peralatan elektronik seperti laptop, PC, ponsel, kamera mirrorless, dan lain sebagainya.

5. Mamen MIC-03 3.5mm

Mic Kamera Yang Bagus

Mamen MIC-03 Shotgun MIC Cardioid Microphone for Vlog Camera/ DSLR/ Mirrorless Vlogging merupakan compact/portable cardioid shotgun microphone yang didesain untuk kamera. Microphone ini memiliki fitur crystal clear sound yang dapat menghasilkan kualitas rekaman suara menjadi jernih. Tak hanya itu, microphone ini juga dilengkapi dengan furry windshield yang dapat meredam noise. 

6. Microphone Boya BY MM1

Mic Kamera Yang Bagus

Tersedia dengan fitur kabel output TRRS (tip-ring-ring-sleeve), microphone kamera ini dapat digunakan untuk mendengarkan dan merekam suara dengan jernih. Microphone ini juga dilengkapi windshield untuk meminimalkan kebisingan saat proses perekaman suara di luar ruangan. Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan microphone ini dengan mudah karena kompatibel dengan kamera DSLR dan mirrorless segala merek. 

7. BOYA BY-M1 Lavalier Clip on Mic Microphone

Mic Kamera Yang Bagus

Dengan harga bersahabat, Boya menawarkan mic kamera clip on yang bisa kamu bawa kemana-mana. Kemampuannya pun tidak perlu diragukan lagi, walaupun dari jarak jauh Boya BY-M1 bisa merekam suara dengan hasil yang jernih. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi content creator.

Mic kamera ini bisa digunakan pada device kamera maupun handphone. Tapi ketika kamu pakai kamera, mic ini membutuhkan baterai agar bisa digunakan.

8. MAMEN Mic-06 3.5mm

Mic Kamera Yang Bagus

Bagi kamu yang membutuhkan microphone kamera untuk kebutuhan vlog, review dan konten youtuber lainnya MAMEN Mic-06 3.5mm bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Microphone dengan desain shotgun yang dilengkapi dengan fitur windscreen membuat suara yang direkam menjadi lebih jernih. Microphone ini juga bisa digunakan pada berbagai perangkat seperti DSLR, mirrorless, smartphone, dan gadget pendukung lainnya. 

9. Reccam LV-06

Mic Kamera Yang Bagus

Posisi kesembilan jatuh kepada mic kamera milik Reccam. Mic jenis lavalier ini dapat digunakan untuk semua perangkat 3.5mm dan bisa dihubungkan langsung dengan DSLR, kamera digital, dan PC. Dilengkapi dengan audio splitter, kamu juga bisa memasang headset/earphone. Audio splitter ini juga digunakan untuk merekam dengan menggunakan smartphone atau tablet.

10. Relacart MU1

Mic Kamera Yang Bagus

Relacart MU1 yang dikenal dengan produk microphone yang menghasilkan audio berkualitas tinggi ini cocok untuk aktifitas fotografi, wawancara, rekaman, siaran langsung atau aktifitas perekaman luar ruangan lainnya. Tak hanya itu, microphone kamera ini juga dapat dipasang di berbagai gadget seperti PC, kamera SLR, dan perangkat lainnya. 

11. Saramonic SR XM1 SR-XM1

Mic Kamera Yang Bagus

Dapat digunakan untuk merekam audio di segala kondisi, Saramonic SR XM1 SR-XM1 menjadi microphone kamera yang cocok untuk kamu yang mencari merk microphone kamera yang fleksibel dengan kualitas audio yang juara di kelasnya. Microphone ini sangat ringan sehingga cocok untuk musisi, jurnalis, atau rekaman di dalam maupun luar ruangan. 

Nah itu dia adalah rekomendasi microphone kamera yang bagus dan tentunya menghasilkan suara yang jernih versi Anteraja! Kamu bisa mendapatkan mic kamera rekomendasi ini dengan membelinya di e-commerce kesayangan kamu. Jangan lupa untuk memilih jasa kurir Anteraja supaya paketmu bisa sampai dan selamat tanpa khawatir dengan menggunakan fitur Cek Resi untuk tracking paket.