8 Rekomendasi Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik di 2021

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik

Pulse oximeter adalah alat kesehatan yang dapat mengukur denyut nadi dan saturasi oksigen (SpO2) di dalam darah. Dengan begitu, kondisi jantung dan paru-paru bisa dipantau dengan mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Sebagai informasi, SpO2 adalah persentase hemoglobin dalam arteri yang berikatan dengan oksigen. Hemoglobin itulah yang mengalir dari jantung dan beredar ke seluruh tubuh.

Selain untuk mengukur SpO2, pulse oximeter juga bisa digunakan untuk mengukur denyut nadi, sehingga kita bisa mengetahui apakah ada sesuatu yang tidak normal pada organ jantung. Pentingnya memantau SpO2 dan denyut nadi dapat memberi tau kita informasi terkait kesehatan tubuh dan menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk itu alat ini sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang.

Nah supaya kamu bisa menghindari risiko terkena penyakit, langsung aja kamu siapkan uang untuk membeli pulse oximeter ini. Nggak usah takut mahal, karena Anteraja udah menyiapkan daftar rekomendasi pulse oximeter dari harga yang mahal hingga yang termurah. Namun kamu harus pelajari dulu tips di bawah ini, supaya kamu dapat memilih pulse oximeter yang tepat dan direkomendasikan!

Tips Memilih Pulse Oximeter

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - Tips Memilih Pulse Oximeter

1. Pilih yang Bersertifikat Akurat

Dibutuhkan tingkat akurasi yang tinggi pada pulse oximeter supaya tidak menimbulkan kesalahan informasi. Sangat berbahaya jika angka yang tertera pada pulse oximeter tidak akurat bahkan berbeda jauh dengan aslinya, sehingga angat penting untuk memilih pulse oximeter yang jelas dan bersertifikasi. Kamu bisa memilih pulse oximeter bersertifikat FD, CE, atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

2. Pilih yang Layar Digital

Layar digital dapat memberikan tampilan yang lebih mudah dimengerti dan tidak akan membingungkan kamu. Namun tenang saja, karena sebagian banyak pulse oximeter sudah menggunakan layar digital. Mungkin kamu bisa memilih pulse oximeter dengan four directional display sehingga layar bisa dilihat dari empat arah yang berbeda. Pilih juga tampilan layar yang sudah HD supaya lebih terlihat jelas dan terang.

3. Pilih yang Dilengkapi dengan Strap

Dengan strap, kamu bisa menggantung pulse oximeter di tempat-tempat yang terlihat, sehingga kamu tidak sulit ketika mencarinya. Beberapa pulse oximeter sudah dilengkapi dengan strap, namun banyak juga yang belum. Tetapi kamu bisa membelinya secara terpisah, karena biasanya pulse oximeter sudah terdapat lubang untuk mengaitkan strap.

4. Pilih Oximeter yang Mudah Dibaca Angkanya

Di keadaan darurat, terkadang orang menjadi terburu-buru dan tidak fokus. Sehingga pulse oximeter yang susah dimengerti membuat orang menjadi panik dan kesulitan untuk memahami angkanya. Cek dulu tampilan layarnya sebelum kamu membelinya, biasanya tampilan layar bisa kamu lihat pada foto produk. Jika kamu merasa mudah membacanya, pilih saja produk tersebut untuk kamu beli.

5. Tanya ke Petugas Medis

Supaya kamu nggak salah membeli, kamu bisa menanyakan kepada petugas medis terkait pulse oximeter yang direkomendasikan oleh mereka. Petugas medis pasti sudah sangat familiar dengan alat tersebut, sehingga mereka bisa tau produk mana yang akurat dan biasa mereka pakai sehari-hari. Nah coba deh kamu tanyakan produk pulse oximeter pada daftar rekomendasi di bawah ini, siapa tau ada beberapa merk yang direkomendasikan oleh mereka.

Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik dan Akurat

1. Beurer PO30

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - Beurer PO30
Sumber: Beurer

Produk asal Jerman ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang sedang mencari pulse oximeter. Memang harganya cukup tinggi, yaitu sekitar 850 ribu rupiah. Namun kualitas yang ditawarkan dari produk ini tidak perlu diragukan. Apalagi jika kamu menginginkan pulse oximeter dengan tingkat akurasi terbaik dan bisa digunakan pada waktu yang lama, produk ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu.

2. Fingertip Pulse Oximeter LV-80

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - Fingertip Pulse Oximeter LV-80
Sumber: Shopee

Tidak memiliki budget besar untuk membeli pulse oximeter? Nggak usah khawatir, kamu bisa memilih Fingertip pulse oximeter LV-80 ini untuk kamu beli. Dengan harga 145 ribu rupiah aja, kamu sudah bisa mendapatkan Pulse Oximeter dengan akurasi 70%-99% dan sudah medical grade. Alat ini memiliki konsumsi daya yang rendah sehingga bisa digunakan hingga 40 jam non stop.

3. Zola Fingertip Pulse Oximeter

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - Zola Fingertip Pulse Oximeter
Sumber: Tokopedia

Zola memang sudah terkenal dengan produk aksesoris handphone, namun merk ini juga memiliki produk pulse oximeter yang harus masuk ke dalam pertimbangan kamu. Zola Fingertip Pulse Oximeter memiliki layar HD berukuran besar dengan satu tombol pengoperasian. Dengan baterai AAA, alat ini bisa digunakan hingga 30 jam pemakaian dan memiliki fitur auto off setelah 8 detik. Berminat? Kamu bisa siapkan uang sekitar 290 ribu rupiah untuk membelinya.

4. ChoiceMMed MD300C52

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - ChoiceMMed MD300C52
Sumber: ChoiceMMed

ChoiceMMed MD300C52 hadir dengan ukuran kecil yang didesain khusus untuk anak-anak. Warna dan modelnya juga terlihat lucu seperti mainan sehingga tidak akan membuat mereka merasa takut dengan alat tersebut. Memang harganya relatif mahal, yaitu sekitar 780 ribu rupiah. Namun spesifikasi dan tingkat akurasi yang baik dari alat ini harus kamu pertimbangkan. Apalagi ditambah dengan grafik pulse bar dan plethysmograph sehingga membuat alat ini lebih informatif ketika digunakan.

5. Pulse Oximeter Serenity SR-PO80

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - Pulse Oximeter Serenity SR PO80
Sumber: Serenity Indonesia

Pulse oximeter dari merk Serenity ini sudah bersertifikat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan memiliki tingkat akurasi 70%-100%. Harga yang ditawarkan masih relatif terjangkau untuk kualitas yang ditawarkan, karena Serenity SR-PO80 dibanderol dengan harga 600 ribu rupiah. Nah merk ini bisa menjadi alternatif dari Beurer yang sama-sama bersertifikasi namun memiliki harga lebih mahal.

6. Mixio Fingertip Pulse Oximeter

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - Mixio Fingertips Pulse Oximeter
Sumber: Tokopedia

Pulse oximeter terjangkau lainnya yang bisa kamu pilih adalah merk Mixio ini. Mixio menawarkan beberapa produk pulse oximeter yaitu Mixio H1, Mixio A2, dan Mixio LK89. Ketiganya menawarkan spesifikasi yang mirip namun memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Nah untuk harga dari Mixio ini dibanderol mulai dari 145 ribu rupiah aja, cukup murah bukan?

7. Pulse Oximeter SO 911

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - Pulse Oximeter SO-911
Sumber: Made in China

Masih kurang murah? Nggak usah khawatir, masih ada produk Pulse Oximeter SO 911 dengan harga 110 ribu rupiah aja. Dengan harga semurah ini, kamu sudah bisa mendapatkan pulse oximeter dengan HD display dan four direction display supaya bisa terlihat dari segala arah layaknya pulse oximeter di harga yang lebih mahal. Nah coba deh pertimbangkan juga produk ini untuk kamu beli!

8. Pulse Oximeter LK87

Pulse Oximeter Akurat dan Terbaik - Pulse Oximeter LK87
Sumber: Global Sources

Produk terakhir ini merupakan produk termurah dari jajaran rekomendasi pulse oximeter pada artikel ini, karena pulse oximeter LK87 dibanderol dengan harga 33 ribu rupiah aja. Memang kualitasnya tidak bisa dibandingkan dengan harga yang berlipat-lipat di atasnya. Namun jika untuk kebutuhan darurat, produk ini masih bisa diandalkan untuk memberikan informasi SpO2 dan pulse rate dengan baik.


Semua produk pulse oximeter di atas sudah bisa didapatkan dengan mudah di marketplace langganan kamu, jadi buruan beli sebelum kehabisan! Apalagi alat ini sangat penting dan menyangkut kesehatan manusia. Kalau sudah dapat barangnya, langsung aja checkout keranjang kamu dan pilih layanan pengiriman Anteraja! Ongkir terjangkau yang Anteraja tawarkan dijamin nggak bakal bikin kantong kamu jebol. Yuk cek ongkir langsung untuk buktikan murahnya! Setelah itu langsung deh cek resi untuk lacak paket yang sedang dikirim, biar kamu bisa lebih tenang ketika menunggunya. Pakai Anteraja, pasti bawa hepi!