Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan
Update Aja

13 Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan

Pedesaan dan perkotaan memiliki perbedaan dari kebiasaan dan mata pencaharian warganya. Sehingga beberapa usaha yang ada di perkotaan belum tentu ada di pedesaan atau perkampungan. Nah ini yang membuat pedesaan tidak memiliki banyak jenis usaha seperti di perkotaan. Untuk itu bagi kamu yang tinggal di pedesaan, kamu bisa membuat desa kamu memiliki banyak ladang usaha dan membuka lahan pekerjaan bagi warga desa kamu.

Memang tidak semua usaha di perkotaan tidak bisa dijalankan di pedesaan, begitupun sebaliknya. Namun tentu ada usaha yang malah cocok dijalankan di pedesaan, karena kebutuhan warganya akan barang tertentu tidak sebesar di perkotaan. Nah kamu bisa lanjutin baca artikelnya sampai selesai, karena di bawah ini ada banyak sekali usaha yang cocok di perkampungan. Makanya langsung simak aja yuk sampai selesai, jangan ada yang terlewat, ya!

Jenis Usaha yang Cocok di Pedesaan dan Perkampungan

1. Buka Minuman Kekinian

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Buka Minuman Kekinian

Usaha minuman kekinian pasti sudah merebak di kota-kota besar, apalagi minuman boba kekinian dari luar negeri yang sangat ngetren. Minuman kekinian ini sangat disukai orang, terlebih lagi oleh anak-anak muda. Nah kamu bisa juga untuk menjual racikan minuman kekinian yang kamu buat dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya es kopi susu, jus buah dengan topping, boba, Thai Tea, dan sebagainya. Pasti banyak juga orang di daerah kamu yang ingin mencicipinya.

(Baca juga: bisnis minuman kekinian)

2. Bisnis Tanaman Hias

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Bisnis Tanaman Hias

Bisnis ini kemungkinan bisa sangat laku jika kamu membukanya di pedesaan dibandingkan dengan di perkotaan. Biasanya rumah-rumah di perkampungan masih memiliki halaman yang luas, sehingga banyak orang-orang di sana yang memelihara dan mengoleksi tanaman hias. Dengan berjualan tanaman hias, kamu bisa membantu untuk menambah koleksi-koleksi tanaman hias mereka.

3. Membuka Toko Kelontong

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Membuka Toko Kelontong

Biasanya di perkampungan belum terlalu banyak berdiri minimarket waralaba seperti di kota-kota besar, yang mana kehadiran toko kelontong tidak sebanyak minimarket waralaba. Nah jika minimarket waralaba belum banyak di tempat kamu, membuka toko kelontong akan menguntungkan kamu. Pasti mereka yang ingin membeli sembako atau kebutuhan lainnya akan membeli di toko kelontong kamu. Apalagi jika kamu menjual barang yang dibutuhkan dengan lengkap dan memiliki harga yang terjangkau. 

4. Membuka Cafe

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Membuka Cafe

Semua orang butuh tempat bersantai untuk berkumpul bersama teman, maka itu cafe selalu menjadi tujuan banyak orang untuk refreshing. Membuka cafe sangat cocok untuk kamu yang tinggal di pedesaan, apalagi daerah kamu berada di dataran tinggi yang memiliki suhu udara sangat sejuk. Kamu dapat membuka cafe dengan konsep outdoor tanpa harus mengeluarkan modal lebih untuk membeli pendingin ruangan dan membayar kebutuhan listriknya.

(Baca juga: Franchise Yang Menjanjikan)

5. Usaha Ternak Ayam

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Usaha Ternak Ayam

Orang Indonesia sangat menyukai ayam, karena ayam memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah diolah menjadi makanan jenis apapun. Untuk itu kebutuhan orang akan ayam selalu tinggi, apalagi bagi pemilik warung makan. Ternak ayam menjadi usaha yang patut kamu pertimbangkan, karena kamu bisa menjual daging ayam dari hasil ternak kamu. Pasti banyak orang dan pemilik warung makan memilih kamu untuk menyuplai ayam untuk kebutuhan mereka.

6. Membuka Pom Bensin Mini

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Membuka Pom Bensin Mini

Pom bensin adalah kebutuhan bagi orang-orang yang memiliki kendaraan bermotor untuk mengisi bahan bakar, sehingga pom bensin pasti dicari oleh banyak orang. Mungkin di perkampungan, pom bensin hanya ada di jalan-jalan raya yang dilewati banyak kendaraan. Namun sangat jarang sekali ada pom bensin besar di daerah pemukiman yang tidak memerlukan perjalanan jauh untuk mendatanginya. Untuk itu membuka usaha pom bensin mini akan membawa keuntungan yang luar biasa, karena tetangga sekitar kamu pasti akan lebih memilih membeli bensin di tempat kamu.

7. Bisnis Tanaman Hidroponik

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Bisnis Tanaman Hidroponik

Pada dasarnya, teknik hidroponik adalah cara menanam tanpa tanah dan hanya menggunakan air saja. Namun penggunaan airnya juga lebih efisien, sehingga penggunaan airnya tidak sebanyak seperti cara menanam konvensional. Kebetulan tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik adalah sayuran seperti selada, tomat, timun, bayam, dan lain-lain. Kabar baiknya, semua sayuran tadi bisa kamu jual, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tanaman hidroponik kamu.

8. Budidaya Ikan Lele

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Budidaya Ikan Lele

Ikan lele adalah ikan yang murah, enak, dan sudah menjadi ikan yang lumayan sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Bahkan banyak sekali tersebar warung pecel lele di hampir semua daerah, terlebih lagi di Pulau Jawa. Ini membuat ikan lele sangat dicari oleh banyak orang untuk dikonsumsi. Cobalah untuk bisnis budidaya ikan lele, karena penjualan ikan lele selalu menguntungkan. Apalagi budidaya ikan lele tidak membutuhkan modal yang besar, namun bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat lebih banyak.

9. Menjadi Reseller

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan- Menjadi Reseller

Berjualan barang selalu memiliki kesempatan besar untuk bisa mendapatkan keuntungan, untuk itu kamu bisa mencoba untuk menjadi reseller barang. Kamu bisa menjadi reseller pakaian, peralatan masak, atau aksesoris handphone. Usahakan jual barang yang pasti dicari orang dan bukan barang musiman. Jangan lupa untuk mencari pemasok terpercaya, agar kamu bisa mendapatkan barang kualitas terbaik dengan harga yang sesuai.

10. Menjadi Dropshipper

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Menjadi Dropshipper

Kamu bisa berjualan barang dengan memilih menjadi dropshipper jika modal kamu tidak besar. Sama seperti reseller, kamu juga harus menjual barang yang pasti dicari seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi. Namun tentunya kamu tidak memerlukan modal banyak untuk menjadi dropshipper dan kamu juga tidak memiliki risiko kerugian yang besar, tidak seperti menjadi reseller. Untuk itu tentukan sistem berjualan yang sesuai dengan modal, waktu, dan kemampuan kamu.

11. Jasa Desain dan Printing

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Jasa Desain dan Printing

Jasa desain dan printing selalu dibutuhkan, karena banyak hal yang bisa digunakan dari sebuah desain dan printing. Misalnya ada orang yang membutuhkan jasa untuk mendesain spanduk untuk warung makan yang baru mereka buat atau sekedar desain untuk pekerjaan dan tugas sekolah. Selain jasa desain, jasa printing juga sangat penting, karena mereka pasti membutuhkan hasil fisik dari desain yang kamu buat. Untuk itu, kamu harus memiliki modal lebih untuk membuka jasa desain ditambah dengan printing. Soalnya bisnis ini sangat bisa kamu jalankan jika modal kamu lumayan banyak.

12. Pangkas Rambut

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Pangkas Rambut

Kamu punya skill dalam memangkas rambut? Coba deh untuk membuka bisnis pangkas rambut di daerah kamu, pasti menguntungkan. Apalagi jika belum ada pangkas rambut di daerah kamu sebelumnya, kamu bisa menjadi orang pertama yang berbisnis pangkas rambut. Nggak perlu modal besar kok, kamu bisa memanfaatkan bagian rumah kamu untuk dijadikan tempat pangkas rambut. Tidak perlu terlalu besar, usahakan tempat kamu bersih dan nyaman.

13. Berjualan Pulsa dan Produk-Produk Digital

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Berjualan Pulsa dan Produk-produk Digital

Berjualan pulsa masih sangat laku di beberapa daerah, karena kebanyakan orang belum memahami cara membeli pulsa melalui marketplace atau bank elektronik. Nggak ada salahnya untuk kamu berjualan pulsa, soalnya pulsa masih sangat dibutuhkan untuk komunikasi. Selain itu kamu juga bisa membuat produk-produk digital, seperti paket data, voucher game, tiket transportasi, dan sebagainya.

Selain itu team Anteraja juga menyediakan aneka Artikel tentang tips bisnis/usaha lainnya yang bisa kamu jalani dan menjadi bisnis kamu loh, Berikut ialah sedikit dari Artikel tentang Bisnis/Usaha dari Anteraja:

Wah ternyata banyak banget ya usaha yang cocok di pedesaan dan bisa kamu jadikan ladang untuk mencari uang. Jadi tunggu apalagi? Langsung aja tentukan usaha apa yang sesuai dengan keinginan kamu! Nah kalau mencari jasa pengiriman yang cocok di pedesaan, tentu Anteraja yang memiliki wilayah pengiriman luas. Biar kamu nggak penasaran, coba kamu Cek Ongkir untuk tentukan pengiriman ke tujuan kamu, selain itu kamu juga bisa langsung mengetahui ongkirnya. Setelah mengirim barang, kamu akan diberikan nomor resi yang bisa kamu gunakan untuk tracking posisi paket kamu dengan Cek Resi. Jadi kamu nggak perlu galau barang yang kamu kirim sudah berada dimana.

Yuk segera mulai bisnis kamu! Dengan kamu memulai bisnis, kamu dapat membantu warga di daerah kamu yang membutuhkannya. Selain itu kamu juga mengembangkan produk-produk lokal yang dapat membantu mengembangkan ekonomi. Jadi jangan lupa untuk selalu bersabar untuk membangun usaha kamu hingga menjadi usaha yang besar. Semoga berhasil!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *