Rice Cooker Terbaik
Update Aja

11 Rekomendasi Merk Rice Cooker Yang Bagus, Hemat Listrik Dan Terbaik

Memasak nasi kini lebih praktis menggunakan rice cooker. Ada banyak merk yang menawarkan rice cooker, tentu dengan kelebihannya masing-masing. Sama dengan perangkat teknologi lainnya, rice cooker juga terus berkembang mengikuti zaman. Bahkan kini tersedia rice cooker digital yang mampu membantu kamu memasak banyak jenis masakan selain nasi. Apa saja merk rice cooker yang bisa kamu pilih? Simak tips dan rekomendasinya berikut ini.

Tips Memilih Rice Cooker

1.      Perhatikan Metode Memasak

Rice cooker memiliki mekanisme masak yang berbeda-beda. Secara umum, terdapat empat  metode, yaitu tipe IH, pressure IH, gas dan microcomputer. Tipe IH atau induction heating, mampu memanaskan bagian dalam panci secara menyeluruh, sehingga nasi matang dengan sempurna.

Sementara itu tipe pressure IH mampu memasak nasi dengan pulen dan empuk karena menambah teknik tekanan saat memasak.

Tipe gas menawarkan nasi yang rasanya seperti dimasak dengan tungku. Namun tipe ini akan membuat nasi lebih lengket dengan panci. Tipe microcomputer sendiri menghasilkan panas hanya dari bawah, sehingga terkadang tingkat kematangan nasi tidak merata. Biasanya tipe ini digunakan oleh orang-orang yang tinggal sendiri. Nasi yang dimasak dengan tipe ini juga akan berubah warna menjadi kuning dan kering setelah 8 jam.

2.      Ketahui Jenis Panci yang Ditawarkan

Panci juga menjadi penentu apakah nasi dimasak dengan baik atau tidak. Mayoritas panci pada rice cooker terbuat dari baja, tembaga dan keramik. Bahan baja akan lebih mudah dalam menghantar panas sehingga cocok untuk kamu yang membutuhkan rice cooker dengan proses masak yang cepat. Namun panci dengan bahan ini punya bobot yang cukup berat, sehingga cukup sulit kamu cuci.

Bahan tembaga juga menawarkan penghantar panas yang cepat, bahkan lebih cepat dibanding panci bahan baja. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan nasi yang lezat dengan kematangan yang merata. Sementara itu bahan keramik mampu menyimpan panas dengan baik, sehingga suhunya tidak mudah turun setelah dipanaskan. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama untuk panas, panasnya tetap merata. Sayangnya panci keramik cenderung membuat nasi lebih mudah berkerak. Materialnya juga lebih mudah pecah dibanding lainnya.

3.      Pilih Sesuai Kebutuhan

Rice cooker yang dijual di pasaran, punya ukuran yang berbeda-beda. Sebelum membeli, pastikan kamu mengetahui kebutuhan kamu. Kalau kamu tinggal sendiri, kamu bisa memiliki rice cooker dengan kapasitas 0,5 liter. Kalau kamu punya keluarga dengan anggota 3 orang atau lebih, kamu bisa pilih rice cooker 1 liter. Kalau  jumlah anggota keluarga kamu lebih dari 5 orang, pilih rice cooker dengan kapasitas 1,8 liter.

Selain dari jumlah anggota, kuantitas konsumsi nasi sehari-hari juga perlu kamu pertimbangkan. Untuk itu, sebaiknya kamu memilih rice cooker satu tingkat lebih besar dari yang dianjurkan.

Rekomendasi Merk Rice Cooker Terbaik

1.      Philips

Rice Cooker Terbaik

Merk ini tentu tak asing lagi di dunia produk elektronik. Begitu pula dengan rice cooker. Philips bahkan jadi merk rice cooker paling laris dengan kapasitas sebesar 2 liter. Rice cooker Philips memiliki teknologi smart 3D heating system, yaitu teknologi memasak nasi dari seluruh sisi, sehingga nasi lebih matang secara merata. Philips juga punya rice cooker digital yang tampilannya minimalis dan kaya fitur. Kamu bisa mendapatkan rice cooker merk Philips dengan harga mulai dari Rp400.000-an.

2.      Yong Ma

Rice Cooker Terbaik

Yong Ma juga nggak kalah populer dengan Philips untuk merk rice cooker. Beberapa rice cooker Yong Ma menggunakan bahan stainless sehingga tampilannya tampak mewah. Tak hanya itu, penggunaan bahan ini juga membuatnya tahan lama. Pancinya sendiri menggunakan bahan keramik, sehingga mampu menghasilkan nasi yang anti lengket. Rice cooker Yong Ma dibanderol mulai dari Rp300.000-an.

3.      BOLDe

Rice Cooker Terbaik

BOLDe juga menjadi merk rice cooker yang bisa kamu pilih. Di antara rice cooker merk ini yang bisa kamu pilih yaitu dengan kapasitas 0,6 liter. Produk ini cocok untuk kamu yang tinggal sendiri di kost. Selain praktis, ukuran rice cooker BOLDe juga ringkas sehingga mudah dibawa kemanapun. Rice cooker BOLDe dibanderol mulai dari Rp150.000-an.

 4.      Cosmos

Rice Cooker Terbaik

Cosmos memiliki rice cooker dengan beragam fungsi, mulai dari memasak nasi, bubur, sup hingga mengukus kue. Dengan begitu, produk ini cocok untuk kamu yang gemar memasak, namun ingin perangkat yang praktis. Panci rice cooker Cosmos menggunakan teknologi Harmond, sehingga lebih tahan lama, anti lengket dan anti gores. Produk Cosmos juga cukup irit listrik, lho. Harganya mulai dari Rp200.000-an.

5.      Sharp

Rice Cooker Terbaik

Sharp menawarkan rice cooker dengan desain yang unik. Salah satu produknya memiliki bentuk seperti apel dengan kapasitas 0,8 liter. Dengan desain ini, rice cooker Sharp akan mempercantik meja makan maupun dapur kamu. Rice cooker Sharp bisa kamu gunakan untuk memasak maupun menghangatkan makanan. Harganya mulai dari Rp250.000-an.  

6.      Mito

Rice Cooker Terbaik

Mito menawarkan rice cooker digital, sehingga menawarkan banyak fitur dibanding rice cooker tradisional. Kamu bahkan bisa mengatur durasi memasak nasi, sehingga kamu bisa mengatur aktivitas sehari-hari menjadi lebih baik. Tak hanya memasak nasi, rice cooker Mito juga bisa kamu gunakan untuk memasak jenis masakan lain, mulai dari bubur hingga menggoreng, lho. Harga rice cooker Mito mulai dari Rp250.000-an.

7.      Panasonic

Rice Cooker Terbaik

Panasonic juga bisa kamu pilih kalau kamu sedang mencari rice cooker. Salah satu produknya punya pemanasan dengan mekanisme induksi lima lapis. Dengan begitu, panasnya menjadi lebih merata dan proses memasak menjadi lebih cepat. Panci rice cooker Panasonic juga dirancang dengan material yang bagus, sehingga tahan lama, kuat dan anti lengket. Harga rice cooker Panasonic mulai dari Rp300.000-an.

8.      Rinnai

Rice Cooker Terbaik

Rice Cooker Rinnai bisa kamu pilih kalau kamu punya usaha catering. Sebab Rinnai punya rice cooker dengan kapasitas yang besar hingga 9 liter, sehingga mampu memasak sampai 8 kg beras sekaligus. Proses masaknya juga sangat cepat, lho. Hanya 25 menit. Penutupnya juga terbuat dari kaca sehingga bisa kamu pantau dengan mudah. Harganya untuk kapasitas besar memang cukup merogoh kocek, sekitar Rp3 jutaan.

9.      Miyako

Rice Cooker Terbaik

Miyako juga menjadi salah satu merk rice cooker terbaik yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Salah satu rice cooker Miyako terbuat dari stainless steel dengan kapasitas sebesar 6 liter. Rice cooker Miyako juga memiliki teknologi magic warmer, sehingga memungkinkan kamu untuk memasak nasi, memasak sayur, dan merebus bahan makanan lainnya. Harga rice cooker Miyako dibanderol mulai Rp 160.000-an.

10.   Oxone

Rice Cooker Terbaik

Rice cooker Oxone dibalut dengan material stainless steel, sehingga anti lengket dan anti karat. Kapasitas rice cooker Oxone cukup besar, 1,8 liter sehingga cukup untuk 6 sampai 8 orang. Dengan desainnya yang minimalis, rice cooker Oxone cocok untuk kamu pajang di dapur atau meja makan. Harganya mulai dari Rp280.000-an.

11.   Maspion

Rice Cooker Terbaik

Maspion Rice Cooker ini terkenal sebagai merk penanak nasi yang bagus, lho. Salah satu rice cooker Maspion punya lapisan alumunium yang anti lengket dan berkualitas, sehingga gizi makanan tetap terjaga. Bodinya juga mudah dibersihkan karena dilapisi Steal Plate Coating. Harga rice cooker Maspion dibanderol mulai Rp200.000-an.

Itu dia rekomendasi merk rice cooker terbaik yang bisa kamu pilih. Sudah tahu merk mana yang akan kamu beli? Kalau sudah, kamu bisa mendapatkan produk pilihanmu di e-commerce atau marketplace favoritmu. Soal pengiriman, serahkan ke Anteraja karena kamu bisa mendapatkan harga yang terjangkau untuk ongkos kirimnya. Coba deh cek ongkirnya ke kotamu. Kamu juga bisa lacak pengiriman dengan menggunakan fitur cek resi dengan menginput nomor resi di aplikasi Anteraja. Jadi kamu nggak perlu was-was orderan yang kamu nantikan nyasar ke tempat lain.  

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *