tips belanja aman saat harbolnas
Update Aja

Tips Belanja Online Aman Saat Harbolnas

Memasuki bulan desember dan akhir tahun suasana natal dan tahun baru sangat terasa. Selain itu natal dan tahun baru sangat identik dengan waktunya belanja atau shopping. Semua pusat perbelanjaan dihiasi dengan banyak sale ataupun diskon akhir tahun. Karena pada akhir tahun dan musim liburan kebiasaan konsumsi masyarakat ikut meningkat. 

Beberapa tahun belakangan istilah Harbolnas (hari belanja online nasional) cukup sering kita dengar. Ini adalah fenomena yang terjadi akibat maraknya transaksi di toko online atau e-commerce menawarkan banyak diskon serta promo menarik berlomba-lomba untuk meraih banyak konsumen dan keuntungan tentunya. Inilah daya tarik utama dari Harbolnas. 

Tips Aman Belanja Saat Harbolnas

Namun, yang kerap luput dari perhatian adalah banyak pelanggan yang justru kalap dengan adanya banyak promo tersebut. Tak jarang akhirnya tertipu barang yang dikirimkan tidak sesuai ataupun barang tidak sampai ke tujuan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut kami akan memberikan tips aman saat belanja harbolnas.

Pilih Online Shop/E-commerce Terpercaya

Ini adalah langkah pertama yang perlu dilakukan, untuk dapat berbelanja aman di online shop. Pastikan e-commerce tempat kamu berbelanja merupakan pihak perantara yang senantiasa melindungi konsumen maupun penjual. Karena dengan begitu, transaksi yang sudah dilakukan akan ditahan oleh pihak e-commerce hingga proses transaksi benar-benar selesai dan barang sampai ditangan konsumen. 

asuransi produk

Bahkan ada beberapa e-commerce yang sudah menawarkan asuransi kepada produk yang dijual. Dengan begitu, jika ada kerusakan atau barang tidak sampai selama proses pengiriman. Pihak e-commerce memiliki kewajiban untuk mengganti barang tersebut baik berupa barang ataupun nominal yang sesuai dengan nilai barang tersebut. 

Baca Terms and Condition Sebelum Belanja

Meskipun terkesan sepele perihal syarat dan ketentuan atau Terms & Condition ini tidak bisa disepelekan. Karena pada dasarnya berbelanja adalah melakukan transaksi berdasarkan data di Internet. Jadi otomatis kamu harus membaca syarat dan ketentuan sebelum mendaftar akun pada sebuah e-commerce atau online shop. Karena menyangkut data pribadi dan cukup rahasia. Jangan sampai data kamu disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pilih Toko Yang Sudah Verified/Terpercaya

Di sebuah toko online ada beragam seller. Setiap seller atau penjual memiliki reputasi yang berbeda-beda berdasarkan review dari pelanggan yang sudah berbelanja di toko tersebut. Semakin tinggi nilai suatu toko berarti pelayanan dari toko tersebut sangat baik. Ada juga toko yang mendapatkan status verified dari platform e-commerce. Berarti toko tersebut sudah mendapat jaminan pelayanan yang mumpuni dan dijamin aman untuk melakukan transaksi.

Jangan Lakukan Transaksi Langsung Ke Penjual

Transaksi langsung ke penjual

Jika kamu melakukan pembelanjaan di e-commerce pastikan bahwa pembayaran yang dilakukan adalah melalui pihak perantara. Hindari pembayaran langsung terhadap penjual. Karena ini sangat rentan terjadi penipuan dan pihak e-commerce tidak bertanggung jawab atas transaksi tersebut. Jadi hati-hati jika kamu disuruh langsung melakukan transaksi terhadap penjual. Bisa jadi hal tersebut adalah modus operandi oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Jangan Tergiur Harga Yang Murah

Jika membuka email dan banyak email marketing yang masuk berisi promosi terhadap barang-barang yang sangat murah dibawah harga pasarannya. Jangan langsung kalap dan akhirnya terburu-buru berbelanja sebelum kehabisan. Pastikan terlebih dahulu apakah online shop tersebut valid atau tidak. Jika meragukan dan cenderung mengada-ngada sebaiknya langsung report as spam agar akun-akun seperti ini di-banned.

Simpan Bukti Transaksi

Setelah melakukan transaksi pembayaran pastikan untuk selalu menyimpan bukti transaksi berupa transfer ataupun screenshoot dari aplikasi banking kamu. Ini untuk mencegah terjadinya kegagalan pada sistem meskipun kamu sudah melakukan transaksi online barang yang dibeli. Dengan ada bukti tersebut semakin menguatkan bahwa transaksi yang kamu lakukan benar terjadi. Bukti ini juga berguna untuk mengklaim pembelian terhadap e-commerce jika terjadi masalah. 

Setelah mengetahui tips aman belanja online semoga kamu bisa berbelanja secara nyaman dan aman tanpa harus khawatir tertipu ketika harbolnas. Jadi pastikan selalu berhati-hati ketika belanja saat harbolnas ya hepizen. Selamat berbelanja!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *