Update Aja

14 Ide Usaha Paling Laris, Menjanjikan dan Menguntungkan

Saat ini untuk menunjang kehidupan berbisnis merupakan solusinya, selain bekerja di kantoran. Dengan memulai bisnis sendiri kita bisa menentukan tujuan kita, dan menjadikan itu tantangan tersendiri.

Bagi kamu yang ingin memulai berbisnis, jangan takut dan ragu terlebih dahulu, kamu harus percaya dan optimis kalau kamu bisa menjalankan bisnis. Untuk memulainya, memang tak mudah, kamu harus memikirkan dahulu nih mau bisnis apa, cari ide bisnis yang benar-benar bisa membuat kamu nyaman dan kreatif dalam menjalaninya.

Jangan takut sama yang namanya kompetitor, karena disinilah tantangan yang sebenarnya, maka dari itu kamu harus punya ide dan sekreatif mungkin menciptakan bisnis kamu sendiri.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui ide usaha apa paling laris yang bisa kamu pilih. Nah yuk, jangan lama-lama intip artikel di bawah ini ya karena ada banyak banget rekomendasi serta tips usaha yang bisa menjadi referensi kamu Sahabat Anteraja!

Tips Cara Membuat Usaha Paling Laris

1. Ketahui Target Pasar Kamu

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Ketahui Target Pasar Kamu

Setiap bisnis memiliki target yang harus disasar, karena jarang sekali bisnis dapat menyasar berbagai golongan. Kamu harus mengetahui rentang usia, jenis kelamin, kondisi ekonomi, dan lainnya dari target pasar kamu, sehingga kamu bisa menyiapkan strategi yang tepat. Kamu perlu mengetahuinya secara detail, karena akan sangat berisiko jika kamu tidak mengetahui target pasar kamu.

2. Ramah dengan Konsumen

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Ramah dengan Konsumen

Mau sebagus apapun barang atau jasa yang kamu tawarkan, apabila pelayanan kamu tidak ramah, maka pelanggan bisa saja kabur. Untuk itu kamu sangat perlu memberikan pelayanan yang ramah kepada konsumen, karena pelayanan yang ramah akan menambah kepercayaan dan kenyamanan konsumen. Selain ramah, kamu juga harus jujur dalam memberikan pelayanan. Jika pelayanan kamu sudah baik, maka orang pasti akan berlangganan di tempat kamu.

3. Ikuti Passion Kamu

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Ikuti Passion Kamu

Jika kamu bingung bisnis apa yang ingin kamu jalankan, maka cobalah pikirkan ama passion kamu. Jika passion kamu adalah fashion, cobalah bisnis pakaian. Jika passion kamu adalah kuliner, cobalah untuk berbisnis makanan atau minuman. Kamu bisa menjalankan bisnis dengan enjoy jika sesuai dengan passion kamu, karena kamu pasti juga sudah mengetahui hal-hal dasar dari bisnis yang akan kamu buat.

4. Promosi dan Gunakan Kata-kata yang Menarik

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Promosi dan Gunakan Kata-kata yang Menarik

Buat kata-kata yang menarik untuk mempromosikan bisnis kamu, karena kamu perlu memberikan awareness kepada masyarakat ketika mengawali bisnis. Kamu bisa mempelajari kalimat marketing di internet agar kalimat promosi yang kamu buat dapat efektif untuk menarik masyarakat. Selain itu berikan juga potongan harga yang menarik, karena orang sangat menyukai potongan harga.

Rekomendasi Usaha Terbaik yang Dibutuhkan Setiap Hari

1. Bisnis Sayuran

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Bisnis Sayuran

Bisnis yang satu ini memang mudah-mudah sulit, tapi kalau kamu memiliki skill dalam menanam sayuran, kamu bisa mencoba berjualan sayuran. Apalagi akhir-akhir ini di e-commerce lagi tren bisnis ini, karena kemudahannya.

Nggak perlu takut kalah saing, dengan menerapkan strategi perbandingan harga, dan juga bonus, kamu bisa menjadi pilihan ibu-ibu untuk berbelanja di toko online kamu. Ohiya, kamu juga bisa loh buka toko offline, jadi kamu bakal punya dua keuntungan. Awalnya, misi kamu harus menciptakan branding yang menarik. Kembangkan bisnis sayuran kamu supaya menjadi bisnis yang besar dan siapkan selalu strategi pemasaran yang ampuh.

Jika kamu memiliki skill dalam menanam sayuran, coba deh kamu sekalian bisnis berjualan sayuran. Karena akhir-akhir ini tren membeli sayuran sudah mulai berubah ke perorangan. Misi kamu harus menciptakan branding yang menarik dan awareness kepada masyarakat, karena tren ini belum sepenuhnya populer. Kembangkan bisnis sayuran kamu supaya menjadi bisnis yang besar dan siapkan selalu strategi pemasaran yang ampuh.

2. Usaha Laundry Kiloan

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Usaha Laundry Kiloan

Bisnis laundry cukup menjanjikan, jangan salah loh masih banyak orang yang nggak sempet nyuci, maka kamu harus memanfaatkan peluang ini, apalagi jika di sekitar rumah kamu belum ada bisnis laundry kiloan, wah beruntung banget kan.

Tapi bisnis yang satu ini kamu nggak bisa kerjakan sendiri karena cukup melelahkan, setidaknya butuh dua karyawan dan modal yang cukup besar. Tapi keuntungannya menjanjikan kok. Bisnis laundry bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan apabila kamu berada di tempat yang strategis dan memiliki pelayanan yang memuaskan. Pasti akan banyak orang yang berlangganan untuk laundry di tempat kamu.

3. Usaha Jasa Titip (Jastip)

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 -  Menjadi Jasa Titip

Wah usaha kali ini sering banget ditemuin di medsos, dengan bisnis ini kamu bisa menyediakan jastip untuk barang-barang yang sering dibeli, misalnya saja pakaian, alat kecantikan, makeup, dan snack. Kamu hanya perlu mengambil gambar pakaian yang ada dan unggah di media sosial yang kamu miliki. Kamu bisa menaikkan harga beberapa persen dari setiap barang, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan dari situ.

Setelah kamu membelikannya untuk pelanggan, kamu bisa segera mengirim barang-barang menggunakan layanan Anteraja. Sebab, Anteraja menawarkan banyak opsi pengiriman dengan harga yang nggak bikin kantong jebol. Cek ongkir sekarang untuk buktikan murahnya!

4. Bisnis Thrift

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Bisnis Thrift

Anak-anak muda sangat menyukai thrifting, sehingga kamu harus banget untuk berbisnis thrift shop. Kamu bisa menjual pakaian bekas maupun reject dari brand terkenal yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, supaya orang sudah mengetahui kualitas dari brand tersebut.

Pertama-tama kamu perlu mencari supplier yang menyediakan pakaian bekas atau reject branded, pertimbangkan beberapa supplier yang kamu dapatkan. Sortir pakaian yang masih layak pakai dan cuci terlebih dahulu sampai bersih, sehingga pakaian tersebut bisa terlihat seperti baru dan menarik ketika dijajakan.

5. Bisnis Minuman Kekinian

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 -  Bisnis Minuman Kekinian

Minuman kekinian seperti thai tea, boba, es kopi susu, alpukat kocok, dan sebagainya sangat rekat di setiap kalangan masyarakat Indonesia, terlebih lagi para anak muda. Kamu sering liat kan seperti apa lakunya gerai minuman kekinian di setiap mall, nah kamu harus memanfaatkan situasi ini. Kamu bisa membuka gerai minuman kekinian dengan harga yang lebih murah, supaya kamu bisa menjangkau semua golongan. Buat branding dan packaging yang menarik, agar bisnis minuman kekinian kamu bagus disukai oleh orang.

6. Bisnis Dropshipper

Saat ini bisnis dengan sistem dropship sangat berkembang, apalagi di kalangan anak muda. Ini karena bisnis tersebut tidak membutuhkan modal banyak. Kamu hanya perlu memanfaatkan platform e-commerce, maupun online shop di media sosial, lalu kamu bisa berperan menjadi perantara antara supplier dan pembeli.

Nah keuntungannya dari mana? Ya, kamu dapat mengambil keuntungan dari selisih harga antara supplier dan penjualan. Dengan sistem seperti ini tentu saja kamu nggak akan merogoh modal apapun. Untuk memulainya, kamu bisa menjajal produk bayi, kosmetik, makanan sehat, fashion dan lainnya.

7. Bisnis Fashion

Bisnis fashion masih banyak digandrungi berbagai kaum, karena merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan. Fashion dianggap sebagai identitas sosial di mata masyarakat. Karena itu, bisnis fashion sendiri merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, perkembangannya cepat sekali loh. Untuk memulai, kamu harus menentukan karakter dan ciri khas desain dari produk yang ingin kamu jual, kamu juga perlu aktif di media sosial untuk mempromosikan, membuat katalog pada produk kamu.

Ohiya, unggah foto yang menarik jangan lupa nih Sahabat karena dengan begitu kamu bisa memikat minat pembeli dengan visual yang sangat bagus. Terakhir, tentukan target pasar ya, kalau kamu pilih anak muda itu artinya kamu harus menjual produk yang sesuai kebutuhan mereka.

8. Bisnis Pet Shop

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Bisnis Pet Shop

Sekarang bisnis pet shop tidak perlu mengeluarkan modal banyak, karena kamu bisa berjualan secara online melalui Instagram dan marketplace. Kamu harus menjual berbagai kebutuhan untuk hewan seperti kucing, anjing, burung, ikan, hamster, kelinci, dan lain-lain. Berjualanlah kebutuhan secara lengkap seperti makanan, vitamin, shampo, sabun hingga aksesori, karena para pemilik hewan pasti akan berlangganan di pet shop kamu apabila semua kebutuhan mereka tersedia. Berikan juga harga yang bersaing agar pet shop kamu menjadi pilihan utama banyak orang.

9. Bisnis Makanan Kekinian

Sama seperti minuman kekinian, bisnis makanan kekinian juga selalu menjadi incaran anak-anak muda. Kamu bisa berjualan martabak manis dengan topping kekinian, makanan dengan bumbu salted egg, pisang nugget, potato wedges, makanan khas Korea, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengawalinya dengan membuka gerai kecil-kecilan di depan rumah kamu, supaya kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa tempat. Namun, kamu perlu lihat sekelilingmu terlebih dahulu, apakah sudah ada yang berjualan makanan yang sama. Jika belum, kamu bisa menjadi satu-satunya penjual makanan kekinian di sana.

Sama seperti minuman kekinian, bisnis makanan kekinian juga selalu menjadi incaran anak-anak muda. Kamu bisa berjualan martabak manis dengan topping kekinian, makanan dengan bumbu salted egg, pisang nugget, potato wedges, pizza goreng, dan masih banyak lagi. Kamu mengawalinya dengan membuka gerai kecil-kecilan di depan rumah kamu, supaya kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa tempat. Namun kamu perlu lihat sekelilingmu terlebih dahulu, apakah sudah ada yang berjualan makanan yang sama. Jika belum, kamu bisa menjadi satu-satunya penjual makanan kekinian di sana.

10. Bisnis Aquascape

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Bisnis Aquascape

Aquascape sekarang menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, karena banyak orang yang berani membayar mahal untuk memiliki Aquascape. Mengatur komponen hingga menjadi Aquascape yang cantik membutuhkan ide dan keterampilan, sehingga bisa dibilang Aquascape adalah seni. Kamu bisa berbisnis berjualan Aquascape yang sudah jadi atau bisa juga hanya menjual komponennya, jadi orang-orang bisa membuat Aquascape sendiri dan membeli komponennya di toko kamu.

11. Bisnis Vape

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Bisnis Vape

Di Indonesia vape sangat populer di kalangan anak muda, karena bagi mereka vape dapat menggantikan rokok. Situasi ini membuat toko vape banyak berdiri di berbagai wilayah, bahkan penjualan komponen vape di marketplace memiliki angka yang besar. Nah kamu juga nggak mau ketinggalan kan?

Nggak ada salahnya jika kamu mencoba bisnis ini, karena pengguna vape akan terus berkembang dan tidak akan hilang. Jika modal kamu besar, kamu bisa membuka toko vape di daerah tempat tinggal kamu. Akan lebih baik jika belum banyak berdiri toko vape di sana, sehingga kamu bisa menjadi yang pertama.

12. Bisnis Laundry Sepatu

Rekomendasi Tips dan Ide Usaha Paling Laris di Tahun 2021 - Bisnis Laundry Sepatu

Banyak orang yang malas atau tidak suka mencuci sepatu sendiri, sehingga bisnis laundry sepatu mulai tumbuh beberapa tahun terakhir. Laundry sepatu memang sudah cukup merebak di kota-kota besar, namun belum merambah daerah-daerah kecil yang jauh dari kota. Nah jika kamu tinggal di daerah, kamu harus mempertimbangkan bisnis ini, karena modalnya tidak besar. Namun kamu harus mahir dalam mencuci sepatu dan mengetahui bahan-bahannya, karena bisa saja sepatu akan rusak jika kamu salah ketika mencucinya.

13. Usaha Produk Kecantikan

Nah produk kecantikan adalah bisnis yang benar-benar sangat dicari oleh kaum hawa. Kecantikan adalah salah satu hal penting, untuk itu peluang bisnis produk kecantikan sangat marak beredar. Untuk kamu yang menyukai dan mengerti kecantikan, menjalankan bisnis ini tidaklah sulit. Terlebih, jika kamu mengetahui kebutuhan para wanita dan tren kecantikan saat ini. 

Untuk memulainya kamu bisa memanfaatkan platform online seperti e-commerce, media sosial, pesan instan. Menjadi reseller atau dropshiper, buka toko offline, dan salon kecantikan termasuk spa ya Sahabat.

14. Usaha Frozen Food

Bisnis yang terakhir ini paling digemari oleh ibu-ibu, apalagi bagi mereka yang jarang sekali masak, atau tidak sempat. Frozen food adalah makanan olahan atau yang sudah matang kemudian dibekukan dalam freezer, sehingga tidak cepat basi, mengubah suhu maupun rasa. Praktis banget kan?

Kalau kamu tertarik bisnis ini, ada yang membutuhkan modal besar ada yang tidak. Namun, jika kamu mau mencoba dengan tanpa modal, kamu bisa mencoba sistem dropship yaa, bisa juga yang dengan modal yakni menjadi reseller. Manfaatin deh platform e-commerce kalau kamu belum punya modal untuk buka toko.

Baca Juga: 11 Ide Dengan Usaha Modal 1 Juta Rupiah Yang Menguntungkan

Waah banyak juga ya rekomendasi bisnisnya, yuk makanya jangan tunggu lama-lama lagi, langsung kamu tentukan bisnis yang sesuai dengan passion kamu! Jangan lupa selalu berusaha keras untuk mengembangkan bisnis kamu menjadi besar, karena usaha keras kamu akan dibayar dengan kesuksesan kamu.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + four =