Printer
Update Aja

13 Rekomendasi Printer Yang Bagus, Awet Dan Terbaik Di Indonesia

Berbicara tentang device pendukung komputer, sudah pasti bukan hal yang asing jika menyebut soal printer. Dari waktu ke waktu, sudah banyak kemajuan dalam perkembangan teknologi yang digunakan dalam printer. Perbandingannya bisa diketahui dari printer zaman sekarang yang sudah menggunakan teknologi laser jet berwarna bahkan ada series ‘All in One’ yang mana dalam satu printer bisa fotocopy dan juga scan dokumen. Sementara itu, dulu printer hanya dapat digunakan untuk mencetak dokumen saja.

Printer sangat dibutuhkan terutama dalam perihal pencetakan tugas pekerjaan maupun tugas kuliah. Untuk menjamin tugas-tugas tersebut aman dengan hasil yang terbaik, maka kamu harus memilih printer dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kira-kira bagaimana ya cara memilih printer yang sesuai kebutuhanmu? Untuk tahu printer yang sesuai kebutuhanmu, simak dulu jenis-jenis printer pada artikel di bawah ini.

Apa Saja Jenis Printer?

Teknologi yang semakin berkembang membuat printer juga ikut berkembang secara spesifikasi maupun kualitasnya. Kemajuan teknologi ini juga menambah jenis dari printer sendiri. Disini kamu akan mengetahui apa saja jenis printer saat ini. Mari simak jenis-jenis printer di bawah ini.

1. Inkjet Printer

Printer tinta atau Printer jenis inkjet ini adalah jenis yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tak hanya itu, printer inkjet ternyata memiliki beberapa macam bergantung dari penggunaannya. Pencetakan dokumen, foto, memindai atau scan dan juga jenis ‘all in one’ yang dapat memindai dan mencetak sekaligus merupakan macam-macam dari printer inkjet.

Cara kerja dari inkjet printer adalah dengan menggerakkan kepala printer menggunakan semacam motor penggerak, lalu tinta disemprotkan ke atas kertas yang ditarik memakai roller. Selain itu, printer tinta ini akan membantu pekerjaanmu untuk menyajikan data fisik dari dokumen Microsoft Word, Microsoft Excel, halaman web, surat elektronik (email), atau dokumen yang sudah tersimpan dalam flashdisk. Printer jenis ini cenderung lebih murah dari segi harga dibandingkan dengan jenis printer laser.

2. Printer Laser

Seperti namanya, printer ini memakai teknologi laser yakni menggunakan cahaya berintensitas tinggi untuk mencetak dokumen. Printer ini sebelumnya hanya mampu mencetak dokumen hitam putih. Namun saat ini printer laser sudah mampu mencetak warna. Tentunya dengan fitur yang lebih baik, harga dari printer ini juga sudah jelas akan lebih mahal.

Dengan memanfaatkan toner, printer ini cenderung lebih efisien penggunaannya dibandingkan printer tinta. Soal performa, printer laser sendiri memiliki kecepatan cetak yang lebih tinggi dari printer inkjet. Meski lebih cepat, sayangnya hasil cetak pada warna teks kurang mendetail. Selain itu, printer ini lebih berisik saat beroperasi. Apabila dipakai untuk mencetak banyak dokumen, kertas yang digunakan akan sedikit panas.

3. Photo Printer

Pada printer jenis ini pembuatannya dirancang khusus untuk memberikan hasil cetak dokumen foto dengan kualitas yang lebih baik. Untuk mencetak foto, printer ini cenderung lebih praktis karena terdapat fitur PictBridge yang memungkinkan mengirim file melalui koneksi USB. Namun saat ini beberapa model sudah menyediakan kartu CompactFlash atau SD Card yang dapat diambil langsung dari smartphone.

Jenis lain ada juga yang menyediakan fitur pengeditan langsung dari printer, seperti memotong, menghilangkan pantulan cahaya di mata, dan lainnya. Tentunya jika bertanya soal harga, semakin canggih fiturnya maka kamu juga harus merogoh kocek yang lebih dalam. Photo printer juga terdapat model yang portable sehingga memudahkan kamu untuk membawanya kemana saja.

Rekomendasi Printer Yang Bagus

1. Epson Printer L120

Printer

Menempati rekomendasi pertama, Epson L120 adalah printer yang didesain untuk menghemat biaya anda untuk mencetak sehari-hari. Sebab, kamu tidak perlu membeli tinta suntik atau tinta isi ulang karena Epson menyediakan refill tinta original dengan harga terjangkau dan dapat mencetak banyak halaman dalam sekali isi. 

Printer ini menggunakan teknik pengisian dan sistem yang mudah sehingga akan lebih efisien dalam penggunaannya. Selain itu, Epson L120 didesain agar dapat menghemat ruangan sehingga tidak perlu khawatir untuk menempatkannya dimana saja.

2. Hp Deskjet 2335

Printer

Memiliki Hp Deskjet 2335 merupakan pilihan tepat untuk kamu yang menginginkan printer dengan fitur scan dan juga fotocopy dalam satu device. Dengan kecepatan yang sama dengan printer inkjet umumnya, kamu juga tidak perlu khawatir untuk mencetak dokumen yang banyak dalam waktu singkat.

Soal resolusi sendiri, tidak perlu dipikirkan lagi karena printer ini menawarkan resolusi black hingga 1200 x 1200 dpi dan resolusi color hingga 4800 x 1200 dpi. Mampu mencetak hingga 1000 lembar, printer ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki usaha rumahan atau untuk kebutuhan kantor kecil.

3. Epson Lq-310 

Printer

Epson LQ-310 hadir untuk menyempurnakan Printer Dot Matrix flagship Epson LQ-300. Memiliki performa dan kecepatan yang lebih baik, printer ini juga dilengkapi 24-pin dengan resolusi cetak mencapai 360 x 360 dpi. Dengan kapasitas memori yang besar, memungkinkan printer ini mampu bekerja lebih cepat.

Selain itu, dengan daya tahan yang semakin tangguh, printer ini juga memiliki rating MTBF 10.000 POH dibandingkan dengan series sebelumnya hanya sampai 6.000 POH.

4. Xerox Docuprint Cp115w

Printer

Printer dari Fuji Xerox series ini didesain khusus untuk fungsi cetak saja namun dapat memberikan hasil cetak yang memuaskan dengan hasil cetakan yang sangat tajam serta warna yang mengesankan. Printer ini juga mendukung produktivitas kerja yang membuat kamu bisa mencetak dokumen dari tempat kerja anda ataupun lewat perangkat mobile dimanapun kamu berada.

Dengan teknologi S-LED dan EA-Eco toner Fuji Xerox serta MACS (Micro Accurate Control Screen), printer ini mampu memberikan hasil cetak yang glossy, warna yang detail dan transisi warna yang lebih halus serta menghasilkan highlight cetak yang mengesankan. Toner yang digunakan untuk printer ini didesain secara khusus yang memungkinkan proses cetak dilakukan pada temperatur yang lebih rendah sehingga membantu mengurangi penggunaan daya listrik hingga 20% dan mengurangi emisi CO2 hingga 35%. Dalam arti printer ini ramah lingkungan dan mendukung gerakan Go Green.

Penggunaan printer ini juga semakin mudah dengan fitur onetouch Wi-Fi setup (WPS 2.0). Hal ini memudahkan baik itu untuk penggunaan sendiri maupun untuk penggunaan bersama dalam suatu workgroup.

5. Canon Pixma Ip2770

Printer

Printer Ink Jet satu ini mampu menghadirkan kualitas cetakan foto yang berkualitas profesional namun tetap terjangkau. Dengan hasil resolusi cetak hingga 4800 x 1200 dpi dan Chromalife 100+, kamu akan mendapatkan hasil cetak gambar dan teks yang jelas, tajam, dengan warna yang tahan lama. Meski dengan kualitas yang bagus, hal ini tidak mempengaruhi pada kecepatan mencetak foto.

6. Canon Mg2570s 

Printer

Siapa yang tidak pernah mendengar canon? Sudah pasti brand satu ini sangat dikenal di seluruh dunia. Pada printer series ini, canon memberikan fitur all-in-one yang berarti dapat melakukan cetak, scan dan fotocopy dalam satu perangkat. Tidak perlu khawatir soal harga, pada printer canon ini meski fitur yang ditawarkan sangat baik harga yang diberikan tergolong terjangkau.

Ukurannya yang hemat ruangan serta ringan dibawa, memudahkan kamu untuk menempatkannya dimanapun kamu menginginkannya. Selain itu dengan fitur auto power on, membuat printer ini mampu mendeteksi perintah untuk mencetak sehingga secara otomatis akan menghidupkan daya printer dengan koneksi USB.

7. Hp Smart Tank 615 

Printer

Brand Hp juga akan memudahkan kamu untuk mencetak dokumen pekerjaan. Dengan sistem yang mudah untuk diisi ulang serta penggunaan tinta yang hemat, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tersedia juga fitur WiFi, sehingga mampu untuk kirim cetak atau kirim hasil scan ke hp atau tablet. 

8. Epson Dot Matrix Lx 310

Printer

Epson merupakan brand terkenal dalam produksi printer. Sudah tidak diragukan lagi soal kualitasnya, Epson kali ini mengeluarkan Dot Matrix LX-310. Pada series ini, epson menawarkan harga yang terbilang cukup terjangkau untuk kualitas yang oke. Selain itu, printer ini juga menggunakan bi-direction yang mana akan mencetak dokumen dari atas ke bawah. Memiliki spesifikasi dan hasil yang bagus, siapa yang tidak tertarik dengan printer ini?

9. Epson L5190

Printer

Epson L5190 menawarkan spesifikasi multifungsi yang mampu mencetak, scan, dan fotokopi dalam satu perangkat yang sama. Dengan tangki EcoTank memungkinkan kamu bisa mencetak lebih banyak dan hemat. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki kantor dan tempat usaha. 

10. Epson L310

Printer

Printer inkjet yang diklaim mempunyai kecepatan yang super dalam mencetak dokumen apapun, Epson hadir dengan series L310. Kali ini epson menawarkan kemampuan untuk mencetak dokumen dari komputer dan smart device. Dengan menggunakan tinta asli Epson, printer ini mampu untuk mencetak hingga 4000 lembar warna hitam putih dan 6500 lembar berwarna.

11. HP Laserjet Pro M15a 

Printer

LaserJet Pro M15A memiliki ukuran yang lebih kecil di kelasnya, jadi kamu tidak perlu repot-repot mencari ruang untuk printer satu ini. Dengan kemampuan kecepatannya, printer ini mampu mencetak dokumen hingga 19 halaman hanya dalam waktu satu menit. Dilengkapi dengan fitur Auto On/Off nya, printer ini juga akan menghemat energi. Selain itu dengan kapasitas tray yang besar hingga 150 lembar, kamu tidak perlu susah untuk mengisi ulang tray terus-menerus.

12. Brother Dcp-T300

Printer

Printer Brother ini menawarkan keunggulannya yaitu dengan mampu melakukan print, scan dan copy. Berteknologi inkjet, printer multifungsi ini dapat mencetak dokumen pada berbagai ukuran kertas diantaranya A4, A5, A6, Exe, LTR, dan LGL. Dengan kemampuan mencetak 11 lembar per menit untuk dokumen hitam dan 6 lembar untuk dokumen warna, printer ini juga mampu menampung hingga 100 lembar kertas.

13. Epson L3110 Ink Tank All In One Printer

Printer

Desain ringkas pada Epson L3110, printer ini tak akan mengisi banyak ruang di meja kamu.

Didukung dengan fitur spill-free yang mana akan mencegah tinta berantakan saat proses pengisian. Resolusi cetak yang mencapai 5760 akan memberikan tampilan dokumen yang lebih detail dan tegas. 

Itulah beberapa rekomendasi brand printer yang bagus, awet dan terbaik di Indonesia versi Anteraja. Kamu bisa mendapatkan printer yang kamu butuhkan di tempat belanja online kesayangan kamu. Tentunya jangan lupa untuk memilih jasa antar dari Anteraja agar printer kamu bisa sampai di rumah dengan aman dan pastinya terpercaya!

Layanan pengiriman menggunakan Anteraja sudah dapat menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia dengan pilihan pengiriman Same Day, Next Day atau Reguler. Kalau kamu penasaran paket kamu sudah sampai dimana, tinggal pakai fitur tracking paket akurat yang sudah disediakan untuk kamu pengguna Anteraja. Paket aman dan kamu pun juga bisa nyaman sambil menunggu di rumah aja.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *