12 Aneka Takjil Buka Puasa Kekinian Terbaik dan Mudah Dibuat

Bulan puasa sudah semakin dekat, tidak ada salahnya mulai menyiapkan referensi takjil untuk berbuka puasa sejak dini. Seperti diketahui, takjil adalah salah satu hidangan yang paling dicari menjelang berbuka puasa. Takjil biasanya berupa makanan ringan atau camilan yang dikonsumsi pertama kali saat berbuka puasa.

Sebenarnya ada banyak pilihan takjil yang menjadi ciri khas bulan puasa. Salah satunya adalah kolak pisang. Namun, jika kamu merasa bosan dan ingin mencoba takjil kekinian untuk berbuka puasa sebenarnya ada beberapa referensi yang menarik untuk kamu.

Selain nikmat beberapa takjil ini juga ternyata mudah dibuat di rumah. Kamu bisa mencoba kreasi baru dan menyantapnya bersama keluarga terdekat. Berikut AnterAja rekomendasi takjil kekinian yang enak dan mudah untuk dibuat. Yuk disimak!

Rekomendasi Aneka Takjil Kekinian Terenak

1. Thai Tea

Saat ini banyak produsen minuman yang telah membuat thai tea instan. Kamu bisa memilih merek yang kamu sukai sebagai minuman berbuka puasa yang nikmat dan praktis. Namun jika kamu ingin mencoba membuat thai tea sederhana, maka bisa mencampurkan susu kental manis ke dalam teh. Jangan lupa tambahkan es batu ke dalamnya agar lebih nikmat.

2. Es Buah

Salah satu takjil sederhana namun memiliki rasa yang sangat nikmat. Kamu bisa memilih buah yang kamu sukai dan memotongnya kecil-kecil. Jika kamu malas, maka bisa membeli buah kalengan. Cukup mencampurkannya dengan sirup atau susu kental manis sesuai dengan selera. 

3. Gorengan

Gorengan adalah salah satu camilan andalan di bulan puasa. Terdapat dua jenis gorengan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Yakni gorengan manis yang terdiri dari pisang atau ubi manis, sementara gorengan asin berupa tahu, tempe, bakwan, singkong, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu melumuri bahan yang kamu sukai ke dalam tepung bumbu dan menggorengnya hingga berwarna kuning kecoklatan.

4. Kopi Dalgona

Dalgona sempat booming beberapa waktu. Kamu bisa membuat dalgona sendiri di rumah dengan cara mengocok kopi susu yang kamu sukai hingga berbusa. Setelah berubah menjadi krim busa, kamu bisa mencampurkannya dengan minuman yang kamu sukai, seperti alpukat atau minuman lainnya.

5. Es Timun Suri 

Selama bulan puasa, timun suri dapat ditemukan dengan mudah. Kamu hanya perlu mengerok daging timun suri dan mencampurkannya dengan sirup dan es batu. Tekstur timun suri yang lembut dan cenderung manis cocok untuk menemanimu berbuka puasa.

6. Puding Oreo

Puding Oreo bisa menjadi opsi menarik sebagai takjil. Kamu hanya perlu memilih jenis puding yang kamu sukai dan menambahkan potongan-potongan kecil oreo. Jangan lupa pastikan pilihan rasa puding yang kamu pilih masuk dengan rasa oreo ya. 

7. Pie Susu

Jika kamu menginginkan takjil berupa kreasi kue kering maka membuat pie susu bisa menjadi pilihan terbaik. Tapi kamu harus membuat kulit pie terlebih dahulu dengan campuran terigu, margarine, dan susu kental manis. Sementara untuk bagian isian pie, kamu bisa menggunakan karamel siap pakai, dicampurkan dengan tepung maizena dan telur. Selamat mencoba.

8. Dimsum

Dimsum juga bisa menjadi alternatif takjil yang menarik. Kamu hanya perlu membeli kulit pangsit siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Sebagai isiannya, kamu bisa menggunakan ayam, udang, atau ikan sesuai dengan seleramu. 

9. Zuppa Soup

Jika kamu ingin takjil yang sedikit out of the box, zuppa soup bisa menjadi opsi menarik untuk dibuat. Kamu perlu membeli kulit croissant sebagai lapisan atas zuppa soup kamu. Untuk bahan supnya, kamu bisa membeli krim sup instan siap saji. Atau membuatnya sendiri sesuai dengan kreasimu.

10. Puding

Kalau kurang cocok dengan puding oreo, maka bisa membuat puding klasik biasa dengan tambahan fla yang nikmat sebagai sausnya. Kamu bisa menggunakan puding instan yang banyak dijual di pasaran lalu campurkan dengan kental manis agar rasa susunya semakin kuat. Untuk flanya, kamu bisa membuatnya menggunakan campuran susu UHT, tepung maizena, gula pasir dan ekstrak vanilla. 

11. Minuman dengan Boba

Boba instan saat ini sudah tersedia loh, kamu cukup menyeduhnya dengan air panas untuk membuatnya. Untuk minumannya, kamu bisa menyesuaikan dengan yang disuka. Tapi jika kamu mau yang sederhana dan klasik, bisa menggunakan campuran susu dan gula merah untuk menghasilkan segelas brown sugar boba.

12. Singkong Thailand

Hidangan singkong biasanya hanya digoreng atau dikukus, namun sebenarnya kamu bisa mengolahnya menjadi singkong Thailand lho. Kamu hanya perlu mengukus singkong hingga empuk dan menyiapkan kuah  santan berbumbu sebagai sausnya. Takjil kekinian pun siap untuk disantap.

Baca Juga: 16 Usaha Kuliner Menjanjikan dengan Modal Kecil Paling Laris

Nah itu dia rekomendasi takjil buka puasa kekinian terbaik dan mudah dibuat pilihan AnterAja. Kalau kamu nggak sempat belanja di supermarket, kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat takjil secara online di marketplace kesayangan kamu ya Sahabat, dan jangan ragu untuk mempercayakan layanan AnterAja sebagai jasa pengiriman terbaik dan terpercaya. 

Kamu bisa melakukan tracking paket untuk memastikan pengiriman barang hingga sampai tujuan dengan tepat. Tunggu apalagi? Selalu andalkan AnterAja untuk mengirim barang dengan cepat dan aman.