Ketahui Apa yang Harus Dilakukan saat Menerima Paket COD Anteraja

cod-anteraja

Kegiatan belanja online makin digemari oleh masyarakat. Kegiatan belanja online dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone yang sudah terpasang aplikasi e-commerce. Aplikasi e-commerce adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan kegiatan jual beli secara online. Di aplikasi ini ada penjual (seller) dan juga pembeli (buyer).

Seller yang menjual barang di e-commerce akan mengirimkan barang yang sudah dipesan oleh pembeli melalui jasa pengiriman. Jasa Ekspedisi menyediakan berbagai jenis layanan yang bisa dipilih oleh pembeli sebagai pengantar barang. Jenis pembayaran yang berlaku di e-commerce biasanya adalah pembayaran digital, seperti transfer bank, m-banking, atau dompet digital (e-wallet). 

Namun, sekarang jasa pengiriman juga menyediakan sistem pembayaran lain, yaitu COD. Tidak seperti pembayaran digital, COD merupakan pembayaran yang dilakukan secara tunai. Sistem pembayaran COD dapat kamu temukan di ekspedisi Anteraja.

Jika kamu adalah pembeli yang ingin mencoba sistem pembayaran COD Anteraja. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini ya!

Tips Menggunakan dan Menerima Paket COD Anteraja

1. Ketahui Jangkauan Wilayah yang Bisa COD

Sebelum memilih sistem pembayaran COD, kamu perlu mengetahui area yang menyediakan sistem pembayaran ini. Saat ini COD Anteraja, hanya mencakup wilayah JABODETABEK. 

Maksudnya, COD bisa dilakukan di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sistem pembayaran COD Anteraja belum tersedia di luar wilayah yang sudah disebutkan tadi. Anteraja akan terus mengembangkan sistem pembayaran COD agar bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia.

2. Hadirkan Saksi ketika Menerima Paket COD Anteraja

Pada saat serah terima barang, kamu bisa minta ditemani oleh anggota keluarga, kerabat, atau tetangga rumah. Dengan adanya saksi, proses COD bisa berjalan lancar. Saksi tersebut bisa mengetahui bahwa kamu sudah membayar biaya COD dan kurir juga sudah menerima uang pembayaran serta memberikan paket.

3. Periksa Kondisi Barang

Sebelum membuka, kamu perlu periksa setiap sisi paket. Pastikan kondisi paket dalam keadaan baik. Perhatikan kondisi paket apakah ada yang penyok atau sobek. Jangan terburu-buru untuk membuka paket. Sebab, bila terlanjur membuka paket maka kamu diwajibkan membayar walaupun barang yang dikirim tidak sesuai harapan.

4. Siapkan Uang Sesuai Nominal Pembayaran

Perlu diketahui, kurir hanya mengantar paket dan menerima uang paket COD. Menyiapkan uang pas juga dapat menghemat waktu saat menerima paket COD. Jika kamu tidak menyiapkan uang pas, pastinya akan menyulitkan bagi kurir untuk memberikan uang kembalian. Selain itu, memberikan uang sesuai nominal pembayaran juga menghemat waktu kamu karena tidak perlu menunggu kurir untuk memberikan uang kembalian.

Jika setelah membayar dan barang tidak sesuai keinginan, kamu bisa mengajukan komplain atau meminta agar barang dikembalikan dengan mengikuti peraturan dari penjual atau ketetapan e-commerce tempat kamu membeli barang. 

COD merupakan salah satu sistem pembayaran yang pada saat berbelanja online. Saat setuju menggunakan sistem ini dan barang tidak cocok saat diterima, kamu tidak bisa seenaknya mengembalikan barang ke kurir karena tugas kurir hanya mengantar dan menerima uang transaksi.

Kalau kamu senang berbelanja online dengan sistem COD, jangan lupa untuk menggunakan ekspedisi Anteraja. Pengiriman barang melalui Anteraja pasti aman dan cepat. Selalu gunakan Anteraja setiap pengiriman barang kamu,ya !