15 Peluang Usaha Terbaik yang Menjanjikan di Tahun Ini

Peluang Usaha yang Menjanjikan

 Membuka usaha di era digital memang lebih mudah dibanding sebelumnya yang serba manual. Namun, peluangnya juga sebanding dengan persaingannya. Selain kompetitor dari pelaku usaha lokal, era digital juga membuka peluang bagi produk luar negeri untuk ikut bersaing di Indonesia. Untuk itu, kamu yang punya niat membangun usaha, harus memantapkan niat dan tekadmu. Jangan sampai menyerah sebelum perang.

Beragam jenis usaha bisa kamu pilih atau tiru dengan memodifikasinya supaya memiliki ciri khas tersendiri. Namun menentukan pilihan memang tidak mudah. Kalau kamu masih bingung menetukan jenis usaha, kamu harus simak ulasan ini hingga selesai, agar kamu mendapat inspirasi usaha yang menjanjikan hingga menjadi pengusaha yang mendapat banyak keuntungan

Tips Membuka Usaha

1.     Pilih Bisnis yang Menjanjikan dan Sesuai Passion

Melakukan hal yang kamu sukai akan terasa menyenangkan. Hal ini pula yang bisa kamu terapkan pada bisnis yang akan kamu pilih. Jika kamu mengerti passion-mu, coba sesuaikan dengan bisnis yang akan dijalankan. Misalnya, kamu bisa memulai bisnis kuliner karena gemar memasak, kemudian menjual produkmu secara online.

Karena memasak menjadi aktivitas yang kamu sukai, menjalankan bisnis kuliner tentu akan terasa menyenangkan. Apalagi, jika hobimu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Selain menyenangkan, hal ini juga akan menjadi kebanggaan tersendiri bukan?

2.     Kelola Keuangan dengan Baik

Pengelolaan keuangan yang baik, sangat diperlukan dalam sebuah bisnis. Cara sederhananya, pisahkan uang pribadi dan uang yang digunakan sebagai modal usaha. Begitu pula dengan modal dan keuntungan yang perlu dipisahkan. Hal ini penting untuk menunjang pengembangan bisnismu di masa mendatang. Setelah bisnismu berkembang, pastikan pengelolaan keuangan tetap terpantau dengan baik demi membuat bisnis yang sehat dan mampu bertahan lama. Jangan sampai kamu kalap hingga menyalahgunakan uang perusahaan ya.

3.     Selalu Ikuti Tren

Bisnis tak melulu tentang keuntungan, tetapi juga sebagai solusi bagi pelanggan. Untuk itu, kamu perlu merancang produk atau layanan dengan keunikan tersendiri, yang akan menarik minat pelanggan. Kamu juga perlu mengikuti tren yang sedang berkembang, jangan sampai bisnismu ketinggalan, supaya tetap menarik perhatian pelanggan.

Peluang Usaha yang menjanjikan

1.     Menjadi Dropshipper

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper memang bukan hal baru, karena toko online atau marketplace maupun e-commerce sudah begitu berkembang di Indonesia. Meski bukan hal baru, menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berbisnis. Selain tak perlu membuat produk sendiri, kamu juga tidak perlu melakukan banyak promosi. Bisnis ini cocok untuk kamu kerjakan di rumah atau sebagai pekerjaan sampingan.

2.     Usaha Makanan Sehat

Bisnis kuliner akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat. Begitu pula dengan bisnis makanan sehat, apalagi di tengah pandemi yang menuntut orang untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari paparan virus. Kalau kamu punya hobi memasak atau punya keinginan bisnis kuliner, usaha makanan sehat bisa kamu coba nih.

3.     Bisnis Waralaba/Franchise

Tips Bisnis Thai Tea Modal Kecil dan Untung Besar - Membeli Franchise

Bisnis waralaba atau franchise cocok untuk kamu yang mungkin merasa kesulitan untuk memulai bisnis dari nol. Yap, karena bisnis franchise biasanya sudah menyiapkan berbagai kebutuhan utama hingga promosi, sehingga kamu tak begitu repot memikirkan strategi bisnis seperti memulai bisis dari nol. Apalagi kalau kamu memiliki bisnis franchise dari merek ternama, kamu hanya perlu menunggu sedikit waktu untuk mendapat keuntungan. Tertarik dengan bisnis ini?

4.     Bisnis Pet Shop

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula

Kalau kamu suka binatang, bisnis pet shop bisa kamu lirik nih. Peluang bisnis pet shop masih cukup besar, karena kecintaan mereka dengan binatang peliharaan biasanya tak lekang waktu. Bisnis ini juga belum begitu banyak tersebar, sehingga peluangnya semakin besar. Kalau kamu suka kucing, kamu bisa mulai bisnismu dengan pet shop khusus kucing. Selain menyenangkan, bisnis ini tentu memberikan kamu keuntungan.

5.     Binis Cuci Sepatu

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Bisnis Laundry Sepatu

Tak banyak orang yang mau mencuci sepatu sendiri, apalagi saat sepatu basah atau kotor saat hujan. Selain itu, beragam jenis sepatu juga terkadang memiliki teknik perawatan tersendiri agar material maupun warnanya tetap terjaga dengan baik. Bisnis ini masih cukup jarang lho, jadi kamu bisa mencoba peruntungan bisnis cuci sepatu di kotamu. Jadikan kemalasan orang lain sebagai keuntungan.

6.     Bisnis Cuci Laundry

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Bisnis Laundry

Bisnis laundry juga bisa menjadi pilihan kamu untuk berbisnis. Bisnis ini masih tetap eksis hingga saat ini karena menjadi bisnis yang menjanjikan. Sebab, kamu tentu merasa senang bukan kalau ada yang menyiapkan pakaian tanpa harus mencuci dan strika sendiri? Yang paling banyak dihindari orang adalah strika pakaian karena membutuhkan effort yang lebih besar dibanding mencuci pakaian. Kondisi ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis laundry

7.     Menjadi Reseller

Ide Bisnis Modal 500 Ribu Untuk Pemula dan Untung Besar loh! - Menjadi Reseller

Bisnis ini biasanya diincar oleh ibu rumah tangga karena dapat dilakukan dimanapun. Sama seperti dropshipper, menjadi reseller juga tidak mengharuskan kamu membuat produk sendiri. Sebaliknya, kamu hanya berperan sebagai penjual tangan kedua. Banyak merek produk yang menerapkan konsep reseller, karena membantu perusahaan memasarkan dan menjangkau pelanggan lebih luas. Bisnis ini simple tapi menguntungkan. Kamu mau coba jadi reseller?

8.     Bisnis Thrift

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Thrifting

Apakah kamu suka dan mengoleksi barang branded? Kalau iya, coba lirik bisnis ini. Bisnis thrift sebenarnya sudah ada sejak lama, namun semakin mudah didapatkan di era digital seperti saat ini. Meskipun bekas, produk-produk branded tetap memiliki peminat dan nilai jual yang lumayan. Kamu bisa mulai mencoba peruntungan bisnis thrift dengan menjual barang bekas milikmu. Seiring waktu, kamu akan tahu produk mana yang menarik banyak pelanggan, sehingga menginspirasi kamu mengembangkan bisnis lebih lanjut.

9.     Bisnis Tanaman Hias

Tanaman Hias Untuk Bisnis Pasti Menguntungkan dan Mudah

Sejak pandemi melanda Indonesia, banyak orang yang mulai bercocok tanam tanaman hias. Selain untuk menambah aktivitas selama di rumah, menanam tanaman hias juga membantu menjaga kesehatan mental. Meski pandemi mulai mereda, tren tanaman hias masih tinggi lho. Untuk itu, kamu bisa mencoba bisnis tanaman hias secara online. Mumpung masih ngetren nih!

10.  Bisnis Hijab

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Hijab

Sebagaimana bisnis kuliner, bisnis fashion juga bisa dibilang nggak ada matinya. Namun bisnis ini mengharuskan kamu untuk selalu memperhatikan tren fashion, supaya produkmu nggak ketinggalan zaman. Kalau kamu belum bisa bisnis hijab dengan membuat produk sendiri, kamu bisa menjadi reseller merek hijab ternama yang sudah punya pelanggan setia.

11.  Bisnis Kaos Polos

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya - Kenali Bahan Bahan Kaos Polos

Bisnis kaos polos bisa dibilang awet karena peminatnya yang nggak surut-surut. Nggak heran kalau bisnis ini jadi bisnis yang menjanjikan. Selain proses produksinya yang tergolong mudah dibanding kaos bermotif, bisnis kaos polos juga tak lekang oleh waktu. Kalau kamu punya keinginan bisnis kaos polos, jangan lupa perhatikan kualitasnya ya, khususnya bahan yang kamu gunakan. Semakin nyaman kaos polos yang kamu buat, pelanggan tentu semakin puas dan menjadikan kaos polos buatanmu sebagai andalan.

12.  Bisnis Kuliner

Ini dia bisnis yang banyak dilakoni pelaku usaha, karena bisa dimulai dengan modal yang kecil. Bisnis ini menjanjikan karena hampir selalu ada permintaan. Namun tentu saja, kamu harus memperhatikan pasar dan melakukan analisa, apakah target pasarmu cocok dengan bisnis kuliner yang akan kamu geluti. Sekarang kamu juga bisa memasarkan produk kulinermu secara online untuk memperluas pasar. Jadi tunggu apa lagi?

13.  Bisnis Sepatu

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Foto Sepatu dengan Jelas dari Berbagai Sisi

Bisnis sepatu juga menjanjikan lho karena punya penggemar tersendiri. Nggak sekadar mengikuti tren fashion, penggemar sepatu juga terkadang laper mata sampai koleksi berbagai sepatu yang disukai. Jadi nggak ada salahnya kamu mencoba bisnis yang satu ini. Jangan lupa utamakan kualitas ya, karena kenyamanan jadi faktor penting pelanggan. Kalau pelanggan udah nyaman, pasti nggak bisa berpaling!

14.  Jasa Titip

Jasa Titip
Jasa Titip

Bisnis satu ini cukup menarik karena kamu nggak perlu buat produk sendiri. Bisnis jasa titip semakin menjamur di era digital, apalagi untuk produk dari merek-merek ternama yang mengharuskan pelanggan rebutan online. Meskipun bisnis jasa titip mulai banyak dilakoni, kamu tetap punya peluang. Satu hal yang jadi catatan yaitu kecepatan kamu dalam mendapatkan produk titipan. Semakin cepat, semakin banyak pula pelanggan yang akan pilih kamu jadi jasa titip orderan. Lumayan nih jadi bisnis sampingan.

15.  Jasa Buat Website

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Era digital memang membuka banyak peluang baru termasuk untuk bisnis jasa buat website. Kini berbagai perusahaan bahkan pelaku UMKM, membuat website sendiri sebagai strategi branding. Melalui website, pelaku usaha bisa mengenalkan produk secara lebih lengkap berikut profil usahanya. Biasanya, kepemilikan website juga punya peran penting terhadap kepercayaan pelanggan lho. Kalau kamu bisa buat website, coba bisnis ini deh.

Itu dia 15 bisnis menjanjikan yang bisa kamu coba sekarang juga. Kira-kira bisnis mana nih yang kamu lirik? Jangan sampai menyerah sebelum kompetisi dimulai ya. Urusan pengiriman produk, serahkan ke Anteraja. Nggak perlu khawatir dengan ongkos kirimnya, murah kok, coba kamu Cek Ongkir deh. Anteraja juga menjamin produkmu sampai dengan selamat ke tujuan. Kamu juga bisa Cek Resi untuk melacak pengiriman, jadi nggak bingung kalau ada pertanyaan pelanggan. Selalu gunakan Anteraja sebagai partner pengiriman kamu, ya!