11 Merk Bor Listrik yang Bagus, Berkualitas dan Terbaik

Bor listrik merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sebaiknya dimiliki. Apalagi buat kamu yang baru pindahan ke rumah baru. Alat ini akan memudahkan kamu untuk membuat lubang di dinding dan kayu. Biasanya ketika pindah ke rumah baru, kamu akan memerlukan banyak gantungan baik itu untuk cermin, baju, peralatan dapur, dan lainnya. 

Dengan menggunakan bor listrik, kamu tidak perlu menggedor-gedor dinding dengan paku dan palu. Selain mudah, membuat lubang di dinding dan kayu menggunakan bor listrik jauh lebih cepat dan efisien. Namun dalam memilih bor listrik terbaik, kamu tidak bisa sembarangan. Sebab ada beberapa spesifikasi yang perlu kamu ketahui. 

Cara Memilih Bor Listrik

Sebelum membeli, kamu perlu mengetahui spesifikasi terbaik dari setiap bor listrik. Dengan mengetahui cara memilih bor listrik terbaik, kamu akan mendapatkan bor listrik yang sesuai dengan kegunaannya. Anteraja sudah menyiapkan tipsnya sebagai panduan kamu dalam memilih bor listrik. 

Pilih Berdasarkan Jenis Bor Listrik

Saat ini ada beberapa jenis bor listrik yang bisa kamu pilih, di antaranya bor tangan, bor serbaguna, dan bor beton. Bor tangan dengan ukuran  kecil cocok untuk kamu yang masih pemula. Bobotnya ringan dan compact sehingga nyaman digenggam. Kekuatannya tidak terlalu besar namun mampu mengencangkan baut pada furnitur rakitan.

Sementara bor serbaguna bisa digunakan untuk melubangi, mengencangkan, atau melepas baut. Bor ini juga dapat memotong dan mengasah dengan mata bor yang sesuai. Disebut serbaguna karena bor listrik ini bisa menggunakan berbagai mata bor, sehingga bisa digunakan untuk beberapa keperluan.

Untuk bor beton memiliki tenaga yang lebih besar dibanding bor serbaguna. Beberapa di antaranya juga memiliki fungsi sebagai palu yang mendorong masuknya baut. Saking kuatnya tenaga pada bor listrik ini, bisa juga untuk melubangi beton.

Pilih Berdasarkan Sumber Listriknya

Selain jenis dan kegunaannya, bor listrik juga punya sumber tenaga yang berbeda. Misalnya saja bor listrik nirkabel (cordless drill) dan bor listrik menggunakan kabel. Keunggulan dari bor listrik nirkabel adalah bisa digunakan di mana saja tanpa memerlukan sambungan kabel. Ini karena tenaganya sudah didukung oleh baterai.

Bor listrik nirkabel biasanya punya tegangan antara 3,6 V sampai 18 V. Kamu juga bisa memilih 10,8 V untuk pekerjaan ringan. Selain itu perhatikan kapasitas baterainya. Semakin besar kapasitas dayanya, maka pengisian akan semakin lama namun penggunaan jadi lebih lama.

Di sisi lain keunggulan dari bor listrik kabel adalah bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Harga bor listrik ini juga lebih terjangkau dibanding yang nirkabel. Kamu pun tak perlu mengisi baterai dan menggantinya jika mengalami kerusakan. Kekurangannya adalah ruang gerak yang terbatas karena harus tersambung dengan colokan listrik.

Pertimbangkan Fitur

Selain beberapa fungsi di atas, kamu pun perlu tahu fitur tambahan pada bor listrik yang akan dipilih. Beberapa bor listrik biasanya mencantumkan beberapa fitur seperti Continuously Variable Transmission (CVT) untuk mengubah kecepatan putaran, tombol pengatur kecepatan tinggi/rendah, lampu LED untuk menerangi area sekitar tangan, indikator baterai, serta chuck tanpa kunci agar memasang dan melepas mata bor tanpa kunci chuck. 

Rekomendasi Bor Listrik yang Bagus dan Terbaik

Kamu bisa memilih beberapa merk bor listrik terbaik yang ada di pasaran seperti Makita, Bosch, Kenmaster dan yang lainnya. Anteraja sudah membuat daftar rekomendasinya agar kamu nggak bingung mencarinya di toko dan e-commerce. Simak di bawah ini, ya!

1. Kenmaster Cordless Screwdriver

Sumber: Blibli

Ini adalah bor listrik nirkabel berukuran kecil, sehingga mudah di bawa ke mana saja. Kamu bisa menggunakan bor listrik ini untuk melubangi atau memasang dan mengencangkan sekrup di tempat-tempat yang sulit dijangkau. Karena ukurannya kecil, tenaga yang dihasilkan pun tidak terlalu kencang. Kecepatan putarannya hanya mampu mencapai 150 rpm. Harga mulai dari Rp 129.000.

2. Kenmaster Bor Cordless Drill KM-48

Sumber: Shopee

Pilihan lainnya untuk bor listrik nirkabel ukuran kecil adalah Kenmaster Bor Cordless Drill KM-48. Bor listrik ini punya daya 4,8 volt (V) dan tenaga yang cukup kuat mengencangkan baut di celah yang sulit terjangkau. Penjualan bor ini sudah termasuk 5 macam mata bor dan adaptor baterai. Harga mulai Rp 167.500.

3. Fisch Cordless Tools TS 601200

Sumber: Shopee

Mer bor listrik Fisch Cordless Tools TS 601200 cocok buat kamu yang masih pemula. Bor listrik ini sebenarnya adalah obeng listrik. Namun karena dilengkapi banyak pilihan mata bor, bor listrik ini pun bisa digunakan untuk melubangi berbagai furnitur. Harga mulai dari Rp 155.000.

4. Black+Decker BDCD8K-B1 7.2 V

Sumber: Black+Decker

Black+Decker telah lama dikenal sebagai produsen alat pertukangan berkualitas tinggi. Merk ini bahkan sudah dikenal sejak seabad lalu. Maka kualitas produknya pun tak perlu diragukan. Salah satunya adalah Black+Decker BDCD8K-B1 7.2 V. Sesuai namanya bor listrik ini punya daya 7,2 V dengan mata bor 10 nm dan torsi 12 Nm. Harga mulai dari Rp 435.000.

5. IKEA FIXA

Sumber: Tokopedia

Retail peralatan rumah tangga IKEA juga memiliki bor listrik yang membantu kamu merakit beragam furnitur. Salah satunya adalah IKEA FIXA. Bor ini punya tegangan 7,5 V dengan baterai yang diklaim bisa diisi ulang hingga 500 kali. Meski tidak bisa menembus beton, bor listrik ini berguna untuk mengencangkan baut pada rak, tempat tidur, atau meja dan kursi. Harga mulai Rp 499.000.

6. Bosch IXO3 Cordless Drill Screwdriver

Sumber: Blibli

Bor listrik ini memiliki lampu LED yang membantu kamu melihat titik lubang di dalam ruangan gelap. Bor listrik ini juga disebut sebagai yang terkecil di dunia. Tenaganya berasal dari listrik berdaya 3,6 V dan baterai 1.300 mAh. Karena putarannya bolak-balik bor listrik ini pun bisa digunakan untuk mengencangkan maupun melepas baut. Harga mulai Rp 520.000.

7. Modern Cordless Drill M-12V

Sumber: Blibli

Putaran pada bor listrik ini cukup kuat sehingga mampu melubangi kayu dan logam tipis. Arus daya yang digunakan pada bor listrik jenis nirkabel ini adalah 12 V. Adapun fitur yang tersedia adalah lampu indikator baterai, lampu LED, waterpass, dan reversible atau putarannya bolak-balik. Harga mulai dari Rp 322.000.

8. Makita Cordless Driver Drill DF331

Sumber: Indoteknik

Salah satu bor listrik terbaik ini punya putaran yang cukup kuat. Meski tidak bisa digunakan untuk menembus beton, namun kamu bisa menggunakannya untuk melubangi beberapa material seperti kayu dan dinding. Daya yang digunakan pada bor listrik nirkabel ini adalah 12 V. Selain itu beberapa fitur lainnya di antaranya lampu LED, chuck tanpa kunci, variasi kecepatan, dan putaran bolak-balik. Harga mulai dari Rp 899.000.

9. Dewalt Rotary Drill DWD014

Sumber: Shopee

Merk bor listrik buatan Amerika Serikat ini merupakan jenis yang menggunakan kabel. Dayanya yakni 550 watt. Putarannya bertenaga dan mampu menembus permukaan baja, aluminium, besi, kayu, plastik, batuan dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan bor listrik ini untuk memasang dan membuka baut. Harga mulai Rp 733.500.

10. Bosch Cordless Impact Drill

Sumber: Blibli

Untuk pengeboran yang butuh tenaga besar, serahkan saja pada Bosch Cordless Impact Drill. Bor listrik jenis nirkabel ini mampu melubangi kayu, baja, dan tembok. Ini karena putarannya bisa mencapai 1.300 rpm. Keunggulan lainnya adalah pengisian baterainya yang cepat hanya 94 menit dan fitur Single-Sleeve Chuck memudahkan penggantian mata bor. Harga mulai Rp 1.187.000.

11. Hasston Prohex Art 3075-006 Electric Impact Drill

Sumber: Shopee

Kalau kamu memilih bor listrik menggunakan kabel, Hasston Prohex Art 3075-006 cocok untuk dimiliki. Bor listrik ini punya putaran kencang hingga 2.900 rpm dengan daya listrik 500 watt. Putaran mata bornya bisa bolak-balik (reversible) dengan tingkat kecepatan yang bisa dipilih. Bor ini punya efek benturan ke tembok atau beton sehingga proses pengeboran lebih cepat. Harga mulai Rp 495.220.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Merk Celana Formal / Bahan Pria Terbaik Dan Kekinian

Itulah dia beberapa rekomendasi bor listrik terbaik yang bisa kamu pilih. Untuk memilih bor listrik ini jangan lupa juga pertimbangkan dengan kemampuan listrik di rumah kamu ya. Kamu bisa mendapatkan bor listrik di e-commerce kesayangan kamu.

Jangan lupa pilih pengiriman menggunakan Anteraja yang menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia. Kamu bisa pilih pengantaran Same Day, Next Day, atau Reguler.