vitamin d yang bagus
Update Aja

11 Merk Suplemen Vitamin D yang Bagus dan Terbaik Untuk Segala Usia

Di era pandemi ini, kesehatan menjadi hal terpenting yang harus kita perhatikan. Bukan hanya memakai masker dan mencuci tangan, tapi kita juga harus merawat tubuh dari dalam, khususnya kesehatan tulang yang kerap dilupakan oran-orang. Tulang adalah bagian tubuh yang paling krusial. Tanpa tulang yang sehat, kita tidak bisa berjalan atau melakukan aktivitas layaknya orang normal. 

Maka dari itu, penting bagi kita untuk memerhatikan dan merawat kesehatan tulang, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen vitamin D. Jangan dikira suplemen vitamin D hanya diminum untuk orang lanjut umur yang sudah memiliki deretan keluhan pada tulang. Namun sejatinya, kita harus merawat tulang sejak dini.

Sedari kecil, kita sudah dibiasakan mengonsumsi vitamin D lewat susu formula, untuk membantu perkembangan tulang pada anak. Sedangkan, anak-anak yang kekurangan vitamin D akan menyebabkan banyak kasus rakhitis dan penyakit tulang.

Lalu, apakah vitamin D hanya diperuntukkan untuk tulang saja? Simak artikel ini untuk tahu lebih dalam tentang vitamin D dan rekomendasi merek vitamin D yang bagus untuk segala usia.

Apa Itu Vitamin D?

Vitamin D adalah nutrisi yang bermanfaat untuk pembentukan tulang, serta menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot. Vitamin D terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari langsung. Selain itu, kelenjar paratiroid dalam tubuh juga berfungsi merangsang usus dan ginjal untuk menghasilkan vitamin D guna menyerap kalsium lebih banyak.

Vitamin D juga banyak ditemui dalam kandungan makanan, seperti jamur, kuning telur, serta ikan. Meski demikian, masih banyak ditemukan kasus orang kekurangan vitamin D. Hal ini mungkin disebabkan karena kurang terkena paparan sinar matahari dan jarang mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas.

Untuk mengatasi ini, orang-orang mulai mengonsumsi suplemen vitamin D. Suplemen vitamin D sendiri terdiri dari beberapa jenis, di antaranya vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 berasal dari tumbuhan, sedangkan vitamin D3 berasal dari hewan. Kedua jenis vitamin ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup.

Memilih suplemen vitamin D yang cocok untuk tubuh juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang akan kami jelaskan pada panduan di bawah ini.

Cara Memilih Suplemen Vitamin D

1. Ketahui bahannya

Suplemen vitamin biasanya dikombinasikan dengan zat aktif lainnya. Untuk vitamin D, biasanya dipadukan dengan kalsium, isoflavon, atau zinc. Kombinasi setiap zat aktif memiliki manfaat yang berbeda. Jadi, ketahui lebih dulu apa yang tubuh kamu butuhkan, lalu pilih suplemen vitamin D dengan kombinasi zat aktif yang cocok dengan kebutuhanmu.

2. Pilih Produk yang Mengandung Vitamin D3

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin D terdiri dari dua jenis, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Namun di antara dua jenis tersebut, vitamin D3 telah teruji lebih efektif untuk tubuh manusia dibandingkan vitamin D2. maka dari itu, pastikan suplemen yang kamu konsumsi mengandung vitamin D3.

3. Tanya Dokter untuk Vitamin D Terbaik

Cara terakhir agar kamu tidak salah pilih adaalah konsultasi dengan dokter. Jika kamu keluhan akut terkait masalah kekurangan vitamin D, dokter biasanya akan menyarankan jenis suplemen vitamin apa yang cocok untuk kondisimu. Kamu juga harus mematuhi pantangan yang diberikan dokter, agar suplemen bekerja dengan baik di dalam tubuh.

Sudah paham untuk memilih suplemen vitamin D yang bagus, kini saatnya kamu mengetahui rekomendasi suplemen vitamin D terbaik. 

Rekomendasi Vitamin D yang Bagus

1.    Doctor’s Best Vitamin D3 5000 IU

vitamin d yang bagus

Suplemen satu ini wajib masuk daftar belanja kesehatan kamu! Selain mengandung vitamin D3, suplemen vitamin D dari Doctor’s Best ini juga bebas GMO dan gluten, sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Meski begitu, kamu tidak boleh berlebihan mengonsumsi suplemen ini karena dosisi vitamin D3 nya yang tinggi, yakni 5.000 IU

2.     Blackmores Vitamin D.1000 IU

vitamin d yang bagus

Blackmores memiliki kandungan vitamin D3, namun dengan dosis yang lebih tinggi, yakni 1.000 IU. Suplemen ini juga dilengkapi zat kalsium magnesium yang baik untuk tulang. Dalam satu kemasan botol, terdapat 60 kapsul suplemen.

3.    Puritan’s Pride Absorbable Calcium 600mg plus Magnesium 300mg & Vitamin D 1000 IU

vitamin d yang bagus

Dari nama produknya saja sudah panjang, menunjukkan banyaknya kombinasi dalam suplemen ini. Tidak hanya mengandung vitamin D3, tapi suplemen dari Puritan’s Pride ini mengandung 300 mg magnesium dan 600 mg kalsium. Komposisi ini sangat tepat untuk menguatkan tulang dan gigi kamu.

4.   Healthy Care Vitamin D 1.000 IU

vitamin d yang bagus

Healthy Care juga memiliki suplemen vitamin D yang mengandung vitamin D dengan 1.000 IU. Diproduksi di Australia, suplemen ini menggunakan bahan-bahan alami terbaik yang ditanam langsung di Australia dan menyesuaikan standar Therapeutic Goods Administration (TGA) dan Good Manufacturing Practice (GMP) di negara tersebut.

5.    NOW Vitamin D-3 & K-2 Veg Capsules

vitamin d yang bagus

Suplemen ini mengandung kombinasi antara vitamin D3 dan K2 yang berfungsi untuk memperlancara peredaran darah. Jadi tidak hanya untuk kesehatan tulang, namun suplemen ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. 

6.   Nature’s Way Kids Smart Drops Vitamin D3

vitamin d yang bagus

Siapa bilang suplemen hanya dapat dikonsumsi untuk orang dewasa? Suplemen satu ini aman untuk dikonsumsi balita, dengan bentuknya yang berupa cairan sehingga mudah dikonsumsi anak kecil. Mengandung kalsium dan vitamin D3, Nature’s Way Kids Smart Drops Vitamin D3 dapat dikonsumsi untuk anak mulai dari usia 7 bulan.

7.   Natural Organic NaturesPlus Vitamin D3 1000 IU Softgels

vitamin d yang bagus

Suplemen dari Natural Organic juga memiliki produk yang ramah untuk anak. Sebab, suplemen ini berupa softgel yang mudah dikunyah oleh anak. Selain kandungan vitamin D3, suplemen ini juga memiliki kolekalsiferol yang efektif mengobati penyakit rakhitis pada anak.

8.   Solgar Vitamin D3

vitamin d yang bagus

Solgar merupakan merek suplemen yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Tidak heran, harga untuk satu botol suplemen ini cukup tinggi, berkisar Rp365.000 hingga Rp435.000. Kandungan vitamin D3 nya dipercaya mampu menignkatkan kekuatan saraf motorik dan kekebalan orang tua hingga 19%.

9.   VIVA Phamaceutical Nature’s Health Nano Calcium 600 mg + vitamin D

vitamin d yang bagus

Suplemen mengandung vitamin D3 dengan kalsium 600mg yang cukup idel untuk proses pemulihan patah tulang. Tidak hanya itu, suplemen juga diformulasikan dengan teknologi nano, sehingga kandungannya sangat mudah diserap tubuh.

10.  Enervita Vitamin A & D

vitamin d yang bagus

Tidak seperti daftar di atas, suplemen satu ini mengandung dua vitamin yang berbeda, yaitu vitamin A dan vitamin D. Vitamin A berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan mata. Jika kamu memiliki keluhan pada tulang sekaligus mata, mungkin suplemen ini harus masuk dalam daftar belanjaan kamu.

11.   Mega We Care Calcium D

vitamin d yang bagus

Suplemen Mega We Care Calcium D mengandung vitamin D3 200 IU, mineral kalsium 600 mg dan kalsium karbonat 1.500 mg. Mengonsumsi suplemen ini secara rutin, dapat mengurangi resiko terkena berbagai gangguan tulang seperti osteoporosis.

Nah, itu dia rekomendasi 11 merk suplemen vitamin D yang bagus dan terbaik untuk segala usia. Banyak bukan? Jadi, tunggu apalagi untuk sehat? Langsung aja checkout salah satu dari merek di atas, dan gunakan layanan pengiriman Anteraja! agar suplemen vitamin sampai rumah dengan selamat dan aman.

Kamu juga bisa menggunakan fitur dari Anteraja, seperti cek ongkir untuk tahu biaya yang harus dikeluarkan untuk pengiriman ke alamatmu, atau cek resi untuk melihat sudah sampai mana kurir mengantarkan pesanan kamu.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *