12 Merk Smart TV yang Bagus, Murah dan Terbaik di Indonesia

Smart TV atau televisi pintar saat ini sudah umum ditemukan di mana saja. Televisi tipe ini menggantikan televisi sebelumnya yang belum memiliki sistem operasi. Dengan dibekali software, chipset, serta memori, smart TV dapat menampilkan beragam hiburan yang terkoneksi ke internet. Kamu jadi bisa menonton YouTube, Netflix, Disney+ Hotstar, dan lain-lain. 

Banyaknya pilihan merk yang tersedia mungkin membuat kamu bingung, mana yang terbaik untuk dipilih. Hal itu tidak akan terjadi kalau kamu mengetahui tips memilihnya, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Tips Memilih Smart TV

Membandingkan satu merk dengan yang lain belum tentu akan menemukan jawaban atas pertanyaan kamu, manakah smart TV terbaik dan bagus. Sebab, ada banyak merk televisi dengan keunggulannya masing-masing. Pasalnya, setiap produsen pasti memiliki salah satu fitur yang mereka unggulkan.

Desain

Hal mudah yang paling gampang untuk dipertimbangkan adalah soal desain. Kamu mungkin sudah menata ruangan sedemikian rupa agar bisa menonjolkan suatu tema. Maka pemilihan furnitur di dalamnya pun harus disesuaikan, termasuk televisi. Saat ini ada banyak pilihan desain televisi baik itu dari segi bezel, maupun bentuknya.

Kualitas Layar 

Agar sesi menonton hiburan semakin menyenangkan, pilihan kualitas layar pun turut menjadi pertimbangan dalam memilih smart TV. Untuk TV LED punya kapasitas daya yang lebih rendah, namun gambar tetap tajam meski tak sebaik jenis QLED yang punya kecerahan warna lebih menonjol dan OLED yang punya hasil visual lebih nyata.

Ketersediaan Port Pendukung

Port pendukung di smart TV cukup penting, mengingat menjadi fitur penyempurna yang dapat mendukung konektivitas secara fleksibel. Misalnya saja port HDMI 2.1 untuk mendukung main game dari perangkat konsol dan sambungan untuk perangkat soundbar.

Rekomendasi Merk Smart TV yang Bagus dan Terbaik

Sudah tahu kan apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih smart TV terbaik. Agar tak makin bingung, Anteraja sudah menyiapkan daftar rekomendasi agar kamu tak perlu mencari informasi ke sana ke mari. Merk smart TV yang ada dalam di bawah ini sudah banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai yang terbaik.

1. Smart TV Samsung

Sumber: Shopee

Samsung sudah menjadi merk perlengkapan elektronik yang lengkap dan berkualitas, mulai dari AC, mesin cuci, smartphone, kulkas, hingga smart TV. Produsen asal Korea Selatan ini pun tergolong yang inovatif dalam hal desain. Deretan produk smart TV yang dimiliki Samsung pun cukup beragam seperti seri Full HD Smart TV T6500-UA43T6500, Crystal UHD 4K Smart TV UA50AU7000, hingga Neo QLED 4K Smart TV QA65QN85AAKXXD. Harga mulai dari Rp 3.000.000.

2. Smart TV Panasonic

Sumber: Shopee

Merk Smart TV terbaik lainnya adalah Panasonic. Brand asal Jepang ini punya lini Smart TV yang menawarkan hiburan menyenangkan lewat deretan televisi full HD. Kamu bisa pilih seri 40FS500G Digital TV Full HD hingga LED UHD 4K Smart TVTH-49GX400. Harga mulai Rp 3.000.000.

3. Smart TV Xiaomi

Sumber: Shopee

Merk yang terkenal karena harganya terjangkau ini punya lini smart TV terbaru yakni Mi TV 4. Televisi pintar tersebut sudah dibekali sistem operasi Android sehingga kamu bisa mengunduh banyak aplikasi dari Play Store. Meski demikian sudah ada beberapa aplikasi yang secara default terpasang seperti YouTube dan Netflix. Harga mulai Rp 3.300.000.

4. Smart TV LG

Sumber: Bhinneka

LG terkenal dengan lini smart TV yang menggunakan layar OLED di kasta tertingginya. Meski demikian untuk produk-produk entry level, LG juga masih menyediakan televisi berbasis LED. Untuk pilihan smart TV LG kamu bisa memilih seri 32L Dynamic Color Enhancer, LG Smart TV 50UK6300 50″, LG 43UP8000 LED. Harga mulai Rp 3.095.000.

5. Smart TV Phillips

Sumber: Blibli

Meski terkenal soal peralatan dapurnya, Phillips tentunya reputasi yang baik soal kualitas. Termasuk pada lini Smart TV yang dimilikinya. Produsen asal Belanda ini punya lini smart TV Phillips 32″ 32PHT5385S, Phillips PUT6023S, atau Smart TV 43″ PFT 5853. Harga mulai dari Rp 2.800.000.

6. Smart TV Polytron

Sumber: Blibli

Merk lokal asal Jawa Tengah ini juga tak kalah baiknya soal kualitas. Polytron juga bahkan memiliki lini selain smart TV seperti kulkas, mesin cuci, rice cooker, hingga AC. Untuk smart TV Polytron terkenal dengan bundling soundbar. Pilihannya adalah LED TV 50″ PLD 50V8753, 4K UHD LED TV 55 inch PLD 55US8850, Smart Cinemax Soundbar 4K UHD LED TV 55 inch PLD 55BUA8859. Harga mulai Rp 4.000.000.

7. Smart TV Coocaa

Sumber: Tokopedia

Coocaa memang merupakan pemain baru di ranah Smart TV Indonesia. Namun merk ini cepat mendapat tempat di hati di masyarakat Indonesia. Ini tak lepas dari harganya yang cenderung miring. Smart TV Coocaa tergolong murah jika dilihat dari spesifikasi yang dibawanya. Salah satu Smart TV Coocaa yang bisa kamu pilih adalah Smart TV Digital Coocaa 32S3U. Harga mulai Rp 1.9.05.000.

8. Smart TV Toshiba

Sumber: Shopee

Pilihan selanjutnya jatuh pada Toshiba, merk elektronik asal Jepang. Ada beberapa tipe Smart TV dari Toshiba yang bisa kamu pilih di antaranya HD Smart TV 32E31KP, Smart Android TV 32L 5995, atau Smart TV Android 43V35KP. Harga mulai dari Rp 2.850.000.

9. Smart TV Sharp

Sumber: Shopee

Sharp menyediakan banyak pilihan Smart TV. Harganya pun beragam. Televisi merk Sharp terkenal dengan kualitasnya yang bandel dan awet. Maka memiliki televisi ini pun jadi pilihan tepat buat kamu. Beberapa tipe nya adalah Full HD Easy Smart TV 2T-C50AE1, Sharp 2T-CB50BG Full HD Android TV, Sharp LC-32SA5400i. Harga mulai dari Rp 3.387.000.

10. Smart TV Sony

Sumber: Blibli

Sony sudah jarang terdengar lagi mengeluarkan produk elektronik terbarunya. Meski begitu, merk asal Jepang ini masih memiliki lini Smart TV seperti Smart TV 50W660G, Bravia KD-43X75, Sony 50X80J, dan lainnya. Harganya mulai dari Rp 6.699.000. 

11. Smart TV Changhong

Sumber: Shopee

Merk asal China yang terkenal dengan AC-nya ini juga bermain di pasar Smart TV. Ada banyak pilihan televisi pintar yang dimiliki Changhong mulai dari Android TV LED L32H4, Smart TV Digital TV FHD LED TV-L43H4, Smart LED TV-L32H4, hingga Smart LED TV U65H7A. Harga mulai dari Rp 2.249.000.

12. Smart TV TCL

Sumber: Bukalapak

Terakhir ada merk TCL yang juga berasal dari China. Merk ini kini sedang naik daun karena menawarkan harga yang murah namun dengan spesifikasi yang tergolong baik. Rata-rata lini smart TV dari TCL sudah dilengkapi OS Android seperti Smart TV 40A3, Smart TV 55A20, hingga Smart TV 50A20.

Itulah rekomendasi beberapa merk smart TV terbaik yang ada di pasaran. Selain di toko offline, kamu juga bisa mendapatkannya di e-commerce kesayangan. Untuk pengiriman barang elektronik seperti smart TV sebaiknya gunakan tambahan bubble wrap dan sertai dengan garansi.

Baca Juga: 12 Merk Hard Disk Eksternal yang Bagus, Tercepat & Terbaik

Soal pengiriman, jangan ragu gunakan Anteraja. Barang yang kamu kirim dijamin aman dan cepat sampai. Anteraja sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Kamu bisa pilih pengiriman Same Day, Next Day, atau Reguler.