11 Merk Susu Kental Manis Terbaik, Enak Dan Favorit Orang

Susu Kental Manis Terbaik

Banyak orang salah kaprah mengira kental manis dapat menggantikan kandungan gizi yang ada dalam susu. Kental manis memang sering disebut susu, namun formula dan kandungannya berbeda dari susu yang berfungsi melengkapi kebutuhan gizi dan tidak bisa menjadi pengganti ASI.

Alasan utama susu kental manis tidak bisa menggantikan ASI karena kandungan proteinnya yang rendah. Produk ini sama-sama berasal dari susu sapi, namun kandungan airnya telah dihilangkan melalui proses evaporasi, sehingga kandungan protein dalam susu kental manis rendah. 

Susu yang sudah dievaporasi kemudian ditambahkan gula agar teksturnya makin kental. Hal ini membuat susu kental manis memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi. Bahkan, kandungan kalori dan gulanya bisa mencapai 97% dalam satu sachet susu kental manis, sementara kandungan protein hanya 3%.

Untuk itu, susu kental manis tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, melainkan lebih cocok sebagai pelengkap olahan makanan atau minuman dengan intensitas yang rendah. Hampir semua makanan atau minuman manis menggunakan susu kental manis sebagai pelengkap. Yang paling terpampang nyata adalah martabak manis, dimana biasanya jajaran kaleng susu kental manis dipajang di gerobak jualan. Selain itu, es serut, es buah, atau sejenisnya juga biasanya menggunakan susu kental manis sebagai topping.

Nah, berikut ini AnterAja berikan rekomendasi susu kental manis yang bagus dan terbaik untuk kamu!

Rekomendasi Susu Kental Manis Yang Bagus Dan Terbaik

1. Carnation

Susu Kental Manis Terbaik

Carnation sering dipadukan dengan kopi pahit atau teh. Tekstur dan aroma dari susu kental manis ini sangat pas apabila dicampurkan dengan olahan minuman panas. Meski demikian, mencampurkannya ke dalam minuman dingin juga tetap enak.

2. Frisian Flag

Frisian Flag dikenal sebagai produsen susu besar asal Belanda yang sudah melalang buana puluhan tahun. Merk ini juga memproduksi susu kental manis yang tersedia dalam 3 varian, yaitu Original, Full Cream Gold, dan Coklat. Produk kental manis ini diklaim memiliki kandungan mineral dan vitamin yang cukup, walaupun tidak semurni susu sapi.

Susu Kental Manis Terbaik

3. Indofood Kremer

Susu Kental Manis Terbaik

Kental manis dari Indofood Kremer juga sering digunakan sebagai pelengkap makanan manis seperti martabak. Teksturnya yang kental dan manisnya yang pas membuat produk ini cukup populer di kalangan sajian makanan atau minuman manis.

4. Dairy Champ

Susu Kental Manis Terbaik

Dairy Champ memiliki rasa manis yang sangat pekat, sehingga kamu harus hati-hati ketika menuangkan susu kental manis ini ke makanan atau minuman kamu. Tidak perlu banyak-banyak, dengan menuangkan sedikit saja rasa manisnya sudah dapat terasa. Produk ini tersedia dalam kemasan kaleng berukuran 500 gram.

5. Indomilk

Susu Kental Manis Terbaik

Indomilk menawarkan susu kental manis dengan kemasan praktis yakni berupa pouch dengan corong yang dapat dibuka tutup. Dengan ukuran 545 gram, produk ini pas untuk sekeluarga. Rasa manis yang diberikan juga tidak berlebihan, serta mengandung vitamin serta mineral. 

6. Omela

Susu Kental Manis Terbaik

Bagi kamu yang tidak terlalu suka manis, Omela mungkin adalah pilihan yang tepat. Rasa manis dari produk ini tidak terlalu pekat dan memiliki aroma guris, sehingga sangat pas untuk pelengkap makanan. Omela merupakan susu kental manis produksi Frisian Flag yang tersedia dalam kemasan kaleng berukuran 370 gram. 

7. Cap Enak 

Susu Kental Manis Terbaik

Cap Enak merupakan kental manis produksi Indofood yang cocok untuk santapan makanan. Misalnya, kamu bisa menggunakan kental manis ini sebagai topping roti tawar atau donat kentang sebagai sarapan kamu hari ini. Produk juga memiliki kemasan sachet berukuran 37 gram, loh.

8. F & N

Susu Kental Manis Terbaik

F & N merupakan merek yang cukup dikenal untuk produk minuman bersodanya. Namun rupanya, mereka juga memproduksi susu kental manis yang terbuat dari susu sapi murni dengan mengurangi 60% dari kandungan airnya agar produk menjadi kental. Gula yang ditambahkan dalam susu kental manis ini diperuntukkan sebagai pengawet alami sehingga F & N dapat bertahan lebih lama. 

9. Nestle Cap Nona

Susu Kental Manis Terbaik

Produk susu kental manis Nestle yang paling dikenal adalah Cap Nona. Kental manis ini cukup lawas di Indonesia dan memiliki rasa manis yang khas. Paling cocok dan nikmat, produk ini menemani pagi kamu dengan seduhan kopi instan. Sama seperti kemasan lainnya, Cap Nona menggunakan kemasan kaleng berukuran 370 gram.

10. Morinaga

Susu Kental Manis Terbaik

Selain merupakan susu bubuk anak, Morinaga juga memiliki produk kental manis yang dikemas cukup efisien dan simpel. Produk asal Jepang ini sangat cocok menjadi topping roti untuk sarapan atau sekadar ngemil manisan. Produk tersedia dalam kemasan tube yang membuatnya mudah dibawa kemana-mana.

11. Indofood Tiga Sapi

Susu Kental Manis Terbaik

Rekomendasi terakhir adalah Indofood Tiga Sapi yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kental manis dari Indofood bisa dijadikan sebagai krimer untuk kopi. Untuk sajian makanan, Indofood Tiga Sapi juga tidak kalah lezatnya.

Nah itu dia rekomendasi susu kental manis terbaik untuk si kecil. Ingat, susu kental manis tidak bisa kamu jadikan sebagai pengganti kebutuhan kalsium kamu ya, juga jangan terlalu sering mengonsumsinya. Untuk pembelian secara online, kamu bisa gunakan layanan AnterAja. Ada opsi pengiriman Same Day dengan pengiriman maksimal 8 jam, loh. Tenang saja, kamu cuma perlu merogoh kocek mulai dari 13.500 rupiah saja untuk menikmati layanan pengiriman ini.