11 Merk Saus Sambal Yang Enak Cocok Untuk Semua Makanan

Saus Sambal Yang Enak

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, saus sambal bisa dibilang kondimen atau pelengkap makanan yang wajib tersedia ketika makan. Mulai dari makanan gorengan hingga makanan berkuah, rasanya kurang pas jika dimakan tanpa pelengkap saus sambal. Tidak hanya dijadikan kondimen, saus sambal  juga sering sekali dijadikan sebagai bagian dari bumbu masak berbagai menu makanan. Maka dari itu, saus sambal dapat kita temukan dengan mudah di setiap rumah. 

Meski secara sepintas semua merk saus sambal terlihat sama, rupanya masing-masing produk saus sambal memiliki cita rasa khas dan komposisi yang berbeda-beda, loh! Maka dari itu, kamu perlu cermat dalam memilih saus sambal yang enak dan sesuai dengan seleramu. Nah, buat kamu yang masih bingung gimana cara memilih saus sambal, yuk langsung kita simak pemaparan lengkapnya berikut ini!

Cara Memilih Saus Sambal Yang Enak dan Terbaik

1. Pilih Tingkat Kepedasan Yang Sesuai Selera

Karena setiap orang memiliki toleransi kepedasan yang berbeda-beda, kamu dapat menyesuaikannya saat kamu membeli saus sambal di minimarket. Biasanya saus sambal yang dijual di pasaran memiliki tingkat kepedasan standar. Namun tak sedikit pula merk yang menyediakan saus sambal dengan tingkat kepedasan yang ekstra. Biasanya kamu akan menemukan label saus sambal ekstra pedas atau ekstra hot untuk sambal dengan tingkat kepedasannya di atas rata-rata.

2. Pilih Jenis Saus Sambal Sesuai Keinginan

Di pasaran, saus sambal kemasan dijual dengan berbagai jenis varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Khusus untuk kamu yang menyukai sambal dengan rasa pedas yang biasa saja, saus sambal rasa original bisa kamu pilih. Saus sambal original juga bisa kamu gunakan sebagai bahan utama untuk meracik bumbu dan aneka cocolan, hingga topping, makanan. Selain rasa original, kamu juga bisa memilih saus sambal dengan rasa khas seperti sambal terasi, sambal bawang, sambal udang, sambal asam manis, hingga sambal bangkok.

3. Perhatikan Komposisi Saus Sambal

Komposisi saus sambal tentu menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan saat membeli saus sambal. Kamu dapat mengecek bahan tambahan alami dan zat aditif atau bahan buatan di dalamnya.untuk mendapatkan saus sambal dengan cita rasa yang menggugah selera, kamu bisa memilih saus sambal dengan komposisi bahan segar (cabai dan rempah alami) yang lebih dominan dibandingkan zat aditifnya. 

4. Pilih Kemasan Sesuai Kebutuhan

Kemasan saus sambal juga termasuk poin penting yang perlu kamu pertimbangkan. Pasalnya, di pasaran kamu bisa menemukan berbagai macam saus sambal dengan jenis kemasan yang berbeda. Kamu bisa menyesuaikan jenis kemasan dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin membeli saus sambal yang mudah dibawa kemana-mana, kemasan sachet atau pouch bisa jadi pilihan yang tepat. Khusus untuk pemakaian sehari-hari, kamu bisa memilih saus botol yang bisa dipakai berkali-kali dan disimpan kembali.

Itu dia cara memilih saus sambal yang perlu kamu perhatikan agar kamu nggak salah pilih sambal. Eits, tunggu dulu. Kamu juga perlu tahu merk saus sambal apa saja yang paling banyak direkomendasikan sebagai referensi saat membeli saus sambal. Yuk langsung simak sederet rekomendasi merk saus sambal yang enak berikut ini!

Rekomendasi Saus Sambal Yang Enak Dan Terbaik

1. Saus Sambal ABC

Saus Sambal Yang Enak

Sebagai brand makanan yang cukup terkenal di Indonesia, mereka juga memproduksi saus sambal berkualitas tinggi. Saus sambal ABC diklaim dibuat dari cabai dan bumbu pilihan sehingga memiliki cita rasa dan aroma dalam sambal memiliki kekhasannya tersendiri. Kamu bisa memilih saus sambal ABC dengan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Saus Sambal Dua Belibis

Saus Sambal Yang Enak

Terkenal dengan cita rasa pedas alami yang istimewa, membuat saus sambal Dua Belibis banyak disukai oleh penikmat sambal. Nggak hanya itu, sambal ini juga dibuat dengan bahan premium sehingga kualitas rasanya terjamin. Kamu juga bisa memilih kemasan saus sambal yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari sachet hingga botol kaca. 

3. Saus Sambal Heinz

Saus Sambal Yang Enak

Saus sambal Heinz hadir di Indonesia sebagai merek saus yang bisa kamu pilih sebagai teman makan dan juga cocoklan camilan yang nikmat. Heinz menyediakan varian saus sambal yang cukup lengkap seperti Heinz Indonesian Gourmet Chili with Raw Mango, Heinz Korean Gourmet Chili ala Gochujang, dan Heinz Mexican Gourmet Chili with Roasted Jalapeno.

4. Saus Sambal Indofood

Saus Sambal Yang Enak

Sebagai merk yang sudah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia, Indofood juga memproduksi saus sambal dengan rasa yang nikmat. INdofood juga menyediakan berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Varian rasa saus sambal antara lain saus sambal Indofood yaitu Pedas Manis, Pedas, Extra Pedas, Bangkok, Seafood dan Lampung. 

5. Saus Sambal Cap Ibu Jari Jempol

Saus Sambal Yang Enak

Jika kamu mencari saus sambal yang vegetarian friendly, saus sambal Cap Ibu Jari Jempol bisa jadi solusi yang tepat. Kamu bisa mencoba varian saus sambal Vegetarian yang tersedia dalam varian Sambal Cap Ibu Jari Jempol ini. Jangan khawatir, saus sambal ini tidak mengandung bahan hewani sama sekali,  sehingga kamu bisa mengonsumsinya dengan tenang. Masih banyak lagi varian saus sambal dari brand ini yang juga bisa kamu pilih, salah satunya adalah saus sambal seafood.

6. Saus Sambal Del Monte

Saus Sambal Yang Enak

Siapa sih yang nggak kenal saus sambal Saus sambal yang satu ini menghadirkan rasa unik yang khas. Saus Del Monte memiliki tingkat pedas yang tidak segarang saus sambal buatan perusahaan lokal. Meski di label tertulis ekstra hot namun tingkat kepedasannya terbilang sedang. Bahkan masih ada sedikit rasa asam manis dan ada rasa udang. Kamu bisa gunakan saus sambal ini untuk campuran pasta, bumbu sarden, sebagai cocolan aneka gorengan, dan enak juga untuk bumbu masakan. Kemasannya beragam, ada yang pouch dan ada juga yang botolan. Saus sambal sudah mengantongi izin BPOM dan halal MUI.

7. Saus Sambal Sasa

Saus Sambal Yang Enak

Saus sambal dengan cita rasa gurih dan kuat ini wajib kamu pilih jika kamu adalah penggemar rasa gurih yang nikmat.tak hanya itu, tingkat kepedasannya pun bisa dibilang sedang sehingga cocok dipilih untuk kamu yang memiliki resistensi kepedasan yang rendah. 

8. Saus Sambal Jawara

Saus Sambal Yang Enak

Dikenal sebagai produk saus sambal yang dikemas dengan kemasan yang berbeda dibanding saus sambal lainnya, saus sambal ini relatif lebih mudah dibawa kemana-mana tanpa khawatir sambal tumpah. Saus sambal Jawara juga cukup banyak digemari karena rasanya jadi lebih gurih dan nikmat dibanding saus sambal biasa. Kamu juga bisa memilih tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera kamu. 

9. Saus Sambal Obento

Saus Sambal Yang Enak

Kabar baik bagi para penggemar Hoka Hoka Bento, saat ini kamu bisa menikmati saus sambal khasnya melalui Obento Saus Sambal Ekstra Pedas. Kamu bisa menggunakan sambal ini sebagai cocolan atau bahkan campuran masakan yang menggugah selera.

10. Saus Sambal Nasional

Saus Sambal Yang Enak

Sebagai merek saus sambal yang telah ada di Indonesia dalam waktu yang cukup lama, saus sambal Nasional ini rupanya masih jadi pilihan banyak konsumen di daerah-daerah, khususnya para pedagang makanan kaki lima. Saus Sambal Nasional tersedia dalam kemasan botol kaca besar, botol plastik sedang, saset, hingga isi ulang dalam berbagai ukuran.

11. Saus Sambal Mclewis

Saus Sambal Yang Enak

Saus sambal merk Mc Lewis Chili Sauce merupakan salah satu produk saus sambal yang banyak dipilih masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang gurih membuat sambal ini sangat cocok disantap  sebagai cocolan, bahan masakan tambahan, hingga untuk topping makanan. 

Itu dia sederet merk saus sambal yang bisa kamu jadikan pilihan. Kamu bisa langsung membeli saus sambal kesukaan kamu melalui marketplace langganan untuk mendapat potongan harga dan promo menarik lainnya. Agar sambal pesananmu sampai ke alamat tujuan dengan selamat, pastikan kamu menggunakan jasa pengiriman menggunakan Anteraja, ya! Dengan Anteraja kamu bisa melakukan tracking pengiriman dengan akurat. Tunggu apa lagi? Selalu gunakan Anteraja sebagai layanan jasa antar barang yang terpercaya, ya!