Sunscreen untuk kulit berjerawat
Update Aja

11 Sunscreen yang Bagus, Aman dan Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Untuk kamu yang sering berkegiatan di luar ruangan, melindungi wajah dari paparan sinar matahari jadi hal yang sebaiknya rutin dilakukan. Paparan sinar matahari atau UV dapat membuat kulit menjadi gelap, keriput, dan kendur. Ini karena sinar matahari dapat merusak serat kolagen dan elastin pada kulit wajah.

Kamu yang punya masalah jerawat pun dianjurkan menggunakan sunscreen. Bekas jerawat yang terkena paparan sinar matahari akan menghitam dan jadi noda di wajah yang membandel. Untuk kamu yang menginginkan wajah tampak segar, cerah, dan bersih, jangan lupa gunakan sunscreen setiap bepergian ke luar rumah.

Tips Memilih Sunscreen Terbaik dan Aman

Saat ini ada banyak merk sunscreen yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Namun untuk hasil terbaik, kamu juga perlu menyesuaikan dengan kondisi kulit wajah yang berjerawat. Sebab, setiap kondisi kulit memerlukan perawatan yang berbeda. Untuk mengetahui bagaimana memilih sunscreen terbaik dan aman untuk kulit berjerawat, berikut ini tipsnya:

1. Pilih Sunscreen dengan Tingkat SPF 30

Untuk perlindungan yang terbaik, kamu sebaiknya pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. SPF (sun protection factor) adalah satuan yang menggambarkan kekuatan suatu produk untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sunscreen yang mengandung SPF 30 diketahui dapat melindungi kulit sekitar 97% dari sinar UVB.

Meski begitu tidak ada sunscreen yang 100% dapat mencegah paparan sinar UVB. Di samping itu, terlalu banyak jumlah SPF-nya, justru akan berisiko memperburuk jerawat karena sifat komedogeniknya yang besar. Agar hasil maksimal, kamu disarankan menggunakan sunscreen SPF 30 30 menit sebelum terpapar matahari dan reaplikasi setiap 2 jam.

2. Pilih Produk Oil-Free dan Non-Comedogenic

Kulit yang berjerawat disebabkan oleh penumpukan sebum. Untuk menghindari hal itu kamu sebaiknya pilih produk sunscreen dengan keterangan Oil-Free. Selain mencegah timbulnya jerawat baru, sunscreen ini tidak menyebabkan kulit jadi licin dan mengkilap akibat minyak. Sementara sunscreen dengan keterangan Non-Comedogenic mencegah tersumbatnya pori-pori. 

Produk sunscreen dengan Non-Comedogenic biasanya berwarna lebih transparan, tidak atau sedikit meninggalkan residu putih di kulit, serta konsentrasinya cair (spray, lotion, atau gel).

3. Punya Perlindungan dari UVA dan UVB

Selain tingkat SPF, kamu juga perlu memperhatikan perlindungan terhadap UVA dan UVB. UVA merupakan jenis UV yang memiliki panjang gelombang lebih panjang daripada UVB, sehingga paparan terhadap UVA dikatakan lebih berisiko menyebabkan kanker kulit.

UVB lebih sering menjadi penyebab sunburn, flek hitam, dan keriput. Namun, paparan UVB dalam jangka panjang juga dapat mencetuskan kanker kulit. Kamu pun disarankan untuk memilih produk sunscreen dengan label ‘broad spectrum’ agar kulit dapat menekan efek samping paparan sinar UVA dan UVB.

Rekomendasi Sunscreen yang Aman untuk Kulit Berjerawat

Tak perlu bingung mencari rekomendasi sunscreen terbaik. Anteraja sudah merangkumnya buat kamu di artikel ini. Pilihan sunscreen yang bagus dan aman untuk kulit berjerawat kamu bisa pilih dari merk Wardah, Erha, Avoskin, Acnes, Biore, hingga Bioderma. Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

1. Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence dengan SPF 50 PA++

Sumber: Shopee

Wardah menawarkan sunscreen UV Shield Aqua Fresh Essence dengan SPF 50 PA++ dengan perlindungan yang maksimal. Kulit wajah kamu bisa terlindungi dari paparan UVA, UVB, hingga radiasi layar gadget (blue light) berlebih. Sunscreen ini juga punya formula Aquafused agar kulit terhidrasi. Harga mulai Rp 55.000.

2. Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33

Sumber: Shopee

Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33 diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Sunscreen ini mengandung tabir surya, aloe leaf extract serta vitamin E yang juga berfungsi untuk melindungi serta memberi kelembaban pada kulit. Harga mulai dari Rp 55.000.

3. Erha 21 Acne Care Lab Sun Friendly

Sumber: Shopee

Untuk wajah yang berminyak dan berjerawat. Formula sebum regulator pada produk ini bisa diandalkan untuk mengontrol dan menyerap produksi minyak berlebih. Kandungan bahannya juga dapat bekerja sebagai anti-bakteri. Dengan menggunakan sunscreen ini, kamu pun bisa terhindar dari komedo maupun jerawat. Harga mulai dari Rp 60.000.

4. Acnes UV Tint SPF 35 PA++

Sumber: Shopee

Acnes UV Tint SPF 35 PA++ menawarkan perlindungan komplit dan mampu mengatasi jerawat. Sunscreen ini mengandung anti-bakteri yang melawan penyebab jerawat. Kandungan lainnya yakni vitamin E dan B6 untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Tekstur sunscreen ini terasa milky yang cepat menyerap dan tidak lengket. Harga mulai Rp 31.700.

5. Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++

Sumber: Tokopedia

Tak hanya untuk kulit berjerawat, Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++ juga aman untuk kulit sensitif loh! Sunscreen ini dilengkapi bahan aktif yang menenangkan kulit dan meminimalkan efek buruk paparan polusi. Karena aman untuk kulit sensitif sunscreen ini hypoallergenic, bebas paraben, dan bebas pewangi. Harga mulai Rp 55.000.

6. Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk

Sumber: Tokopedia

Ini adalah sunscreen yang punya banyak manfaat. Selain melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari, produk ini juga bisa sebagai base makeup yang memiliki tekstur water-based yang ringan. Sunscreen ini memiliki kandungan hyaluronic acid, collagen, vitamin B5, dan vitamin E. Manfaatnya kulit wajah jadi lembab, ternutrisi, dan elastis. Harga mulai Rp 48.000. 

7. N’Pure Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++

Sumber: BigGo

Untuk kamu yang sedang hamil, tetap bisa menggunakan sunscreen dari N’Pure satu ini. Produk ini dibuat menggunakan bahan alami sehingga aman digunakan sekalipun untuk ibu menyusui dan kulit sensitif. Bahan Centella asiatica yang terkandung dalam produk ini membantu juga mampu mengatasi jerawat. Bahan lainnya berfungsi untuk melindungi, melembapkan, dan menenangkan kulit. Harga mulai Rp 149.000.

8. Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++

Sumber: Shopee

Menggunakan sunscreen kadang terasa kurang nyaman dan membuat wajah jadi berminyak. Solusinya kamu perlu perlindungan yang ringan seperti Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++. Selain itu sunscreen ini juga waterproof sehingga perlindugannya tahan lama. Teksturnya tidak lengket, mudah dibersihkan dan teruji non-comedogenic. Harga mulai dari Rp 144.000.

9. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

Sumber: Tokopedia

Sunscreen ini punya teknologi Cellular bioprotection dan Fluidactiv. Keduanya memberikan perlindungan yang maksimal terhadap sinar UVA/UVB. Teknologi tersebut juga dapat mengurangi tampilan bercak hitam akibat paparan matahari maupun bekas jerawat. Manfaat lainnya adalah mengontrol minyak, water-resistant, hingga mengurangi kemerahan. Teksturnya juga ringan dan tidak lengket. Harga Rp 255.200.

10. Envygreen Clear Daily Protection

Sumber: Allure

Agar kulit tidak terlihat berminyak dan whitecase, kamu bisa pilih produk Envygreen Clear Daily Protection. Sunscreen ini punya tekstur ringan, mudah dibaurkan, serta cepat meresap ke pori-pori kulit. Manfaat yang kamu dapatkan dari produk ini adalah kulit lebih cerah, noda bekas jerawat memudar, dan mengontrol produksi minyak yang jadi penyebab jerawat. Harga mulai Rp 47.000.

11. SKIN1004 Madagascar Centella Air-Fit Suncream Plus

Sumber: Tokopedia

Bahan produk ini berasal dari Madagascar yang dipetik, dikeringkan, dan dipurifikasi menjadi Centella asiatica dengan kandungan 20%. Selain itu terdapat pula Multiex BASAM** yang membuat kulit lembap berkat efek hidrasinya. Selain melembapkan, sunscreen ini mampu mengontrol minyak dan meredakan kemerahan di wajah. Teksturnya ringan, mudah meresap dan tidak lengket di kulit. Harga mulai Rp 97.000.

Itulah daftar rekomendasi sunscreen terbaik dan aman untuk kulit berjerawat. Jangan lupa gunakan perawatan kulit wajah tersebut secara teratur dan sesuai petunjuk penggunaan. Kamu bisa mendapatkan produk tersebut di toko offline maupun online melalui e-commerce kesayanganmu.

Sebelum check-out, jangan lupa pilih pengiriman menggunakan Anteraja, ya! Pengiriman paket kamu bisa diantar ke seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Kamu juga bisa pilih pengiriman mulai Same Day, Next Day, atau Reguler. Yuk, pakai Anteraja!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *