11 Merk Shuttlecock Terbaik Dan Berkualitas Untuk Bulutangkis

shuttlecock terbaik

Badminton adalah salah satu cabang olahraga andalan Indonesia. Tidak asing lagi melihat bendera tanah air dikibarkan pada setiap ajang pertandingan badminton tingkat dunia. Bisa dibilang, Indonesia menjadi lawan yang paling diantisipasi oleh negara lain. 

Dalam permainannya, badminton memerlukan raket, shuttlecock, serta net. Selain raket yang dapat memengaruhi pukulan pemain, kondisi shuttlecock juga berperan dalam jalannya permainan loh. Makanya, dalam sekali pertandingan para atlet bisa mengganti shuttlecock lebih dari 3 kali, tergantung kondisi shuttlecock tersebut.

Untuk itu, pahami dulu cara memilih shuttlecock agar terbaik agar pemainanmu dengan lawan semakin asyik.

Cara Memilih Shuttlecock

– Pilih Sesuai Jenis Kebutuhan

Shuttlecock yang ada di pasaran terdiri dari shuttlecock standar dan shuttlecock yang memenuhi spesifikasi Federasi Bulu Tangkis Dunia, BWF, ataupun PBSI. Shuttlecock jenis terakhir tentu saja mahal. Untuk itu, jika kamu bermain badminton hanya untuk mengisi waktu luang, lebih baik memilih yang standar.

– Ketahui Jenis dan Bahan

Shuttlecock yang bagus menggunakan bulu angsa sehingga lebih kuat. Material gabusnya juga menggunakan gabus alami. Sementara shuttlecock standar biasanya menggunakan bulu bebek dengan material gabus sintetis.

– Perhatikan Speed Number

Ini adalah yang terpenting ketika kamu ingin membeli shuttlecock. Pada tiap kemasan shuttlecock biasanya tertera speed number atau kecepatan saat dipukul. Namun, tiap merk biasanya memiliki perhitungannya sendiri. Misalnya speed number Yonex terhitung dari angka 1-5, sedangkan merk lain berkisar 75-79. Intinya, semakin tinggi angka, semakin cepat pula shuttlecock saat dipukul.

Rekomendasi Merk Shuttlecock Terbaik

1. Yonex

shuttlecock terbaik

Shuttlecock Yonex terdiri dari berbagai macam tipe, di antaranya shuttlecock khusus latihan dan profesional yang berstandar BWF. Meski demikian, kedua shuttlecock tetap dibuat dengan material yang berkualitas dengan proses pembuatan yang terstruktur. Bobotnya juga tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan, sehingga stabil saat dipukul.

2. Victor Gold

shuttlecock terbaik

Victor Gold menggunakan bulu bebek yang berkualitas dan gabus komposit yang membuat shuttlecock stabil dari sisi berat dan kecepatan. Shuttlecock Victor memiliki speed number 77 dengan jenis S berputar.

3. Lining

shuttlecock terbaik

Lining sudah tidak asing lagi bagi cabang olahraga Badminton. Merk ini kerap dipakai oleh pertandingan-pertandingan tingkat dunia. Shuttlecock Lining menggunakan bulu angsa yang diklaim tidak akan rontok meski dipakai berkali-kali. Selain itu, desainnya juga membuat shuttlecock ini stabil saat terbang di atas lapangan.

4. Samurai

shuttlecock terbaik

Ujung shuttlecock Samurai dibuat runcing, sangat cocok untuk pukulan yang melambung tinggi. Bahan bulunya berasal dari bulu itik yang halus. Shuttlecock ini bisa dibuat untuk latihan maupun pertandingan profesional.

5. Garuda Internasional

shuttlecock terbaik

Merk lokal ini sudah ada sejak tahun 1940-an. Produk menggunakan bulu angsa dengan speed number yang berkisar 77-78. Shuttlecock Garuda Internasional juga kerap digunakan untuk latihan nasional tingkat junior.

6. JP Gold

shuttlecock terbaik

Terbuat dari bulu angsa tebal, shuttlecock JP Gold diklaim tidak akan rontok dan patah meski dipukul kencang. Maka dari itu, shuttlecock ini cocok untuk kamu yang ingin berlatih pukulan kencang atau smash.

7. Dakota

shuttlecock terbaik

Dakota adalah variasi dari pabrikan Nine yang ada di Malang. Shuttlecock ini terbilang murah namun kualitasnya tidak murahan. Sebab, shuttlecock terbuat dari bulu angsa serta tingkat kelenturannya juga cukup baik.

8. Sinar Mutiara

shuttlecock terbaik

Sinar Mutiara menggabungkan material kombinasi plastik dan sintetis pada produknya. Speed number yang dimiliki adalah 78 dan kerap digunakan saat pelatihan nasional oleh PBSI.

9. Glory

shuttlecock terbaik

Masih dari merk lokal, Glory terbuat dari bulu angsa impor. Shuttlecock berwarna putih ini cocok digunakan untuk latihan atau sparing antar grup.

10. Euro

shuttlecock terbaik

Shuttlecock merk lokal asal Malang, Jawa Timur ini memiliki daya tahan kuat dan stabil saat digunakan saat pertandingan. Harganya cukup terjangkau, namun untuk jenis pertandingan rally panjang berulang, shuttlecock Euro tidak direkomendasikan.

11. Puma

shuttlecock terbaik

Shuttlecock dari Puma dikenal awet dan stabil untuk pertandingan. Produk dari merk ini juga dapat dimainkan untuk permainan tempo sedang hingga tinggi, dan tetap stabil ketika digunakan.

Yap, itu dia rekomendasi merk shuttlecock terbaik yang bisa kamu beli. Ada banyak bukan? Beberapa bisa kamu temukan dengan mudah di online store yang ada di Indonesia. Untuk pembelian secara online, pastikan kamu menggunakan layanan AnterAja! dan memanfaatkan fitur Cek Resi serta Cek Ongkirnya ya.