14 Kerja Online Untuk Pelajar Yang Bisa Kamu Coba, Mudah Loh!

Kerja Online Untuk Pelajar

Sebagai pelajar yang memiliki kewajiban untuk belajar tentunya memiliki keterbatasan waktu dan uang. Hal ini membuat kamu perlu memutar otak dan mengatur strategi agar tetap memperoleh uang jajan meski sibuk dengan kegiatan belajar.

Tenang saja, saat ini sudah banyak jenis pekerjaan online yang bisa kamu coba tanpa mengganggu kegiatan belajar, loh! Sebelum cari tahu jenis pekerjaan online untuk pelajar yang bisa kamu ambil, yuk simak tips memilih pekerjaan untuk pelajar berikut ini.

Tips Bekerja untuk Pelajar

1. Pertimbangkan untuk Mendapatkan Pengalaman Dibanding Uang

Pengalaman bekerja merupakan salah satu hal yang penting selama kamu mencari pekerjaan. Pasalnya, saat ini mayoritas perusahaan akan lebih tertarik untuk merekrut karyawan berpengalaman dibanding calon pekerja yang baru belajar. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memperbanyak pengalaman.

2. Jangan Mudah Menyerah 

Setiap pekerjaan tentu memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang berbeda-beda. Saat kamu mendapatkan pekerjaan yang terbilang rumit dan baru untuk kamu, teruslah berusaha untuk menyelesaikannya dan jangan mudah menyerah. Jika kamu berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut, nantinya akan timbul rasa bangga bahkan kamu bisa menyebutnya sebagai sebuah pencapaian baru untukmu. Tipsnya, saat kamu merasa kesulitan, jangan ragu bertanya dan berdiskusi dengan partner kerja lainnya untuk mendapat solusi.

3. Selalu Mau Belajar dan Memiliki Rasa Penasaran yang Tinggi

Jika kamu selalu mau belajar tentang hal baru dan memiliki rasa penasaran yang tinggi, kamu akan lebih mudah menyerap pengetahuan baru, khususnya pada bidang yang kamu geluti. Kamu bisa mulai menyelidiki seluk beluk bidang pekerjaan yang kamu garap dan coba konsultasi dengan ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Itu dia sederet tips yang bisa kamu terapkan saat bekerja untuk mendapatkan pemasukan meski sedang sibuk dengan kegiatan belajar. Nah, sekarang yuk kita cari tahu apa saja kerja online yang cocok untuk pelajar berikut ini.

Rekomendasi Kerja Online Yang Cocok Untuk Pelajar

1. Menjadi Dropshipper

Kerja Online Untuk Pelajar

Jika kamu masih bingung pekerjaan apa yang cocok untuk pelajar, kamu bisa memilih menjadi dropshipper sebagai solusinya. Berjualan dengan sistem dropship cukup mudah dilakukan, sebab kamu tidak perlu stok barang. Cukup mempromosikan barang dagangan yang kamu jual saja, kamu sudah bisa meraup keuntungan yang melimpah. 

2. Menjadi Reseller

Kerja Online Untuk Pelajar

Menjadi reseller adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan meski kamu sibuk dengan kegiatan belajar. Namun begitu, menjadi reseller harus memiliki stok produk yang dijual. Jangan lupa susun strategi marketing yang baik untuk mempromosikan produkmu, ya! 

3. Menjadi Content Writer

Kerja Online Untuk Pelajar

Khusus untuk kamu yang hobi menulis, kamu wajib mencoba menjadi content writer. Kamu cukup mengumpulkan kumpulan tulisanmu sebagai portfolio. Nggak perlu khawatir, saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa content writer untuk keperluan marketing.

4. Bekerja Freelance

Kerja Online Untuk Pelajar

Kalau kamu masih khawatir pekerjaanmu mengganggu waktu belajar, bekerja sebagai freelance bisa jadi solusi yang tepat buat kamu. Sebagai freelancer, kamu bisa mengatur jumlah pekerjaan dan waktu bekerja yang sesuai dengan kesibukanmu. Saat ini lowongan freelance juga sudah banyak dicari di berbagai perusahaan, seperti freelance desain grafis, content writer, dan masih banyak lagi. 

5. Menjadi Admin Online Shop dan Media Sosial

Kerja Online Untuk Pelajar

Menjadi admin online shop atau admin media sosial adalah salah satu jenis pekerjaan yang tepat untuk kamu yang gemar bersosialisasi dan menggunakan media sosial. Sebagai admin, kamu perlu membuat meng-upload foto, caption hingga membalas pesan dari customer. 

6. Menjadi Desain Grafis

Kerja Online Untuk Pelajar

Saat ini kebutuhan tenaga ahli untuk desain grafis semakin meningkat. Pasalnya, jasa desain grafis ini dibutuhkan di banyak bidang seperti kebutuhan pemasaran produk, membuat logo perusahaan, dan masih banyak lagi. 

7. Menjadi Translator

Kerja Online Untuk Pelajar

Khusus untuk kamu yang mahir berbahasa asing, menjadi translator bisa kamu pilih sebagai pekerjaan sampingan selama kamu masih sibuk dengan kegiatan belajar. Nggak perlu diragukan lagi, gaji translator saat ini juga terbilang cukup banyak sehingga kamu bisa mendapat pemasukan meski masih berstatus sebagai pelajar. 

8. Menjadi Jasa Titip

Kerja Online Untuk Pelajar

Banyaknya permintaan produk impor membuat pekerjaan sebagai jasa titip banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Biasanya jasa titip akan dibutuhkan saat produk sudah mulai sulit dicari atau sulit didapatkan. Ada banyak sekali jenis produk yang bisa dititipkan melalui jasa titip seperti produk fashion, makanan, dan masih banyak lagi lainnya. Kamu hanya perlu menaikkan sedikit harga dari harga asli produk yang ditawarkan. Kamu juga bisa mencari promo produk tersebut untuk mendapat keuntungan yang banyak. 

Sebagai pelaku usaha jasa titip, kamu tentu perlu mengirimkan barang dengan ekspedisi pengiriman yang aman dan terpercaya untuk tetap menjaga kepercayaan konsumen. Nggak perlu khawatir karena saat ini Anteraja bisa jadi andalanmu untuk mengirim produk dengan aman. Kamu bahkan bisa memanfaatkan fitur cek resi untuk melacak pengiriman barang. Dengan begitu paket yang kamu kirimkan tidak akan tersesat dan langsung sampai ke konsumen dengan aman. 

9. Menjadi Guru Private

Kerja Online Untuk Pelajar

Bagi kamu yang memiliki kemampuan untuk menguasai suatu bidang pelajaran, menjadi guru private bisa jadi solusi yang tepat buat kamu. Tak hanya pelajaran, kamu juga bisa menyediakan jasa guru private untuk bela diri, musik, berenang hingga menari. 

10. Berjualan Produk Digital

Kerja Online Untuk Pelajar

Berjualan produk digital seperti pulsa telepon, pulsa listrik, paket data, dan voucher game bahkan voucher langganan untuk nonton film merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat pemasukan selama menjadi pelajar. Kebutuhan produk digital tersebut saat ini menjadi suatu hal yang banyak dicari masyarakat sehingga kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. 

11. Usaha Makanan Kekinian

Kerja Online Untuk Pelajar

Makanan kekinian menjadi salah satu hal yang selalu banyak dicari masyarakat, khususnya bagi para pecinta kuliner. Tak heran jika usaha berjualan makanan kekinian banyak diminati karena konsumen akan terus berdatangan, terlebih jika kamu menjajakannya di lokasi yang strategis. 

12. Berjualan Foto Di Internet

Kerja Online Untuk Pelajar

Untuk kamu yang hobi menggeluti dunia fotografi, berjualan foto di internet bisa jadi solusi untuk mendapatkan keuntungan dari hobi yang kamu miliki. Biasanya jenis foto yang banyak diminati adalah street photography. Jenis foto ini bisa kamu dapatkan di berbagai lokasi di sekitarmu. 

13. Menjadi Entry Data

Kerja Online Untuk Pelajar

Kebutuhan akan jasa untuk menginput data penting bisa kamu manfaatkan sebagai peluang untuk memperoleh keuntungan. Biasanya banyak perusahaan yang merekrut freelancer data entry untuk melakukan input data yang dibutuhkan perusahaan. Pastikan kamu sudah cukup familiar dan menguasai pengoperasian spreadsheet dan Microsoft Excel. 

14. Menjadi Influencer / Endorser Product

Kerja Online Untuk Pelajar

Menjadi influencer atau endorser product bisa kamu pilih untuk mendapatkan pemasukan tambahan selama kamu masih menjadi pelajar. Jenis pekerjaan ini biasanya dibutuhkan untuk mempromosikan produk atau bisnis yang sesuai dengan target pasar dari suatu produk. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan dengan fleksibel secara online sehingga sangat cocok untuk pelajar. 

Itu dia sederet kerja online yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan selama kamu masih berstatus sebagai pelajar. Pastikan pekerjaanmu tidak mengganggu waktu belajarmu, ya!