minuman tradisional indonesia
Update Aja

Minuman Tradisional Indonesia dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Indonesia terkenal dengan makanan dan minumannya.  Makanan dan minuman khas Indonesia terkenal karena bahan-bahannya yang khas dan juga kesan tradisionalnya yang tidak dapat dijumpai di negara lain. Minuman tradisional Indonesia juga tidak kalah dengan minuman buatan pabrik atau minuman yang kekinian saat ini. 

Bahkan minuman khas Indonesia kebanyakan menggunakan bahan utama yang aman dan tidak mengandung bahan pengawet. Oleh karena itu mengapa minuman tradisional khas Indonesia juga merupakan minuman segar yang dapat menjadi pilihan untuk melepaskan dahaga di siang hari. 

Macam-macam Minuman Tradisional Indonesia

macam macam minuman tradisional

1. Bajigur

Merupakan minuman hangat berasal dari Jawa Barat. Masyarakat Sunda biasanya menghidangkan minuman  ini saat cuaca dingin. Minuman ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan sebagai penambah tenaga untuk daerah yang dingin.

2. Bir Pletok

Tidak sesuai dengan namanya minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali dan 100% halal. Minuman khas Betawi ini juga merupakan minuman yang berfungsi sebagai penghangat badan, pertama kali minum akan menimbulkan rasa pedas lidah dan akan menghangatkan badan. 

3. Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan minuman yang menyegarkan khas Betawi. Dinamakan demikian karena terdapat kue berbentuk memanjang layaknya selendang dan ditambah dengan susu dan juga santan. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas, namun sayangnya penjual es selendang mayang saat ini sudah jarang ditemui.

4. Wedang Secang

Minuman khas keraton Yogyakarta yang sekaligus dapat menjadi minuman yang menyehatkan karena mampu meningkatkan stamina serta meredakan perut kembung, hipertensi dan juga memperlancar aliran darah. Wedang secang merupakan minuman yang terbuat dari bahan alami, minuman ini berwarna merah karena berasal dari kayu secang.

5. Es Cendol

Minuman khas Sunda yang sampai saat ini masih banyak digemari oleh masyarakat. Merupakan minuman yang menyegarkan dan juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.

6. Sekoteng

Merupakan minuman penghangat dari daerah Jawa Tengah. Bahan dasar untuk membuat sekoteng juga murni dari bahan alami seperti jahe, serai, kayu manis, daun jeruk, daun pandan dan juga gula pasir. Minuman ini sangat kaya akan rempah-rempah.

Beberapa Manfaat Minuman Tradisional Bagi Kesehatan

beberapa manfaat minuman tradisional
A variety of Indonesian traditional cold dessert drinks; popular especially during the holy month of Ramadan. From left to right: young coconut jelly in coconut water, red cantaloupe in pandanus sugar syrup, fermented glutinous rice, and green grass jelly with coconut milk and pandanus syrup. Pandanus leaves are used as the garnish for the drinks. More pandanus leaves are left on the table as casual decoration. Some wooden dessert spoons are kept in a glass which is laid flat on the table.

Minuman tradisional khas Indonesia selain menyegarkan beberapa diantaranya juga merupakan minuman herbal tradisional yang dapat digunakan untuk kesehatan karena bahan-bahannya yang kaya akan rempah-rempah diantaranya: 

  1. Kunyit asam untuk menetralisir racun didalam tubuh dan diet
  2. Beras kencur untuk mempertebal dinding lambung dan meningkatkan nafsu makan 
  3. Sinom untuk mengatasi batuk berdahak dan mencegah hipertensi
  4. Sarabba untuk mengatasi rasa mual dan masuk angin
  5. Lahang untuk memperkuat tulang dan juga mengatasi sembelit sekaligus memperlancar ASI

Minuman tradisional Indonesia nyatanya memiliki manfaat dan khasiat yang sangat besar bagi kesehatan dan juga pengobatan. Selain terbuat dari bahan dasar yang memang alami dan kaya akan rempah-rempah. 

Sayangnya, kurangnya minat masyarakat saat ini terhadap minuman tradisional membuat minuman ini sangat sulit ditemui dan lama kelamaan akan tergantikan oleh banyaknya minuman modern buatan pabrik dipasaran.  Padahal, minuman tradisional khas Indonesia juga tidak kalah enak rasanya dengan minuman yang beredar dipasaran saat ini. 

Untuk dapat menyiasati minat yang rendah terhadap minuman tradisional diatas, banyak penjual yang akhirnya memodifikasi minuman tradisional agar lebih menarik dan memberikan kesan modern di mata para pelanggan. Namun, bagi hepizen yang belum pernah mencobanya agar paling tidak mencoba turut serta dalam melestarikan minuman tradisional agar tidak punah.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *