Tips Mengemas dan Mengirim Barang dengan Baik

cara mengemas barang

Keberadaan perusahaan penyedia jasa pengiriman barang saat ini memudahkan kamu untuk memastikan barang kiriman tiba di destinasi tujuan dengan tepat dan cepat. Cara pengiriman barang ini pun membutuhkan waktu dan biaya yang bervariasi, sehingga dapat disesuaikan dengan keperluanmu.

Namun demikian, untuk menggunakan jasa pengiriman barang, kamu harus terlebih dulu memahami cara packing paket dengan baik. Hal ini penting diperhatikan agar barang kiriman tetap berada dalam kondisi aman hingga tiba di destinasi tujuan.

Packing barang kiriman berupa dokumen, surat-surat, buku, maupun majalah dapat dikemas menggunakan amplop atau kertas pembungkus biasa. Namun, bagaimana untuk kiriman barang elektronik, makanan kering, maupun produk kosmetik dan skincare? Tentu kamu membutuhkan cara packing barang kiriman yang berbeda. Berikut cara packing paket kiriman barang dengan baik dan benar, sehingga proses pengiriman berjalan lancar.

Tambahkan bubble wrap

Bubble wrap banyak digunakan untuk melapisi paket kiriman berukuran kecil dengan bobot ringan. Tujuan packing dengan bubble wrap ini untuk menahan tekanan, sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada packaging atau kemasan hingga barang di dalamnya itu sendiri. Namun, apabila volume dan ukuran paket lebih besar, maka kamu membutuhkan pelapis atau pelindung lainnya sebagai bahan tekanan.

Penambahan bubble wrap saat packing barang kiriman juga disarankan pada produk berupa makanan dan obat-obatan. Cara ini menjadi langkah antisipasi kemungkinan terjadinya kontaminasi pada produk yang akan kamu kirimkan. Selain itu, bubble wrap ini bersifat kedap air, sehingga kiriman berharga kamu tidak mengalami kerusakan atau cacat saat sampai di tangan penerimanya.

Gunakan styrofoam untuk paket ukuran besar

Styrofoam dapat digunakan sebagai pelindung barang kiriman dalam ukuran besar atau packaging yang mudah rusak selama proses pengiriman berlangsung. Karena bahan styrofoam cukup keras, sehingga mampu melindungi paket dari getaran dan tekanan.

Bahkan cara packing barang dengan styrofoam juga melindung kondisi di dalam tetap kering dan tidak merusak fungsi atau kelayakan barang kiriman. Lapisan pelindung paket ini bisa digunakan untuk packing tas, sepatu, barang pecah belah, parfum, maupun pernak pernik lainnya. Menariknya, kemasan styrofoam dan kardus ini bisa digunakan kembali oleh penerima sehingga menjadi lebih bermanfaat lagi.

Gunakan Kardus untuk Memisahkan Antar Barang

Kardus memiliki ukuran yang sangat beragam dan sangat fleksibel, karena kardus bisa dipotong sesuai dengan ukuran barang yang akan kamu kirim. Nah jika kamu mengirim banyak barang dalam satu packaging, kamu bisa menggunakan potongan-potongan kardus untuk memisahkan antara barang yang satu dengan yang lainnya. 

Tujuannya untuk mencegah kemungkinan gesekan antara satu barang dengan barang lainnya selama proses pengiriman berlangsung, terutama pada barang pecah belah. Banyak kemungkinan paket barang yang kamu kirim akan terhimpit selama proses pengiriman, sehingga barang-barang kamu kemungkinan akan bergesekan dan menyebabkan lecet jika tidak dipisahkan oleh potongan-potongan kardus.

Packing Kayu Sebagai Perlindungan Terluar

Kayu sudah sangat lumrah untuk dijadikan sebagai bahan packing barang yang sangat kuat, sehingga packing kayu selalu digunakan untuk perlindungan terluar pada paket barang yang memiliki risiko tinggi. Kamu bisa menggunakan packing kayu untuk barang-barang pecah belah dan barang-barang yang memiliki nilai tinggi, seperti barang elektronik, barang antik, perhiasan, dan sebagainya. 

Namun packing kayu memiliki kelemahan karena bobotnya yang berat, sehingga membuat packing kayu akan menambah beban ongkir kamu. Tapi jangan khawatir, kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp. 10.000 aja untuk pengiriman maksimal 1 kg menggunakan Anteraja. Murah banget kan? Coba deh kamu Cek Ongkir sekarang dan jangan lupa untuk selalu gunakan Anteraja di setiap pengiriman kamu!

Lengkapi dengan Packaging Ekstra pada Pengiriman Jarak Jauh

Nah, selain menggunakan dua bahan pelindung yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa melengkapinya dengan packaging ekstra. Terlebih jika proses pengiriman ditujukan untuk jarak jauh. Kamu bisa packing barang menggunakan bubble wrap, kardus atau styrofoam, kemudian menambahkan peti kayu sebagai pelindung terluar.

Akan tetapi, perhatikan juga peraturan tentang barang yang akan kamu kirimkan agar packaging yang dilakukan tidak menyalahi aturan volume yang berlaku pada perusahaan penyedia jasa pengiriman barang. Anteraja menerima pengiriman dengan ukuran maksimum dimensi paket 50cm x 50cm x 50cm. Ukuran tersebut ditetapkan agar paket kiriman mu bisa mendapat perlakuan yang optimal selama proses pengiriman.

Tempelkan Stiker “fragile” atau “makanan” Pada Paket Kamu

Stiker “fragile” atau “makanan” membantu jasa pengiriman mengetahui isi paket yang kamu kirim, sehingga mereka bisa lebih berhati-hati dalam memperlakukan paket kamu. Jika kamu mengirim pecah belah, seperti makeup, beling, dan sebagainya maka kamu harus menempelkan stiker “fragile” pada paket kamu. 

Tidak lupa untuk juga untuk menempelkan stiker “makanan” pada paket makanan yang sama-sama memiliki risiko kerusakan yang besar, Pada proses pengiriman, kamu tidak akan tahu bagaimana kondisi paket kamu, bisa saja paket yang kamu kirim tertimpa oleh paket-paket lain yang menyebabkan kerusakan. Jadi jangan lupa untuk menempel stiker-stiker tersebut untuk mengurangi kemungkinan kerusakan akibat proses pengiriman.

Manfaatkan Asuransi yang Ditawarkan Jasa Pengiriman

Setiap jasa pengiriman akan menawarkan asuransi untuk mengganti paket barang yang kamu kirim jika terjadi kerusakan ketika pengiriman. Anteraja juga menyediakan asuransi pengiriman untuk kamu yang ingin menambah keamanan terhadap barang kamu. Jadi manfaatkanlah asuransi pengiriman sebaik mungkin, apalagi jika kamu mengirimkan barang yang memiliki risiko tinggi.

Segera Kirimkan Sesuai Jadwal yang Disepakati

Apabila barang kiriman sudah di-packing dengan baik dan benar, maka sebaiknya segera kirimkan sesuai dengan jadwal yang disepakati. Ini penting agar proses pengiriman bisa segera dilakukan dan barang tiba sesuai dengan waktu yang dikehendaki. Untuk menggunakan jasa pengiriman barang, pilih penyedia yang memiliki kredibilitas baik, dengan proses pengiriman lebih cepat, serta harga bersaing. Di Anteraja, kamu bisa mendapat seluruh fasilitas tersebut, lho!

Didukung dengan kru profesional, barang pesanan kamu akan dijemput di waktu yang pasti dan terjadwal. Nikmati juga layanan pelanggan serta sistem pengiriman yang mudah digunakan. Untuk melacak status paket, bahkan kamu hanya perlu Cek Resi dan memasukkan nomor resi atau kode booking atau nomor invoice yang di kolom yang telah disediakan. Namun sebelum itu, kamu bisa Cek Ongkir untuk melihat opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Supaya kamu mendapatkan opsi pengiriman terbaik dengan harga yang terjangkau!

Mulai sekarang, pastikan kamu selalu packing barang kiriman dengan benar agar proses pengiriman berjalan lancar. Beberapa cara packing barang kiriman di atas bisa kamu coba langsung untuk proses pengiriman yang akan datang. Jangan lupa, selalu percayakan kebutuhan ekspedisi kamu kepada Anteraja. 

Anteraja merupakan perusahaan penyedia jasa pengiriman barang yang memanfaatkan teknologi terkini untuk menciptakan proses pengiriman yang terintegrasi dan seluruh informasi status barang dipastikan selalu up-to-date.

Jadi, kamu tidak lagi perlu merasa was-was saat pesanan kamu masih berada di proses pengiriman. Tunggu apa lagi? Segera coba dan buktikan sendiri pelayanan terbaik yang diberikan oleh Anteraja!