Update Aja

12 Merk Air Cooler yang Bagus, Awet dan Terbaik. Menyejukkan Loh!

Kamu pasti nggak betah banget kan sama cuaca panas yang kamu alami akhir-akhir ini, karena bikin kurang enak di badan, dengan panasnya badan akan mengeluarkan keringat yang akan membuat badan kamu kurang nyaman. Untuk itu, kamu bisa mencoba menggunakan air cooler sebagai salah satu jawaban dari penghilang udara panas di dalam rumah kamu.

Tetapi fungsi air cooler tak hanya mengubah udara menjadi dingin saja, tetapi juga udara hangat diubah menjadi udara sejuk dan lembab. Proses ini alami dan tidak menggunakan pendingin kimia berbahaya seperti AC portable. Air cooler dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan.

Lebih lanjut, air cooler rata-rata mengkonsumsi energi hingga 10 kali lebih sedikit daripada AC konvensional, sehingga menjanjikan pengurangan tagihan listrik yang signifikan. Beberapa air cooler saat ini juga dilengkapi dengan teknologi inverter yang semakin mengurangi konsumsi energi.

Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan air cooler. Tapi sebelum membelinya kamu harus tahu lebih dahulu tips memilih air cooler yang cocok untuk kamu Sahabat, yuk simak di bawah ini!

Tips Memilih Air Cooler yang Bagus

– Periksa Daya Listriknya

Saat kamu memilih beralih dari AC konvensional ke air cooler karena menyoal daya listrik, nah di sini kamu juga harus mencari air cooler yang tidak akan mengkonsumsi banyak daya listrik. Biasanya, air cooler modern dilengkapi dengan teknologi inverter yang memungkinkannya bekerja bahkan pada inverter jika terjadi pemadaman listrik.

– Pilih Tangki Air Sesuai Kapasitas

Kapasitas tangki air merupakan faktor penting pada air cooler. Sederhananya, semakin besar kebutuhan untuk pendingin ruangan, semakin besar pula kapasitas tangkinya. Selalu pilih pendingin udara berkapasitas lebih tinggi daripada ukuran ruangan untuk pendinginan yang efektif. Misalnya saja ruangan kecil kamu harus memilih tangki 15 liter, untuk kamar berukuran sedang pilihlah 25 liter dan pada kamar besar pilih 40 liter ke atas.

– Pilih yang dapat Mengisi Otomatis

Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah fungsi isi otomatis karena kamu pasti tidak ingin terbangun di tengah malam atau diganggu di tengah pekerjaan penting hanya untuk mengisi ulang tangki pendingin. Air cooler yang ideal harus bekerja sepanjang malam tanpa harus mengisi ulang.

Untuk pendingin berkapasitas lebih kecil, fitur tangki isi otomatis berguna karena mengisi ulang air secara terus-menerus. Selain itu, harus dipastikan bahwa pompa air pendingin kompatibel dengan kondisi air dan memiliki umur simpan yang lebih lama.

– Pilih Ukuran yang Sesuai

Jika kamu ingin menaruh air cooler di luar ruangan atau di halaman belakang rumah, kamu bisa gunakan air cooler jenis Desert. Jenis ini dirancang khusus untuk tempat dengan suhu tinggi dan kelembapan rendah. Air cooler ini mendorong udara dingin dengan menguapkan panas dari air. Ini berhasil mendinginkan tempat yang lebih besar dengan cukup mudah.

Untuk penggunaan di dalam ruangan, kamu bisa memilih air cooler jenis Personal atau Tower. Jenis Personal paling umum yang dapat dipindahkan dengan mudah. Ini memberikan udara yang lebih bersih dan sejuk yang akan membuat kamu nyaman dan membantu kamu menghilangkan keringat dan panas. Ini dirancang khusus untuk kamar yang lebih kecil.

Sementara jenis air cooler jenis Tower, bisa menjadi pilihan cerdas bagi kamu jika memiliki area yang lebih luas. Ini dapat mendinginkan area yang lebih luas dalam waktu yang lebih singkat karena mendorong udara secara vertikal. Ia bekerja berdasarkan prinsip mengambil panas dan mengucapkannya untuk memberikan udara dingin. Ini bisa menjadi pilihan ideal untuk ruangan berukuran sedang.

Merk Air Cooler yang Bagus dan Terbaik

1. Air Cooler Midea

Sumber: Shopee

Produk yang satu ini nggak perlu diragukan lagi. Selain tahan lama, air cooler dari Midea ini berbeda dari merk lain karena dilengkapi dengan teknologi ice boost yang akan mengeluarkan dingin lebih cepat, benar-benar akan menghasilkan dingin berbeda dengan yang lainnya.

Selain itu, Midea juga memiliki beragam tipe air cooler dengan keunggulannya masing-masing, yakni AC100-18B dan AC100-A. Air cooler Midea juga dapat mengatur kelembaban udara dan air purifier untuk menjernihkan udara di ruangan kamu.

2. Air Cooler Honeywell

Sumber: Bhineka

Kamu tipe orang yang suka mengatur suhu ruangan menjadi lebih lembab? Yups, kamu bisa banget air cooler dari Honeywell ini berarti cocok banget buat kamu. Berkat fitur adjustable humidity control kamu bisa mengatur kelembapan ruangan sesuai selera kamu. Menariknya, air cooler ini dapat menjangkau ruangan yang memiliki ukuran besar sekitar 26 meter persegi. Itu karena air cooler ini dibekali kapasitas tangki dan daya listrik yang cukup besar.

3. Air Cooler Sharp

Sumber: Official Sharp

Nah persis seperti merk Midea, Sharp juga bisa menjadi andalan kamu. Terlebih Sharp terkenal memiliki teknologi hemat daya, dan air cooler nya juga dibanderol dengan harga terjangkau. Jadi tenang deh punya kamar dingin tapi nggak bikin kantong jebol.

Untuk kapasitas tangki airnya juga cukup besar sekitar 6 liter. Jika kamu menambahkan es ke dalam air cooler, alat ini akan mampu membuat suhu hingga 3 sampai 5 derajat Celcius, dan dapat menyejukan seluruh ruangan.

4. Air Cooler Sanken

Sumber: Official Sanken

Mengandalkan teknologi ionizer, air cooler Sanken dipercaya dapat membersihkan udara di ruangan dengan menyedot udara kotor. Sehingga, ruangan kamu akan memiliki kualitas udara yang bersih dan sejuk. Bisa dibilang air cooler ini juga hemat listrik loh hanya 69 watt meski tangki airnya cukup besar yakni 6 liter.

5. Air Cooler Denpoo

Sumber: Blibli

Seperti air cooler pada biasanya, jika kamu menambahkan es ke dalam air, maka air cooler Denpoo ini juga akan menghasilkan dingin yang super sejuk. Perangkat ini terkenal juga dengan kemampuan hemat dayanya yang konsumsinya hanya 100 watt.

6. Air Cooler Xiaomi

Sumber: AliExpress

Produk mini air cooler Xiaomi ini didesain sangat praktis, sehingga kamu dapat memindahkannya ke mana pun yang diinginkan, baik di atas meja, di lantai, atau di ruangan lain.

Namun, karena ukurannya mini maka air cooler ini hanya memiliki tangki air 100 ml. Dilengkapi pula dengan layar sentuh yang memudahkan kamu mengatur mode dan arah angin. Konsumsi dayanya juga hanya 6 watt. Jadi tidak akan membuat listrik kamu boros.

7. Air Cooler Changhong

Sumber: Blibli

Jika kamu mencari air cooler yang memiliki tangki besar tapi bisa membuat udara bersih, kamu bisa memilih merk Changhong ini. Dengan tangki 16 liter, kamu nggak perlu repot-repot sering mengisi ulang air. Nggak cuma itu, perangkat ini juga dibekali motor kipas tenaga besar yang tidak berisik saat digunakan, bahkan diklaim ramah lingkungan karena komponen penyerap air nya menggunakan serat tanaman. Eits, konsumsi listrik nya juga hanya 130 watt loh!

8. Air Cooler Gree

Sumber: Official Gree Indonesia

Dilengkapi 3D filter dengan kemampuan menyaring debu dan partikel jahat, membuat kualitas udara di ruangan kamu menjadi lebih sehat. Kamu juga bisa mengatur arah angin sesuai kebutuhan kamu, dan terpenting air cooler ini sangat hemat daya, cuma 65 watt sahabat.

9. Air Cooler Sanyo

Sumber: Tokopedia

Mampu mendinginkan udara dengan cepat, air cooler Sanyo ini sangat hemat listrik, hanya 100 watt nggak bikin tagihan listrik kamu jebol. Dibekali pula teknologi sleep time dan timer, jadi kamu bisa mengatur pemakaian sesuai kebutuhan.

10. Air Cooler Kris

Sumber: Ruparupa

Kalau kamu sering lupa mematikan air cooler saat air di tangki sudah habis, nah perangkat dari Kris ini punya solusinya. Dengan fitur mati otomatis yang bisa mendeteksi tangki kosong, kamu nggak perlu khawatir air cooler akan cepat rusak. Daya listriknya hanya 100 watt dan dapat menampung 5 liter air.

11. Air Cooler Kangaroo

Sumber: Tokopedia

Bukan hanya mampu menciptakan udara yang sejuk di ruangan kamu, tetapi juga bersih seperti yang kamu butuhkan. Berkat teknologi ionizer, partikel kotor akan terangkat dan diubah menjadi udara yang lebih bersih, membuat kamu mendapatkan kualitas udara yang baik.

Selain itu, Kangaroo juga dilengkapi dengan mesin kipas bertenaga besar tanpa menimbulkan bunyi berisik. Kapasitas tangki airnya sendiri 8 liter, dan hemat daya listrik tentunya karena hanya 65 watt.

12. Air Cooler Sekai

Sumber: Official Sekai

Untuk produk yang satu ini cukup bisa diandalkan karena anti ribet, kamu nggak perlu repot-repot mematikan daya saat air di tangki habis, air cooler dari Sekai ini dilengkapi dengan air safety switch yang mampu mendeteksi dan mematikan perangkat jika air sudah habis. Hanya membutuhkan daya 65 watt saja, air cooler ini diklaim dapat menyaring debu dan menghasilkan udara bersih.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Stop Kontak Yang Bagus, Terbaik dan Aman

Sahabat Anteraja semoga kamu bisa memilih air cooler sesuai kebutuhan yah. Jangan ragu untuk pilih salah satu air cooler di atas, nah kalau kamu sudah memilih pastikan pilih Anteraja sebagai layanan pengiriman terpercaya kamu. Dijamin deh, Anteraja bakal jaga paket air cooler kamu dengan selamat! Yuk buruan belanja…

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *