13 Ide Usaha Modal 10 Juta yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Memiliki usaha sendiri merupakan salah satu jalan agar kamu bisa mendapatkan penghasilan tinggi dan tidak bergantung pada orang lain. Pasalnya, banyak konglomerat di dunia yang awalnya pengusaha kecil hingga bisa mendirikan perusahaan. Oleh karena itu kamu pun jangan takut untuk membuka usaha. Asalkan ada ide, modal, dan ketekunan, pasti bisa jadi pengusaha sukses.

Awalnya kamu mungkin bingung, usaha apa yang cocok dan bisa dilakukan. Namun sebenarnya, ada banyak ide usaha yang patut kamu coba. Lalu bagaimana dengan modalnya? Hal itu tergantung pada jenis usaha yang akan kamu lakoni. Semakin kecil skalanya, maka modalnya pun sedikit. Namun jika kamu ingin usaha yang cukup besar, maka modalnya pun akan tergolong tinggi.

Tips Sukses Memulai Bisnis

1. Analisa Pasar

Analisa pasar penting untuk dilakukan sebelum kamu memulai bisnis, karena kamu perlu mengetahui keadaan pasar yang akan kamu masuki. Banyak hal-hal yang harus ketahui dalam menganalisa pasar, seperti gambaran industri, target pasar, persaingan, dan perkiraan harga. Dengan menganalisa hal-hal tersebut, kamu akan lebih mudah mengembangkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Jangan Takut Berinovasi

Kamu harus memiliki ide-ide liar untuk membuat bisnis kamu selalu berkembang dan memiliki perbedaan dari bisnis-bisnis lainnya. Misalnya jika kamu ingin berbisnis makanan atau minuman, maka kamu bisa membuat inovasi minuman baru yang berbeda. Bisa saja dengan inovasi yang kamu buat, kamu dapat menciptakan tren baru yang digemari oleh banyak orang.

3. Ikuti Passion dan Bidang yang Kamu Suka

Biasanya melakukan hal yang disukai akan menambah semangat dalam menjalankannya, untuk itu kamu bisa mengikuti passion atau bidang yang kamu suka untuk berbisnis. Misalnya kamu menyukai makanan, maka berbisnis makanan adalah pilihan bagus. Jika kamu pecinta hewan, bisnis pet shop akan menyenangkan untuk kamu. Tetapi kamu tidak harus mengikuti passion, karena bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun jika kamu belum memiliki ide bisnis, kamu bisa memulainya dari hal yang kamu suka.

Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik 

Nah, kalau kamu memiliki modal sekitar Rp 10 jutaan, Anteraja punya rekomendasi yang cocok untuk kamu kerjakan. Ide usaha ini termasuk menguntungkan dan menjanjikan penghasilan besar. Apalagi di daerah kamu belum ada yang membukanya, atau memiliki minat yang tinggi dari masyarakat. Maka, tak perlu ragu lagi untuk membuka usaha tersebut. Untuk itu simak ide usaha modal 10 juta terbaik berikut ini.

1. Usaha Frozen Food 

Sumber: Shutterstock

Makanan beku atau frozen food punya banyak peminatnya di masyarakat. Apalagi sejak era pandemi, penjualan frozen food di e-commerce meningkat. Ini karena frozen food termasuk makanan yang cepat saji dan awet. Biasanya frozen food berupa bakso, sosis, nugget, siomay, dimsum, dan lainnya. Dengan modal Rp 10 juta kamu bisa membeli freezer untuk tempat penyimpanannya.

2. Usaha Cuci Motor

Sumber: Shutterstock

Banyaknya motor yang berseliweran di jalan, jadi peluang kamu untuk membuka usaha cuci motor. Apalagi di kota-kota besar yang tingkat kesibukannya tinggi. Dengan modal Rp 10 juta kamu memerlukan beberapa peralatan misalnya mesin steam, nozzle snow wash, shampoo motor, sikat, spons, kanebo dan lainnya. Jasa cuci motor biasanya akan ramai ketika musim hujan karena motor cepat kotor.

3. Laundry Kiloan

Sumber: Shutterstock

Tinggal di kota besar dan banyak pegawai atau mahasiswa yang indekos, jadi peluang kamu untuk membuka jasa laundry kiloan. Mereka pada umumnya sibuk di hari-hari biasa, sehingga ketika weekend memilih untuk beristirahat. Dengan modal Rp 10 juta kamu bisa membeli 3 hingga 5 unit mesin cuci, serta sisanya dibelanjakan untuk setrikaan, deterjen, dan pewangi.

4. Cuci Mobil

Sumber: Shutterstock

Mencuci mobil butuh parkiran yang luas, air yang melimpah, dan tenaga yang besar. Karena tempat terbatas dan butuh istirahat di weekend, orang-orang di kota besar biasanya memilih untuk mencuci mobil ke tempat pencucian. Maka inilah peluang yang bisa kamu terima. Jika sudah punya tempat yang cukup, kamu bisa membuka jasa cuci mobil dengan modal Rp 10 jutaan yang terdiri dari kompresor, power spray, tabung snow, vacuum cleaner, selang, dan lap.

5. Bisnis Cafe/Warkop

Sumber: Shutterstock

Kopi atau minuman banyak rasa sedang digandrungi anak muda masa kini. Kamu pun bisa membuka usaha cafe/warkop untuk menjual aneka minuman tersebut. Tak perlu tempat yang besar, sebab pada umumnya gerai minuman hanya seluas garasi mobil. Kamu hanya perlu sewa tempat, bahan untuk minuman, dan ditambah camilan favorit anak muda lainnya seperti mie, gorengan, atau roti.

6. Usaha Reseller

Sumber: Shutterstock

Maraknya toko online dan e-commerce membuka peluang kamu jadi reseller. Kamu bisa membeli barang dari supplier dengan harga yang miring, dan menjualnya kembali di toko online atau merchant e-commerce. Barang yang bisa dijual pun bervariatif, tergantung pada minat kamu sendiri. Biasanya produk-produk yang ditawarkan adalah aksesori, pakaian, tas, hingga sepatu.

7. Bisnis Makanan Kekinian

Sumber: Shutterstock

Membuka usaha juga bisa dengan berinovasi. Salah satunya pada sektor kuliner. Saat ini ada banyak inovasi makanan yang dijual dan disukai oleh kalangan muda seperti croflle, bitterballen, dimsum mentai, ayam geprek, dan lainnya. Kamu hanya perlu memodifikasi makanan yang sudah ada dengan resep terbaru dan kekinian. Kalau tak ada ide, cari saja resepnya di internet, dan belanjakan bahan-bahan untuk membuatnya. 

8. Usaha Franchise Murah

Sumber: Shutterstock

Usaha franchise termasuk ide bisnis yang cukup mudah dilakukan. Pasalnya kamu hanya perlu memilih produk apa yang sedang digemari masyarakat dan menjajakan kerja sama dengan pemilik produk tersebut. Artinya kamu hanya perlu menyiapkan tempat atau lokasi, sedangkan bahan-bahannya dipasok dari pemilik franchise. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengatur operasional pegawai dan strategi marketing. Contoh produk franchise adalah ayam goreng, minuman banyak rasa, kopi, hingga gorengan.

9. Bisnis Tanaman Kekinian

Sumber: Shutterstock

Pandemi mendorong orang untuk melakoni hobi. Salah satunya adalah hobi tanaman hias. Kamu pun bisa menjual berbagai tanaman hias dan perlengkapannya dengan modal Rp 10 juta. Dalam membuka usaha ini kamu memerlukan beberapa bibit tanam hias, pupuk, medium tanam, hingga pot. Agar sukses, pilihlah bibit tanaman hias yang sedang hits saat ini dan banyak digemari masyarakat.

10. Cuci Sepatu 

Sumber: Shutterstock

Meski terbilang sepele, namun tak banyak orang bisa mencuci sendiri sepatu mereka. Oleh karena itu jasa cuci sepatu bisa jadi alternatif usaha yang bisa kamu pilih. Kalau sudah memiliki tempat di rumah, modalnya tidak terlalu besar, kok. Dengan modal Rp 10 juta kamu sudah bisa membuat usaha cuci sepatu yang cukup mewah. Kamu bisa membeli rak sepatu, beberapa unit mesin cuci, deterjen dan pewangi. 

11. Bisnis Thrift

Sumber: Shutterstock

Bisnis thrift atau pakaian bekas bisa jadi pilihan usaha selanjutnya. Kamu bisa menjual pakaian dari supplier atau pakaian kamu sendiri yang sudah tidak terpakai. Namun, kamu harus sedikit jeli dan memastikan bahwa pakaian bekas yang dijual masih layak pakai. Selain itu pilihlah beberapa merk terkenal dan banyak disukai orang. Dengan harga yang lebih murah, mereka tentu akan semakin tertarik.

12. Usaha Pet Shop

Sumber: Shutterstock

Hobi memelihara hewan merupakan salah satu kesempatan yang bagus untuk dimanfaatkan jadi pundi-pundi rupiah. Ada banyak hewan peliharaan yang dijadikan hobi seperti kelinci, kucing, anjing, burung, ikan, hingga hewan-hewan reptil. Dengan modal Rp 10 jutaan, kamu tak hanya bisa menyediakan hewan-hewan tersebut, namun juga perlengkapannya seperti kandang, akuarium serta makanannya.

13. Usaha Fashion

Sumber: Shutterstock

Meski sudah banyak dilakoni orang, usaha fashion masih punya prospek masa depan yang menjanjikan. Banyak orang ingin tampil cantik dan modis, sehingga bisnis fashion masih terus berkembang hingga saat ini. Banyak pilihan produk yang bisa kamu jual di antaranya hijab, celana, baju, sepatu, tas, hingga aksesori. Apalagi sejak adanya e-commerce dan media sosial kamu tak perlu lagi memikirkan tempat jualan. 

Itulah rekomendasi beberapa usaha modal Rp 10 juta terbaik yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa menambahkan layanan pengiriman untuk daerah di luar kota dan pulau. Pilih Anteraja yang menjangkau seluruh daerah di Indonesia dan punya banyak pilihan pengiriman mulai dari Same Day, Next Day, dan Reguler.