mobil terendam saat banjir
Update Aja

Tips Mobil Terendam Banjir dan Memperbaiki Mobil Pasca Banjir

Di musim penghujan seperti ini biasanya akan mengakibatkan banjir apabila intensitas hujan turun terus menerus tanpa henti dalam waktu yang cukup lama. Ketika banjir terjadi pasti akan membawa dampak negatif dan kerugian bagi masyarakat.

Mulai  dari rusaknya rumah, bangunann, fasilitas umum, hilangnya harta benda bahkan nyawa. Contoh masalah yang paling sering terjadi ialah ada banyak barang berharga yang terendam banjir seperti mobil. Oleh karena itulah, tips mobil terendam banjir menjadi satu hal yang sering dicari oleh masyarakat. 

Mobil merupakan salah satu harta yang cukup sering terkena dampak banjir. Mobil yang terendam air banjir dapat menyebabkan kerusakan yang parah dan biasanya harus ditangani oleh para mekanik profesional. Sebenarnya jika seseorang mampu mendeteksi secara dini kerusakan yang terjadi saat mobil terendam banjir tidak akan menimbulkan kerusakan yang parah pada mesin mobil. 

Tips Dalam Memperbaiki Mobil Terendam Banjir

Tips Dalam Memperbaiki Mobil Terendam Banjir

Sebagai barang yang menggunakan mesin pasti akan menimbulkan masalah jika saat terjadi banjir lalu mesin kendaraan/ mobil terendam oleh air. Pasti akan menimbulkan masalah dan kerusakan serta akan menghabiskan biaya yang besar.

Seperti halnya pada 1 Januari 2020 lalu, daerah Jakarta banjir karena hujan yang mengguyur dengan deras dan berlangsung dalam intensitas waktu yang lama. Banjir ini juga membawa kerugian yang besar terutama banyaknya mobil mengalami kerusakan. 

1. Tips Mengetahui Mobil Bekas Banjir

Tips seputar mobil terendam banjir yang pertama harus diketahui bagi calon pembeli mobil bekas khususnya adalah mengetahui mobil bekas yang akan dibeli bekas terendam banjir atau tidak.

Karena seringkali pemilik kendaraan akan mengakali kondisi mobil dengan membawanya ke salon. Sebab jika mobil bekas yang dibeli bekas terendam banjir pasti kualitas mesin patut dipertanyakan dan dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Berikut poin penting seputar tips mengetahui mobil bekas banjir:

  1. Mengecek celah rem tangan dan pastikan tidak bergerigi, karatan dan tidak ada unsur tanah kecoklatan.
  2. Pangkal pedal-pedal, gas, kopling apakah berkarat atau tidak.
  3. Mengecek kondisi bawah jok adakah tanah yang masih menempel atau tidak
  4. Biasanya meski sudah dibawa ke salon, mobil yang bekas terendam banjir tetap menyisakan bau yang tidak sedap.
  5. Oli pada mobil yang berwarna agak putih menandakan telah tercampur dengan air
  6. Mobil yang terendam banjir sangat rentan mengalami kerusakan elektrolitnya

2. Memperbaiki Mobil Bekas Banjir

memperbaiki mobil bekas banjir

Agar mobil bekas banjir tidak mengalami kerusakan yang terlalu parah, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menanganinya, seperti berikut:

  1. Penanganan mobil bekas banjir yang pertama yaitu melepaskan kabel negatif aki yang rentan terkena korsleting karena banjir dan dapat merusak komponen listrik pada mobil.
  2. Jangan menyalakan mobil saat dalam kondisi terendam air karena mengakibatkan air akan masuk ke dalam mesin mobil.
  3. Ganjal mobil menggunakan batu agar kampas rem tidak memulai dan melekat pada roda mobil
  4. Bawa ke dealer untuk mengecek lebih lengkap kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil yang habis terendam banjir. Sebab tidak semua kerusakan pada mobil dapat dideteksi secara pribadi. Misalnya kerusakan  pada engine control unit dan filter udara mobil harus dideteksi oleh dealer agar kerusakan dapat dideteksi sedini mungkin.

Seperti yang diketahui pada Rabu awal tahun baru 2020, hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Ibu kota Jakarta. Intensitas hujan yang turun dan tidak mampu ditampung lagi itu mengakibat musibah banjir yang hebat pada malam puncak pergantian tahun dan awal tahun 2020 di Indonesia. Banjir yang melanda sebagian besar wilayah di ibu kota itu memberikan kerugian yang lumayan besar salah satunya  pada alat transportasi. 

Gunakan Asuransi Mobil Agar Aman

Gunakan Asuransi Mobil Agar aman

Selain informasi yang diberikan diatas, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan asuransi kendaraan yang dapat meng-cover kerusakan akibat banjir. Jika sudah menggunakan asuransi, setidaknya kamu dapat bernafas lega jika mobil akhirnya terkena musibah banjir. 

Semoga dengan tips mobil terendam banjir yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, para pemilik mobil dapat mengetahui kerusakan yang terjadi pada mobil yang terendam banjir dengan lebih cepat. Tentunya hal ini juga dapat meminimalisir kerusakan yang lebih parah dan menghemat biaya perbaikan.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *