12 Rekomendasi Stop Kontak Yang Bagus, Terbaik dan Aman

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Tanpa disadari, stop kontak adalah suatu benda yang sangat penting di kehidupan kita sekarang ini. Dengan segala sesuatunya kini dilakukan secara digital, kebutuhan kita terhadap sumber daya listrik semakin meningkat. 

Bayangkan jika di rumah tidak ada stop kontak, apa yang akan kamu lakukan ketika daya smartphone atau laptop habis? Setiap pergi ke coffee shop atau restoran untuk sekadar duduk atau mengerjakan tugas, hal pertama yang dicari adalah stop kontak. Kebayang kan sepenting apa stop kontak itu.

Namun, kita harus tetap berhati-hati karena stop kontak memiliki aliran listrik yang tinggi. Untuk itu, kita harus cerdik dalam memilih stop kontak yang bagus, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Baca artikel di bawah ini untuk tahu cara memilih stop kontak yang bagus.

Tips Memilih Stop Kontak

– Ketahui Tipe Stop Kontak

Kamu pasti sering melihat adapter charger smartphone di negara lain biasanya berbeda dengan yang kamu punya di Indonesia. Ini karena tipe stop kontak di setiap negara biasanya berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, stop kontak yang digunakan adalah colokan tipe C.

Jenis colokan ini memiliki dua kaki koneksi silindris yang dikenal sebagai Europlug. Stop kontak terdiri dari dua pin berdiameter 4 mm, sedangkan pada pusatnya berukuran 19 mm dengan jarak antar pin di dasar terpisah sejauh 18,6 mm dan ujungnya 17,5 mm.

Namun jangan khawatir, kamu juga bisa menemui dan membeli tipe kontak lainnya. Yang terpenting, sesuaikan dengan kebutuhan barang elektronik yang kamu miliki.

– Cek Jumlah dan Jarak Stop Kontak

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, pilihlah stop kontak dengan lubang sesuai kebutuhan kamu. Jangan beli stop kontak dengan banyak lubang jika tidak terlalu diperlukan. Sebab, ini akan menjadi sarang bagi kotoran atau debu. Alhasil, lubang stop kontak malah rusak atau bahkan terjadi korsleting.

Selain itu, pastikan juga jarak stop kontak tidak terlalu mepet atau berdekatan. Jika kamu ingin memasang adaptor peralatan elektronik yang besar, seperti AC maka pastikan membeli stop kontak dengan jarang yang lebih lebar dan tidak dihimpit dengan colokan lainnya.

– Pastikan Mendukung USB

Stop kontak dengan dukungan USB pastinya akan sangat membantu. Sebab, pengguna bisa langsung mengisi daya baterai di saluran tersebut, berbekal kabel USB dan tanpa harus menggunakan adaptor. Namun perlu diketahui, harga stop kontak dengan USB cenderung tinggi. Jadi, kamu perlu menyiapkan kocek lebih.

Sudah tahu cara memilih stop kontak yang bagus dan benar? Berikut kami berikan rekomendasi merk stop kontak yang bagus, ya!

Rekomendasi Stop Kontak yang Bagus dan Aman

1. Broco

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Broco sejak lama dikenal sebagai merk stop kontak atau saklar yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Meskipun cenderung mahal daripada merk lainnya, tapi stop kontak ini akan awet dan tahan lama. Variasi warnanya pun beragam, dapat menyesuaikan desain ruangan di rumah kamu.

2. Yunior

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Stop kontak satu ini berupa terminal listrik yang sudah memperoleh standarisasi dari ISO (International Organization for Standardization). Terdapat 4 stop kontak untuk steker 2 kaki, dan hadir dengan warna pastel yang manis.

3. LOYAL Kabel Roll Original

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Ingin kamar terlihat lebih rapi? Gunakan stop kontak dengan kabel roll sehingga kabel yang tersisa bisa dimasukkan ke dalam stop kontak. Untuk penggunaan di luar ruangan, stop kontak ini juga akan sangat berguna karena memiliki kabel yang panjang.

4. PANASONIC SMART PLUG KX HNA101

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Mengusung teknologi smart plug, stop kontak ini dapat dihubungkan dengan smartphone Android dan iOS untuk mengontrol secara jarak jauh. Jadi, pengguna dapat menghidupkan dan mematikan stop kontak melalui smartphone.

5. Kingstar

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Berbeda dengan stop kontak pada umumnya, Kingstar memiliki timer yang dapat mengontrol perangkat elektronik seperti smartphone, mesin cuci, dan lainnya. Lebih canggih lagi, pengguna dapat mengatur waktu kapan stop kontak akan beroperasi dan mematikan listriknya. Dengan demikian, dapat menghemat daya yang harus dikeluarkan.

6. ECLE Stop Kontak

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Desainnya yang mini dan ringan sangat cocok dibawa untuk bepergian. Ukurannya juga tidak akan memakan tempat di tas kamu. Produk ini menggunakan bahan PC dan ABS sehingga aman dari kebakaran akibat panas berlebih.

7. Brennenstuhl Eco-Line 13.500A with Surge Protection

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Ingin yang lebih aman lagi? Produk satu ini dilengkapi surge protection dengan maksimum lonjakan arus dan antipetis hingga 13.500 ampere. Lubang stop kontak juga terletak di dalam ceruk, jadi anak kecil yang yang sedang penasaran-penasarannya tidak akan bisa memasukkan jarinya ke lubang stop kontak.

8. Stop kontak Vertikal 4 Susun

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Kalau stop kontak ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka ngumpul bersama teman atau saudara. Sebab, Stopkontak Vertikal 4 Susun memiliki total 15 stop kontak dan 2 port USB. Jadi, dipastikan kamu dan lainnya tidak akan berebutan stop kontak.

9. TIME CONTROLLER KAISER

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Merk asal Jerman ini menjual stop kontak yang dilengkapi dengan pengatur waktu. Stop kontak dapat mematikan arus listrik dari stop kontak ke perangkat berdasarkan waktu yang sudah diatur sebelumnya. Dengan begitu, tidak akan merusak smartphone atau barang elektronik lainnya, khususnya yang sedang diisi daya.

10. Allocacoc PowerCube

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Rumah yang berantakan biasanya sering terjadi karena kabel yang terlilit dan tidak enak dipandang. Tapi dengan stop kontak ini, kamu tidak akan lagi melihat kamar yang berantakan. Sebab, ini dirancang agar kabel tidak terlilit. Ada juga 2 port USB di mana pengguna dapat mengisi daya smartphone langsung.

11. BARDI Smart Extension Power Strips

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Sama halnya dengan PANASONIC, BARDI juga memiliki stop kotak dalam terminal listrik yang bisa dikontrol melalui smartphone. Produk ini juga memiliki fitur timer untuk tiap stop kontak. 

12. SCHNEIDER ELECTRIC VIVACE UNIVERSAL

Stop Kontak Yang Bagus Dan Aman

Jika kamu membutuhkan satu stop kontak yang dapat mendukung tipe colokan apapun, SCHNEIDER adalah jawabannya. Sebab, stop kontak ini mampu menghubungkan berbagai perangkat elektronik dengan berbagai plug hanya melalui satu colokan saja.

Nah, itu dia rekomendasi merk stop kontak yang bagus yang bisa kamu jadikan pilihan untuk di rumah atau keperluan luar ruangan.  Untuk pembelian melalui daring,kamu  bisa gunakan layanan AnterAja! agar produk sampai dengan cepat dengan biaya terjangkau.