Strategi Mengirim Barang Pesanan Tepat Waktu

crate anteraja

Sebagai online seller atau pemilik online shop, tentu kamu ingin bisnis online yang dijalankan bisa berkembang dan sukses. Kuncinya tentu adalah memberikan yang terbaik kepada konsumen. Bukan hanya terkait kualitas produk, tapi juga layanan, termasuk salah satunya adalah pengiriman barang. Pelanggan harus merasa puas saat menerima barang. Jadi, selain menjaga kondisi barang yang dibeli pelanggan, pastikan juga kamu tidak terlambat dalam mengirim barang.

Mungkin memang ada beberapa faktor eksternal yang di luar kuasa kamu, bisa membuat barang pesanan datang terlambat ke tangan pelanggan. Kabar baiknya, tetap ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir keterlambatan pengiriman barang. Yuk, cari tahu di bawah ini, Hepizen!

Memilih jasa pengiriman barang yang berkualitas

Bayangkan kamu sudah menyiapkan barang pesanan sejak beberapa hari sebelum jadwal pengiriman barang, kamu juga mengirimkannya ke jasa ekspedisi sebelum jadwal pengiriman. Namun, ternyata justru pihak jasa pengiriman tersebut yang terlambat dalam mengirim barang. Tentunya ini bukan salah kamu, tetapi pasti pelanggan tidak mau tahu. Itulah kenapa kamu wajib memilih penyedia jasa pengiriman barang yang tepercaya dan memiliki reputasi bagus.

Tenang saja, kamu tidak akan mengalami hal tersebut apabila menggunakan jasa pengiriman barang Anteraja. Dalam setiap prosesnya, Anteraja selalu menerapkan nilai-nilai SATRIA, yang merupakan singkatan dari sigap, aman, tepercaya, ramah, integritas, dan amanah. Jadi, bisa dipastikan kalau barang pesanan pelanggan kamu akan sampai tepat waktu. Apalagi Anteraja juga menyediakan layanan Next Day yang bisa mengirimkan barang dalam kurun waktu satu hari saja.

Catat jadwal pick-up dan selalu siap sebelumnya

Sebagai langkah berjaga-jaga, ada baiknya jika kamu mencatat jadwal pick-up yang dilakukan oleh jasa pengiriman barang seperti Anteraja. Dengan begitu, kamu bisa melakukan persiapan sebelumnya. Jadi, ketika pihak Anteraja datang ke tempat kamu, barang yang akan kamu kirim pun sudah siap. Hal ini tentu sangat membantu untuk mengirim barang secara tepat waktu. Berikut jadwal pengiriman Anteraja:

Request Pick-upJadwal Pick-up
18.00 – 09.5910.00 – 12.00
10.00 – 11.5912.00 – 14.00
12.00 – 13.5914.00 – 16.00
14.00 – 15.5916.00 – 18.00
16.00 – 17.5918.00 – 20.00

Catat baik-baik jadwal pick-up tersebut ya, Hepizen. Anteraja selalu mengambil paket atau barang kamu sesuai jadwal tersebut. Artinya, dalam waktu dua jam saja, barang kamu sudah berada di tangan Anteraja dan siap untuk dikirim ke penerima!

Cek syarat dan ketentuan yang diberlakukan pihak jasa pengiriman

Setiap penyedia jasa pengiriman tentu memiliki syarat dan ketentuan terkait prosedur atau barang kiriman. Tidak terkecuali Anteraja, Hepizen. Baca dulu seluruh syarat dan ketentuannya di https://anteraja.id/terms-and-conditions untuk memastikan bahwa paket yang akan dikirim tidak melanggar aturan tersebut. Pasalnya, apabila paket tersebut tidak memenuhi ketentuan, bukan tidak mungkin jasa pengiriman akan mengembalikannya kepada kamu. Akibatnya, pengiriman barang pun jadi telat.

Misalnya, di Anteraja, ada sejumlah kategori paket yang dilarang. Contohnya barang seni, perhiasan, barang entik, logam mulia, hingga produk elektronik yang beratnya mencapai 50 kg. Komoditi yang bernilai tinggi seperti sutra dan bulu binatang juga tidak diperkenankan dalam pengiriman paket Anteraja.

Tulis alamat dengan tepat dan jelas

Kamu sudah mengirim barang tepat waktu, begitu juga dengan pihak ekspedisi yang sudah mengirim sesuai jadwal. Namun, kenapa pelanggan tidak menerima barang kirimanmu dengan tepat waktu. Bisa jadi ini karena ada ketidaksesuaian pada penulisan alamat atau identitas penerima. Mungkin memang terkesan sepele, tapi dampaknya cukup besar terhadap ketepatan waktu pengiriman barang.

menulis alamat dengan jelas dapat membuat pengiriman barang cepat sampai

Oleh sebab itu, sebelum mengirimkan barang, pastikan bahwa pelanggan sudah memberikan identitas dan alamat pengiriman yang benar. Saat menulisnya pada paket pun kamu juga harus melakukan pengecekan ulang. Terkadang beda satu huruf atau angka saja bisa membuat pihak pengiriman barang kesulitan menemukan alamat yang dimaksud. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada ketepatan waktu pengiriman barang. Jangan sampai pelanggan kamu merasa kecewa, Hepizen!

Selalu beri update kepada pelanggan

Pelanggan menginginkan kepastian dalam pengiriman barang pesanannya. Oleh sebab itu, begitu kamu mendapatkan resi dari pihak pengiriman barang, segera informasikan kepada pelanggan kamu. Selanjutnya, pelangganmu bisa menggunakan nomor resi ini untuk mengetahui status pengiriman paketnya di anteraja.id/tracking. Kalau kamu butuh informasi status pengiriman, kamu juga bisa menggunakan fasilitas tracking di link tersebut. Jika seandainya terjadi masalah dalam pengiriman, kamu dapat membantu pelangganmu untuk melaporkan masalah tersebut ke customer service Anteraja yang siap membantu. Dengan begitu, kamu bisa selalu membuat pelanggan tokomu terupdate dan hepi! 

Kepuasan pelanggan tidak hanya bergantung pada kualitas produk, tapi juga ketepatan waktu layanan pengiriman barang kamu. Pastikan kamu menerapkan beberapa tips di atas dan pilih layanan pengiriman Anteraja untuk mendapatkan jasa pengiriman barang yang tepercaya, aman, dan tentunya tepat waktu. Kunjungi anteraja.id untuk informasi lebih lanjut atau kamu dapat menghubungi sosial media di facebook, twitter dan instagram Anteraja untuk respon yang cepat dan memuaskan!