12 Exhaust Fan yang Bagus dan Terbaik, Udara Jadi Sehat

Exhaust fan menjadi alat yang banyak dibutuhkan di kawasan industri dan perkotaan, terlebih bagi mereka yang memiliki ruangan lembap, panas, dan jarang sekali ada aliran angin yang masuk.

Biasanya, exhaust fan juga dibutuhkan pada kamar mandi, dapur, dan gudang. Kelembapan cenderung menumpuk di area ini karena cara kita menggunakannya. Kegiatan seperti memasak atau mandi menghasilkan uap yang mengendap di dinding dan langit-langit bahkan permukaan lain di dalam ruangan.

Jika dibiarkan, ini dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan masalah jangka panjang lainnya. Exhaust fan yang tepat dapat membantu mencegah masalah ini dengan mengeluarkan udara dari ruangan. Sejatinya, membuka jendela juga memungkinkan udara keluar dari ruangan yang lembap, tetapi mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk menghilangkan uap yang tidak diinginkan, serta membiarkan banyak udara dingin masuk ke dalam.

Untuk alasan ini, exhaust fan merupakan solusi yang lebih menguntungkan. Namun, bagi kamu yang masih bingung memilih exhaust fan, simak yuk rekomendasi di bawah ini Sahabat.

Jenis-jenis Exhaust Fan

Exhaust Fan dengan Lampu

Di tengah kemajuan teknologi, saat ini exhaust fan sudah dilengkapi dengan lampu built-in. Ada banyak model terbaik di pasaran, termasuk unit dengan panel lampu LED watt rendah.

Exhaust Fan dengan Lampu Penghangat

Kamu mencari exhaust fan sekaligus penghangat? Ya, saat ini dipasaran juga sudah banyak terjual exhaust fan jenis ini. Lampu pemanas biasanya memberikan kehangatan instan, tambahan yang bagus, terutama untuk saat musim dingin.

Inline Fan

Produk jenis ini adalah unit berkapasitas tinggi yang berkinerja baik pada saluran panjang. Sebagian besar, alat ini biasanya dipasang pada atap rumah.

Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik 

1. Panasonic Ventilating Fan

Sumber: Tokopedia

Panasonic sudah terkenal dengan produk elektroniknya yang berkualitas. Tak terkecuali untuk produk exhaust fan. Salah satunya adalah Panasonic Ventilating Fan. Produk ini memiliki baling-balin metal dan motor dengan ball bearing. Hal itu membuatnya akan awet dan tahan lama. Bodinya pun sudah dilapisi antikarat, loh! Harga mulai dari Rp 725.000.

2. Maspion MV-300 NEX

Sumber: Tokopedia

Merk lokal asal Indonesia ini termasuk yang punya kualitas baik. Produk exhaust fan dari Maspion ini hanya memakan daya 45 watt. Selain itu sudah dilengkapi dengan fitur thermal fuse yang dapat mencegah terjadinya kebakaran pada motor. Produk ini ideal untuk mengurangi kelembapan di ruangan rumah. Harga mulai dari Rp 300.000.

3. Mitsubishi Electric Exhaust Fan Ceiling Mounted

Sumber: Shopee

Produk yang dapat diaplikasikan pada plafon ini sudah dilengkapi kemampuan tahan api. Fitur lainnya adalah easy cleaning yang memudahkan pemiliknya untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor. Selain itu produk ini pun termasuk hemat daya karena hanya memerlukan listrik 23 watt. Harga mulai Rp 294.900.

4. Sekai MVF 1091

Sumber: Blibli

Sekai MVF 1091 memiliki desain yang elegan sehingga bisa menambah kecantikan desain interior rumah. Exhaust fan ini dapat diaplikasikan pada plafon sehingga tidak memerlukan banyak tempat. Sekai MVF 1091 dapat membuang udara pengap dan panas, dan juga bau tak sedap dalam ruangan. Harga mulai dari Rp 141.000.

5. KDK 30RQN5

Sumber: Blibli

Exhaust fan ini punya bobot yang ringan dan desain yang ramping. Sementara itu keunggulannya adalah tidak mengeluarkan suara bising. Kamu pun tak perlu khawatir akan cepat kotor karena produk ini sudah dilengkapi dengan penyaring debu. Dengan begitu udara di kamar atau ruangan rumahmu bisa jadi lebih bersih. Harga mulai dari Rp 370.000.

6. Cosmos Kipas Angin Exhaust Fan-Wall

Sumber: Cosmos

Merk yang terkenal dengan produk kipas angin dan penanak nasi ini juga memproduksi exhaust fan. Salahnya satunya produk Kipas Angin Exhaust Fan tipe 10-CL 252. Produk ini untuk diaplikasikan di dinding. Memiliki ceiling mount yang besar, sehingga dapat menghisap udara semakin banyak. Keunggulan lainnya adalah bodinya sudah dilapisi antikarat. Harga mulai dari Rp 221.500.

7. Modena FORTE–SX 6001 S

Sumber: Shopee

Untuk menghilangkan bau dan asap ketika memasak di dapur, kamu tentu perlu exhaust fan yang andal. Kamu pun bisa menggunakan Modena FORTE–SX 6001 S. Exhaust fan ini punya bodi slim dan terbuat dari stainless. Berbagai fitur canggih yang bisa kamu gunakan seperti Ionizer, Vitamin C filter, carbon filter, push button control, hingga 3 speed level. Harga mulai dari Rp 1.100.000.

8. Imatsu ESN-JH 16 Inch

Sumber: Blibli

Produk exhaust fan dari Imatsu ini punya ukuran fan 16 inch sehingga lebih optimal menyedot udara panas, asap, maupun bau di dalam ruangan. Dengan begitu sirkulasi udara menjadi lebih segar dan bersih. Sementara itu untuk menopang kinerjanya exhaust fan ini membutuhkan daya maksimal 70 watt. Harga mulai dari Rp 632.947.

9. CKE Stkamurd DBN

Sumber: 99.co

Salah satu keunggulan dari exhaust fan CKE Stkamurd DBN adalah listriknya yang hemat. Pasalnya kamu hanya perlu menggunakan tenaga daya 22 watt. Dengan daya tersebut exhaust fan ini sudah bisa menyedot udara yang lebih optimal. Selain itu merk exhaust fan ini memiliki banyak ukuran baling-baling yang bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan. Harga mulai dari Rp 413.327.

10. Modena CESENA–IX 9156

Sumber: Tokopedia

Untuk penggunaan di dapur, kamu bisa memilih Modena CESENA–IX 9156. Exhaust fan model gantung ini cocok untuk menyedot bau, asap, dan udara panas yang dihasilkan ketika memasak. Fitur-fitur canggih yang tersedia seperti heat sensor, ionizer, cleaning reminder, touch control system, LCD display, 3 speed level + turbo, dan lain sebagainya. Harga mulai Rp 7.840.000.

11. Sekai MVF 893

Sumber: Bukalapak


Sekai MVF 893 memiliki motor dengan suara yang halus sehingga tidak menimbulkan suara bising. Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi sekring pengaman, dan thermofuse yang dapat melindungi dari panas berlebih dan konslet. Exhaust fan ini memiliki ukuran kipas 8 inch yang dapat memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan. Harga mulai dari Rp 148.000.

12. KDK Ceiling Mount 10EGSA

Sumber: Tokopedia

Terakhir ada produk dari KDK yakni Ceiling Mount 10EGSA. Exhaust fan ini untuk digunakan pada plafon ruangan. Ukurannya yang mungil dan ringkas tidak membutuhkan banyak ruang instalasi. Meski ukurannya mini, exhaust fan ini diklaim mampu menghisap udara dari ruangan seluas 15 meter persegi. Harga mulai Rp 383.000.

Itulah beberapa rekomendasi exhaust fan terbaik yang bisa membuat sirkulasi udara di rumah jadi lebih sehat, bersih, dan sejuk. Kamu bisa mendapatkan produk-produk tersebut di toko offline, maupun di e-commerce kesayanganmu. Jangan lupa gunakan pengirimannya menggunakan jasa Anteraja!

Baca Juga: 12 Merk Air Cooler yang Bagus, Awet dan Terbaik. Menyejukkan Loh!

Anteraja dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia karena sudah tersedia dari Sabang hingga Merauke. Selain itu kamu bisa pilih ragam pilihan pengantaran mulai dari Reguler, Same Day, atau Next Day.