Pengiriman Paket COD/POD Bisa Gagal atau Tidak Berhasil Dikirim Jika Hal Ini Terjadi

COD merupakan kepanjangan dari Cash On Delivery, sedangkan POD merupakan kepanjangan dari Pay On Delivery. Walaupun memiliki akronim yang berbeda, keduanya memiliki makna yang sama, yaitu pembayaran baru akan dilakukan ketika paket sudah diterima oleh pemesan barang.

Kegiatan jual beli online yang semakin sering dilakukan oleh masyarakat, membuat COD atau POD menjadi istilah yang makin sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Jual beli barang secara online saat ini sudah banyak yang menggunakan sistem pembayaran COD atau POD dan memberi kemudahan dalam bertransaksi.

Jika menggunakan sistem pembayaran tersebut maka kurir akan menjadi perantara dan menerima uang pembayaran. Sebelum menerima paket, kurir akan meminta uang transaksi. Setelah uang diterima, kurir akan memberikan paket pesanan kamu dan pengiriman COD atau POD pun berhasil dilakukan. Akan tetapi, ada kalanya pengiriman menggunakan COD atau POD gagal. Hal apa saja yang menyebabkan COD atau POD tidak berhasil? Berikut ini adalah penyebab COD atau POD tidak berhasil. 

Penyebab COD atau POD Tidak berhasil Dilakukan

1.  Pembeli Tidak Mempunyai Uang

Hal ini dilakukan oleh pembeli di mana pun bahkan di kota-kota besar. Uang untuk membayar COD atau POD terpakai untuk mencukupi kebutuhan yang lain. Pembeli yang menggunakan sistem ini, sebaiknya memperhatikan kondisi keuangan terlebih dahulu. Pastikan tidak ada kebutuhan yang mendesak sebelum membeli barang dengan sistem pembayaran COD atau POD.

2. COD atau POD Fiktif

Pemesanan palsu sangat merugikan bagi penjual di toko online. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang tidak tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari kondisi tersebut, penjual bisa memeriksa akun yang digunakan saat memesan barang. 

Selain itu, penjual juga bisa konfirmasi pemesanan melalui nomor kontak yang ada di akun atau memeriksa apakah alamat pembeli memang benar ada. Jika kontak tidak bisa dihubungi atau alamat tidak jelas, penjual bisa mengabaikan pemesanan itu.

3. Penerima Sedang Tidak di Tempat

Sebagai penerima barang, memang mungkin harus terus menerus berada di lokasi ketika menunggu paket datang. Ada saatnya untuk menyelesaikan urusan lain dan pergi keluar bersamaan dengan waktu paket tiba. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan ekspedisi Anteraja. Sebab, jasa pengiriman Anteraja menyediakan fitur tracking atau lacak paket sehingga kamu bisa memperkirakan kapan paket akan tiba. Kamu juga bisa memberitahukan kepada kurir kepada tetangga jika sedang berada di luar rumah.

4. Alamat yang Dicantumkan Tidak Sesuai

Kurir akan mengantarkan barang pesanan sesuai dengan alamat pengiriman. Alamat yang tidak sesuai atau keliru dalam memberikan alamat, sudah pasti paket COD atau POD menjadi tidak berhasil. Alamat yang lengkap atau ciri-ciri yang mudah dikenali di lokasi bisa mempercepat kurir untuk menemukan lokasi pengiriman. Makin cepat kurir menemukan lokasi maka makin cepat pula transaksi COD atau POD bisa dilakukan.

5. Pesanan Tidak Sesuai dengan Harapan Pembeli

Inilah pentingnya untuk mengisi deskripsi barang atau atau foto lengkap barang yang dijual. Terkadang, pembeli hanya melakukan pemesanan tanpa membaca deskripsi dan melihat bentuk dari barang yang dijual. Setelah barang sampai tujuan, pembeli menolak melakukan pembayaran karena tidak sesuai dengan keinginan sehingga COD atau POD tidak gagal terjadi. 

6. Jalan Menuju ke Tempat Pengiriman Tidak Bisa Dilewati

Akses jalan menuju lokasi tidak bisa dilalui karena kondisi jalan tertutup. Bisa saja saat kurir mengantarkan barang sedang terjadi demo besar-besaran atau jalan tidak bisa dilewati karena banjir. 

Jika pembeli memaksakan agar paket tetap dikirim dan barang yang dikirim menjadi rusak karena melewati jalan tersebut maka kurir atau ekspedisi tidak bertanggung jawab kerusakan terjadi. Selain itu, kondisi jalan yang tidak bisa dilewati karena ada demo atau banjir juga bisa membahayakan keselamatan dari kurir.

Demikianlah pembahasan mengenai paket COD atau POD yang gagal atau tidak berhasil dikirim. Jika saat ini kamu sedang mencari jasa ekspedisi yang menyediakan COD atau POD. Ekspedisi Anteraja bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, pengiriman barang melalui Anteraja dipastikan aman, cepat sampai, dan nyaman. Selalu gunakan Anteraja sebagai jasa pengiriman barang COD atau POD kamu, ya!