Update Aja

11 Rekomendasi Penguat Sinyal Wifi Terbaik (Wifi Extender Terbaik)

Internet menjadi kebutuhan yang penting di era digital. Sebab berbagai aktivitas kini mengandalkan jaringan internet, seperti untuk bekerja, bisnis, maupun aktivitas lainnya. Di antara layanan internet yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia yaitu internet kabel, atau bisa disebut wifi. Layanan internet ini biasanya digunakan di perkantoran atau perumahan.

Sayangnya jaringan wifi memiliki jangkauan yang terbatas. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan perangkat penguat wifi, atau disebut wifi extender maupun wifi repeater. Simak tips berikut ini untuk mengetahui cara memilih serta rekomendasi wifi extender terbaik.

Tips Memilih Penguat Wifi

1.      Sesuaikan Kecepatan Dengan Router

Saat kamu memasang wifi, kamu akan mendapatkan router sebagai perangkat utama yang bertugas menyebarkan internet. Mengingat router adalah perangkat utama, ketika kamu membeli wifi extender, perhatikan kecepatannya dan sesuaikan dengan kecepatan router utama. Sebab, kecepatan wifi akan bergantung pada router utama. Dengan begitu, jika kamu membeli wifi extender sesuai dengan kecepatan router utama, kamu akan mendapatkan kecepatan internet yang sepadan ketika terhubung ke wifi extender.

2.      Pilih Dual-Band

Wifi extender dual band bekerja dengan menangkap sinyal dari router pada satu band, dan menyebarkannya di sisi yang lain. Hal ini akan membuat koneksi wifi yang kamu tangkap menjadi lebih cepat. Biasanya, band pertama berada di frekuensi 2,4 Ghz yang mampu menembus dinding dan 5 GHz yang menawarkan koneksi tinggi. Pastikan kedua band dapat bekerja dengan baik, karena akan berpengaruh pada kecepatan koneksi.

3.      Perhatikan Lokasi Pemasangan

Ada beragam jenis wifi extender yang dijual di pasaran. Kalau kamu suka yang simpel, kamu bisa pilih wfi extender dengan tipe plug-in, karena bisa terhubung tanpa kabel. Kamu bisa menghubungkannya langsung ke stop kontak. Ada juga tipe stasioner yang bisa kamu tempatkan di mana saja, karena kabelnya yang cukup panjang. Namun tentu saja, kabelnya akan begitu tampak sehingga mungkin kurang praktis untuk kamu yang lebih suka minimalis.

Rekomendasi Wifi Extender Terbaik

1.      Xiaomi Extender Pro

wifi extender terbaik

Wifi extender buatan Xiaomi ini punya dua antena external dengan daya pancar 2dBi. Kecepatan transmisinya mencapai 300Mbps sehingga bisa digunakan hingga 16 perangkat dalam waktu bersamaan. Kalau kamu punya usaha seperti cafe, wifi extender ini cocok kamu gunakan selain di rumah. Harganya dibanderol mulai Rp140.000-an.

2.      ASUS RT-N12HP

wifi extender terbaik

Wifi extender ini menawarkan perangkat yang praktis karena memiliki tiga mode sekaligus, yaitu router, repeater dan access point. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Didesain auto detection, perangkat ini bisa langsung online hanya dalam 30 detik, lho. Kamu hanya perlu mengaktifkannya dan menghubung router ke PC. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman setup untuk memasukkan password dari layanan internet  yang kamu gunakan. Wifi extender multifungsi ini bisa kamu dapatkan seharga Rp600.000-an.

3.      Huawei WS311C WiFi Extender

wifi extender terbaik

Huawei WS311C WiFi Extender bisa kamu andalkan untuk streaming dengan kualitas tampilan HD maupun game. Sebab, wifi extender ini menawarkan kecepatan sampai 300 Mbps. Nyamannya lagi, perangkat ini bertipe plug-in, jadi bisa kamu hubungkan langsung stop kontak tanpa kabel.  Harga perangkat ini adalah Rp300.000-an.

4.      Wavlink AERIAL D4 – AC1200

wifi extender terbaik

Wavlink AERIAL D4 – AC1200 memiliki tombol WPS untuk menangkap dan menyebarkan sinyal wifi secara otomatis. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam hal instalasi. Perangkat ini memiliki dual band 2.4 GHz dan 5 GHz. Selain itu, ada pula dukungan port LAN serta WAN yang akan mempermudah kamu menghubungkan wifi extender ke berbagai perangkat. Harganya adalah Rp400.000-an.

5.      Comfast Wireless WiFi Repeater CF WR302S

wifi extender terbaik

Wifi extender ini cocok kamu gunakan untuk rumah dengan banyak ruangan atau rumah 2 lantai. Ada 2 antena yang siap menangkap sinyal dengan kekuatan 10dBi, sehingga mampu memperluas sekaligus mempercepat kecepatan internet. Kecepatannya maksimalnya sendiri mencapai 300 Mbps, sehingga cocok kamu gunakan untuk streaming maupun main game online. Harganya berada di kisaran Rp200.000-an.

6.      TP-Link TL-WA850RE

wifi extender terbaik

Wifi extender dari TP-Link ini juga menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps. Ada juga port LAN untuk memudahkan kamu menghubungkannya ke perangkat lain. Tipenya sendiri adalah plug-in sehingga cocok untuk kamu yang kurang suka dengan juntaian kabel. Menariknya perangkat ini memiliki smart LED yang akan menunjukkan sekuat apa sinyal internet, berdasarkan warnanya. TP-Link TL-WA850RE dibanderol Rp250.000.

7.      ASUS Wireless-N300 Range Extender

wifi extender terbaik

Wifi Extender ini punya fitur bernama Roaming Assist. Fitur ini memungkinkan perangkat kamu terhubung ke sinya wifi yang paling kuat, baik dari router maupun wifi extender. Dengan begitu, kamu nggak perlu berpindah koneksi secara manual ketika berpindah ke ruangan lainnya. Wifi extender multifungsi ini dijual seharga Rp500.000-an.

8.      KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater LV-WR02B

wifi extender terbaik

Perangkat ini cocok kamu gunakan di area kantor yang luas. Selain menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps, wifi extender ini juga bisa menstabilkan jaringan dari router, lho. Ada juga tombol WPS yang akan memudahkan kamu mengoperasikan perangkat. Kamu juga bisa menghubungkan kabel LAN karena tersedia dua port LAN untuk menghubungkannya ke perangkat lain. Menariknya kamu bisa mengubah jaringan LAN menjadi jaringan wifi dengan menggunakan perangkat ini. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp270.000-an.

9.      Tenda AC6 Router WiFi

wifi extender terbaik

Wifi extender ini bisa dibilang tangguh karena mampu menembus dinding dua kali lipat dibanding perangkat lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya di rumah atau kantor dengan banyak ruangan. Jaringan internet juga bisa diakses oleh semua karyawan maupun anggota keluarga karena jangkauannya yang lebih baik. Harga perangkat ini adalah Rp200.000-an.

10.   PROLiNK 300Mbps Wireless Extender PWN3702P

wifi extender terbaik

Desain dari wifi extender ini cukup compact sehingga cocok untuk kamu yang suka dengan konsep minimalis. Perangkat ini juga dilengkapi dengan soket daya listrik di atasnya, sehingga kamu bisa tetap menggunakan stop kontak untuk menyambungkan daya listrik ke perangkat lain.  Wifi extender ini menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps. Harga adalah Rp490.000-an.

11.   Netgear Orbi RBS50

wifi extender terbaik

Perangkat ini terbilang menarik karena menawarkan wifi satelit yang bisa menjangkau area yang luas. Dengan begitu, semua anggota bisa mendapatkan sinyal wifi yang cepat juga stabil. Pengaturannya sendiri bisa kamu akses melalui aplikasi khusus, sehingga bisa kamu atur melalui smartphone. Misalnya untuk mengatur batas kecepatan sinyal wifi di perangkat tertentu dan lainnya. Perangkat ini dibanderol mulai harga Rp240.000-an.

Itu dia rekomendasi wifi extender terbaik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa membelinya di ecommerce atau marketplace favorit. Jangan lupa pilih Anteraja untuk pengirimannya ya. Selain ongkirnya yang terjangkau, orderan kamu dijamin aman sampai tujuan. Kamu juga bisa cek resi untuk melacak posisi orderan dan menunggunya tiba dengan santai di rumah.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *