pengiriman dokumen cepat
Update Aja

Pentingnya Jasa Pengiriman Dokumen Jika Ada Keperluan Mendadak

Dokumen merupakan hal yang sangat penting dan fundamental. Biasanya dokumen dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti catatan sipil, pindah tempat tinggal, pembuatan kk hingga pengurusan administrasi kendaraan bermotor dan berbagai keperluan yang menyangkut kebutuhan dokumen lainnya. 

Namun, kendala yang sering terjadi pada orang yang pindah dari suatu daerah ke daerah yang lain. Sehingga banyak dokumen-dokumen tertinggal di kota yang berbeda. Tentu ini merupakan masalah yang kerap terjadi ketika akan mengurus urusan administrasi seperti yang disebutkan diatas. Karena yang dibutuhkan adalah dokumen asli bukan salinan ataupun format digital. Jadi mau tidak mau melakukan pengiriman dokumen dengan menggunakan jasa pengiriman paket. 

Dokumen-Dokumen Yang Wajib Diperhatikan Ketika Pindah

dokumen penting

Berikut adalah dokumen yang harus diperhatikan ketika kamu akan pindah rumah. Meskipun sibuk dengan mengurus barang-barang yang akan dipindahkan. Sebaiknya kamu juga jangan lupa untuk memilah dokumen-dokumen yang akan dibawa ke rumah yang baru seperti : 

  • Kartu Keluarga, KTP dan Passport
  • Ijazah lulus sekolah mulai dari SD hingga perguruan tinggi (jika ada)
  • Surat-surat penting kendaraan seperti BPKB, STNK, SIM dan kartu garansi kendaraan
  • Sertifikasi pekerjaan, seminar hingga berbagai penghargaan yang pernah diraih
  • Surat Ketetapan ataupun dokumen penting lainnya
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Sertifikat rumah, akta jual beli dan berbagai perjanjian penting lainnya

Namun jika kamu membutuhkan pengiriman dalam waktu singkat, sebaiknya pergunaka jasa pengiriman dokumen yang bisa dapat dipercaya. Dengan demikian dokumen dapat sampai sesuai dengan estimasi waktu yang ditetapkan. 

Hal Penting Memilih Pengiriman Dokumen

Karena dokumen yang dikirim merupakan berkas yang penting dan bersifat asli. Sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan menyangkut pengiriman dan hal lain diantaranya adalah :

Pastikan Biaya Pengiriman Dokumen 

Hal yang pertama dapat kamu lakukan adalah memastikan harga pengiriman. Jika dokumen yang dikirim terpisah kota, pastikan kamu mengecek terlebih dahulu ongkos kirim yang diperlukan. Sehingga tidak kaget ketika akan membayar dokumen yang akan dikirim. Semakin jauh jarak kirim paket dan dokumen yang akan dikirim. Maka akan semakin mahal juga ongkos yang dibutuhkan. Selain itu jika menggunakan pengiriman dokumen kilat dengan pengiriman dokumen reguler memiliki ongkos kirim yang berbeda-beda pula. 

Pastikan Dokumen Terlindungi Dengan Rapi

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memastikan dokumen yang akan dikirim sudah dibungkus dengan rapi. Usahakan untuk membungkusnya dengan plastik ataupun bubble wrap. Ini sangat penting untuk melindungi dokumen tersebut. Karena selama perjalanan, kita tidak dapat memastikan apakah dokumen diperlakukan dengan baik atau tidak. Atau mungkin terkena hujan selama dikirim oleh kurir dan mengalami kerusakan. Jadi lebih baik mencegah sebelum hal itu terjadi. 

Perhatikan Waktu Pengiriman Dokumen Yang Dibutuhkan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah lamanya waktu pengiriman. Jika kamu membutuhkan dokumen secara mendadak. Sebaiknya menggunakan pengiriman ekspres atau kilat. Karena waktu pengiriman sangat krusial dan cukup penting. Dengan begitu, kamu tetap dapat melakukan proses administrasi yang dibutuhkan. Namun, jika waktu pengiriman tidak terlalu mepet, maka dapat menggunakan pengiriman reguler yang ongkos kirimnya biasanya lebih murah dari pengiriman kilat.

Tulis Alamat Penerima Paket Yang Jelas

Hal yang sering diabaikan oleh pengirim barang adalah biasanya pengirim tidak mencantumkan alamat dengan jelas atau bahkan salah mengisi alamat penerima. Sehingga akhirnya dokumen tidak sampai ke tangan penerima sebenarnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya pastikan dua kali apakah alamat penerima sudah tepat atau belum dan pastikan alamat dokumen dapat terbaca oleh kurir yang mengirim. Karena jika tidak jelas, bisa jadi kurir lama melakukan pengiriman karena salah alamat atau berputar-putar mencari alamat yang dituju. Dan akhirnya menghambat kebutuhan kamu.

Pilih Jasa Pengiriman Paket dan Dokumen Yang Terpercaya

Yang terakhir dapat kamu lakukan adalah memilih jasa pengiriman yang terpercaya. Ada beberapa cara untuk dapat mengetahui apakah suatu jasa pengiriman paket dapat diandalkan atau tidak. Ada banyak review mengenai jasa pengiriman paket atau dokumen di internet. Jika banyak keluhan, maka pelayanan yang diberikan cenderung bermasalah. Pastikan juga jasa pengiriman tersebut menjalankan SOP yang sudah ditetapkan. Karena dengan SOP tersebut, konsumen bisa mengukur sejauh mana komitmen perusahaan jasa pengiriman dalam menyampaikan paket yang dikirim kepada konsumennya. pastikan setelah pengiriman dilakukan kamu mengecek status dengan memasukkan nomor resi pengiriman sehingga mengetahui sudah sejauh mana dokumen yang sedang dikirim.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa pengiriman dokumen yang tepat. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi para hepizen.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *