11 Merk Mouthwash / Obat Kumur Terbaik, Bikin Napas Segar

Menjaga kebersihan gigi merupakan suatu penunjang bagi kesehatan kamu. Memiliki gigi yang bersih, terawat, dan terhindar dari bau mulut menandakan kalau kamu adalah orang yang sehat.

Kebanyakan orang berasumsi bahwa menyikat gigi menghilangkan semua masalah kebersihan mulut bagi mereka. Namun, mereka tidak menyadari fakta bahwa itu bukan solusi lengkap untuk kesehatan mulut kamu. Ada banyak hal lain yang harus pertimbangkan untuk digunakan selain pasta gigi.

Kamu juga perlu merawatnya dengan menggunakan mouthwash atau obat kumur. Mouthwash sendiri berfungsi untuk menuntaskan sisa-sisa kotoran yang tidak terjangkau sikat gigi dan melindungi gigi kamu dari plak. Nggak cuma itusih manfaat dari mouthwash sendiri sahabat.

Di bawah ini Anteraja bakal mengulas manfaat dan rekomendasi beberapa mouthwash terbaik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Yuk buruan simak!

Manfaat Mouthwash

– Membuat Nafas Lebih Segar

Ini adalah manfaat yang paling umum menggunakan mouthwash. Cairan yang satu ini akan memberi kamu nafas yang segar yang bahkan tidak bisa diberikan oleh pasta gigi. Namun, itu tidak bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Mouthwash sendiri dipercaya dapat membunuh semua bakteri yang berhubungan dengan bau mulut dan meninggalkan nafas segar yang sangat manis dan sejuk. Bagian yang baik mouthwash adalah kamu bisa memilih dengan berbagai rasa. Biasanya ada rasa mint, jeruk dan lainnya.

– Mencegah Plak

Ada berbagai mouthwash di pasaran yang dapat membantu mencegah pertumbuhan plak pada gusi kamu. Plak juga bisa tumbuh di tengah gigi dan di permukaan gigi.

Meskipun mouthwash mencegah pertumbuhan plak, cairan ini tidak bisa membersihkan plak yang sudah ada. Jadi pastikan kamu menyikat gigi dan menggunakan mouthwash secara teratur, karena mereka bisa menjadi obat untuk banyak masalah mulut.

– Menyembuhkan Sariawan

Sariawan adalah sejenis bakteri di mulut. Dengan penggunaan mouthwash secara teratur, kamu dapat menyingkirkannya dalam beberapa hari. Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu nikmati jika mulai menggunakan obat kumur.

Menggunakannya dengan pasta gigi pasti akan meningkatkan kesehatan gigi kamu. Namun selain menyikat gigi dan menggunakan mouthwash, ada baiknya memeriksakan kondisi kesehatan gigi kamu dengan rutin ke dokter.

Rekomendasi Mouthwash yang Bagus dan Terbaik

1. Colgate Plax

Sumber: Shopee

Dipercaya dapat membunuh 99.99% bakteri, mouthwash ini mampu memberikan kesehatan pada mulut kamu. Nggak cuma itu, kamu juga punya nafas segar sepanjang hari. Produi ini sudah teruji secara klinis yaa, jadi kamu nggak perlu khawatir untuk menggunakannya setiap hari, bahkan dapat menjaga kesehatan gusi kamu.

Ohiya, Colgate Plax ini juga menawarkan dua pilihan rasa, ada pappermint dan freshmint. Keduanya tentu saja bakal membuat mulut kamu bersih dan segar. Harganya juga murah banget, mulai dari Rp30.000 aja loh! 

2. Listerine

Sumber: HDMall

Merk yang satu ini sudah nggak diragukan lagi deh sahabat, karena dapat menuntaskan semua masalah di mulut kamu. Apalahi dengan varian Listerine Multi Protect Zero Antiseptic yang memiliki kandungan zinc dan fluoride di dalamnya, pastinya akan menguatkan gigi kamu dan mencegah gigi berlubang.

Tak hanya itu, produk yang satu ini juga memiliki manfaat untuk membunuh kuman, mencegah plak dan tentunya akan membuat mulut kamu segar setiap hari. Dengan menggunakannya secara rutin, dijamin gigi dan gusi kamu bakal selalu sehat. Harganya mulai dari Rp20.000.

3. Pepsodent

Sumber: Tokopedia

Kamu punya gigi sensitif? Yups, Pepsodent tepat menjadi pilihan mouthwash kamu, karena merk yang satu ini punya produk mouthwash yang dapat menyelesaikan masalah gigi sensitif kamu.

Anti deh ngilu-ngilu lagi kalau habis pakai mouthwash ini. Karena Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert tidak mengandung alkohol yang bisa mempercepat pengeroposan enamel. Nah kalau enamel ini keropos maka gigi kamu akan semakin sensitif.

Nggak cuma mengatasi masalah gigi sensitif, produk ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut hingga gigi keropos. Kandungan fluoride juga berfungsi melapisi gigi sehingga terlindungi dari pembentukan plak. Harganya mulai dari Rp25.000.

4. Sensodyne

Sumber: Blibli

Selain Pepsodent ada juga Sensodyne, dua merk yang berbeda ini sama-sama punya produk mouthwash yang bisa menghilangkan masalah gigi sensitif. Sensodyne sendiri terkenal dengan produk pasta giginya yang memang berfokus untuk gigi sensitif, tak heran merk ini banyak diminati.

Untuk kamu yang memiliki gigi sensitif, mouthwash ini cocok karena dapat mengurangi rasa ngilu dan mencegahnya menjadi meluas. Nggak hanya itu, mouthwash ini juga bisa membuat mulut kamu fresh dengan sensasi mint-nya. Harga mulai dari Rp21.000.

5. Betadine

Sumber: Tokopedia

Biasanya Betadine terkenal dengan produk yang bisa menyembuhkan luka, tapi kali ini merk tersebut juga punya mouthwash yang nggak kalah ampuhnya dari merk lain.

Itu karena Betadine mengandung povidone-iodine sebagai antiseptik yang mampu mencegah infeksi mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, hingga virus. Perlu dicatat, povidone-iodine merupakan zat aktif yang persis dengan obat merah untuk luka tubuh, jika kamu menggunakan mouthwash ini, maka kamu akan merasakan seperti berkumur dengan obat merah. Harga mulai dari Rp18.000.

6. Enzim

Sumber: Shopee

Rekomendasi mouthwash selaniutnya yakni Enzim. Terdapat kandungan AmiloGlukosidase dan Glucose Oxidase dapat berfungsi untuk mengembalikan kualitas air liur yang berguna mengontrol keseimbangan bakteri pada mulut. Bahan-bahan alami dari Enzim juga dipercaya dapat menyehatkan mulut, membuatnya segar sepanjang hari. Harga mulai dari Rp25.000.

7. Total Care

Sumber: Klik Indomaret

Semua produk Total Care dibuat dari beragam bahan alami, seperti lemon, habatussauda, tea tree oil dan eucalyptus. Mouthwash yang satu ini nggak hanya bikin mulut kamu segar, tetapi juga melindungi dari bakteri, mencegah bertambahnya plak sekaligus menghilangkan, mengurangi bau mulut dan merawat mulut kamu.

Total Care sendiri punya beragam rasa varian mouthwash, kamu bisa memilih sesuai fungsinya. Terlebih, Total Care juga menjadi pelopor mouthwash untuk anak-anak loh. Aman deh! Harga mulai dari Rp20.000.

8. Oxyfresh

Sumber: Shopee

Mouthwash tanpa alkohol, tanpa bahan pewarna, pH netral, dan mengandung essential oil ini dipercaya dapat mengatasi semua masalah mulut, seperti karang gigi, gusi, ngilu hingga sariawan yang membandel. Tidak menyebabkan mulut kering, cocok untuk mengatasi keluhan mulut kering pada perokok, pasien kemoterapi, dan kondisi medis lainnya.

Meski harganya yang cukup mahal mulai dari Rp130.000, tetapi kualitas mouthwash Oxyfresh ini nggak perlu diragukan lagi. Terutama, kandungan Oxygene yang dijamin bisa mengatasi bau mulut.

9. Oral-B

Sumber: Shopee

Sebelumnya merk Oral-B terkenal dengan produk sikat gigi yang tak kalah bagus dari merk lain. Tapi kini, dengan produk mouthwash-nya, Oral-B dipercaya dapat membantu membersihkan mulut dari kuman dan bakteri dengan lebih maksimal. 

Nggak hanya itu, Oral-B mampu melawan kuman yang dapat menyebabkan plak dan nafas tidak segar. Dengan menggunakan mouthwash ini, dijamin mulut kamu jadi makin sehat. Harga mulai dari Rp35.000.

10. Aloclair

Sumber: Shopee

Selain menjadi mouthwash, Aloclair juga berfungsi sebagai pereda nyeri dan membantu penyembuhan pada masalah mulut seperti sariawan. Produk ini mengandung aloe vera dan asam hialuronat.

Aloclair dapat membentuk lapisan pelindung di atas luka yang terjadi di mukosa rongga mulut dan melindungi ujung saraf yang terkena. Produk ini tidak mengandung alkohol, sehingga tak akan membuat sensasi menyengat saat digunakan. Harga mulai dari Rp80.000.

11. Systema

Sumber: Shopee

Rekomendasi mouthwash terakhir ini memiliki formula antibakteri karena dibesut menggunakan Japan’s Advanced Dental Technology yang sangat ampuh melibas kuman dan plak di mulut.

Dengan menggunakan mouthwash dari Systema yakni deh kamu bisa terhindar dari berbagai macam masalah mulut. Bikin nafas kamu segar sepanjang hari loh! Harga mulai dari Rp23.000.

Sahabat Anteraja, itu dia beberapa rekomendasi mouthwash atau obat kumur terbaik yang bisa kamu pilih, tentunya dengan sesuai kebutuhan ya! Dan perhatikan juga beli obat kumur yang tidak mengandung alkohol sehingga ketika digunakan tidak akan membuat mulut kamu sakit.

Belinya di mana? Ya, bisa dong di e-commerce kesayangan kamu, terus klik Anteraja sebagai layanan terpercaya kamu, dijamin mouthwash kamu aman tanpa bocor-bocor!