Cara Menulis Alamat Paket yang Baik dan Benar
Update Aja

Cara Menulis Alamat Paket yang Baik dan Benar

Pernah nggak sih ngalamin nganter barang terus “nyangkut” bahkan sampai dibalikin? Biasanya karena alamatnya kurang lengkap dan tidak benar penulisannya. Kadang tidak selalu salah jasa pengirimannya loh! Apalagi jasa pengiriman dapat mengirim ribuan paket barang setiap harinya.  Nah, dari banyak paket yang kamu dikirim, pasti kamu nggak mau kan paket kamu nggak terkirim bahkan sampai dibalikin? Kamu perlu memperhatikan penulisan alamat paket kamu dengan baik dan benar, karena alamat yang lengkap akan mempermudah jasa pengiriman untuk mencari alamat penerima.

Kalau kamu sedang menjalankan bisnis berjualan online atau hanya sekedar ingin mengirim paket barang, ada pelajaran penting nih buat kamu. Yaitu 5 cara menulis alamat paket yang baik dan benar, supaya paket kamu selalu sampai dengan selamat hingga ke tangan penerima. Yuk langsung simak tips-tipsnya!

Cara Menulis Alamat Paket

1. Pastikan Paket Sudah Dipacking Rapi

Cara Menulis Alamat Paket yang Baik dan Benar - Pastikan Paket Sudah Dipacking Rapi

Bila kamu ingin mengirimkan paket, maka paket tersebut harus dipacking dengan rapi supaya paket terlihat bagus untuk diberikan kepada penerima. Kamu bisa menggunakan banyak jenis packing, tergantung barang yang kamu kirim. Jika hanya pengiriman dokumen, kamu bisa menggunakan amplop coklat dengan dibalut plastik. Kalau pengiriman pakaian, kamu bisa menggunakan packing plastik atau kardus jika ingin terlihat menarik. Kemudian jika pengiriman barang elektronik atau pecah belah, kamu harus menggunakan packing kayu. Packing kayu sangat kuat dan dapat menghindari paket kamu dari kerusakan akibat tertindih paket lainnya ketika pengiriman.

(Baca Juga: Tips Cara Packing Sepeda)

2. Pastikan Alamat Sudah Ditulis Dengan Benar

Cara Menulis Alamat Paket yang Baik dan Benar - Pastikan Alamat Sudah Ditulis Dengan Benar

Dalam mengirim paket, tentu sangat diperlukan alamat lengkap pengirim dan penerima. Alamat harus sangat jelas, bukan hanya dari kelengkapan penulisan alamat, namun juga kejelasan dalam penulisan supaya mudah terbaca. Gunakan kertas putih atau kertas polos yang tidak bermotif supaya tulisan mudah terbaca. Jika perlu, gunakan tulisan ketikan dibanding tulisan tangan supaya mudah dibaca oleh semua orang, karena tulisan tangan mungkin sulit dibaca oleh sebagian orang.

3. Cara Menulis Alamat di Dokumen

Cara Menulis Alamat Paket yang Baik dan Benar - Cara Menulis Alamat di Dokumen

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan ketika menulis alamat di paket dokumen. Disarankan untuk tidak menulis alamat pengirim dan penerima di bagian depan, untuk menghindari kekeliruan melihat alamat yang dituju. Pada bagian depan dituliskan alamat penerima, boleh di bagian kanan atas atau bawah. Untuk di bagian belakang ditulis alamat pengirim. Untuk format penulisan alamat bisa dilihat pada nomor 4.

(Baca Juga: Cara Packing paket Makanan)

4. Format Penulisan Alamat

Cara Menulis Alamat Paket yang Baik dan Benar - Format Penulisan Alamat

Perlu ketelitian ketika menulis alamat sehingga tidak menimbulkan kekeliruan ketika pengiriman barang. Ada beberapa poin yang harus tercantum ketika menulis alamat, yaitu nama lengkap, nama jalan, nama perumahan (jika ada), RT dan RW, kelurahan atau desa, kecamatan, kota atau kabupaten, provinsi, kode pos, dan negara (opsional). Mengapa harus ditulis secara lengkap dan detail? Karena banyak kemungkinan ada kesamaan nama jalan pada kota atau kabupaten yang berbeda. Apalagi layanan pengiriman melayani lebih dari ribuan pengiriman ke banyak daerah setiap harinya. Alamat yang lengkap juga memudahkan kurir untuk mencari alamat yang dituju dan menghindari paket tidak sampai ke tangan penerima.

5. Gunakan Jasa Kurir Anteraja

Cara Menulis Alamat Paket yang Baik dan Benar - Gunakan Jasa Kurir Anteraja

Nah kalau kamu udah ngikutin cara-cara di atas, pasti paket yang kamu kirim akan selamat sampai ke tangan penerima. Apalagi kalau kamu mempercayakan Anteraja sebagai layanan pengiriman untuk mengirim paket kamu, dijamin pasti aman. Kamu juga dapat menikmati beberapa layanan pengiriman Anteraja lho, tinggal sesuaikan aja dengan kebutuhan kamu. Ada layanan Same Day yang menjamin paket kamu akan sampai di hari yang sama maksimal 8 jam untuk wilayah Jakarta! Cocok banget buat kamu yang butuh pengiriman cepat dan terjangkau pastinya. Selain Same Day, ada juga layanan Next Day dan Regular. Dengan layanan Regular, dijamin paket kamu sampai di hari berikutnya dan Regular dengan 2-4 hari estimasi pengiriman. Penasaran dong seberapa murahnya harga layanan pengiriman Anteraja? Langsung aja cek ongkir untuk melihat harga yang Anteraja berikan untuk kamu. Jangan khawatir, Anteraja juga punya fitur tracking paket yang membuat kamu bisa melacak paket yang kamu kirim atau kamu terima, cek resi untuk selalu memantau posisi paket kamu!

(Baca Juga: Cara Packing Tanaman Hias)

Semoga tips-tipis tadi bisa memudahkan kamu untuk mengirim paket ya. Apalagi kamu yang sedang menjalankan bisnis berjualan online, tips-tips tadi diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan kamu. Jangan buat pelanggan kamu kecewa karena paket mereka tidak terkirim dengan selamat. 

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *