tanaman hias merambat solusi alternatif hijaukan rumah
Update Aja

Buat Rumah Lebih Asri Dengan Tanaman Hias Merambat

Salah satu alternatif yang bisa dipilih untuk membuat kondisi rumah menjadi lebih cantik dan asri adalah dengan menambahkan berbagai jenis tanaman rambat di halaman, dinding, atau pagar rumah. Dengan memberikan berbagai tanaman hias ini, maka penampilan dan suasana rumah akan bertambah cantik dan juga asri. Berikut ini merupakan rekomendasi jenis tanaman hias merambat terbaik untuk keperluan menambah estetika rumah.

5 Tanaman Hias Merambat untuk Rumah

Sebenarnya, tidak sulit untuk menentukan jenis tanaman apa yang bisa digunakan untuk menghiasi sekeliling rumah. Pasalnya, terdapat berbagai jenis tanaman yang cocok ditanam untuk tujuan menghias rumah. Tidak hanya diletakkan dalam pot, berbagai tanaman ini juga bisa diletakkan di berbagai sudut rumah seperti pekarangan, halaman, pagar rumah, dinding, dan kanopi untuk membuat suasana rumah menjadi lebih asri dan sejuk.

1. Tanaman Bugenvil

tanaman bugenvil

Rekomendasi jenis tanaman merambat yang pertama adalah tanaman bugenvil. Tanaman ini juga lebih umum dikenal sebagai bougenville. Masyarakat Indonesia sendiri pasti sudah sering menemukan jenis tanaman satu ini sebagai unsur penambah nilai estetik rumah, karena memang jenisnya sangat cocok tumbuh di daerah iklim tropis seperti Indonesia.

Sebagai tanaman yang indah, tanaman ini memiliki warna merah yang sangat indah dan enak dipandang oleh mata. Perawatan bunga ini juga cukup mudah, cukup siram secara rutin, diberi pupuk, dan dirawat dengan dipangkas, maka tanaman ini bisa tumbuh di halaman rumah atau menjadi tanaman hias pagar yang indah.

2. Tanaman Air Mata Pengantin

Selanjutnya adalah air mata pengantin. Tanaman yang satu ini berasal dari Negara Meksiko. Akan tetapi, telah berhasil dikembangkan di berbagai belahan dunia lain, termasuk Indonesia. Memiliki warna merah mudah yang sangat cantik dan lembut, tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias merambat yang cocok di rumah.

Walaupun begitu, pada dasarnya tanaman ini merupakan salah satu jenis gulma karena kecepatan pertumbuhannya yang luar biasa. Selain itu, tanaman ini memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat tinggi. Tanaman ini juga dapat tumbuh subur di tempat-tempat seperti tebing pantai dan hutan dataran rendah.

3. Morning Glory

Tanaman morning glory juga menjadi jenis tanaman yang sering digunakan sebagai unsur penambah keindahan rumah. Meskipun banyak digunakan, namun proses perawatan dari tanaman ini harus benar-benar diperhatikan dengan teliti. Karena, agar tanaman ini bisa mekar dengan sempurna, morning glory harus mendapatkan sinar matahari yang menyeluruh. Dengan ciri khas kelopak bunga berwarna biru keunguan, tanaman ini memang sangat cantik dan enak dipandang mata.

4. Tanaman Lee Kuan Yew

Tanaman ini merupakan jenis tanaman hias merambat yang banyak digunakan pada taman vertikal. Warna hijaunya yang memanjakan dan meneduhkan, membuat tanaman ini sangat digemari untuk penambah kesan asri di rumah. Dengan panjang tanaman yang bisa menjalar sejauh 3 meter, tanaman ini sangat cocok ditanam secara vertikal di bagian dinding rumah. Selain itu, tingkat perawatan yang tidak sulit, juga semakin menambah nilai plus untuk menggunakan tanaman ini sebagai bahan dekorasi interior dan menambah nilai estetik rumah.

5. Tanaman Kuku Macan

tanaman kuku macan

Dikenal dengan nama lain anggrek cantik dari Irian, tanaman ini juga menjadi rekomendasi yang baik untuk menambah nilai estetik rumah. Dengan warna bunga yang terang dan bentuk seperti lidah, tanaman ini terlihat seperti sebuah lidah api yang menyala. Apalagi dengan warna merah yang sangat menyala.

Tanaman berwarna merah ini, memiliki kemampuan untuk berbunga dengan cepat dan banyak. Bahkan, bisa berbunga dalam waktu 3 sampai 5 kali dalam sebulan. Tanaman kuku macan ini merupakan tanaman hias merambat untuk kanopi yang bisa meneduhkan bagian pekarangan rumah sekaligus menambah keindahan pekarangan.

Memiliki banyak tanaman hias di sekeliling rumah memang sangat menyenangkan dan bisa indah. Dengan rekomendasi 5 tanaman hias merambat terbaik ini, semoga akan semakin banyak orang yang bisa membuat lingkungan rumah mereka menjadi semakin asri dan sejuk. 

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *