7 Skincare Yang Wajib Dimiliki Oleh Remaja Agar Kulit Terjaga

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Apa kamu termasuk kalangan yang kurang perhatian dengan perawatan wajah? Mulai sekarang, saatnya kamu harus lebih memperhatikan wajahmu dengan menggunakan skincare. Penggunaan skincare secara rutin, akan membantu kamu mengatasi masalah-masalah yang ada pada wajah seperti jerawat, flek hitam dan lainnya. Selain itu, penggunaan skincare setiap hari juga memberikan manfaat untuk kulit wajah.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan berupa dapat menyehatkan kulit. Dengan perawatan yang tepat, kulit akan terjaga kebersihannya serta ternutrisi dengan baik, sehingga memiliki kelembaban yang cukup. Kelembaban yang cukup dapat menghidrasi kulit sehingga mencegah timbulnya masalah kulit lain di wajah. Kebersihan kulitmu bisa kamu dapatkan dengan memilih facial wash yang sesuai dengan tipe wajah. Kelembaban kulit juga bisa kamu dapatkan dengan penggunaan moisturizer yang tepat.

Selain itu, penggunaan skincare dapat mencegah penuaan dini. Semakin bertambah usia, maka akan menimbulkan pengurangan produksi kolagen pada wajah. Sedangkan kolagen sangat berperan untuk mempertahankan kekenyalan kulit sehingga dapat memperlambat penuaan dini. 

Penggunaan skincare secara rutin juga mampu meminimalisir noda hitam pada wajah. Satu faktor terbesar yang mampu menguranginya adalah kandungan SPF yang terdapat dalam sunscreen. Maka dari itu, kamu harus memilih sunscreen yang sesuai dengan tipe kulit agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut rangkaian skincare yang wajib dimiliki remaja ala Anteraja yang bisa kamu aplikasikan untuk skincare rutin setiap harinya.

Skincare Yang Wajib Dimiliki Remaja

1. Facial Wash

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Urutan pertama dari tahap skincare adalah dengan membersihkan wajah. Kegiatan diluar membuat wajahmu terpapar berbagai polusi yang menumpuk. Kotoran kulit yang terlalu lama menempel di wajah akan menimbulkan masalah. Maka dari itu, kamu perlu membersihkan wajahmu dengan facial wash. 

Namun, memilih facial wash harus berdasarkan tipe kulit. Sebab, kalau sampai salah pilih, akan menimbulkan breakout. Selain memilih facial wash yang sesuai dengan tipe kulit, kamu juga dianjurkan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari di waktu pagi sebelum memulai aktivitas dan malam hari setelah beraktivitas di luar.

2. Toner

Setelah menggunakan facial wash, kamu juga memerlukan toner sebagai bagian dari rangkaian perawatan kulit kamu. Toner berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa kotoran setelah tahap cleansing dengan facial wash. Namun setiap toner memilki ragam fungsi sesuai dengan bahan aktifnya sendiri. Secara umum, ada dua jenis toner yang bisa kamu aplikasikan dalam skincare, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner.

Exfoliating Toner

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Exfoliating toner memiliki fungsi untuk melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati dan mengelupas bagian kulit terluar. Exfoliating toner juga akan membersihkan sisa kotoran dari langkah sebelumnya serta membersihkan sisa makeup. 

Kandungan dalam toner ini yaitu perpaduan alpha dan beta-hydroxy acid atau yang biasa dikenal dengan AHA dan BHA serta senyawa turunannya.

AHA merupakan jenis asam larut air yang bisa didapatkan dari buah-buahan. AHA digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi ringan, pori-pori besar, kerutan, dan warna kulit yang tidak merata. AHA juga dapat memudarkan bekas jerawat dan menangkal penuaan dini. Sedangkan BHA merupakan asam larut minyak yang digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Hydrating Toner

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Toner jenis ini memiliki kegunaan utama untuk melembabkan kulit. Dengan kulit yang lembab, kamu bisa mempersiapkan kulit untuk menerima tahapan skincare selanjutnya. Sebab, kulit yang lembab bisa menyerap bahan aktif dalam produk skincare dengan lebih baik, sehingga manfaat dari rangkaian skincare lain akan lebih terasa efeknya pada kulit wajah.

3. Serum

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Serum memiliki bahan aktif seperti antioksidan dan peptida yang berguna untuk memelihara dan meremajakan kulit. Satu atau dua tetes serum, dapat diaplikasikan untuk seluruh wajah. Tekstur yang ringan dari serum membuat lebih mudah untuk diserap dalam kulit.

Jenis dari serum ini sangat banyak di pasaran, sesuai dengan tipe dan masalah kulit. Namun secara umum, serum ini berbahan dasar air atau minyak yang dapat diaplikasikan untuk tipe kulit kering hingga berminyak.

4. Moisturizer

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Ada banyak fungsi yang didapatkan dari penggunaan moisturizer secara rutin. Namun fungsi utama dari moisturizer bukan hanya melembabkan, melainkan juga untuk mengunci kelembabannya. Hal ini akan membantu mempertahankan skin barrier yang mampu menjaga kesehatan kulit.

Secara umum kandungan dalam moisturizer yakni ceramides, hyaluronic acid, lactid acid, glycerin, dan natural oil. Kandungan inilah yang mampu membantu mengunci kelembaban pada kulit. Selain itu juga dapat mengontrol minyak berlebih, membuat kulit kencang hingga mencerahkan kulit.

5. Sunscreen

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Paparan sinar matahari pada kulit mampu memberi dampak yang kurang baik bagi kulitmu. Kulit dapat memerah, mengelupas, hingga terasa perih sebab paparan sinar matahari. Selain itu munculnya flek hitam serta kerutan juga akan menjadi dampak dari efek buruk sinar matahari. Cara mengatasi dampak buruk dari paparan sinar matahari ini adalah dengan penggunaan sunscreen setiap hari secara rutin. Untuk itu, peran sunscreen cukup penting dalam rangkaian perawatan kulit kamu sehingga bisa tetap terjaga kesehatannya.

6. Lip Balm

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Untuk menjaga kelembaban bibir dan membantu melembabkan bibir yang pecah-pecah, kamu membutuhkan lip balm dalam rangkaian skincare. Ukurannya yang sangat kecil, membuatmu mampu mengaplikasikan lip balm dimanapun dan kapanpun.

Lip balm sendiri mengandung berbagai minyak alami seperti minyak jarak atau bahkan madu yang mampu membantu melembabkan bibir. Selain itu terdapat kandungan lain seperti shea butter, cocoa butter, petroleum jelly, mineral, zinc oxide serta vitamin E. 

7. Lipstick

Skincare yang wajib dimiliki remaja

Salah satu kosmetik wajib bagi kaum hawa yaitu lipstick. Terutama untuk kamu yang memiliki warna bibir yang kurang merata atau bahkan pucat, lipstick tidak boleh terlupakan.

Lipstick juga memiliki bahan utama seperti lilin, minyak alkohol, dan pigmen. Lilin yang digunakan disini seperti beeswax atau lilin lebah. Beeswax berfungsi untuk menjaga emulsi agar tidak terpisah menjadi komponen minyak dan cairan serta membuat lipstick terasa halus saat diaplikasikan dan menjaganya tetap solid.

Untuk warna lipstick sendiri didapatkan dari kandungan micas pigments yang merupakan mineral dengan kilau alami. 

Nah itu dia skincare yang wajib dimiliki oleh remaja agar kulit tetap terjaga kesehatannya. Untuk mendapatkan produk-produk skincare tersebut, kamu bisa membelinya di online store kesayanganmu. Jangan lupa untuk memilih jasa Anteraja agar paket kamu bisa sampai rumah dengan aman. Kamu juga bisa cek keberadaan paketmu dengan menggunakan fitur tracking Anteraja.