Berbagai Kreasi Pembatas Buku
Update Aja

Pembatas Buku, Bikin Membaca Jadi Menyenangkan

Halo Hepizen, buat kalian yang memiliki hobi membaca baik berupa novel ataupun komik.  Pasti pernah punya pengalaman lupa sampai dimana halaman terakhirnya. Nah, pas mulai melanjutkan baca kembali, pasti banyak yang lupa halaman berapa terakhirnya. Hal itu bisa terjadi karena banyak dari kita yang membaca tanpa meletakkan pembatas buku di halaman terakhir buku yang dibaca.

Di zaman sekarang, bentuk pembatas buku bukan hanya berbentuk seperti kertas saja. Ada banyak kreasi menarik yang lucu dan menarik mata yang melihatnya. Selain banyak yang menjual pembatas unik dan lucu. 

Kamu juga bisa mengkreasikan sendiri bentuk pembatas yang sesuai dengan keinginan. Dapat menggunakan berbagai bahan material seperti kain perca, kartu pos, peniti dan bahkan pita berwarna. Berikut adalah contoh kreasi pembatas yang dapat kamu buat sendiri 

Pembatas Buku Dari Peniti dan Pita

Kamu dapat membuat hampir semua benda menjadi pembatas untuk membaca buku . Salah satunya adalah dengan menggunakan peniti dan pita. Membuatnya pun sangat mudah dan tidak memerlukan banyak alat tambahan. 

Pembatas buku dari peniti dan pita

Caranya adalah kamu hanya perlu mengaitkan pita sebagai ikatan pada bagian atas sebagai penanda ketika buku dilipat. Kamu dapat memilih berbagai warna yang disukai dan terlihat sederhana namun tetap cantik di pandangan mata.

Memanfaatkan Teh Celup Sebagai Pembatas

Selain dapat menggunakan berbagai bahan untuk membuat pembatas untuk buku, Kamu juga bisa memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai lagi. Barang yang digunakan juga ramah lingkungan dan mengurangi sampah di rumah. Dengan bekas teh celup dan sedikit kreativitas kamu dapat mengkreasikan teh celup bekas yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah barang yang berguna.

pembatas buku dari teh celup

Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan mengeringkan teh celup yang sudah tidak terpakai lalu buka kertas teh celup kemudian buang daun teh. Setelah dibuang lem kembali kertas yang dibuka tadi. Selanjutnya keringkan sampai kertas tersebut benar-benar kering. Langkah terakhir adalah menghias kertas dengan menggunakan spidol ataupun pulpen berwarna agar lebih menarik.

Menggunakan Stik Es Krim

Masih dengan memanfaatkan bahan yang baku yang sudah tidak terpakai. Kamu dapat menggunakan bekas stik es krim sebagai penanda buku yang cantik dan menarik.

pembatas buku dari stik es krim

Caranya mudah, setelah habis es krim pertama-tama adalah dengan mencuci stik es krim agar bersih dan tidak lengket. Setelah itu jemur stik selama beberapa saat. Setelah kering Kamu dapat memberikan aksesoris sebagai hiasan guna mempercantik stik. Lalu lem aksesoris agar menempel pada stik lalu keringkan. Setelah itu penanda buku dari es krim sudah siap digunakan.

Penanda Buku Dari Kertas Karton

Dengan menggunakan kertas karton dan sedikit kreativitas kamu dapat membuat sebuah penanda buku yang unik dan menarik. Alat-alat yang dibutuhkan adalah selembar kertas karton, gunting, lem dan spidol atau pulpen untuk menggambar.

penanda buku dari karton
Pembatas buku

Langkah pertama adalah dengan menggunting karton menyerupai siku buku. Gunting menjadi dua bagian. Selanjutnya adalah mengelem kedua sisi karton sama rata. Setelah itu keringkan lem. Setelah lem kering, kamu bisa mengkreasikan imajinasi kamu guna mempercantik pembatas. 

Pembatas Dari Tali Koor

Media lain yang dapat digunakan sebagai pembatas buku adalah tali koor. Untuk mendapatkan tali koor sangat mudah. Dapat ditemui di toko-toko pakaian ataupun aksesoris sekolah.

pembatas buku dari tali koor

Kamu dapat mengkombinasikan banyak macam ikatan. Seperti simpul ataupun anyaman sebagai pola ikatan. Ataupun mengkombinasikan warna tali agar lebih terlihat menarik.

Membeli Di Online Shop

Langkah terakhir yang dapat Kamu lakukan jika ingin tetap memiliki penanda buku yang unik namun ternyata kamu super sibuk dan tidak memiliki waktu senggang untuk membuatnya maka kamu dapat membelinya. Sekarang banyak online shop atau e-commerce yang menjual berbagai pembatas buku-buku yang lucu dan menggemaskan.

Diharapkan dengan menggunakan penanda buku yang lucu, semakin menambah gairah kita untuk membaca semakin meningkat. Terlebih lagi untuk anak-anak mengingat sangat penting untuk menumbuhkan minat baca bagi anak sejak usia dini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menstimulasi rasa penasaran dengan pembatas buku yang lucu.

Setelah puas memilih dan membeli pembatas buku yang lucu dan menarik. Kamu dapat menggunakan layanan pengiriman barang dengan Anteraja. Terdapat 2 layanan yaitu regular dan next day yang bisa kamu pilih. Jadi sekarang kirim barang online tidak perlu bingung lagi. Pakai Anteraja pasti bawa hepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =