11 Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik di 2021

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik

Siapa sih yang nggak mau menjalankan usaha dengan modal yang kecil namun bisa mendapatkan untung yang besar? Pasti kalian semua mau kan? Tenang aja, ini bukan mimpi. Ada beberapa jenis usaha yang bisa dijalankan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar, bahkan ada beberapa usaha yang tidak memerlukan modal sama sekali. Pasti kamu penasaran banget kan?

Nah biar kamu nggak perlu menunggu lama, kamu langsung simak terus deh artikel ini. Soalnya Anteraja udah merangkum 11 jenis usaha modal kecil untuk besar yang bakal menjanjikan di tahun 2021 ini! Ditambah lagi, Anteraja juga udah menyiapkan tipis menjalankan usaha supaya kamu memiliki banyak referensi untuk berbisnis. Yuk langsung simak di bawah!

Rekomendasi Usaha Modal Kecil Untung Besar

1. Bisnis Laundry Sepatu

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Bisnis Laundry Sepatu

Bisnis pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah bisnis laundry sepatu. Namun sebelumnya kamu harus mengetahui apa saja bahan-bahan yang digunakan pada sepatu dan bagaimana cara mencucinya agar tidak rusak. Kemudian gunakan modal kamu untuk membeli peralatan dan sabun untuk mencuci sepatu. Untuk memperkecil keluarnya uang untuk modal, kamu bisa menjalankan bisnis ini dari tempat tinggal kamu tanpa perlu menyewa tempat untuk membuka usaha. Maksimalkan dulu kebersihan dan kecepatan kamu dalam mencuci sepatu.

2. Usaha Jastip

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Usaha Jastip

Tren jastip semakin meningkat di tahun 2021 akibat pandemi Covid-19 yang masih belum usai, karena banyak orang menghindari bepergian dan lebih memilih jastip untuk membeli barang yang diinginkan. Biasanya pasar terbesar dari bisnis jastip ini adalah wanita, sehingga kamu harus menyediakan barang-barang yang paling dicari oleh mereka. Kamu bisa menyediakan jastip untuk barang-barang yang tersedia di mall, seperti produk fashion, produk kosmetik, produk perawatan tubuh, dan sebagainya.

3. Usaha Jasa Desain Grafis

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Usaha Jasa Desain Grafis

Tidak semua orang memiliki skill desain grafis, namun jasa desain grafis sangat dibutuhkan banyak orang. Ini bisa menjadi kesempatan besar apabila kamu memiliki skill desain grafis yang bisa diandalkan. Kumpulkan semua hasil desain yang pernah kamu kerjakan sebelumnya, kemudian jadikan sebuah portofolio agar orang atau perusahaan yang membutuhkan bisa melihat hasil desain yang kamu kerjakan. Patok harga yang sepadan bagi kedua belah pihak supaya kamu dan klien nyaman dan bisa selalu bekerja sama.

4. Menjadi Translator

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Menjadi Translator

Kemampuan menguasai bahasa asing memang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang Indonesia, sehingga jasa translator seringkali sangat dibutuhkan. Untuk itu kamu harus memanfaatkan skill bahasa asing kamu untuk dijadikan usaha yang menguntungkan. Kamu bisa mengincar para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis untuk menerjemahkan jurnal, wawancara, atau buku yang menggunakan bahasa asing. Tingkatkan reputasi kamu dan mencari relasi lebih banyak, sehingga kamu bisa menjadi translator di skala yang lebih besar.

5. Usaha Reseller

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Usaha Reseller

Jika kamu ingin menjalankan usaha reseller, pastikan kamu menjual barang-barang yang banyak dicari dan mudah terjual. Misalnya seperti produk fashion wanita, produk kosmetik, produk hijab, dan sebagainya. Dengan modal yang kecil, hindari menyetok barang terlalu banyak. Lihat dulu produk mana yang paling banyak terjual, barulah kamu perbanyak stok dari produk tersebut. Atau kamu juga bisa mengadakan sistem pre-order untuk beberapa produk supaya kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyetok barang.

6. Usaha Dropship

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Usaha Dropship

Buat kamu yang tidak mau terlalu repot dalam menjalankan bisnis, usaha dropship ini bisa menjadi pertimbangan menarik. Pasalnya bisnis ini bisa saja tidak membutuhkan modal sama sekali, karena pada dasarnya kamu hanya menyediakan jasa untuk membelikan barang yang dipesan oleh konsumen kepada supplier. Nah untuk itu kamu harus mendapatkan supplier yang terpercaya dengan harga yang murah, supaya kamu bisa menaikan harga jual yang tidak terpaut sangat tinggi.

7. Usaha Minuman atau Makanan Kekinian

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Usaha Minuman atau Makanan Kekinian

Inovasi berbagai jenis makanan dan minuman memang tidak akan ada matinya. Pasti setiap tahun selalu ada jenis makanan atau minuman baru yang enak dan menjadi sasaran banyak orang. Nah apabila kamu memiliki ide yang bagus untuk menciptakan jenis kuliner baru, nggak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menjualnya. Misalnya kamu bisa berinovasi pada buah pisang atau minuman dari buah untuk dijadikan sebuah jenis kuliner baru yang belum ada sebelumnya.

8. Usaha Thrift Shop

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Usaha Thrift Shop

Pakaian bermerek memang akan menjadi pilihan banyak orang, namun banyak juga orang yang lebih memilih pakaian dengan harga yang sangat murah. Nah ini lah yang membuat tren thrifting sangat digemari oleh banyak orang, terlebih lagi oleh para anak-anak muda. Namun kamu harus bisa menemukan pakaian yang memiliki model kekinian masih sangat layak untuk dipakai. Untuk itu kamu harus mencari supplier pakaian bekas yang bisa menyediakan produk pakaian yang kamu inginkan.

9. Usaha Aksesoris Handphone

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Usaha Aksesoris Handphone

Hampir semua orang pasti memiliki handphone, sehingga aksesoris handphone juga wajib dimiliki. Aksesoris handphone yang paling sering dicari biasanya adalah casing, kabel, dan kepala charger. Untuk itu kamu harus menyediakan produk-produk tersebut. Atau kamu juga bisa fokus untuk berjualan casing yang lucu-lucu dan disukai para wanita, karena kebanyakan wanita sangat menyukai mengoleksi casing yang menurut mereka lucu dan bagus.

10. Usaha Produk Digital

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Usaha Produk Digital

Di zaman yang sudah digital seperti sekarang, produk-produk digital pun sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Beberapa produk digital yang banyak dicari adalah voucher belanja, top-up game online, voucher layanan streaming musik dan film, dan masih banyak lagi. Nah kamu bisa mengincar anak-anak muda sebagai pasar dari produk digital seperti ini, karena mereka lah yang banyak menggunakannya. Apalagi berbagai voucher top up game online seperti game Mobile Legends dan  PUBG Mobile.

11. Jual Produk Handmade

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Jual Produk Handmade

Banyak orang menyukai mengoleksi produk-produk handmade, karena produk handmade memiliki seni dan nilai lebih bagi sebagian orang. Nah jika kamu memiliki skill membuat barang-barang handmade, kamu bisa memulai untuk mencobanya. Ada banyak produk handmade yang bisa dibuat seperti aksesoris gantungan kunci, kalung, gelang, dan sebagainya. Atau meja, kursi, dan alat-alat rumah tangga lainnya. Biasanya orang rela membayar mahal untuk produk handmade karena bisa sekaligus mengapresiasi si pembuatnya.

Tips Usaha/Bisnis dari Anteraja

Usaha Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan dan Terbaik - Tips Usaha Bisnis dari Anteraja

1. Pilih Usaha yang Sesuai dengan Passion Kamu

Passion akan membuat kamu lebih bergairah dan bersemangat ketika menjalankan usaha, sehingga kamu harus mengikuti passion untuk menentukan usaha yang ingin dijalankan. Jika kamu passion pada suatu bidang, pasti kamu sudah memiliki referensi dan teori untuk dijadikan sebuah gambaran ketika menjalankan usaha. Sehingga kamu tinggal mengembangkannya dan mengaplikasikan teori tersebut di lapangan.

2. Jangan Lupa Berinovasi

Jangan sampai kamu tertinggal oleh zaman atau bahkan tertinggal oleh kompetitor kamu. Salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah berinovasi supaya kamu bisa mengikuti perkembangan zaman. Banyak hal yang bisa kamu inovasikan seperti produk yang kamu jual, cara pembayaran, atau layanan pengiriman yang sudah modern. Nah tentu Anteraja bisa menjadi pilihan kamu, karena semua yang kamu perlukan bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi Anteraja pada handphone kamu. Berbagai informasi tentang promo, harga ongkir, dan tracking paket bisa kamu akses dengan mudah. Tinggal cek ongkir aja untuk info harga ongkir dan cek resi untuk melacak paket yang sedang dikirim. Mudah banget kan? Nah dengan menggunakan Anteraja, kamu sudah berinovasi di bidang pengiriman untuk memudahkan konsumen.

3. Promosikan Usaha Kamu

Nah berpromosi adalah hal yang paling penting, karena kamu harus mengenalkan usaha yang baru kamu buat kepada calon konsumen kamu. Manfaatkan berbagai platform yang bisa kamu gunakan untuk berpromosi dan sesuaikan dengan target pasar kamu. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk berpromosi secara online, atau kamu juga bisa menggunakan banner, poster, atau spanduk untuk berpromosi secara offline.

Bagaimana, rekomendasi usaha tadi sangat menarik kan? Makanya nggak usah pikir panjang lagi, langsung aja tentukan usaha yang ingin kamu jalankan dan curahkan semua ide kamu untuk menyiapkan strategi bisnis yang tepat. Jangan lupa, ajak juga teman atau kerabat kamu untuk dijadikan partner. Supaya kamu bisa mendapat banyak masukan dan ide apabila kamu tidak melakukannya sendiri. Semoga berhasil ya, karena Anteraja bakal selalu mendukung bisnis kamu dengan memberikan layanan pengiriman terbaik!