Apa itu Nomor Resi? Ini Fungsi dan Cara Cek Nomor Resi

Apa itu Nomor Resi? Ini Fungsi dan Cara Cek Nomor Resi

Kamu pasti pernah kan diberikan sebuah nomor ketika habis belanja online dari si penjual? Atau ketika kamu belanja online di marketplace, pasti ada nomor yang dicantumkan pada status pesanan kamu. Nah buat kalian yang belum tau, itu namanya nomor resi. Apa itu nomor resi? Nomor resi adalah nomor yang diberikan layanan pengiriman sebagai identitas dari paket barang yang kamu pesan. Dengan adanya nomor ini, membuktikan bahwa penjual sudah mengirimkan paket kamu. Kamu juga bisa menggunakan nomor resi untuk melacak keberadaan paket barang yang kamu pesan, supaya kamu nggak khawatir dimana posisi paket kamu setelah dikirim.

Nggak perlu bingung gimana cara melacak posisi barang kamu dengan nomor resi, karena mudah banget dan hanya perlu menggunakan smartphone kamu. Penasaran gimana caranya? Yuk langsung simak cara-caranya di bawah!

Fungsi dan Cara Cek Nomor Resi Pengiriman Anteraja

1. Copy atau Catat Nomor Resi Kamu

Apa itu Nomor Resi? Ini Fungsi dan Cara Cek Nomor Resi - Copy atau Catat Nomor Resi Kamu

Setelah kamu mendapatkan nomor resi yang telah diberikan penjual, kamu harus meng-copy nomor tersebut. Kamu bisa menyimpannya di notes HP kamu atau kamu catat di kertas supaya tidak hilang. Simpan nomor resi kamu hingga barang sampai ke tangan kamu, karena nomor resi dibutuhkan untuk kamu melakukan complain jika ada kerusakan barang.

(Baca Juga: Cara Membuat Linktree)

2. Buka Aplikasi Anteraja

Anteraja Logo

Buka aplikasi Anteraja yang ada di smartphone kamu. Jika belum ada, kamu bisa mengunduhnya di App Store atau Google Play. Untuk kamu yang ingin merasakan murahnya layanan pengiriman dari Anteraja, kamu juga bisa melakukan cek ongkir pada aplikasi Anteraja. Kamu tinggal klik menu “Tariff” untuk isi lokasi pengirim, lokasi penerima dan berat barang.

(Baca juga: cara packing barang pecah belah)

3. Paste atau Tulis Ulang Nomor Resi Kamu

Apa itu Nomor Resi? Ini Fungsi dan Cara Cek Nomor Resi - Paste atau Tulis Ulang Nomor Resi Kamu

Setelah membuka aplikasi Anteraja, ada kolom kosong bertuliskan “Lacak Paketmu” di bagian paling atas. Langsung aja kamu paste nomor resi yang tadi telah kamu copy, kemudian klik yes. Kamu juga bisa melakukan scan barcode resi kamu, itu akan mempermudah kamu tanpa harus melakukan copy-paste atau menulis ulang nomor resi kamu.

Nah katanya banyak juga yang nggak bisa melakukan cek nomor resi, katanya “nomor resi tidak ditemukan” dan sebagainya. Ada beberapa faktor nomor resi kamu tidak bisa dilacak, bisa jadi karena server pihak jasa pengiriman sedang error atau nomor resi yang kamu input salah. Kamu harus betul-betul memastikan nomor resi yang kamu input sudah benar, atau kamu bisa complain ke penjual tempat kamu membeli barang.

 (Baca juga: Cara Packing Sepeda)

Selain kesalahan nomor resi yang diberikan, kamu tidak bakal mengalami server error. Karena Anteraja bakal menjamin kamu untuk selalu bisa melakukan tracking paket setiap waktu, yuk langsung aja cek resi untuk nikmati fiturnya! Jadi jangan ragu untuk selalu gunakan layanan Anteraja sebagai layanan pengiriman paket-paket barang kamu, karena Anteraja pasti bawa hepi!