tips memilih kandang kucing yang cocok
InTips Aja

Tips Dalam Menyediakan Kandang Kucing Kesayangan Kamu!

Halo hepizen! Memilihara hewan peliharaan merupakan hobby sebagian orang. Salah satu hewan peliharaan yang umum dipelihara adalah kucing. Karena memiliki bulu dan tingkah yang menggemaskan, jadi tidak heran jika banyak sekali pemilik kucing peliharaan yang sangat menyayangi kucingnya. Berbagai hal dilakukan untuk membuat kucingnya tetap nyaman. Mulai dari melakukan grooming hingga memilih kandang kucing yang terbaik.

Untuk rumah bagi para kucingnya, banyak pemilik kucing rela untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk kucing kesayangannya tersebut. Terdapat banyak model kandang kucing yang dapat dipilih. Berikut kami akan memberikan tips agar para pemilik kucing dapat memberikan rumah terbaik bagi para kucing peliharaan mereka. 

Kriteria Memilih Kandang Kucing Yang Baik

Sesuaikan Ukuran Kucing dengan Ukuran Kandang

Ukuran kucing Kamu dapat menentukan ukuran kandang. Jika kucing kamu masih berusia anak-anak atau masih kecil, maka dapat dipilih kandang kucing standar yang tidak terlalu besar sekitar 150 cm x 80 cm. Namun, jika kucing sudah dewasa maka diperlukan ukuran yang cukup besar. Ini untuk mencegah kucing merasa jenuh, jika berada di dalam kandang. Ini juga dapat mempengaruhi mood si kucing.

Kandang Bertingkat Untuk Jumlah Kucing Yang Banyak

kandang kucing bertingkat

Kebanyakan para pecinta kucing memiliki banyak hewan peliharaan. Untuk dapat menyiasati kandang dan ruangan. Jika memiliki kucing cukup banyak, maka Kamu dapat membuat kandang bertingkat dengan tujuan menghemat ruangan yang terpakai untuk meletakkan kandang di dalam rumah. Atau untuk menyiasati penggunaan ruang yang lebih efisien, kamu dapat meletakkannya di luar ruangan rumah seperti di garasi mobil dan halaman rumah.

Sediakan Tempat Minum dan Tempat Makan

Untuk dapat memberikan asupan air dan makanan bagi kucing, sebaiknya sediakan tempat minum dan tempat makan. Ini untuk mencegah kucing kelaparan dan kehausan selama berada di dalam kandang. Walaupun biasanya ada kandang yang sudah menyediakan tempat makan dan tempat minum.

Letakkan Alas di alam Kandang

alas untuk kucing

Untuk memudahkan membersihkan rumah kucing, Kamu dapat meletakkan alas pada dasar kandang sebagai tempat kotoran. Alas seperti triplek atau plastik dapat memudahkan karena mudah diangkat dan dibersihkan secara rutin. Jadi tidak perlu mencuci kandang setiap akan mengangkat kotoran. Kamu juga tidak perlu khawatir kotorannya akan mengotori laintai rumah. Ada beberapa penjual juga yang sudah menyediakan alas ini. Jadi, kamu tidak perlu mencari lagi alas tempat kotoran. 

Pilih Kandang Yang Menggunakan Roda

Tips lainnya adalah dengan memilih rumah kucing yang memiliki roda. Roda memudahkan kandang untuk dipindahkan atau ketika akan dicuci. Jadi tidak perlu susah-susah untuk mengangkat kandang keluar rumah ketika akan mencuci kandang. 

Beri Tempat Buang Air

tempat buang air untuk kucing

Jika masih ada ruang yang tersisa dalam kandang, maka kamu bisa menempatkan tempat buang air yang diisi pasir. Ini juga bermanfaat untuk dapat melatih kucing kamu untuk tidak buang air sembarangan. Hal ini juga membantu kamu dalam memudahkan membersihkan kotoran kucing.

Kandang Untuk Kawin dan Kandang Sehari-hari

Tersedia berbagai jenis kandang yang memiliki berbagai fungsi yang berbeda-beda. Terdapat kandang untuk sehari-hari maupun kandang untuk kawin. Ini bertujuan untuk memisahkan kucing yang sedang masa birahi, agar tidak agresif terhadap kucing yang lain. Karena kucing yang sedang masa birahi biasanya cenderung lebih agresif dan sensitif sehingga memerlukan kandang khusus.

Untuk mendapatkan jenis kandang yang ideal untuk hewan peliharaan, ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan. Dengan membuatnya atau membeli melalui toko hewan. Baik secara online maupun datang ke toko hewan ataupun yang menjual peralatan kebutuhan untuk hewan peliharaan. Di e-commerce maupun online shop juga banyak yang menjualnya. Jadi Kamu tidak perlu repot-repot membuat kandang kucing sendiri. Untuk pengiriman barang yang lebih prima, Kamu dapat menggunakan jasa pengiriman Anteraja. Kini, Anteraja melayani pengiriman barang di banyak kota besar di Indonesia. Pakai Anteraja, #pastibawahepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *