Pewarna Makanan Yang Bagus
Update Aja

12 Pewarna Makanan Yang Bagus, Aman Digunakan Dan Terbaik

Pewarna makanan yang bagus dan terbaik tentu menjadi hal penting yang perlu kamu pilih dengan baik. Banyaknya produk pewarna makanan di pasaran mungkin membuat kamu bingung memilih mana jenis pewarna makanan yang cocok untuk kebutuhan kamu. Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah cara memilih pewarna makanan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Memilih Pewarna Makanan

1. Pilih Pewarna Berdasarkan Jenisnya

Di pasaran tersedia beberapa jenis pewarna makanan yang tentu memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda. Jika kamu ingin membuat makanan dengan warna yang tipis, kamu bisa memilih pewarna makanan berbahan dasar air. Pewarna makanan ini juga cukup mudah ditemukan di toko kue sekitar kamu. Sedangkan untuk mendapatkan warna yang lebih pekat, kamu bisa menggunakan pewarna makanan dengan bahan dasar gel. 

Bahan pewarna makanan ini sangat pekat dan lebih sedikit mengandung air. Jika kamu mengolah makanan berlemak, kamu disarankan untuk menggunakan pewarna makanan dengan bahan dasar minyak. Namun jika kamu ingin mewarnai makanan dalam jumlah adonan yang cukup banyak, kamu bisa memilih menggunakan pewarna makanan bubuk. 

2. Pertimbangkan Keamanan Bahan Produk 

Bahan yang digunakan dalam produk tentu penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya bahan berbahaya yang dapat merusak kesehatan tubuh. Kamu perlu menghindari penggunaan pewarna makanan yang mengandung rhodamin B dan metanil yellow karena dapat menyebabkan iritasi pada saluran cerna, bahkan berisiko menimbulkan kanker. Agar lebih aman, kamu bisa memeriksakan produk pewarna makanan pada situs resmi BPOM.

3. Pilih Warna Sesuai Dengan Perasa Dan Hasil Akhir Yang Anda Inginkan

Makanan dengan warna yang menarik tentu dapat meningkatkan selera makan. Maka dari itu kamu perlu memilih pewarna makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu. Kamu bisa memilih pewarna makanan dengan cita rasa tertentu. Misalnya kamu ingin membuat kue rasa pisang, kamu bisa memilih pewarna makanan berwarna kuning dengan citarasa nanas, pisang, atau durian. Kamu juga bisa menggunakan pewarna makanan merah dengan perisa stroberi untuk kue yang kamu buat. Jangan lupa takar penggnaan pewarna makanan yang kamu gunakan untuk menghindari rasa pahit, ya.

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih pewarna makanan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu, yuk kita langsung simak sederet rekomendasi pewarna makanan dengan kualitas terbaik berikut.

Rekomendasi Merk Pewarna Makanan Terbaik

1. Sugarflair Colours

Pewarna Makanan Yang Bagus

Pewarna makanan merk Sugarflair Colours merupakan salah satu merk pewarna makanan yang cukup ekonomis digunakan. Kamu bisa menggunakannya dengan takaran sedikit untuk mendapatkan warna yang vibrant. Dengan warna pekat yang dimilikinya membuat kamu dapat menghemat penggunaan pewarna makanan untuk hidangan spesial kamu. 

2. Americolor

Pewarna Makanan Yang Bagus

Americolor dikenal sebagai salah satu brand pewarna makanan yang biasa digunakan sebagai pewarna royal icing, buttercream, macaroon, dan adonan kue lainnya. Produk pewarna makanan import ini memiliki kualitas yang tak diragukan lagi. Tersedia dalam 50 pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. 

3. Alco

Pewarna Makanan Yang Bagus

Tersedia dalam varian warna yang cukup lengkap, pewarna makanan merk Alco ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Tak hanya itu, pewarna makanan ini juga tersedia dalam 2 pilihan jenis yang bisa kamu pilih, yaitu cair dan bubuk. Jangan khawatir, pewarna makanan ini juga terbuat dari bahan food grade dan terdaftar di BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi.

4. Koepoe Koepoe

Pewarna Makanan Yang Bagus

Pewarna makanan Koepoe Koepoe sangat dikenal masyarakat umum karena pemasaran produk ini cukup luas khususnya di Indonesia. Harganya yang sangat ekonomis, membuat pewarna makanan ini memiliki daya tarik tersendiri. Pewarna makanan berbahan dasar air ini memiliki warna yang cukup pekat sehingga hasil pencampurannya sangat cantik dan menarik. 

5. Wilton Color Right Performance Food Coloring Set

Pewarna Makanan Yang Bagus

Tersedia dalam 8 pilihan warna yang menarik, pewarna makanan merk Wilton Color ini terbuat dari bahan yang memudahkan kamu mudah mencampur warna. Dilengkapi dengan Quick Count chart, kamu dapat mengetahui hasil dari perpaduan beberapa warna yang kamu gunakan untuk masakan kamu. 

6. Red Bell Pasta

Pewarna Makanan Yang Bagus

Terbuat dari konsentrat tumbuhan dan bahan alami lainnya, pewarna makanan merk Red Bell Pasta ini aman untuk digunakan pada makanan dan minuman yang kamu buat. Tak hanya itu, Red Bell Pasta rupanya juga memberikan perisa makanan atau essence yang membuat masakan kamu memiliki cita rasa dan aroma yang menggugah selera.

7. 113 Food Coloring

Pewarna Makanan Yang Bagus

Pewarna makanan merk 113 Food Coloring ini cocok untuk kamu yang ingin mengolah makanan dalam jumlah banyak. Pewarna makanan ini tersedia dalam ukuran kemasan 1.000 gram atau 1 kg dalam bentuk bubuk maka dari itu pewarna makanan ini cukup praktis untuk digunakan.

8. Chefmaster

Pewarna Makanan Yang Bagus

Diproduksi dengan bahan dasar gel, pewarna makanan Chefmaster ini memiliki kepekatan warna yang cukup tinggi. Meski begitu, pewarna makanan ini mudah larut dalam makanan sehingga mudah dicampurkan di dalam masakan kamu. Jangan khawatir, pewarna makanan ini juga telah memiliki sertifikasi halal, sehingga aman digunakan. 

9. Trans

Pewarna Makanan Yang Bagus

Pewarna makanan yang berbentuk cair ini sangat mudah menyatu dan dicampurkan dalam bermacam jenis makanan dan minuman. Warna yang dihasilkan dari pewarna makanan merk Trans ini termasuk tahan lama sehingga dapat menghasilkan warna makanan yang sangat menarik.

10. Cross Powder Food Colour

Pewarna Makanan Yang Bagus

Dengan pewarna makanan Cross Powder Food Colour, menciptakan dekorasi kue akan menjadi lebih mudah. Warna-warna yang ditawarkan juga sangat menarik sehingga membuat hiasan kue kamu menjadi lebih hidup. Cross Powder Food Colour ini sangat cocok untuk kamu yang suka dekorasi kue dengan warna yang menarik.

11. Toffieco

Pewarna Makanan Yang Bagus

Merek pewarna makanan satu ini termasuk ke dalam jajaran produk pewarna makanan yang telah tersertifikasi BPOM sehingga aman digunakan pada makanan. Cocok untuk membuat kue, pudding, es krim dan masakan lainnya. Kamu bisa memilih warna-warna yang tersedia mulai dari merah, kuning lemon, hijau tua, oranye, cokelat, hingga biru.

12. Indocol

Pewarna Makanan Yang Bagus

Pewarna berbahan dasar bubuk dan air ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan pewarna makanan dalam ukuran besar. Tersedia dalam kemasan besar dan juga kecil yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Pewarna makanan ini dapat menyatu dengan mudah pada makanan ataupun minuman kamu. Jangan khawatir, keamanan penggunaan bahan dalam pewarna makanan ini sudah terjamin karena pewarna makanan ini telah memenuhi standar GMP dan aman digunakan untuk suhu tinggi.

Itu dia sederet cara memilih pewarna makanan yang terbaik untuk masakan favorit kamu. Kamu juga bisa memilih salah satu dari rekomendasi merk pewarna makanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masakan kamu. Jangan khawatir, kamu bisa membeli pewarna makanan ini di marketplace kesayangan kamu, loh.

Agar pewarna makanan yang kamu pesan sampai dengan cepat, kamu bisa memilih pengiriman barang dengan layanan pengiriman Same Day yang tersedia di Anteraja. Tak hanya itu, kamu juga bisa memastikan barang pesanan kamu sampai dengan aman dan cepat tanpa perlu khawatir. Selalu percayakan Anteraja sebagai jasa pengiriman barang terbaik, ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *