Apa Yang Harus Dilakukan Jika Paket Tak Kunjung Sampai?

Paket Tak Kunjung Sampai

Satu hal yang kerap dinantikan masyarakat di era digital adalah kiriman paket setelah melakukan pesanan dari marketplace atau online shop. Bahkan terkadang penantian paket tiba disertai dengan rasa yang mendebarkan, terutama jika paket yang kamu pesan adalah produk dengan harga yang cukup mahal. Belum lagi jika paket yang sedang dalam perjalanan adalah barang yang harus segera digunakan.

Kalau tak kunjung sampai, rasanya sangat mengkhawatirkan kan? Apalagi kalau ternyata paket yang kamu tunggu statusnya sudah sampai padahal belum kamu terima. Kalau kasus ini menimpa kamu, kamu harus segera melakukan sesuatu untuk memastikan keberadaan paket yang dinantikan.

Nah, untuk mengetahui panduan menanti paket yang tak kunjung tiba, kamu perlu simak ulasan di bawah ini. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa yang perlu dilakukan jika paket tak kunjung sampai.

Paket Tak Kunjung Sampai, Ini Yang Harus Dilakukan

1. Cek Kembali Alamat Pengiriman

Paket Tak Kunjung Sampai

Paket yang sudah terkirim namun tak kunjung sampai memang membuat resah. Meski begitu, kamu bisa melakukan sesuatu untuk memastikan bagaimana kondisi paket yang kamu nantikan. Salah satunya adalah dengan mengecek kembali alamat pengiriman yang sudah kamu cantumkan sebelumnya. Jika sudah sesuai, maka kamu tidak perlu khawatir, karena kemungkinan paket salah diterima akan lebih kecil.

Data ini sangat berpengaruh dalam pengiriman paket, karena kalau sampai salah memasukan alamat, maka paket kemungkinan diterima oleh orang lain. Oleh karena itu, sebelum mengirimkan paket atau memesan produk di marketplace, pastikan alamat yang dicantumkan sudah benar sesuai dengan nama jalan, nomor rumah, kelurahan, hingga kode pos. Semakin jelas alamat yang tercantum, maka semakin kecil kemungkinan paketmu nyasar. 

2. Cek Data Penerima Jika Kurang Jelas

Paket Tak Kunjung Sampai

Selain memastikan alamat, pastikan juga penerima dicantumkan secara jelas. Bisa jadi paketmu tak kunjung sampai karena data penerima yang diberikan sebelumnya kurang dimengerti, sehingga paket tidak sampai kepada orang yang tepat. Lebih baik lagi, cantumkan nomor penerima yang bisa dihubungi agar mempermudah kurir untuk menghubungi penerima jika paket sudah tiba di lokasi. 

3. Salah Titik Lokasi

Paket Tak Kunjung Sampai

Jika paket tak kunjung sampai, kemungkinan lain yang terjadi adalah kekeliruan saat memasukan titik lokasi. Jika hal tersebut terjadi, pastikan apakah paketmu sudah diterima atau belum. Jika paket tersebut sudah diterima, cek tetangga sekitar apakah mereka menerima paket yang kamu pesan atau tidak. Selain itu, kamu bisa meminta bantuan kepada satpam atau security komplek jika belum menemukan paketmu di tetangga sekitar rumah. 

4. Cek Nomor Resi

Paket Tak Kunjung Sampai

Kalau paket sudah jelas dikirim tapi tak sampai ke tujuan, kamu bisa cek nomor resi untuk mengetahui keberadaan paket. Dengan nomor resi yang kamu miliki, akan membantu kamu memastikan apakah paket tersebut sudah sampai atau belum kepada penerima.

Nomor resi bisa dilacak melalui website penyedia layanan ekspedisi seperti Anteraja. Website tersebut nantinya akan menampilkan status paket sampai dimana. Jika sudah diterima, maka akan diinfokan pula siapa penerimanya. Kalau paketmu masih dalam perjalanan, maka tidak perlu khawatir. Kemungkinan terjadi pengiriman yang overload sehingga paketmu pengirimannya agak tertunda. 

5. Hubungi Pihak Logistik

Paket Tak Kunjung Sampai

Kamu juga bisa menghubungi pihak logistik untuk mengetahui mengapa paket tak kunjung sampai. Untuk menghubunginya, kamu bisa mencoba menjangkau layanan ekspedisi lewat akun sosial media resmi.

Biasanya jika masalah yang dihadapi cukup serius, kamu akan diarahkan untuk menggunakan email bantuan yang akan diberikan oleh pihak logistik agar bisa dijelaskan lebih rinci mengenai status pengiriman paket. Kalau sudah mencoba menghubungi pihak logistik, maka kamu hanya menunggu arahan bagaimana langkah selanjutnya.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika paket yang kamu kirim tak kunjung sampai. Agar pengiriman paketmu bisa lebih aman, gunakan jasa kurir Anteraja. Dengan Anteraja kamu tidak perlu khawatir, karena sudah ada fitur cek resi sehingga kamu bisa melacak keberadaan paket.

Kamu bisa memilih layanan pengiriman same day atau reguler sesuai dengan kebutuhan. Kalau ingin mengirimkan barang yang cukup besar, Anteraja juga menyediakan layanan cargo. Pengiriman paketmu jadi lebih mudah dengan Anteraja yang bisa mengantarkan paket berbagai ukuran tentunya dengan aman dan terpercaya.