11 Stabilizer Kamera yang Bagus dan Terbaik untuk DSLR

Stabilizer kamera terbaik

Menjadi YouTuber atau konten kreator membutuhkan perlengkapan yang tidak sedikit. Membuat video memang bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone. Namun jika berbicara soal kualitas, hal itu tidak akan cukup. Sebab, sebuah video yang baik mesti didukung oleh suara yang jernih, gambar yang stabil, jelas dan detail.

Oleh karena itu, kalau kamu ingin serius terjun menjadi vlogger atau konten kreator sebaiknya mempersiapkan perlengkapan syuting dengan baik. Salah satu perlengkapan tersebut adalah stabilizer kamera DSLR. Stabilizer atau disebut juga penstabil digunakan untuk menghindari guncangan atau getaran saat merekam, sehingga gambar terlihat lebih statis dan tidak goyang.

Tips Memilih Stabilizer Kamera untuk DSLR

Memilih stabilizer kamera DSLR memerlukan pengetahuan tertentu. Kalau kamu asal-asalan memilih, bisa jadi fungsinya tidak akan sesuai dengan keperluan atau kebutuhan syuting. Dengan mencermati setiap stabilizer, maka kamu akan mengerti apa saja fitur dan fungsinya. Untuk memandu kamu dalam memilih stabilizer kamera DSLR, simak penjelasan berikut.

1. Tentukan Jenisnya

Untuk mekanis  tipe kamu harus bisa menyeimbangkan posisi kamera secara manual. Keunggulan tipe ini bisa menopang kamera yang berat dan sudut pengambilan gambar lebih rendah. Sementara tipe elektrik cocok untuk pengguna pemula karena lebih mudah digunakan. Stabilizer ini sudah dilengkapi motor atau axis yang dapat membantu menstabilkan posisi kamera secara otomatis.

2. Handling

Ada beberapa pilihan posisi dalam memegang stabilizer. Stabilizer handheld digunakan memakai satu tangan. Ada juga stabilizer body-mount yang dipegang menggunakan kedua tangan dan umumnya tipe mekanik. Sedangkan stabilizer lainnya tidak hanya dipegang tangan, namun juga disandarkan di bahu atau disebut shoulder mount rig.

3. Bobot dan Ukuran

Bobot dan ukuran penting diperhatikan ketika memilih stabilizer. Karena stabilizer yang terlalu besar dan berat seringkali malah membuat repot ketik syuting. Apalagi kamu mesti berpindah-pindah tempat. Untungnya, saat ini sudah banyak tersedia stabilizer kamera DSLR dengan bobot di bawah 1 kg.

Rekomendasi Stabilizer Kamera DSLR Terbaik

Sudah tahu kan bagaimana memilih stabilizer kamera yang cocok buat kamu. Sekarang Anteraja akan memberi tahu merk stabilizer kamera DSLR terbaik yang bisa kamu pilih. Sebenarnya ada banyak pilihan yang dapat kamu ketahui, namun terlalu banyak pilihan justru akan membuat kamu bingung. Maka dari itu Anteraja sudah merangkumnya buat kamu.

1. TaffStudio Stabilizer Steadycam Pro

Sumber: Shopee

Stabilizer ini punya harga yang terjangkau. Menariknya produk ini memiliki dua mount kamera. Satu untuk kamera DSLR, sementara satu lagi bisa digunakan untuk action cam. TaffStudio Stabilizer Steadycam Pro merupakan tipe stabilizer mekanik sehingga kamu perlu menyeimbangkan posisi kamera dengan manual. Harga stabilizer ini dibanderol mulai dari Rp 315.000.

2. Gudsen Moza Air 2

Sumber: Gudsen

Gudsen Moza Air 2 memiliki bodi yang kokoh dan bisa digunakan juga untuk kamera mirrorless. Meski begitu, kamu perlu sedikit tenaga untuk menggunakan produk ini karena bobotnya mencapai 1,6 kg. Jenis stabilizer ini adalah elektrik dengan daya baterai yang dapat digunakan hingga 16 jam. Harganya mulai dari Rp 7 jutaan.

3. Zhiyun CRANE M2

Sumber: Taskamera

Kelebihan dari stabilizer ini memiliki fitur Quick Release Camera Mounting System untuk mengunci dan melepas kamera dengan menekan satu tombol. Fitur unggulan lainnya adalah Scale and Memory Lock untuk menyeimbangkan kamera dan mengunci posisi stabilizer. Dengan dua fitur tersebut kamu tidak perlu khawatir kehilangan momen penting dalam waktu singkat. Harga mulai dari Rp 2.790.000.

4. DJI Ronin-SC

Sumber: Tokopedia

Stabilizer ini memiliki three-axis single-handle gimbal yang lebih kecil dan lebih stabil. DJI Ronin-SC lebih direkomendasikan untuk kamera mirrorless kecil dengan berat di bawah 2 kg. Soal fitur, stabilizer ini dilengkapi fitur stabilisasi, pan, tilt, dan kontrol roll, serta continuous panning 360° yang menghasilkan bidikan gerak 3D/360° yang baik. Harga mulai Rp 4.890.000.

5. FeiyuTech G6 Max

Sumber: Shopee

Meski berjenis elektrik, stabilizer ini sudah dilengkapi dengan fitur splash-proof. Kamu bisa merekam sambil basah-basahan di air terjun, pantai, atau saat kondisi hujan. Kamera yang kamu gunakan pun sebaiknya memiliki fitur serupa. Karena tergolong tangguh, stabilizer ini cocok dibawa ke mana saja. Harga mulai dari Rp 3.549.000.

6. Feiyu Tech MG Lite

Sumber: Tokopedia

Stabilizer ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dibawa ke mana pun. Beberapa fitur yang tersedia pada produk ini antara lain motor brushless, toll-less weight balancing, optimised joystick control, dan optimised camera mount. Stabilizer ini lebih direkomendasikan untuk kamera mirrorless. Harga mulai dari Rp 6 jutaan.

7. Glidecam Stabilizer

Sumber: Plaza Kamera

Stabilizer ini merupakan handheld camcorder stabilizing system. Stabilizer ini akan memberikan stabilitas pada kamera ketika ada gerakan untuk pengambilan gambar yang dinamis dan subjektif. Produk ini juga menawarkan adjustments dan gimbal yang ditingkatkan. Harga mulai dari Rp 5.750.000.

8. DJI RSC2

Sumber: Shopee

Merk stabilizer kamera DSLR terbaik ini dapat diandalkan untuk mengambil gambar dengan angle yang rumit sekalipun. Kamu bisa menambahkan handle portable dapat menyesuaikan dengan jenis shot yang ingin direkam. Jenis stabilizer elektrik ini sudah dilengkapi 3-Axis terdiri dari 360° pan, 360° tilt, dan 360° roll. Harga mulai Rp 6.599.000.

9. Yelangu Rig Stabilizer

Sumber: Shopee

Yelangu Rig Stabilizer sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar dengan angle rendah. Stabilizer ini didesain khusus agar kamu bisa merekam secara low angle dengan mudah. Cocok untuk merekam langkah kaki, rerumputan, atau ombak. Kamu hanya perlu menggunakan satu tangan untuk mengoperasikannya. Harga mulai Rp 504.900.

10. SmallRig Advanced Universal Shoulder Pad Kit

Sumber: SmallRig

Untuk kamu yang lebih sering bergerak dan berjalan, sebaiknya menggunakan tipe handling shoulder mount rig. Dengan stabilizer ini pergerakan kamu jadi lebih leluasa karena bobot kamera ditopang juga oleh bahu. Meski demikian, bobot stabilizer ini tidak terlalu berat sehingga masih nyaman digunakan. Harga mulai Rp 4.650.000.

11. EVO Gimbals EVO RAGE GEN2

Sumber: Tokopedia

Stabilizer dari EVO ini terkenal punya daya tahan baterai yang awet. Kamu bisa menggunakan produk ini hingga 18 jam! Fiturnya mencakup 3-Axis (360° pan, 360° tilt, 360° roll) yang bisa menjaga kestabilan gambar saat merekam. Selain itu produk ini juga dilengkapi box penyimpanan yang kokoh sehingga terjamin keamanan dan keawetannya. harga mulai dari Rp 3.450.000.

Nah, itulah daftar rekomendasi stabilizer kamera DSLR terbaik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mendapatkannya di toko offline maupun online melalui e-commerce kesayanganmu. Jangan lupa pilih pengiriman menggunakan Anteraja yang bisa mengirimkan stabilizer pilihanmu sampai ke rumah. Anteraja sudah tersedia di berbagai daerah dan punya banyak pilihan pengiriman mulai dari Same Day, Next Day, hingga Reguler.