usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan
Update Aja

15 Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Dan Menguntungkan Di Pedesaan

Perkotaan dan pedesaan memiliki peluang bisnis yang berbeda. Apabila usahamu lancar dan untung di perkotaan, belum tentu hal yang sama terjadi ketika kamu membawa bisnis tersebut ke pedesaan. Begitu juga sebaliknya. Hal ini dikarenakan, gaya hidup serta standar ekonomi yang berbeda. Kebutuhan mulai dari sandang, pangan, papan tentunya tidak sama dengan di perkotaan.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memulai usaha di pedesaan. Berbisnis bisa dilakukan di mana saja asal kamu mendalami strategi pemasaran 4P, yaitu product, price, place, dan promotion. Kamu harus tahu produk apa yang cocok untuk dijual, berapa harga yang tepat berdasarkan modal yang dikeluarkan, memahami tempat yang akan dijadikan pasar, dan melakukan promosi dengan benar. Lebih lengkapnya, berikut tips bagi pemula untuk memulai usaha di pedesaan.

Tips Usaha di Pedesaan

–          Analisa Pasar

Ketahui medan sebelum berperang, mungkin istilah ini juga berlaku untuk orang-orang yang ingin memulai usaha. Sebelum memutuskan usaha apa yang ingin dibuat, kamu harus menganalisa bagaimana kondisi pasar di daerah tersebut. Bukan secara eksplisit kamu harus pergi ke pasar beneran, tapi kamu harus tahu produk atau barang apa yang sudah banyak dijual di sana dan bagaimana perilaku konsumen di tempat itu. Produk atau jasa yang kamu jual harus berbeda dari yang ada di daerah tersebut, maka dari itu kamu harus menganalisa pasar.

–          Jangan Takut Berinovasi

Agar usahamu berbeda dari yang lain, maka berinovasilah! Jangan takut untuk menjadi beda dari yang lain karena konsumen mungkin cenderung mencari sesuatu yang jarang ditemui. Bukan hanya itu, inovasi juga perlu untuk memajukan bisnis agar tidak stuck dan konsumen tidak bosan.

–          Jangan Takut Rugi dalam Usaha

Rugi adalah salah satu langkah yang harus kamu lewati dalam menjalani usaha atau bisnis. Ini adalah hal yang lumrah bagi setiap pengusaha untuk mengalami kerugian. Dengan melalui momen ini, kamu bisa mengevaluasi usahamu dan memperbaiki apa yang salah. Jadi, jangan patah semangat dan bangkit kembali untuk memulai awal yang baru.

Lalu, apa aja sih usaha yang cocok untuk pedesaan? Nah, kamu bisa simak daftar di bawah ini dan jangan sampai ada yang terlewat ya!

Usaha yang Cocok Untuk Pemula Dan Menguntungkan di Pedesaan

1.   Minuman Kekinian

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Minuman boba atau sejenisnya saat ini sedang populer di tiap sudut kota. Membawa bisnis ini ke pedesaan tampaknya masih aman karena harganya yang juga terjangkau. Produk minuman ini juga cenderung disukai banyak orang, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Karena minuman kekinian mulai banyak ditemui, kamu harus mencari tahu apakah di daerah kamu sudah ada yang menjual atau belum. Kalau sudah ada, kamu perlu berinovasi sehingga produk minuman kamu berbeda dengan penjual lain.

2.   Toko Kelontong

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Membuka Toko Kelontong

Di pedesaan biasanya masih sulit ditemukan minimarket. Oleh karena itu, toko kelontong menjadi tempat yang paling banyak dicari masyarakat pedesaan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa menjual segala jenis produk kebutuhan rumah, mulai dari sabun, shampo, sembako, dan masih banyak lagi dengan harga yang terjangkau.

3.   Coffee Shop

Sama halnya dengan minimarket, Coffee Shop juga masih jarang ditemukan di pedesaan. Padahal, tempat ini asyik untuk bersantai atau berkumpul bersama teman. Ini juga bisa menjadi tempat singgah singkat bagi wisatawan dari perkotaan untuk sekadar menikmati suasana pedesaan yang asri. Kamu bisa membuka Coffee Shop dengan tema alam dan dengan inovasi menu tradisional yang terjangkau.

4.   Ternak Ayam

Tertarik Usaha Ayam Geprek? Begini Tips Usahanya Untuk Pemula - Memilih Supplier Ayam dan Bahan-bahan

Daging ayam adalah makanan pokok orang Indonesia. Selain harganya yang cukup terjangkau, daging ayam juga mudah diolah menjadi menu makanan apapun. Untuk itu, permintaan pasar terhadap ayam selalu tinggi. Nah, kamu bisa buka ternak ayam di pedesaan untuk disuplai ke rumah makan atau restoran yang membutuhkannya.

5.   Tanaman Hidroponik

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Bisnis Tanaman Hidroponik

Karena halaman yang masih luas dan udara yang lebih sejuk dan asri dibanding perkotaan, desa menjadi tempat yang tepat untuk usaha tanaman hidroponik. Tidak membutuhkan modal yang besar, kamu hanya perlu menyiapkan air dan pipa yang dilubangi. Hasilnya bisa kamu jual ke supermarket atau tempat-tempat di perkotaan karena konsumennya rela untuk membayar lebih.

6.   Budidaya Ikan Lele

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Budidaya Ikan Lele

Warung Pecel Lele sangat mudah ditemukan di pinggir jalan. Ini menunjukkan tingginya kebutuhan ikan lele bagi pemilik usaha warung pecel lele. Jadi, kamu tidak akan kesulitan mencari konsumen apabila ingin memulai budidaya ikan lele. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, tapi keuntungan yang ditawarkan bisa berlipat-lipat ganda.

7.   Mini Pom Bensin

Usaha yang Cocok di Pedesaan, Modal Kecil dan Menguntungkan - Membuka Pom Bensin Mini

Sepeda motor kini menjadi transportasi utama di perkotaan maupun di pedesaan. Sayangnya, pom bensin di pedesaan tidak sebanyak yang ada di perkotaan. Untuk itu, membuka mini pom bensin tampaknya berpeluang besar, khususnya apabila di daerah kamu belum ada pom bensin.

8.   Pulsa dan Produk Elektronik

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Di era yang serba digital ini, orang-orang sudah mulai melek teknologi termasuk di masyarakat pedesaan. Internet yang kini menjangkau lebih banyak pelosok di Indonesia juga meningkatkan penggunaan produk elektronik seperti smartphone dan tablet. Dan mereka tentu membutuhkan pulsa untuk bisa mengaktifkan kuota internet, karena masih jarang yang menggunakan WiFi. Tentu tidak ada salahnya membuka usaha pulsa dan produk elektronik.

9.   Pangkas Rambut

Tempat pangkas rambut di pedesaan tidak memerlukan modal yang besar. Asalkan kamu punya skill memangkas rambut, kamu bisa membuka tempat di halaman rumah, menyiapkan bangku yang proper dan peralatan seperti gunting, sisir, dan spray. Tapi ingat, jangan patok harga yang terlalu mahal seperti di perkotaan, ya!

10.   Jasa Desain dan Printing

Desain dan printing dibutuhkan di perkotaan maupun di pedesaan. Di pedesaan, jasa ini dibutuhkan bagi orang-orang yang memiliki usaha dan membutuhkan spanduk untuk media promosi. Mereka biasanya juga meminta untuk dibuatkan desain. Maka dari itu, sangat beruntung bagi kamu yang punya kemampuan desain digital.

11.   Reseller

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Dropshipper Atau Menjadi Reseller

Kamu bisa menjadi reseller dari pemasok di kota. Pastikan barang yang ingin kamu jual kembali banyak dicari di pedesaan, seperti pakaian, peralatan masak, atau barang-barang lainnya. Tidak perlu bolak-balik ke kota, kamu bisa memanfaatkan layanan jasa AnterAja! untuk mengantar produk reseller dari pemasok ke alamat rumah kamu. Selain itu, cari pemasok yang terpercaya dan terjangkau, namun dengan kualitas yang tidak ecek-ecek.

12.   Jahit Baju

Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, kebutuhan akan pakaian juga semakin tinggi. Memulai usaha jahit di pedesaan cukup menjanjikan, apalagi kamu punya selera yang lebih modern dan modis. Dengan banyaknya alat jahit canggih, kamu bisa membuat pesanan baju dengan cepat dan rapi sesuai keinginan konsumen.

13.   Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan mungkin cocok untuk pedesaan yang kerap kali kedatangan wisatawan dari luar kota. Kamu bisa memulai dengan bahan-bahan yang banyak ditemukan di daerah desamu dan berkreasi menciptakan sesuatu yang memiliki nilai jual dari bahan baku tersebut.

14.   Agen Gas

Banyak orang kini sudah beralih menggunakan gas elpiji daripada kayu bakar. Usaha ini cukup memuaskan apalagi di pedesaan yang mulai melakukan peralihan. Namun untuk bisa jadi pengecer gas elpiji, kamu harus memenuhi beberapa syarat administrasi yang ditetapkan oleh pertamina setempat.

15.   Rental PS

Punya PlayStation dan televisi flat atau monitor di rumah? Ini bisa kamu jadikan modal usaha rental PS. Dijamin, kamu bakal kebanjiran pelanggan tiap harinya, apalagi di hari libur. Selain itu, kamu juga bisa sembari menjual makanan atau minuman ringan, karena siapa tahu tempat kamu jadi basecamp anak-anak di lingkungan sekitar.

Banyak juga kan ragam usaha yang bisa kamu mulai di pedesaan. Intinya, jangan pernah takut untuk memulai. Di manapun dan apapun itu, bisa kamu jadikan usaha, asal kamu berani berinovasi. 

Nah kalau mencari jasa pengiriman yang cocok di pedesaan, kamu bisa pilih Anteraja yang memiliki wilayah pengiriman luas. Biar kamu nggak penasaran, coba kamu Cek Ongkir untuk tentukan pengiriman ke tujuan kamu, selain itu kamu juga bisa langsung mengetahui ongkirnya. Setelah mengirim barang, kamu akan diberikan nomor resi yang bisa kamu gunakan untuk tracking posisi paket kamu dengan Cek Resi. Jadi kamu nggak perlu galau barang yang kamu kirim sudah berada dimana.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *