11 Rekomendasi Face Wash untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Minyak dan jerawat merupakan masalah pada kulit wajah yang umum dikeluhkan. Namun, minyak sebenarnya berfungsi menjaga kelembapan kulit wajah dan mencegah keriput. Nah, masalahnya kalau minyak tersebut berlebihan maka bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo serta jerawat.

Mengurangi minyak di wajah tentu tak bisa sembarangan, loh! Kalau berlebihan dan pakai cara yang salah bisa menimbulkan iritasi serta kulit wajah menjadi kering. Kalau kulit wajah berminyak kamu disarankan untuk mencucinya dua kali sehari di pagi dan malam hari. Kalau kamu sedang berkeringat, disarankan juga segera mencuci wajah dengan face wash yang cocok untuk kulit kamu.

Tips Cegah Minyak dan Jerawat 

Selain saran di atas, Anteraja masih punya tips lainnya yang perlu kamu pertimbangkan buat mencegah minyak dan jerawat. Langsung disimak, yuk!

1. Rutin Gunakan Pelembap

Kulit berminyak juga butuh pelembap loh! Kamu perlu menggunakan pada area kulit yang berminyak. Nah, yang perlu kamu perhatikan adalah pilih produk pelembap yang tidak mengandung minyak. Selain itu penggunaan pelembap juga tidak perlu setiap hari, namun rutin dilakukan.

2. Pilih Produk dengan Cermat

Saat ini memang banyak produk perawatan wajah yang bisa kamu pilih. Namun, tidak semua cocok dengan kulit kamu. Kalau kamu mengalami kulit berminyak pilihlah yang berbahan dasar air, tidak mengandung minyak dan alkohol. Produk tersebut biasanya punya label oil free atau noncomedogenic. Sementara bahan yang disarankan adalah tretinoin, glycolic acid atau salicylic acid.

3. Pakai Tabir Surya 

Ketika sering keluar ruangan, sebaiknya kamu menggunakan tabir surya agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Perlu kamu ketahui, paparan sinar matahari yang berlebih bisa menyebabkan kulit keriput, bintik-bintik penuaan, bahkan kanker kulit. Maka dari itu, gunakan tabir surya bebas minyak yang memiliki SPF minimal 30 dan diperkaya dengan zinc oxide dan titanium dioxide.

4. Gunakan Kertas Minyak

Kertas minyak berfungsi untuk menyerap minyak di kulit wajah. Tempelkan kertas tersebut di area wajah yang berminyak selama beberapa detik, kemudian angkat. Perlu diingat ya, jangan menggosokkan kertas minyak di wajah karena malah akan menyebarkan minyak ke area wajah lain.

Rekomendasi Face Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Setelah tahu tips mencegah timbulnya minyak dan jerawat di wajah, kamu mungkin memerlukan face wash terbaik agar membersihkan wajah secara menyeluruh. Untungnya, Anteraja sudah punya rangkumannya, nih! Kamu simak di bawah ini, ya!

1. Hale Honey, I Dew!

Sumber: Hale.id

Face wash ini cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu pria dan wanita juga cocok loh, pakai face wash ini. Hale Honey, I Dew! menggunakan bahan biodegradable yang tidak membuat kulit menjadi kering. Face wash ini pun mampu membersihkan kulit dari sisa minyak, kotoran, dan makeup secara efektif tanpa membuat kulit kering. Harga Rp90.000.

2. Kiehl’s Ultra Facial Cleanser 

Sumber: Kiehls.co.id

Ada lagi nih face wash untuk mencegah minyak dan jerawat yang cocok untuk semua jeni kulit. Kiehl’s Ultra Facial Cleanser mampu mengangkat sisa makeup hingga 95% dan meredakan gejala breakout sekaligus meringankan jerawat secara tidak langsung. Face wash ini bisa kamu gunakan dalam keadaan kulit bersih atau masih mengenakan makeup. Harga Rp240.000.

3. Senka Perfect Gel Gentle Wash

Sumber: Wolipop

Face wash ini cocok buat kamu yang punya pori-pori wajah besar. Selain itu Senka Perfect Gel Gentle Wash juga bisa digunakan buat yang punya masalah kulit wajah berminyak dan sensitif. Face wash ini punya formula Beauty Serum dan Mild Gel sehingga bisa membersihkan sekaligus memberi nutrisi kulit wajah. Harga Rp79.000.

4. Sukin Rosehip Nourishing Cream Cleanser

Sumber: Shopee

Punya tekstur yang lembut berbentuk cream, Sukin Rosehip Nourishing Cream Cleanser tidak akan membuat kulit iritasi atau alergi. Face wash ini cocok buat kamu yang punya kulit normal dan cenderung kering. Dengan menggunakan face wash ini kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang lembap, bersih dari debu, lebih cerah, serta mengurangi minyak berlebih. Harga mulai Rp115.000.

5. ElshéSkin Acne Cleansing Wash

Sumber: Tokopedia

Face wash ini ampuh buat membersihkan makeup dan juga merawat kulit wajah. Dengan menghilangkan riasan di wajah, kamu pun akan terhindar dari jerawat. Kandungannya mampu membantu menenangkan kulit bermasalah dan mengurangi timbulnya jerawat baru. Tertarik pakai produk ini? Harga Rp65.000.

6. Biyu Oil Control Cleanser

Sumber: Shopee

Brand lokal buatan Indonesia ini diklaim ampuh untuk kulit berminyak dan berjerawat. Biyu Oil Control Cleanser dapat membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup hingga ke pori-pori. Jadi cocok buat kamu yang punya pori-pori besar. Harga Rp90.000.

7. Ariul Smooth & Pure Cleansing Foam

Sumber: Sociolla

Dengan pemakaian yang rutin, Ariul Smooth & Pure Cleansing Foam dapat membersihkan pori-pori wajah hingga menyeluruh. Face wash ini juga punya aroma terapi yang menenangkan, loh! Ini karena sudah diformulasikan dengan Purefull Complex yang terdiri dari Sansevieria, Rosemary, Black Pine Leaf, dan Oxygenated Water. Harga Rp20.000.

8. Safi Acne Expert Whipped Foam Sebum Cleanser

Sumber: Skincarisma

Ini adalah salah satu face wash yang cocok buat kulit berjerawat. Dengan formula Anti PM2,5, Safi Acne Expert Whipped Foam Sebum Cleanser mampu membersihkan wajah dari partikel udara atau debu berukuran kurang dari 2,5 mikron. Wajah kamu juga terlindungi dengan Rapid Action Technology yang bekerja mengontrol sebum dan menjaga wajah tetap sehat dan halus. Harga Rp42.000.

9. Sebamed Clear Face Cleansing Bar

Sumber: Shopee

Berbeda dengan produk face wash yang sudah disebut sebelumnya, Sebamed Clear Face Cleansing Bar punya bentuk berupa sabun batang. Namun, jangan remehkan soal manfaatnya! Sabun cuci muka ini diklaim terbukti secara klinis dapat mengatasi berminyak dan komedo. Formulasinya yang bebas sabun dan alkali juga secara dermatologi mampu mengurangi jerawat dan komedo. Harga Rp80.000.

10. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash

Sumber: Shopee

Produk asal India ini punya bahan daun mimba yang kaya akan antioksidan serta melindungi kulit dari radikal bebas. Diformulasikan dengan kunyit, face wash ini mampu mencegah jerawat, mencerahkan kulit dan anti-bakteri. Harga mulai Rp20.000.

11. Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Sumber: Shopee

Face wash ini cocok digunakan untuk sehari-hari dan aman buat kamu yang punya kulit sensitif. Produk ini dapat membersihkan sisa make up, dan mencegah munculnya jerawat. Agar hasil maksimal kamu disarankan juga menggunakan serum. Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel  punya harga yang terjangkau, loh! Harganya mulai dari Rp23.000.

Itu dia rekomendasi face wash terbaik untuk kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Setelah tahu tips mencegah dan produk yang direkomendasikan, kamu pun bisa merawat wajah secara maksimal. Namun untuk hasil terbaik jangan lupa gunakan dan lakukan secara rutin, ya!

Baca Juga: 12 Rekomendasi Highlighter Terbaik Dan Bagus, Makin Glowing!

Untuk stok produk face wash terbaik kamu bisa mendapatkan melalui e-commerce kesayangan kamu. Tapi jangan lupa ya, pilih pengantaran menggunakan Anteraja yang menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia.