12 Suplemen Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Jika cuaca sedang tidak menentu seperti di musim pancaroba, daya tahan tubuh anak rentan melemah. Untuk memperkuat sistem imun anak, orang tua biasanya memberikan suplemen vitamin. Daya tahan tubuh yang kuat diperlukan anak agar tidak rentan terkena penyakit. Meskipun sudah diberikan suplemen vitamin, anak-anak juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta selalu terhidrasi. Ini agar kesehatan mereka terjaga dan tidak gampang sakit.

Sebelum mengetahui rekomendasi suplemen vitamin yang bagus untuk anak, sebaiknya ketahui terlebih dahulu, apakah pemberian suplemen vitamin diperbolehkan? Untuk itu simak kategori anak yang membutuhkan asupan suplemen vitamin berikut ini:

  • Anak yang menjalani pola makan vegetarian karena berisiko mengalami kekurangan vitamin B12 yang umumnya ditemukan dalam daging ayam dan ikan.
  • Anak dengan penyakit tertentu, misalnya penyakit celiac dan radang usus.
  • Anak yang pernah menjalani prosedur operasi.
  • Anak-anak yang tidak teratur dalam pola makan dan pemilih dalam makanan yang dikonsumsinya.
  • Anak-anak yang kesulitan mendapatkan akses makanan yang sehat dan bergizi.
  • Anak-anak yang lebih menyukai makanan cepat saji.
  • Anak-anak yang terlalu banyak mengonsumsi minuman berkarbonasi.

Tips Berikan Suplemen Vitamin untuk Anak

Meski pemberian suplemen vitamin diperbolehkan untuk anak, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips berikut ini agar pemberian suplemen vitamin dilakukan secara tepat.

1. Jujur

Sebaiknya jangan katakan bahwa suplemen vitamin yang diberikan adalah permen atau makanan. Jelaskan bahwa anak perlu mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk kesehatannya.

2. Pilih Sesuai Usia

Saat ini ada banyak jenis vitamin yang bisa diberikan pada anak, mulai dari vitamin kunyah, sirup, bentuk bubuk, hingga tablet. Pastikan anak bisa mengonsumsi vitamin dengan baik dan sesuai usianya, ya!

3. Beri Rasa Favorit

Pilihlah suplemen vitamin dengan rasa yang tepat untuk anak. Dengan begitu, mereka akan lebih tenang saat akan mengonsumsi vitamin.

4. Konsultasi dengan Dokter

Sebaiknya berikan riwayat kesehatan anak pada dokter sebelum memberikan suplemen tambahan pada anak. Hal ini jika anak sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

5. Ajarkan Minum Suplemen Vitamin yang Baik

Saat anak sudah berusia lebih dari 4 tahun, ajarkan mereka bagaimana mengonsumsi vitamin dengan baik. Mereka juga peru diajarkan menelan suplemen yang berbentuk pil atau kapsul.

6. Cek Dosis

Bangunlah suasana yang menyenangkan sebelum memberikan vitamin pada anak agar anak-anak tidak mengalami rasa cemas atau takut berlebihan. Serta perhatikan dosis dan kebutuhan anak terhadap vitamin maupun suplemen yang akan diberikan.

Suplemen Vitamin Yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

1. Biolysin Syrup

Sumber: Shopee 

Biolysin Syrup mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 dan vitamin B12. Dengan kandungan vitamin dan mineral Biolysin Syrup dapat membantu menjaga kesehatan anak, terutama dalam masa pertumbuhan. Harga Biolysin Syrup Rp13.000 – Rp20.000.

2. H-Booster

Sumber: Shopee

Suplemen vitamin untuk anak ini mengandung Vitamin C, E, B3, B5, B6, dan mineral seperti zinc dan selenium sehingga daya tahan tubuh anak terjaga. Selain kandungan vitaminnya yang cukup lengkap H-Booster juga punya rasa yang disukai anak-anak. Harga H-Booster Rp16.000.

3. Cerebrofort Gold

Sumber: Shopee

Cerebrofort Gold bukan hanya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, loh! Suplemen vitamin ini juga membantu merangsang kecerdasan anak dan meningkatkan nafsu makannya. Kandungannya terdiri dari AA, DHA, EPA , L-GLutamic Acid, Folic Acid, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D dan vitamin C. Harga Cerebrofort Gold mulai dari Rp17.000.

4. Imboost Kids

Sumber: lifepack

Menariknya, selain untuk anak-anak, suplemen vitamin ini juga bisa diminum untuk orang dewasa, loh! Bahan penambah daya tahan tubuhnya berasal dari herbal aktif echinacea dan zinc picolenat. Harga Imboost Kids mulai dari Rp27.000 hingga Rp111.000.

5. Curcuma Plus Imuns

Sumber: HD Mall

Curcuma Plus Imuns punya rasa yang disukai anak seperti jeruk dan stroberi. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh anak, suplemen vitamin ini juga membantu menambah nafsu makan. Ini karena di dalamnya terkandung curcuma alias temulawak. Kandungan lainnya adalah vitamin dan mineral dalam Curcuma Plus, yakni vitamin A, vitamin B kompleks, serta vitamin C. Harga Curcuma Plus Imuns Rp13.000 hingga Rp20.000.

6. Intihealth Benefice Syrup Jeruk

Sumber: Shopee

Tanpa pemanis buatan, vitamin rasa jeruk ini sangat aman untuk anak-anak loh. Diformulasikan juga oleh dokter ahli untuk menunjang pertumbuhan anak. Sangat cocok bagi anak-anak yang susah makan, vitamin Intihealth Benefice Syrup Jeruk ini dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh anak juga. Harganya mulai dari Rp85.000.

7. Holisticare Super Ester-C Kids

Sumber: Shopee

Selain meningkatkan daya tahan tubuh anak, vitamin ini juga bisa terdapat vitamin C, terlebih jika anak-anak tidak menyukai sayur dan buah, Holisticare Super Ester-C Kids mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Vitamin C cukup berperan penting untuk anak-anak, loh! Agar mereka tidak rentan terkena penyakit atau gusi berdarah. Tenang, Holisticare Super Ester-C Kids ini tidak menggunakan pemanis buatan, alias pemanis alami seperti xylitol. Harga mulai dari Rp32.000.

8. Sakatonik ABC

Sumber: Shopee

Siapa sih yang gak kenal sama vitamin satu ini? Vitamin khusus anak-anak Sakatonik ABC ini melekat di telinga masyarakat Indonesia, karena mengandung vitamin yang sangat lengkap seperti A, B kompleks, C, D, dan E.

Sakatonik ABC juga dapat mendukung tumbuh kembang anak karena beberapa jenis mineral terdapat dalam vitamin ini. Agar anak-anak tidak bosan, terdapat tiga pilihan rasa yakni jeruk, anggur dan stroberi. Harganya murah, loh! Mulai dari Rp8.000.

9. Bio Strath

Sumber: HD Mall

Mengandung 100% nutrisi yang dibutuhkan anak-anak setiap harinya, Bio Strath ini mengandung Plasmolysed Herbal Yeast, ekstrak malt, madu dan sari jeruk sudah terbukti bisa meningkatkan stamina, serta menjaga daya tahan tubuh anak. Untuk ibu hamil, vitamin ini juga cocok dikonsumsi agar memenuhi kebutuhan vitamin harian ya. Harga mulai dari Rp156.000.

10. Scott’s Emulsion

Sumber: Shopee

Sejak lama Scott’s Emulsion sangat terkenal dan laris manis di pasaran karena punya rasa jeruk yang cukup berbeda dari vitamin lainnya. Suplemen vitamin asal Amerika Serikat (AS) ini diklaim bisa mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan anak.

Kandungan ikan kod berfungsi untuk melindungi kesehatan mata anak, mencegah masalah tulang, melindungi kesehatan jantung, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Harga Rp30.000 hingga Rp68.000.

11. Stimuno Syrup

Sumber: Shopee

Dengan mengkonsumsi Stimuno Syrup secara teratur, diyakini akan membantu membangun sistem imun anak agar menjadi lebih kuat setiap harinya. Vitamin ini memiliki dua rasa yang pastinya disukai anak-anak, loh! Ada tutty fruity dan rasa anggur. Harga mulai dari Rp31.000.

12. Fitkom

Sumber: Shopee

Berbentuk tablet hisap, Fitkom diperkaya 8 vitamin yang penting untuk daya tahan tubuh anak. Berisi 21 tablet, vitamin ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin mineral anak di masa pertumbuhan mereka, dan memulihkan kondisi tubuh anak setelah mengalami sakit. Kemasannya yang lucu, dan tablet yang berbentuk boneka, dijamin anak makin suka minum vitamin ini. Harga mulai dari Rp44.756.

Semua pilihan suplemen vitamin di atas bisa kamu beli secara online maupun offline ya, untuk pengirimannya jangan lupa dong pilih Anteraja, karena cuma butuh waktu dua hari, paket dengan pilihan layanan reguler kamu dijamin sampai di rumah dengan selamat.