Ide Usaha Makanan
Update Aja

13 Ide Usaha Makanan Terbaik Yang Menguntungkan dan Laris

Bidang usaha makanan menjadi salah satu lapangan bisnis yang cukup diminati bagi sebagian besar perintis usaha yang baru memulai usaha. Selain karena keuntungan yang diperoleh cukup menggiurkan, usaha kuliner pun disebut sebagai usaha yang tak akan redup sebab semua orang pasti membutuhkan makanan.

Namun begitu, sebelum membuka usaha, kita perlu menentukan makanan yang tepat untuk bisnis kuliner yang akan kita bangun. Nah, kali ini team Anteraja punya sederet ide usaha makanan terbaik untuk kamu jadikan inspirasi. Yuk simak apa saja ide usaha makanan yang menguntungkan dalam artikel berikut ini! 

Usaha Makanan yang Paling Laris

1. Rice bowl

Ide Usaha Makanan

Rice bowl merupakan salah satu jenis kuliner cepat saji yang banyak diminati oleh pelanggan, khususnya para karyawan yang tak punya cukup waktu untuk membeli makanan. Umumnya rice bowl berisi paket nasi, lauk dan sayuran pilihan yang disajikan dalam mangkuk sehingga menu yang tersaji cukup lengkap dan ringkas. Cara memakannya pun sangat mudah sehingga tak heran jika makanan ini sering menjadi pilihan banyak orang. Kamu bisa membuat kreasi yang unik dan banyak disukai orang dengan pilihan bumbu dan menu lauk untuk disajikan dalam rice bowl. 

2. Ayam Geprek

Ide Usaha Makanan

Siapa sih, yang belum tahu menu satu ini? Betul sekali, menu ayam geprek rupanya masih menjadi makanan yang populer di masyarakat luas karena rasanya yang mudah diterima di lidah banyak orang. Biasanya, menu ayam geprek disajikan dengan beberapa level sambal geprek yang membuat pelanggan semakin penasaran dengan level kepedasan yang disajikan dalam menu ayam geprek.

Usaha ayam geprek juga bisa kamu mulai dengan modal kecil loh. Jadi kamu nggak perlu khawatir perlu modal yang besar untuk membuka gerai ayam geprek kamu. Untuk memperluas bisnis, kamu bisa mendaftarkan outlet ayam geprek kamu pada aplikasi pesan antar makanan online yang saat ini banyak digunakan pelanggan untuk memesan makanan secara instan. 

3. Pisang Nugget

Ide Usaha Makanan

Pisang nugget menjadi salah satu jenis kudapan manis yang cukup banyak digemari semua kalangan, mulai dari anak-anak bahkan hingga remaja. Terlebih pisang menjadi buah yang memiliki banyak penggemar. Jajanan sederhana ini dapat kamu kreasikan mulai dari topping hingga pengemasannya untuk dapat menarik hati pembeli. Jangan lupa untuk memberikan promosi yang menarik agar pisang nuggetmu laku keras. 

4. Bento

Ide Usaha Makanan

Meski serupa dengan menu rice bowl, bento dikemas dan diisi dengan jenis makanan yang lebih lengkap dibanding rice bowl. Umumnya menu makanan ini disajikan dalam kotak makanan bersekat untuk memisahkan beberapa menu makanan yang disajikan di dalamnya. Menu makanan bento ini juga nggak kalah laris dibanding rice bowl. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menyediakan katering pesan antar untuk orang-orang yang ingin berlangganan nasi bento buatanmu. 

5. Bisnis Makanan Sehat

Ide Usaha Makanan

Saat ini kesadaran masyarakat untuk memiliki hidup sehat sudah semakin meningkat. Salah satu cara menerapkan hidup sehat adalah dengan memilih jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Maka dari itu, saat ini bisnis makanan sehat mulai menjamur, khususnya di daerah perkotaan. Untuk memulai bisnis makanan sehat, kamu perlu teliti dan cermat dalam memilih jenis makanan dan cara memasak yang tepat agar manfaat yang terkandung di dalam makanan tidak hilang. 

6. Makanan Beku (Frozen Food)

Ide Usaha Makanan

Makanan beku atau frozen food merupakan salah satu ide usaha makanan yang cukup banyak diminati. Hal ini karena frozen food dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, penjualan dan distribusinya pun terbilang cukup mudah karena kamu dapat menjualnya secara online melalui marketplace. Hal ini juga didukung dengan banyaknya layanan pengiriman barang yang juga menawarkan layanan pengiriman instan, salah satunya Anteraja.

Dengan Anteraja yang menyediakan layanan pengiriman same day, frozen food pesanan pembeli akan langsung sampai ke tujuan dengan jaminan barang akan sampai ke alamat tujuan maksimal 8 jam. Anteraja juga dilengkapi dengan fitur yang memudahkan pelangganmu untuk tracking pesanannya. Dengan fitur cek resi, pelangganmu bisa memastikan barang pesanannya sampai pada alamat tujuan dengan tepat. Maka dari itu Anteraja selalu dipercaya sebagai jasa antar barang yang cepat dan aman. 

7. Martabak Topping Kekinian

Ide Usaha Makanan

Makanan satu ini sudah tak diragukan lagi kenikmatannya. Jajanan ini bahkan sudah dikenal di penjuru wilayah Indonesia. Saat ini, usaha martabak sudah mulai berinovasi, mulai dari jenis topping yang kekinian seperti topping Nutella, kitkat, Silver Queen, bahkan hingga keju mozzarella. Untuk memulai usaha ini, kamu bisa belajar cara membuat martabak yang nikmat dan juga mencari tahu macam-macam topping yang saat ini sedang banyak digemari masyarakat. 

8. Croffle

Ide Usaha Makanan

Kudapan bernama croffle saat ini banyak digandrungi sejak mulai viral di Indonesia setelah seorang penyanyi asal Korea Selatan menunjukkan croffle sebagai kudapan favoritnya. Di samping itu, cita rasa croffle yang unik tetap digemari banyak kalangan, khususnya bagi pecinta makanan manis. Kudapan berbahan dasar adonan croissant yang dimasak dengan menggunakan alat mencetak waffle ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu jadikan usaha makanan kekinian dengan keuntungan yang menjanjikan. Kamu juga bisa mengkreasikan croffle buatanmu dengan campuran bahan dan topping yang disukai masyarakat. 

9. Tahu Crispy

Ide Usaha Makanan

Hidangan tahu krispi yang merupakan salah satu varian tahu goreng ini rupanya banyak digemari masyarakat Indonesia baik tua maupun muda. Dibuat dari tahu yang dibentuk dadu kecil dan ditaburi tepung membuat tahu ini memiliki cita rasa yang unik dan sensasi makan yang berbeda. Seperti namanya, tahu ini memiliki kulit yang super renyah sehingga tak heran jika banyak penggemar gorengan yang menyukai tahu crispy ini. Kamu dapat membuka gerai tahu crispy di berbagai tempat ramai seperti di sekitar sekolah, atau bahkan di lokasi pujasera di sekitar Anda. 

10. Pancake

Ide Usaha Makanan

Makanan yang terbuat dari campuran terigu dan bahan lainnya ini termasuk salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar. Tak hanya itu, kudapan ini juga dapat dipadu padankan dengan beragam jenis topping seperti ice cream, sirup maple, bahkan hingga potongan buah beri segar. Kamu juga bisa membuat kreasi pancake yang lebih diterima oleh lidah masyarakat dengan topping unik seperti Nutella dan lain sebagainya. 

11. Toast

Ide Usaha Makanan

Toast atau yang juga dikenal dengan sebutan roti bakar ini menjadi kudapan yang banyak dipilih orang karena cita rasanya yang sangat unik. Roti bakar ini bisa kamu kreasikan dengan beragam topping baik manis maupun topping asin. Tak hanya itu, kamu juga bisa memperluas bisnis makanan roti bakar ini dengan menambahkan menu seperti kopi, jus, teh dan lain sebagainya. 

12. Burger Kekinian

Ide Usaha Makanan

Burger kekinian menjadi salah satu makanan kekinian yang banyak digemari berbagai kalangan masyarakat. Menu fast food ini banyak digemari karena rasanya yang unik dan memiliki gizi yang cukup banyak. Bisnis ini dapat kamu kembangkan dari segi isian burger atau bahkan roti burger yang digunakan. 

13. Dimsum Mentai

Ide Usaha Makanan

Kudapan asal Tiongkok ini dikenal sebagai salah satu makanan kecil yang banyak digemari karena kenikmatan isian dimsum yang cukup beragam. Mulai dari daging ayam, udang, kepiting, dan juga daging babi. Biasanya dimsum disajikan bersama saus sambal untuk menambah cita rasa pedas. Namun rupanya saat ini sudah banyak yang membuat kreasi saus dimsum, salah satunya yang saat ini terkenal adalah saus mentai. Cita rasanya yang unik membuat dimsum mentai banyak digemari masyarakat. 

Nah, itu dia sederet ide usaha makanan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Kamu juga perlu mempertimbangkan dengan matang jenis makanan yang dapat kamu jajakan agar usaha makanan yang kamu bangun bisa laku keras dan memperoleh keuntungan yang melimpah. Jangan lupa untuk mempersiapkan strategi yang matang sehingga usaha makananmu bisa berkembang dengan luas di seluruh penjuru negeri. Semoga berhasil, ya! 

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *