kisi kisi ujian CPNS
Update Aja

Tips Sukses Seleksi CPNS bagi Para Hepizen

Menjelang akhir bulan Oktober pemerintah mulai membuka kembali pendaftaran untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menjadi seorang pegawai pemerintahan masih menjadi salah satu pekerjaan yang paling dicari di Indonesia. Ini terbukti dengan banyaknya orang yang mendaftar menjadi CPNS. Berdasarkan data yang dilansir kompas pada tahun 2018, peserta test CPNS sebanyak 4 juta pendaftar namun hanya setengahnya yang mampu melewati fase administrasi. Sementara formasi yang diperlukan hanya sekitar 200 ribu kursi. Maka persaingan untuk lolos menjadi sangat ketat.

Faktor kesejahteraan menjadi alasan utama banyak orang ingin menjadi abdi negara atau PNS. Gaji yang lumayan, jenjang karir yang jelas, gaji ke-13 hingga jaminan hari tua adalah sedikit dari banyaknya keuntungan yang didapatkan. Sehingga tak heran, banyak sekali orang yang ingin menjadi PNS.

Tips Mendaftar dan Mengikuti Seleksi CPNS

Tips Ujian CPNS

Dengan dibukanya pendaftaran tes CPNS pada akhir bulan ini dan tahap pertama seleksi administrasi pada bulan november 2019, masih ada waktu bagi para Hepizen yang ingin mencoba peruntungan dalam mengikuti ujian pegawai negeri sipil. Ada beberapa rangkuman tips dalam CPNS yang dapat menjadi pedoman untuk dapat berhasil lulus ujian CPNS.

Lakukan Pendaftaran Secara Online

Karena ujian saringan masuk CPNS sudah secara online melalui website Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Pastikan kamu sudah mendaftarkan akun untuk dapat mengikuti ujian. 

Pertama-tama lakukan pendaftaran akun di website https://sscn.bkn.go.id. Setelah itu, isi data diri yang diperlukan seperti nomor KTP, KK dan data diri lainnya. Lampirkan ijazah pendidikan terakhir serta isi kolom domisili dan kontak yang bisa dihubungi. Setelah membuat akun, pastikan kelengkapan data yang kamu isi sudah benar dan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

Hal ini penting karena kelengkapan administrasi menjadi salah satu aspek penilaian ujian. Jadi sebaiknya data diisi dengan teliti dan benar. Jangan sampai ada kesalahan data, kesalahan sekecil apapun dapat membuat kamu tidak lulus fase administrasi. Sangat mengecewakan bukan, kalau gagal hanya karena tidak lengkap berkas ataupun salah mencantumkan nama. 

Perhatikan Formasi Lowongan Yang Tersedia

Karena ujian seleksi CPNS diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, ada banyak formasi serta domisili yang tersedia. Pastikan kamu mendaftarkan posisi yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan yang diambil. Jangan lupa pula pastikan domisili yang akan diambil sesuai juga dengan domisili tinggal kamu. 

perhatikan formasi lowongan yang tersedia

Jangan sampai ketika sudah menentukan formasi pekerjaan yang akan diambil ternyata pilihan kamu berbeda dengan tempat dimana kamu tinggal. Memang terlihat sangat sepele, namun hal-hal seperti ini tetap perlu mendapat perhatian. 

Catat Tanggal Pendaftaran dan Tanggal Seleksi CPNS

Selain mendaftar dan memilih formasi yang akan diambil, setelah itu catat baik-baik tanggal penting yang berkaitan dengan ujian CPNS mulai dari pendaftaran akun hingga dilakukannya ujian CPNS. Pada tahun ini, pendaftaran CPNS sudah dibuka mulai minggu keempat bulan oktober serta mulai proses pendaftaran di akun SSCN pada bulan november. 

Jadwal ini telah resmi dikeluarkan pada Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) BKN pada bulan september 2019.Oleh sebab itu, jangan lupa tanggal-tanggal penting tersebut agar tidak ketinggalan proses pendaftaran dan seleksi untuk dapat menjadi pegawai negeri sipil.

Alur Ujian CPNS

Setelah selesai melakukan pendaftaran dan memilih formasi pekerjaan yang dituju, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk dapat melewati segala ujian yang ada. Ada beberapa tahapan alur ujian yang harus dilewati sebelum resmi menjadi seorang PNS. Diantaranya adalah :

Membiasakan Diri Dengan Sistem Ujian Computer Asissted Test (CAT)

Jika pada beberapa tahun belakangan menggunakan format ujian tulis, semenjak dua tahun lalu seluruh tahapan ujian pada tes CPNS sudah menggunakan sistem CAT yang berbasis komputer. BKN sebagai penyelenggara mengklaim bahwa dengan sistem ini, hasil ujian akan tampil lebih cepat dan akurat. Jadi setiap peserta wajib mempelajari bagaimana menggunakan sistem ujian ini, agar tidak canggung dan bingung ketika ujian sedang berlangsung. 

Ujian Kompetensi Dasar 

Ini adalah tahapan kedua yang dilakukan setelah peserta dinyatakan lolos tahap administrasi. Pada tahap ini, peserta akan mengerjakan 3 jenis tes yang berbeda yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIA) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pada ketiga ujian ini, ada beberapa aspek penting yang menjadi bahan ujian seperti pada tes wawasan kebangsaan akan diuji tentang wawasan mengenai nilai-nilai kebangsaan yang dianut oleh bangsa indonesia mencakup pancasila, UUD 1945 dan pendidikan moral. Sedangkan pada TIA yang diujikan adalah sebagian besar kemampuan akademis seperti berhitung matematika dasar, logika, kecakapan berbahasa hingga menganalisa suatu masalah. Sementara pada TKP menguji kemampuan peserta dalam beradaptasi terhadap lingkungan kerja serta dalam mengambil sikap serta pandangan terkait berbagai berita dan isu yang muncul.

Ujian Seleksi Kompetensi Bersama

Setelah melewati ujian kompetensi dasar, tahap selanjutnya adalah dengan mengikuti ujian SKB. Sejatinya SKB merupakan saringan tahap akhir dari tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), jadi total saringan dari ujian SKD akan kembali diuji dengan sistem CAT dengan berbagai ujian mulai dari ujian kompetensi dasar, tes kemampuan bahasa asing, tes fisik bagi kedinasan, tes kejiwaan dan terakhir adalah wawancara. 

Tips Untuk dapat Sukses Mengikuti Tes CPNS

Setelah melewati berbagai ujian tersebut, barulah diumumkan siapa saja yang dapat mengisi formasi yang dibutuhkan. Karena dilangsungkan secara serentak, dibutuhkan persiapan yang matang dan juga kesiapan mental yang luar biasa. Ada banyak faktor yang menentukan seseorang dapat lulus atau tidak. Mulai dari persiapan hingga dalam pengerjaan soal ujian. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan para peserta CPNS untuk dapat melalui berbagai ujian yang diwajibkan.

Manajemen Waktu Yang Baik

Untuk dapat lulus ujian, peserta dituntut untuk dapat mengerjakan soal dengan tepat. Namun, para peserta banyak yang abai terhadap waktu ujian yang ditetapkan. Jadi banyak kasus yang terjadi ketika waktu habis, banyak peserta yang justru belum mengisi semua jawaban. Ini merupakan penghambat untuk dapat lulus, sebaiknya atur waktu semaksimal mungkin. 

manajemen waktu yang baik

Tetapkan waktu untuk pengerjaan soal misal satu soal selama dua menit. Jika lebih dari itu, sebaiknya melompat ke soal selanjutnya. Atau kamu bisa memilih soal yang mudah terlebih dahulu, kemudian beralih mengerjakan soal yang sulit. Dengan begitu lebih menghemat waktu pengerjaan.

Persiapkan Mental Sebelum Ujian

Selain manajemen waktu yang baik, persiapan mental juga sangat penting jelang ujian. Karena ketenangan dalam mengerjakan soal menjadi kunci dalam menjalankan ujian. Banyak peserta yang panik ketika sedang ujian sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal. 

Latihan Kisi-Kisi Soal CPNS

Ada istilah, hasil tidak akan mengkhianati proses. Oleh sebab itu latihan kisi-kisi soal dapat menjadi sebuah proses yang tepat untuk dapat berhasil lulus menjadi anggota PNS. Ada banyak buku soal-soal latihan yang menjadi bahan pembelajaran. Selain itu, di internet juga banyak contoh-contoh soal latihan ujian SKD, TIA, TWK dan TKP. 

Di internet juga banyak e-commerce yang menjual buku kumpulan kisi-kisi soal CPNS yang lengkap dari tahun ke tahun sebagai bahan pembelajaran yang berharga. Untuk pengiriman barang online yang terpercaya kamu bisa menggunakan Anteraja. Anteraja tersedia di berbagai kota besar di Indonesia serta memiliki layanan regular yang pasti sampai 1-2 hari pengiriman sedangkan layanan next day pasti sampai di esok hari. Pakai Anteraja #pastibawahepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *